Kamera

Pilih Mana: Canon EOS M3 atau M10?

Sebuah foto memang mampu menggambarkan beribu-ribu kata. Karena itulah, pengambilan foto dan momen yang sangat baik membutuhkan kamera yang berkualitas. Dua kamera yang dapat menjadi pertimbangan yaitu Canon EOS M3 dan Canon EOS M10. Manakah kamera yang memiliki kualitas lebih baik? Canon EOS M3 atau M10?

Canon EOS M3 dan Canon EOS M10 merupakan dua kamera besutan Canon yang layak untuk kita bandingkan. Hal tersebut diperlukan agar kita mengetahui beberapa perbedaan pada dua kamera tersebut. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel berikut hingga selesai. Baca juga Pilih Mana: Fujifilm X-A3 atau X-A5?

Canon EOS M3

Canon EOS M3 merupakan salah satu kamera yang dirilis oleh Canon pada Juni 2015. Kamera ini hadir dengan kamera yang memiliki megapixel cukup besar dan telah memiliki banyak fitur yang sangat mendukung penggunanya.

Kelebihan Canon EOS M3

Berikut beberapa kelebihan Canon EOS M3 yang perlu Anda ketahui:

  • Megapixel Kamera Lebih Besar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Canon EOS M3 adalah memiliki megapixel kamera yang lebih besar jika dibandingkan dengan megapixel kamera yang dimiliki oleh Canon EOS M10. Canon EOS M3 memiliki kamera 24 megapixel, sedangkan Canon EOS M10 memiliki kamera 18 megapixel. Semakin besar megapixel pada sebuah kamera maka akan semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera tersebut.

  • Telah Terpasang Mode HDR

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Canon EOS M3 adalah telah terpasang atau telah memiliki mode HDR. Dengan adanya mode HDR yang terpasang ini, Anda akan bisa memotret gambar secara otomatis dengan jarak dinamis yang lebih jauh. Dengan demikian, gambar yang dihasilkanpun akan menjadi lebih baik.

  • Memiliki Autofokus Deteksi Fasa

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS M3 adalah telah memiliki autofokus deteksi fasa untuk foto. Dengan adanya fitur ini, gambar yang dihasilkan akan lebih tajam karena autofokus deteksi fasa jauh lebih cepat dibandingkan dengan autofokus deteksi kontras. Karena itulah, hal ini menjadi nilai lebih untuk Canon EOS M3.

Kekurangan Canon EOS M3

Berikut beberapa kekurangan Canon EOS M3 yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Dikendalikan Jarak Jauh

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Canon EOS M3 adalah tidak bisa dikendalikan pada jarak yang lebih jauh. Hal ini dikarenakan perangkat ini tidak tersedia atau tidak mendukung penggunaan remot kontrol sehingga tidak bisa digunakan pada jarak jauh.

  • Bobot Lebih Berat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS M3 adalah memiliki bobot yang sedikit lebih berat daripada Canon EOS M10. Perangkat ini memiliki bobot dengan berat 366 gram sedangkan canon EOS M10 memiliki bobot dengan berat 301 gram. Meskipun begitu, dikutip dari Detik.com Canon EOS M3 memiliki grip yang berguna dan mudah untuk digenggam.

  • Baterai Lebih Cepat Habis

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh canon EOS M3 adalah memiliki baterai yang lebih cepat habis jika kita bandingkan dengan Canon EOS M10. Pada Canon EOS M3, baterai akan habis setelah 250 kali pengambilan gambar. Sedangkan pada Canon EOS M10, baterai akan habis setelah 255 kali pengambilan gambar.

Kelebihan Canon EOS M3Kekurangan Canon EOS M3
- Megapixel kamera lebih besar- Tidak bisa dikendalikan jarak jauh
- Telah terpasang mode HDR- Bobot lebih berat
- Memiliki autofokus deteksi fasa- Baterai lebih cepat habis

Canon EOS M10

Canon EOS M10 merupakan salah satu kamera mirrorless yang dirilis oleh Canon pada Desember 2015. Perangkat ini memiliki bentuk yang cukup tipis dan bobot yang cukup ringan sehingga lebih mudah untuk dibawa ke manapun.

Lihat juga:  7 Kamera Panasonic Lumix Terbaik 2020

Kelebihan Canon EOS M10

Berikut beberapa kelebihan Canon EOS M10 yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Dikendalikan Jarak Jauh

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Canon EOS M10 adalah dapat dikendalikan dari jarak jauh. Adanya remot kontrol pada kamera ini memberikan Anda kemungkinan untuk Anda agar bisa mengontrol perangkat ini dari jarak jauh. Pada Canon EOS M10 ini, remot kontrol dapat dimasukkan atau opsional.

  • Bobot Lebih Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kamera Canon EOS M10 adalah memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Canon EOS M3. Hal ini dikarenakan Canon M10 memiliki tubuh yang lebih kecil dan lebih tipis dari Canon M3 sehingga tidak terlalu berat untuk dibawa ke manapun.

  • Baterai Lebih Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS M10 adalah memiliki baterai yang lebih tahan lama. Canon EOS memiliki 255 shots sedangkan Canon EOS M3 memiliki 250 shots. Dengan demikian, kita tahu bahwa dari baterai yang dimiliki kedua kamera tersebut, Canon M10 mampu menghasilkan gambar lebih banyak daripada Canon EOS M3.

Kekurangan Canon EOS M10

Berikut beberapa kekurangan Canon EOS M10 yang perlu Anda ketahui:

  • Megapixel Kamera Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Canon EOS M10 adalah memiliki megapixel kamera yang lebih kecil dibandingkan dengan megapixel kamera yang dimiliki oleh Canon EOS M3. Kamera ini hanya dibekali dengan kamera sebesar 18 megapixel sedangkan Canon EOS M3 telah dibeali dengan kamera sebesar 24 megapixel.

  • Belum Terpasang Mode HDR

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Canon EOS M10 adalah belum terpasang mode HDR. Karena belum adanya mode HDR ini, Anda akan lebih sulit dalam mengambil gambar secara otomatis dari jarak yang lebih jauh.

  • Belum Memiliki Autofokus Deteksi Fasa

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Canon EOS M10 adalah belum terdapat autofokus deteksi fasa untuk foto. Autofokus deteksi fasa ini memiliki fungsi untuk bisa memberikan hasil gambar yang lebih tajam. Karena belum memiliki fitur ini, kualitas foto yang dihasilkan menjadi kurang detail atau kurang tajam sehingga hasil gambar kurang maksimal.

Kelebihan Canon EOS M10Kekurangan Canon EOS M10
- Dapat dikendalikan jarak jauh- Megapixel kamera lebih kecil
- Bobot lebih ringan- Belum terpasang mode HDR
- Baterai lebih tahan lama- Belum memiliki autofokus deteksi fasa

Pilih Mana: Canon EOS M3 atau M10?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Canon EOS M3 dan Canon EOS M10. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Canon EOS M3 Canon EOS M10
- Bobot lebih berat- Bobot lebih ringan
- Megapixel kamera lebih besar- Megapixel kamera lebih kecil
- Telah terpasang mode HDR- Mode HDR belum terpasang
- Cek harga Canon EOS M3 online termurah, Klik di sini- Cek harga Canon EOS M10 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai canon EOS M3 dan canon EOS M10, dapat kita lihat bahwa kedua kamera ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Canon EOS M3 memiliki kamera dan fitur yang sangat baik sehingga mampu menghasilkan gambar yang sangat baik. Sedangkan Canon EOS M10 memiliki bobot yang lebih ringan, daya tahan baterai sedikit lebih lama sehingga dapat bertahan lebih lama dan mudah untuk dibawa.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canon EOS M3 vs M10

VS

Leave a Reply