Elektronik

Pilih Mana: Canon G2010 atau EPSON L3110?

Printer adalah alat elektronik yang memiliki fungsi sangat baik, berbagai kalangan akan membutuhkan printer, baik anak kuliah, kantoran bahkan pengusaha percetakan. Pemilihan printer juga tidak terlepas dari merk yang beredar di pasaran Indonesia. Canon G2010 atau EPSON L3110 adalah merk dan tipe printer yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Tetapi dari keduanya manakah yang lebih baik? Artikel kami Selara.id kali ini akan membahas mengenai kedua printer tersebut agar Anda dapat memilih dengan selera Anda. langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Canon G2010

Canon brand andalan Jepang ini tidak henti-hentinya terus berinovasi untuk menjaga dan mendukung Anda dalam setiap inci pekerjaan Anda. Tidak hanya unggul dari produk fotografi, perusahaan yang didirikan sejak 1937 ini juga terus mengoptimalkan dalam hal percetakan. Baca juga Pilih Mana: Printer Inkjet atau Laser?

Canon G2010 memiliki banyak kelebihan yang dapat membuat segala aktivitas Anda jauh lebih mudah. Berbagai fitur juga cukup baik pada printer Canon G2010 ini. Tidak hanya untuk print tetapi untuk copy dan scan juga mewakilkan Canon G2010.

Kelebihan Canon G2010

  • Desain botol anti tumpah
    Canon tahu bahwa tidak selamanya tinta bertahan dalam printer. Sehingga disiapkan lah tutup botol yang fleksibel. Agar Anda tidak usah takut ketumpahan saat Anda mengisi ulang tinta Anda. Desain tutup botol yang didesain khusus untuk menjaga tinta tidak tumpah pada saat Anda mengisi ulang printer ini. Hal ini adalah kelebihan yang bagus untuk tetap menjaga kebersihan saat Anda melakukan pengisian ulang tinta.
  • Kapasitas tinta besar dan efisien
    Anda sudah disuguhkan dengan volume cetakan yang mencengangkan. Selain itu, Anda juga akan dikejutkan dengan kapasitas tinta yang besar, yaitu 7.000 halaman non stop tidak akan habis. Pengguna bisa menikmati pencetakan tanpa cemas mengenai biaya tinta, atau ketika persediaan tinta hampir habis karena adanya botol persediaan. Sehingga gampang untuk mengisi ulang, dan juga Anda tidak usah khawatir akan tugas Anda yang segunung. Karena, printer ini dapat mencetak kurang lebihnya 150-1.500 halaman tanpa henti kelebihan yang sangat bagus untuk Anda yang sedang mengerjakan tugas akhir kuliah.
  • Pengoperasian yang mudah
    Kelebihan yang ada pada Canon G2010 juga adalah pengoperasian yang terbilang cukup mudah. Dilengkapi dengan petunjuk yang jelas dan tanda-tanda umum yang dikenal oleh pengguna. Canon G2010 Melakukan penyalinan ganda dan pemindaian pun akan terasa lebih mudah bagi pemula. Selain pengoperasin yang cukup mudah, gambar yang dihasilkan lebih berwarna dan terlihat lebih nyata seperti yang kita inginkan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir gambar akan terlihat buram.

Kekurangan Canon G2010

  • Kabel USB kurang panjang
    Meski punya kelebihan soal kualitas cetakan dan scan yang begitu andal, terdapat satu kekurangan yang dimilikinya. Yakni kabel USB bawaannya yang terbilang kurang panjang. Dengan begini, aktivitas mencetak akan sedikit terhambat. Meski begitu, hal ini sama sekali tak akan mengganggu kualitas hasil cetakan yang ditawarkan.
  • Desain printer biasa saja
    Mungkin kebanyakan orang akan memilih printer dengan memiliki desain yang cukup elegan, namun desain dari printer Canon G2010 terbilang cukup biasa saja, tidak terlihat sisi mewah pada desain Canon G2010 padahal kegunaannya cukup sangat memuaskan.

  • Pilihan warna printer hanya satu
    Selain desain yang biasa saja pilihan warna dari Canon G2010 juga hanya memiliki satu varian warna saja yaitu warna hitam dengan hitam glossy. Tetapi hal ini tidak masalah jika Anda suka warna hitam.
SpesifikasiCanon G2010
Fitur PrinterPrint, Scan dan Copy
Resolusi Printer4800 x 1200 dpi
Jenis PrinterInkjet
Teknologi FINE Cartridge
Kecepatan Cetak Hitam PutihUp to 8.8 ipm
Kecepatan Cetak WarnaUp to 5 ipm
Kecepatan cetak Foto 60 detik

Epson L3110

Siapa yang tidak mengenal merk printer satu ini. Epson adalah merk printer yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Saat baru-baru ini Epson mengeluarkan printer L-series yaitu Epson L3110 yang memiliki kegunaan untuk print, copy dan scan.

Epson L3110 memiliki bagian model desain printer yang lebih hemat ruangan. Terbukti dengan desain dan model kali ini, Epson L3110 menghilangkan ciri tabung tinta yang biasanya berada di sisi samping sebelah printer dan sekarang hampir menjadi satu di sisi bagian depan.

Epson L3110 Anda bisa mencetak lebih banyak dan efisien. Printer ini adalah solusi terbaik untuk bisnis Anda karena Epson L3110 adalah printer hemat tinta. Printer ini memiliki tangki tinta yang mudah diisi ulang. Tinta isi ulangnya punya ujung lancip agar tinta tidak mudah tumpah atau tercecer saat diisi ulang.

Kelebihan Epson L3110

  • Memiliki desain model yang menghemat ruangan
    Epson L3110 menghilangkan ciri tabung tinta yang biasanya berada di sisi samping sebelah printer dan sekarang hampir menjadi satu di sisi bagian depan.Dengan model penempatan seperti ini, printer tidaklah lagi menghabiskan ruang di sisi samping. Model tabung tintanya pun juga lebih terlihat elegan dengan lekukan di bagian atas tutup tabungnya, sementara di bagian depan tabungnya terdapat indikator setiap tinta dari tempat tinta yang transparan.
  • Kecepatan untuk mencetak yang sangat bagus
    Kecepatan cetak yang dimiliki oleh Epson L3110 terbilang cukup cepat untuk kebutuhan para pemakai yang sering melakukan pencetakan dalam jumlah yang cukup banyak. Adapun dari segi resolusi pencetakan memiliki kualitas cetak maksimal hingga 5760 x 1440 dpi yang membuat hasil dari pencetakan cukup memuaskan. Printer ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin mempunyai bisnis percetakan.
Lihat juga:  Pilih Mana: J2 Prime atau J2 Pro?

  • Multifungsi dan model pengisian tinta yang baik
    Kelebihan ini sudah pasti Anda ketahui. Multifungsi, bisa untuk cetak, scan, dan fotokopi. Epson L3110 mendesain bagian tutup botol tinta agar dapat langsung tertancap di bagian lubang pengisian tinta pada tabung. Hal ini akan berdampak positif dikarenakan akan mengurangi resiko tinta tumpah saat pengisian.

Kekurangan Epson L3110

  • Hasil cetakan foto tidak stabil
    Kekurangan yang ada pada Epson L3110 adalah bahwa hasil cetakan untuk foto tidak begitu stabil, faktor ini tidaklah kesalahan dari printernya melainkan memang fungsi utama dari printer ini untuk mencetak dokumen bukan mencetak foto.
  • Perawatan agak sulit
    Perawatannya yang agak sulit. Beberapa cara perawatan memang telah disediakan dalam buku perawatan printer. Namun sebagian orang masih merasa susah untuk mengatasi masalah pada printer. Solusinya, pemilik printer harus membawa printernya ke service center terdekat. Anda bisa memilih tempat servis yang memiliki tenaga yang telah ahli dalam bidangnya, sehingga printer Anda akan bisa kembali normal untuk digunakan.
  • Hanya satu pilihan warna printer
    Mungkin kekurangan ini tidak begitu menjadi mencolok untuk beberapa orang karena banyaknya orang juga yang tidak menghiraukan warna saat ingin membeli printer. Tetapi sebagian orang juga akan memilih warna untuk membeli printer. Epson L3110 hanya memiliki satu varian warna saja yaitu warna hitam, jadi jika ingin mencari warna selain hitam maka pilihannya tidak akan ada untuk saat ini.
SpesifikasiEpson L3110
Fitur PrinterPrint, Scan dan Copy
Resolusi Printer5760 x 1440 dpi
Jenis PrinterInkjet Printer Multifungsi
Teknologi On-demand ink jet (piezoelectric)
Kecepatan Cetak Hitam PutihUp to 10 ipm
Kecepatan Cetak WarnaUp to 5 ipm
Kecepatan cetak Foto 90 detik

Tips Membersihkan Printer yang Baik

1. Hilangkan debu pada printer
Beli satu kaleng semprotan udara dari toko peralatan kantor setempat atau toko barang umum. Semprot secara rutin di dalam dan sekitar printer untuk menghilangkan debu baru dan untuk mencegah penumpukan debu.

2. Bersihkan bagian dalam dengan kain yang lembut
Gunakan kain lembut dan alkohol atau Windex untuk membersihkan bagian interior. Bahan pembersih lainnya dapat memberikan resiko menggores bagian-bagian dalam printer atau luntur. Larutan cuka atau air dengan takaran sama merupakan solusi pembersih lainnya. Untuk alasan keamanan, jangan gunakan cairan langsung ke dalam mesin. Tuangkan ke kain terlebih dahulu. Juga gunakan kain lembut untuk membersihkan pisau karet pada kartrid tinta. Begitu juga dengan bagian luar bersihkan dengan kain lembut.

3. Bersihkan Printhead
Printhead merupakan bagian yang menyemprotkan tinta ke kertas. Bagian ini dibersihkan dengan menggunakan program di komputer atau laptop Anda. Pergi ke Control Panel dan kemudian Printing Preferences. Setelah Anda memilih printer, komputer atau laptop akan memandu Anda melalui proses pembersihan printhead. Printer akan mencetak halaman uji untuk membandingkan dengan gambar pada layar. Mungkin diperlukan beberapa pembersihan untuk benar-benar membersihkan kepala cetak jika sangat kotor.

4. Bersihkan Rollers
Sangat penting untuk membersihkan rol printer Anda jika Anda menginginkan printer Anda berfungsi optimal setiap saat. Cara memberishkannya sebagai berikut:

  • Lepaskan kabel daya dari catu daya utama.
  • Buka casing printer dan menampakkan rol.
  • Ambil kertas yang mungkin masih ada tray input.
  • Gunakan satu tangan untuk mengambil kain basah pada roller dan gunakan tangan yang lain untuk secara fisik memutar roller terhadap kain.
  • Letakkan kembali kertas di atas tray input.

Pilih Mana: Canon G2010 atau EPSON L3110?

Canon G2010EPSON L3110
Kelebihan- Desain botol anti tumpah - Kapasitas tinta besar dan efisien - Pengoperasian yang mudah - Memiliki desain model yang menghemat ruangan - Kecepatan untuk mencetak yang sangat bagus - Multifungsi dan model pengisian tinta yang baik
Kekurangan- Kabel USB kurang panjang - Desain printer biasa saja - Pilihan warna printer hanya satu - Hasil cetakan foto tidak stabil - Perawatan agak sulit - Hanya satu pilihan warna printer

Kesimpulan

Canon G2010 atau EPSON L3110 adalah printer yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti yang sudah dijelaskan di atas. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. tetapi jika Anda selaku pebisnis percetakan atau baru ingin membuka bisnis percetakan maka EPSON L3110 adalah pilihan yang sangat tepat karena Epson L3110 Anda bisa mencetak lebih banyak dan efisien. Printer ini adalah solusi terbaik untuk bisnis Anda karena Epson L3110 adalah printer hemat tinta. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canon G2010 vs EPSON L3110

VS

Leave a Reply