ElektronikPhotography

Pilih Mana: Canon M50 vs Sony A6000

Bagi dunia fotografer, kamera adalah hal yang sangat penting. Dengan memiliki kamera yang sangat bagus dengan fitur yang canggih dapat mempermudah pekerjaan Anda menjadi lebih praktis. Selain mendapatkan hasil foto yang bagus, pelanggan Anda akan sangat puas! Canon M50 dan Sony A6000 merupakan kedua kamera yang baru-baru ini menjadi pilihan.

Mengapa Canon M50 dan Sony A6000 menjadi pilihan di pasaran?

Sudah pasti fitur yang diberikan oleh kedua kamera ini memiliki fitur yang sangat cukup canggih. Apa saja kelebihan juga kekurangan dari kedua kamera? Mau tahu jawabannya? Anda bisa langsung lihat penjelasannya di bawah ini.

Canon M50 vs Sony A6000

Canon M50

Canon M50 merupakan sebuah kamera mirrorless Canon terbaru yang banyak menjadi pilihan bagi seorang fotografer ini untuk penggemar fotografi pemula yang menginginkan fitur kamera mirrorless tercanggih tapi tetap mudah dipakai. Baca juga rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik

Canon M50 merupakan kamera mirrorless pertama Canon yang bisa merekam video 4K. Karena saat ini banyak fitur Televisi, monitor, ataupun layanan streaming video yang dapat menunjukkan konten berkualitas 4K, hingga M50 adalah kamera yang tepat.

Kelebihan M50 adalah mempunyai layar LCD yang dapat diputar penuh, serta juga dapat layar LCD dapat ditutup saat tidak dipakai ataupun saat mau menggunakan jendela bidik saja. Dari dulu, desain antar muka kamera Canon termasuk ramah pengguna.

Kelebihan Canon M50

Berikut kelebihan Canon M50:

  • Kualitas gambar yang keren
    Dibekali prosesor gambar DIGIC 8 dan sensor CMOS ukuran APS-C 24,1 megapiksel, M50 menghasilkan gambar sebening kristal. Belum lagi dengan ISO yang bisa Anda atur sampai 51200 tanpa perlu takut ada noise. Lalu dengan fitur Dual Pixel CMOS AF akan memberikan kecepatan dan akurasi AF yang luar biasa.
  • Memiliki layar LCD
    Kelebihan lainnya dari Canon M50 ini adalah bahwa Canon M50 ini LCD yang bisa diputar penuh (full articulating), dan juga bisa layar LCD bisa ditutup saat tidak digunakan atau saat ingin menggunakan jendela bidik saja.
  • Mudah memindahkan foto ke smartphone
    Dengan konektivitas Wi-Fi dan Near-Field Communication (NFC), Anda dapat dengan mudah menghubungkan EOS M50 ke smartphone atau tablet. Selain itu, teknologi Bluetooth hemat energi bisa menjadi alternatif untuk koneksi ke smartphone dengan konsumsi daya rendah.

Kekurangan Canon M50

Berikut kekurangan Canon M50:

  • Harga yang tinggi
    Kekurangan yang pertama dari kamera canggih ini yaitu Canon M50 adalah bahwa kamera ini dijual dengan harga yang sangat cukup tinggi. Menjadikan kamera ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan di bidang fotografer. Jika untuk pemula sepertinya tidak begitu cocok.
  • Sisi videografer kurang baik
    Bagi videografer amatir serius yang membutuhkan video resolusi 4K, sepertinya belum cocok, karena 4K dalam M50 croppingnya terlalu banyak dan autofokusnya belum mulus (Dual pixel AF tidak bekerja saat merekam video 4K).

Canon M50 vs Sony A6000

  • Autofocus agak lambat
    Sebenarnya kekurangan yang terakhir ini hanyalah persoalan sepele, karena yang terpenting adalah lensanya yang bisa digonta-ganti, yang memang merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh kamera interchangeable lens.

Sony A6000

Sony A6000 merupakan sebuah kamera mirrorless dari Sony yang fleksibel dan canggih di kelasnya. Dimulai dari bagian luarnya atau dari segi desainnya yang dibentuk berukuran kecil namun tetap terasa elegan.

Nah untuk pada bagian dalam, dari kamera Sony A6000 ini sudah dibekali dengan sensor kamera CMOS. Resolusi yang ditawarkan oleh kamera dari Sony A6000 ini juga sangat mumpuni yaitu sebesar 24.3 megapixel.

Dengan resolusi sebesar itu, tentu saja Anda bisa merekam video dengan kualitas Full HD atau 1080p. Jadi Anda akan merasa sangat puas dengan hasil jepretan dan rekaman video dari kamera Sony tersebut.

Selain menjual hasil foto dari kamera Sony A6000, mereka juga sudah menanamkan banyak fitur menarik padanya. Contohnya seperti Image Stabilization yang akan membantu Anda menangkap gambar yang lebih stabil tanpa banyak noise.

Kelebihan Sony A6000

Berikut kelebihan Sony A6000:

  • Hasil foto yang baik
    Sony A6000 merupakan kamera keluaran Sony yang memiliki spesifikasi kamera yang sangat baik. Hasil foto yang akan Anda dapatkan akan sangat memuaskan Anda. Dan juga untuk teknologi autofocusnya dapat berjalan dengan sangat cepat pada tempat terang. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak main-main!
  • Desain minimalis dan elegan
    Sony A6000 dibuat dengan ukuran yang cukup kecil serta memiliki bobot yang relatif ringan. Jadi, kamera ini sangat nyaman dan mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Meskipun bobotnya ringan, namun sebagian besar material body dari Sony A6000 terbuat dari logam.
  • Dilengkapi fitur NFC ataupun WiFi
    Dilengkapi dengan konektivitas NFC ataupun WiFi yang memungkinkan Anda untuk mengkoneksikannya dengan perangkat seperti smartphone dan tablet. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan Sony A6000 dengan perangkat lain menggunakan kabel USB 2.0 yang juga berfungsi sebagai charger.
Lihat juga:  Pilih Mana: Xbox 360 atau PlayStation 3?

Canon M50 vs Sony A6000

Kekurangan Sony A6000

Berikut kekurangan Sony A6000:

  • Kontrol menggunakan tombol fisik
    Sony A6000 masih harus dikontrol dengan menggunakan tombol fisik. Hal itu dikarenakan belum adanya teknologi touchscreen pada layarnya. Untuk mengubah fokus dari suatu objek ke objek lainnya pun membutuhkan beberapa waktu.
  • Foto keadaan gelap kurang baik
    Kekurangan Sony A6000 juga terasa ketika Anda menggunakannya pada saat gelap. Jendela bidiknya menjadi muncul bintik-bintik yang cukup mengganggu hasil jepretan. Pada saat kondisi gelap, kecepatan AF untuk subjek yang dibidik juga terasa sedikit lambat dibanding Anda menggunakannya pada tempat terang.
  • Harga yang tinggi
    Untuk kekurangan yang terakhir adalah dari sisi harga bahwa kamera Sony A6000 ini memiliki harga yang dijual sangat cukup tinggi. Hal ini juga sama dengan pesaingnya yang sudah dijelaskan di atas Canon M50 guys hehe.
KeteranganCanon M50 Sony A6000
MerkCanon Sony
Jenis KameraMirrorless Mirrorless
Kisaran HargaRp. 10 - Rp. 12 jutaanRp. 9 - Rp. 11 jutaan

Tips Membeli Kamera untuk Pemula

1. Tujuan Membeli Kamera
Tips membeli kamera untuk pemula yang pertama adalah tentukan tujuan Anda dalam membeli kamera. Jenis fotografi seperti apa yang Anda inginkan? Ini adalah pertanyaan paling sederhana tapi juga paling sulit dijawab. Apakah Anda mulai tertarik dengan fotografi atau sekadar hobi?

Pastikan Anda sudah tahu apa tujuan Anda agar Anda membeli kamera sesuai kebutuhanmu. Kalau Anda memang mau mendalami dunia fotografi maka penting sekali membeli kamera yang fiturnya canggih dan resolusi gambarnya bagus.

2. Tentukan Budget
Tips membeli kamera untuk pemula selanjutnya adalah menentukan budget. Beberapa orang mungkin belum tahu pasaran kamera tapi setidaknya harus sudah punya patokan budget untuk membelinya.

Hanya karena Anda ingin membeli kamera yang canggih bukan berarti Anda menghabiskan semua budget. Anda harus senantiasa menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu dan jangan merasa gengsi.

3. Tentukan Fitur Kamera
Selain itu, Anda juga harus memikirkan berbagai fitur yang disediakan oleh kamera. Tidak hanya fitur khusus yang berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan, namun juga fitur umum seperti wifi atau bluetooth.

Canon M50 vs Sony A6000

Apalagi untuk pemula, tentunya belum terlalu memikirkan fitur pengambilan gambar pada kamera. Fitur kamera seperti wifi atau bluetooth tentunya akan sangat membantu dalam memindahkan foto.

4. Pilih Model Kamera
Tips membeli kamera untuk pemula berikutnya adalah memilih model kamera. Jangan hanya fokus pada fiturnya saja, lebih baik Anda memilih kamera dengan model yang Anda suka. Hal ini nantinya sangat menentukan kenyamanan Anda dalam menggunakannya.

Untuk pemula sendiri lebih baik membeli kamera dengan model point and shoot atau mirrorless yang cenderung lebih ringan digunakan tanpa terasa berat. Kamera yang bentuknya lebih berat tentunya akan menyulitkan kamu sendiri dalam menggunakannya.

Pilih Mana: Canon M50 vs Sony A6000

Canon M50 Sony A6000
Kelebihan- Kualitas gambar yang keren - Memiliki layar LCD - Mudah memindahkan foto ke smartphone - Hasil foto yang baik - Desain minimalis dan elegan - Dilengkapi fitur NFC ataupun WiFi
Kekurangan- Harga yang tinggi - Sisi videografer kurang baik - Autofocus agak lambat - Kontrol menggunakan tombol fisik - Foto keadaan gelap kurang baik - Harga yang tinggi

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin mencari sebuah kamera yang cocok untuk kebutuhan fotografer maka Canon M50 dan Sony A6000 bisa menjadi pilihan yang tepat. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda ketahui pada penjelasan di atas. Pilihan sesuai dengan selera Anda dan kebutuhan Anda saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canon M50 vs Sony A6000

VS

Leave a Reply