Application

Pilih mana: Canva vs Adobe Spark?

Berbagai software pengeditan seperti gambar, video, web serta logo yang dapat diakses oleh banyak orang untuk memudahkan Anda belajar dan bekerja.  Selain, karena bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga mampu memberikan Anda penghasilan sendiri loh.

Kadang Anda bingung aplikasi mana yang terbaik diantar aplikasi yang tersedia. Namun, kini  Anda tidak perlu bingung lagi. Kami akan memberikan beberapa pilihan untuk Anda agar bisa Anda coba yaitu dari Canva dan Adobe Spark. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ingin tahu lebih dalam mengenai aplikasi ini. Yuk langsung disimak pembahasan keduanya di artike Selera.id!

Canva vs Adobe Spark

Canva

Canva adalah layanan untuk membuat konten yang sangat membantu untuk Anda yang punya kebutuhan untuk berbagai platform seperti media sosial dan lainnya. Manfaat lainnya, layanan ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dipakai untuk ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS dan pekerjaan kita bisa diteruskan menggunakan komputer dengan berkunjung ke akun resminya.

Sebelum tersedia di Android, Canva dulunya hanya ada di iOS. Nah, dengan Canva, Anda juga bisa dengan mudah membuat poster foto, mengedit foto kreatif untuk Instagram, atau membuat pengumuman untuk dibagikan ke media sosial dan Anda juga bisa memakai bingkai lucu nan cantik di dalamnya. Semuanya sudah tersedia dalam template keren! Baca juga: Pilih mana: Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator?

Ada banyak kelebihan dan kekurangan yang tersedia di Canva. Jika Anda ingin mengetahuinya berikut penjelasan lebih detailnya:

Kelebihan Canva

Berikut ini Kelebihan Canva:

  • Hadir dengan berbagai fitur
    Kelebihan lainya yang ada pada aplikasi canva ini bisa dibilang sangat memudahkan Anda dalam menggunakannya. Karena canva menghadirkan berbagai macam fitur yang bisa Anda pakai dengan mudah, nyaman dan yang penting gratis.
  • Penggunaan mudah
    Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mengunduh aplikasi pengedit gambar, foto dan lainya. Maka Aplikasi kali ini sangat cocok untuk Anda. Karena Canva tidak perlu di instal di komputer karena berbasis aplikasi web. Serta pemakaiannya yang sangat mudah membuat Anda yang masih pemula akan sangat nyaman menggunakannya.

Canva vs Adobe Spark

Kekurangan Canva

Berikut ini Kekurangan Canva:

  • Sangat bergantung internet
    Kekurangan lainnya berkaitan dengan jaringan internet Anda. Karena secara tidak langsung hasil gambar yang Anda ekspor bisa saja gagal, hal ini berpengaruh langsung dengan jaringan internet Anda, karena canva tanpa internet tidak mampu mengekspor gambar.
  • Memiliki ruang yang cukup besar
    Kekurangan yang ada pada Canva yaitu terletak pada penyimpanan RAM nya. Bagi Anda yang serba menggunakan Android dalam mengedit beberapa gambar maka Canva bukan saran yang tepat untuk Anda Coba. Karena Canva bukanlah aplikasi ringan, sehingga aplikasi ini tidak cocok untuk Android Anda yang memiliki RAM kurang dari 1GB.

Fitur-Fitur yang terdapat di Canva:

  1. Template Siap pakai
    Fitur utama dan yang membuat jutaan orang menyukainya adalah ketersediaan template yang sangat beragam, walaupun beberapa di antaranya berbayar. Tapi, opsi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai di berbagai acara atau kepentingan.
  2. Font
    Setelah template dipilih, selanjutnya pengguna bisa mengubah teks termasuk jenis hurufnya. Ada ratusan jenis huruf (font) yang bisa dipilih, tergantung selera Anda.
  3. Warna
    Jika huruf sudah diganti, pengguna juga boleh mengubah warna teksnya. Pilihan warnanya juga beragam dan sepertinya Canva cenderung menyarankan opsi warna yang populer.
  4. Format
    Format juga didukung di Canva, sehingga pengguna bisa memilih untuk menampilkan teks dalam cetak miring, tebal atau kapital. Kemudian ada juga pilihan perataan, bisa rata kiri, tengah atau kanan. Lalu, Canva juga menyediakan opsi untuk mengatur jarak antar karakter dan baris, istilahnya spacing.
  5. Background
    Canva juga memberikan banyak opsi untuk mengubah tampilan background, di antaranya mengambil foto dari galeri memori lokal, gambar dari Canva, warna solid dan juga pemanis berupa filter.
  6. Duplikasi
    Fitur ini membantu pengguna mempercepat duplikasi pengaturan teks, di mana pengguna nantinya hanya tinggal mengganti isi teks duplikasi dengan teks yang baru.
  7. Ekstra Konten
    Tool-tool tadi tersedia secara default, memudahkan modifikasi template yang sudah ada. Di luar itu, Canva juga menyediakan tool ekstra yang mencakup semua fitur-fitur di atas. Biasanya tool ini dipergunakan untuk desain yang dirancang dari nol. Tool ini, Canva menyediakan berbagai input misalnya menambahkan teks, gambar, grafis dan juga template.
  8. Share dan Download
    Fitur share untuk membagikan poster yang baru saja dibuat, dan di saat bersamaan Canva juga akan mengunduh poster ke memori lokal. Seperti di banyak layanan, Anda dapat membagikan hasilnya ke berbagai layanan ataupun platform media sosial.
Lihat juga:  Pilih Mana: Amazon atau Alibaba?

Adobe Spark

Adobe telah menjadi standar terkemuka untuk perangkat lunak pengeditan foto dan grafik vektor profesional sejauh orang dapat mengingat. Namun, Adobe Spark, platform desain DIY (Swa-Karya) perusahaan ini, relatif baru.

Selain logo, Anda juga dapat menggunakan Adobe Spark untuk membuat postingan media sosial, laman web, dan video singkat,loh. Adobe Spark ini juga menyasar pada konten kreator /pengguna media sosial yang tidak ada dukungan atau kemampuan desain/professional.

Adobe Spark merupakan sebuah layanan baru yang diluncurkan Adobe pada tahun lalu. Spark merupakan evolusi dari tiga aplikasi iOS Adobe, yaitu Post, Slate dan Voice yang sudah digabungkan dan disempurnakan menjadi satu layanan dengan basis web.

Pada mulanya, pembuatan konten menggunakan Spark dapat dilakukan dari perangkat apapun secara cuma-cuma. Spark mulai menyadari bahwa layanan ini merupakan alat bantu yang tepat untuk membangun sebuah brand.

Awalnya mereka mungkin hanya memakai Spark untuk menciptakan grafik untuk media sosial, atau video untuk Instagram. Namun lama kelamaan mereka juga ingin menyelipkan identitas maupun kepribadiannya sendiri, meski hanya sebatas dalam wujud logo. Baca juga: Pilih Mana: Photoshop atau CorelDraw?

Canva vs Adobe Spark

Kelebihan Adobe Spark

Berikut ini Kelebihan Adobe Spark:

  • Fiturnya yang user friendly
    Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi jenis ini adalah user experience drivennya, dari interface, fitur stok gambar dan akses ke beragam jenis huruf serta template desain yang terkini dan berlimpah ruah. Anda bisa memiliki banyak pilihan. Bahkan fitur remixnya yang sangat user friendly dan mind blowing. Jadi akan membuat Anda sangat nyaman menggunakannya.
  • Mendukung banyak bahasa
    Kelebihan satu ini sangat penting bagi beberapa pengguna. Apalagi bagi mereka yang tidak terlalu mengerti dengan menggunakan bahasa inggris. Karena aplikasi ini menyediakan banyak bahasa yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Kekurangan Adobe Spark

Berikut ini Kekurangan Adobe Spark:

  • Hanya bisa diakses dengan internet
    Kekurangan pada aplikasi web ini hampir sama dengan sebagian aplikasi lainnya yaitu tidak bisa digunakan dalam keadaan offline. Jadi pastikan koneksi internet Anda stabil saat ingin menggunakan aplikasi ini ya!
  • Petunjuk penggunaannya yang kurang
    Bagi Anda yang baru memulai menggunakan aplikasi ini tentu menginginkan kemudahan dan petunjuk yang jelas cara mengaplikasikannya. Namun kekurangan yang ada pada aplikasi ini yaitu penggunaannya yang sedikit rumit serta laman FAQ yang biasa digunakan untuk memudahkan pengguna bertanya justru tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan platformnya masih dalam tahap beta.

Fitur-Fitur yang terdapat di Adobe Spark:

  1. Filter Desain
    Mengubah foto dan tulisan Anda seperti hasil editing profesional hanya dalam satu klik.
  2. Auto Recolor
    Anda bisa mengubah filter warna dari foto Anda secara otomatis.
  3. Magic Teks
    Tambahkan teks ke dalam gambar dan pilih berbagai font serta efek yang beragam.
  4. Magic Layout
    Ubah layout teks dan foto Anda dengan layout yang dinamis secara otomatis hanya dengan satu sentuhan.

Pilih mana: Canva vs Adobe Spark?

Keterangan CanvaAdobe Spark
Kelebihan -Hadir dengan berbagai fitur -Penggunaan mudah-Fiturnya yang user friendly -Mendukung banyak bahasa
Kekurangan -Sangat bergantung internet -Memiliki ruang yang cukup besar-Hanya bisa diakses dengan internet -Petunjuk penggunaannya yang kurang

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan perbandingan mengenai aplikasi pengedit Canva dan Adobe Spark yang bisa Anda jadikan referensi dalam menunjang . Tentunya, Setiap versi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan juga keterampilan Anda!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canva vs Adobe Spark

VS

Leave a Reply