Application

Pilih mana: Canva vs Snappa?

 

Anda sangat suka mengedit gambar dan foto yang telah Anda ambil? Atau sangat senang membagikan foto yang bagus untuk orang terdekat dan untuk mengisi kolom media sosial Anda.  Banyak aplikasi yang bisa memudahkan Anda mendapatkan hasil gambaran yang uni dan bagus.

Nah, kami memberikan dua pilihan aplikasi terbaik yaitu Canva dan Snappa. Tentu keduanya tidak hanya memiliki kelebihan saja melainkan juga memiliki perbedaan dan kekurangan. Meski begitu Anda bisa mencoba menggunakannya sesuai dengan selera dan kebutuhan ya. Karena keduanya sangat mudah untuk Anda dapatkan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasi keduanya. Stay tune di Selera.id saja!

Canva vs Snappa

Canva

Canva adalah layanan untuk membuat konten yang sangat membantu untuk Anda yang punya kebutuhan untuk berbagai platform seperti media sosial dan lainnya. Manfaat lainnya, layanan ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dipakai untuk ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS dan pekerjaan kita bisa diteruskan menggunakan komputer dengan berkunjung disini lewat akun yang sama.

Sebelum tersedia di Android, Canva dulunya hanya ada di iOS. Nah, dengan Canva, Anda juga bisa dengan mudah membuat poster foto, mengedit foto kreatif untuk Instagram, atau membuat pengumuman untuk dibagikan ke media sosial dan Anda juga bisa memakai bingkai lucu nan cantik di dalamnya. Semuanya sudah tersedia dalam template keren! Baca juga: 8 Aplikasi Mengedit Foto Di Android Terbaik 2020

Kelebihan Canva

Berikut ini Kelebihan Canva:

  • Penggunaannya sangat mudah
    Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mengunduh aplikasi pengedit gambar, foto dan lainya. Maka Aplikasi kali ini sangat cocok untuk Anda. Karena Canva tidak perlu di instal di komputer karena berbasis aplikasi web. Serta pemakaiannya yang sangat mudah membuat Anda yang masih pemula akan sangat nyaman menggunakannya.
  • Memiliki berbagai fitur
    Kelebihan lainya yang ada pada aplikasi canva ini bisa dibilang sangat memudahkan Anda dalam menggunakannya. Karena canva menghadirkan berbagai macam fitur yang bisa Anda pakai dengan mudah, nyaman dan yang penting gratis.

Canva vs Snappa

Kekurangan Canva

Berikut ini Kekurangan Canva:

    • Memiliki penyimpanan yang cukup besar
      Kekurangan yang ada pada Canva yaitu terletak pada penyimpanan RAM nya. Bagi Anda yang serba menggunakan Android dalam mengedit beberapa gambar maka Canva bukan saran yang tepat untuk Anda Coba. Karena Canva bukanlah aplikasi ringan, sehingga aplikasi ini tidak cocok untuk Android Anda yang memiliki RAM kurang dari 1GB.
    • Sangat bergantung internet
      Kekurangan lainnya berkaitan dengan jaringan internet Anda. Karena secara tidak langsung hasil gambar yang Anda ekspor bisa saja gagal, hal ini berpengaruh langsung dengan jaringan internet Anda, karena canva tanpa internet tidak mampu mengekspor gambar.

Fitur-Fitur yang terdapat di  Canva

  1. Template Siap pakai
    Fitur utama dan yang membuat jutaan orang menyukainya adalah ketersediaan template yang sangat beragam, walaupun beberapa di antaranya berbayar. Tapi, opsi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai di berbagai acara atau kepentingan.
  2. Font
    Setelah template dipilih, selanjutnya pengguna bisa mengubah teks termasuk jenis hurufnya. Ada ratusan jenis huruf (font) yang bisa dipilih, tergantung selera Anda.
  3. Warna
    Jika huruf sudah diganti, pengguna juga boleh mengubah warna teksnya. Pilihan warnanya juga beragam dan sepertinya Canva cenderung menyarankan opsi warna yang populer.
  4. Format
    Format juga didukung di Canva, sehingga pengguna bisa memilih untuk menampilkan teks dalam cetak miring, tebal atau kapital. Kemudian ada juga pilihan perataan, bisa rata kiri, tengah atau kanan. Lalu, Canva juga menyediakan opsi untuk mengatur jarak antar karakter dan baris, istilahnya spacing.
  5. Background
    Canva juga memberikan banyak opsi untuk mengubah tampilan background, di antaranya mengambil foto dari galeri memori lokal, gambar dari Canva, warna solid dan juga pemanis berupa filter.
  6. Duplikasi
    Fitur ini membantu pengguna mempercepat duplikasi pengaturan teks, di mana pengguna nantinya hanya tinggal mengganti isi teks duplikasi dengan teks yang baru.
  7. Ekstra Konten
    Tool-tool tadi tersedia secara default, memudahkan modifikasi template yang sudah ada. Di luar itu, Canva juga menyediakan tool ekstra yang mencakup semua fitur-fitur di atas. Biasanya tool ini dipergunakan untuk desain yang dirancang dari nol. Tool ini, Canva menyediakan berbagai input misalnya menambahkan teks, gambar, grafis dan juga template.
  8. Share dan Download
    Fitur share untuk membagikan poster yang baru saja dibuat, dan di saat bersamaan Canva juga akan mengunduh poster ke memori lokal. Seperti di banyak layanan, Anda dapat membagikan hasilnya ke berbagai layanan ataupun platform media sosial.
Lihat juga:  Pilih mana: Zoom vs Google Duo?

Snappa

Snappa merupakan salah satu tools untuk desain yang terbaik bagi pengguna yang tidak punya latar belakang desain. Anda dapat membuat gambar visual untuk dipublikasikan secara online dan hasil yang bagus. Fitur tambahan juga tersedia di aplikasi ini berupa foto di stocksnap yang dapat digunakan di Snappa
.

nappa lebih berfokus pada grafis dibanding foto. Grafis dan ikon di Snappa menawarkan fleksibilitas yang luas saat membuat visual. Cukup daftarkan dan verifikasi akun Anda. Template sudah banyak tersedia dan pilih yang Anda suka. Kunci untuk membuat infografis dengan cepat adalah menemukan template yang menarik.

Aplikasi satu ini juga menawarkan ratusan huruf, vektor, dan bentuk untuk membantu Anda membuat desain yang menakjubkan. Dari aplikasi ini, Anda juga bisa menjadwalkan gambar waktu untuk posting gambar di media sosial dengan lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tools yang bisa mengubah ukuran gambar secara otomatis dengan konversi ukuran yang beragam.

Nah, kira-kira apalagi ya kelebihan dari aplikasi snappa ini. Ingin tahu lebih dalam mengenai aplikasi ini. Berikut kami akan rangkum untuk Anda:

Canva vs Snappa

Kelebihan Snappa

Berikut ini Kelebihan Snappa:

  • Memiliki banyak template gratis
    Tentu kelebihan satu ini menjadi sangat penting untuk Anda yang sangat menyukai sesuatu yang gratis. Ada banyak ribuan gambar dan template stok gratis yang telah disesuaikan untuk media sosial, blog, dan media daring lainnya di aplikasi ini. Anda juga dapat membagikan gambar yang sudah selesai langsung ke media sosial. Sangat mudah dan praktis bukan?
  • Memiliki program pengeditan yang jernih
    Bagi Anda yang sangat senang mengedit gambar atau foto maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba. Selain tersedia berbagai macam template dan gambar gratis. Anda juga bisa mendapatkan hasil pengeditan yang jernih dan berkualitas tinggi. Tentu, hal ini sangat membuat penggunanya nyaman bukan?

Baca juga: Pilih mana: Play Store vs App Store?

Kekurangan Snappa

Berikut ini Kekurangan Snappa:

  • Tidak terlalu dikenal
    Kekurangan dari aplikasi snappa sendiri ada pada kepopulerannya. Aplikasi ini sangat jarang dikenal dan tidak sepopuler pesaingnya canva. Namun, kualitas yang diberikan tidak kalah bagusnya kok. Jadi, tidak ada salahnya mencoba bukan?
  • Varian fiturnya sangat minim
    Jika dibanding dengan pesaingnya, bisa dikatakan aplikasi satu ini jauh ketinggalan satu langkah,, hal ini disebabkan karena varian fitur yang ditawarkan tidak begitu banyak jadi bagi Anda yang ingin menggunakan varian fitur yang mendukung performa Anda justru Anda tidak dapat menemukannya. Bagi pemula aplikasi ini tidak begitu dianjurkan ya!

Fitur-Fitur yang terdapat di Snappa

  1. Fitur template atau gambar gratis
    Ada ribuan template gratis yang terdapat di snappa yang bisa Anda pilih
  2. Images
  3. Drag and cut
    Jika Anda ingin memotong dan memindahkan hasil editing Anda
  4. Fitur tambahan
    Stocksnapp yang sangat membantu Anda dalam menunjang gambar atau grafis yang telah Anda buat.

Pilih mana: Canva vs Snappa?

Keterangan CanvaSnappa
Kelebihan -Penggunaannya sangat mudah -Memiliki berbagai fitur-Memiliki banyak template gratis -Memiliki program pengeditan yang jernih
Kekurangan -Memiliki penyimpanan yang cukup besar -Sangat bergantung internet-Tidak terlalu dikenal -Varian fiturnya sangat minim

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan perbandingan mengenai aplikasi pengedit Canva dan Snappa yang bisa Anda jadikan referensi dalam mengedit gambar atau foto yang diinginkan. Tentunya, Setiap versi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, tidak perlu bingung memilih. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan saja, juga keterampilan Anda dalam menyunting gambar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Canva vs Snappa

VS

Leave a Reply