Finance

Pilih Mana: Cardano atau EOS?

Popularitas berinvestasi dalam cryptocurrency terus berkembang. Oleh sebab itu, semakin banyak pemula dan yang sudah lama bergelut di dunia investasi membandingkan keduanya, Cardano atau EOS, apa perbedaan dan persamaan di antara mereka ? Apa kelebihan dan kekurangan mereka ? Yang mana dari mereka yang ideal untuk investasi?

Meskipun ada berbagai crypto untuk dipilih, kami melihat pada mata uang digital Cardano dan EOS yang sudah memiliki daya tarik yang signifikan dan diharapkan setelah membaca artikel kali ini akan dapat memutuskan mana dari mereka yang layak untuk dipilih. Mari disimak!

Cardano

Platform Cardano blockchain dengan fitur yang lebih canggih daripada protokol lain yang sudah dirilis sebelumnya, dan yang pertama kali berkembang dari filosofi ilmiah. Para tim peneliti ahli dari berbagai negara sengaja didatangkan untuk mendekonstruksi konsep kriptografis yang ada, dan kemudian menciptakan sesuatu yang baru dalam lingkup algoritma Proof of Stake nya. Hasil dari penelitian tersebut adalah Ouroboros, algoritma Proof-of-Stake yang inovatif, sebagai wujud penyempurnaan algoritma kriptografis yang sudah beredar. Baca juga Pilih Mana: Cardano atau Ethereum?

Kolaboratif yang selalu dilakukan oleh para peneliti ahli dari berbagai belahan dunia menghasilkan suatu proyek kriptografis yang terdesentralisasi dengan basis kode Haskell, yaitu produk dengan kekuatan industri yang memberikan ketahanan dan pertahanan yang diperlukan oleh sistem Mission-Critical. Yang dijamin sangat aman oleh Cardano.

Platform Cardano bersifat Open-Source dan dapat dikembangkan oleh siapapun. Apalagi ada fitur ekosistem yang dapat dikembangkan dan diadopsi oleh platform lainnya, sehingga Cardano dinilai sebagai mata uang kripto paling lengkap dan paling berguna yang pernah diciptakan.

Protokol Multi Layer Cardano (Protokol Beberapa Lapis Cardano) melakukan fungsi lanjutan, dan pada dasarnya merupakan lapisan yang bertugas menyelesaikan hubungan transaksi secara efektif kepada lapisan kontrol utama. Salah satu lapisan akan memiliki data unit akun, sedangkan lapisan kontrol utama akan menjalankan Smart Contracts.

Secara keseluruhan, rancangan protokol Cardano diarahkan untuk melindungi hak privasi pengguna, sekaligus memperhatikan kebutuhan regulator. Cardano adalah protokol pertama yang menyeimbangkan persyaratan antara pengguna dan regulator yang efektif, hal ini merupakan hal baru dalam penerapan mata uang crypto.

Manfaat Cardano

1. Best of Two Worlds
Cardano telah menjadi sistem peer-to-peer pertama yang beroperasi pada teori yang diuji secara ilmiah. ADA menggabungkan properti transaksional Bitcoin dengan Dapps Ethereum dan sistem kontrak Smart.

2. Bahasa Smart Contract
Para pengembang tertarik untuk menciptakan bahasa kontrak pintar yang unik yang disebut Plutus  yang akan menampilkan kontrak pintar yang tidak dapat diubah tanpa persetujuan kedua belah pihak.

3. Terjamin Aman
Proses transaksional kontrak pintar Cardano lebih aman daripada cryptocurrency lain karena berlapis, sehingga menciptakan lebih sedikit ruang untuk merusak data.

4. Terdesentralisasi Sepenuhnya
Sistem Cardano terdesentralisasi, tidak dapat dibatasi untuk memilih individu dan oleh karena itu informasi disimpan secara permanen dalam buku besar.

Semua Dapps yang ada pada platform Cardano menggunakan cryptocurrency ADA sebagai token utama mereka dan menggunakan smart contract untuk menciptakan ekonomi interaktif virtual.

Kelebihan Cardano

  • Karakter double layered
    Cardano mengintegrasikan dua lapisan fungsionalitas dalam blockchain-nya sehingga lebih disempurnakan. Yang pertama, lapisan penyelesaian, mencatat, dan memproses transaksi sementara yang kedua memiliki fungsi seperti kontrak pintar. Selain menambah fitur, pelapisan ganda meningkatkan efisiensi.
  • Kode sumber terbuka
    Kode sumber terbuka Cardano dimaksudkan untuk memastikan bahwa cryptocurrency dapat berinteraksi di seluruh jaringan blockchain. Tujuan ini dimaksudkan untuk mempromosikan  interoperabilitas  dan akan mendukung pertukaran atom yang membuat teknologi blockchain menjadi urusan kolaboratif.
  • Tim yang terpercaya
    Cardano dijalankan oleh tim yang kredibel dan kompeten yang terdiri dari Charles Hoskinson dan Jeremy Wood; keduanya terlibat dalam pembuatan blockchain Ethereum. Bersama dengan Profesor Aggelos Kiayias, mereka mendirikan IOHK (Input Output Hong Kong), perusahaan di belakang proyek Cardano.

Kekurangan Cardano

  • Ketakutan sentralisasi
    Protokol bukti kepemilikan membuat penambangan lebih mudah, tetapi ada kekhawatiran tentang sentralisasi karena hanya memperbolehkan validator untuk memilih blok mana yang akan divalidasi.
  • Keamanan yang rentan
    Bukti kepemilikan menciptakan celah yang memungkinkan  transaksi pengeluaran ganda dimungkinkan melalui blok forking tepat sebelum transaksi.
  • Bahasa pemrograman yang tidak terbukti
    Cardano menggunakan Plutus; bahasa pemrograman baru dan unik tanpa menggunakan kasus yang terbukti, kurangnya rekam jejak dapat berpotensi bermasalah.

EOS

EOS merupakan  platform Blockchain yang menggunakan koin EOS. Hal Ini membuat pengembangan aplikasi menjadi mudah dengan menyediakan serangkaian layanan dan fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh pengembangan aplikasi yang terdesentralisasi (dApps). EOS menyediakan akun, autentikasi, database, serta penjadwalan aplikasi di beberapa core atau clusture CPU.

EOS sangat mengutamakan kepuasan penggunanya, dimana para pengguna dapat memutuskan nama dan alamat wallet mereka, alih-alih menggunakan kode panjang dan rumit seperti yang tersedia pada Bitcoin dan Ethereum. Selain itu juga terdapat beberapa cara untuk memulihkan akun penggunanya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Stellar atau Zcoin?

EOS diciptakan oleh Block.one yang dirancang sedemikian rupa untuk mendukung keseluruhan kebutuhan desentralisasi pada tingkat komersial dengan menyediakan seluruh fungsi inti yang diperlukan sehingga EOS akan lebih memudahkan para pelaku bisnis untuk tetap fokus pada pengembangan bisnis mereka sendiri daripada fokus pada sistem pembayaran.

  • Awal 2017 – Peluncuran blockchain EOS yang baru
  • 26 Juni 2017 – 200.000.000 token EOS pertama dialokasikan
  • 1 Juli 2017 – Alokasi 700.000.000 token EOS yang tersisa selama periode 350 hari.
  • 1 Juni 2018 – Rilis perangkat lunak open-source EOS.IO ke masyarakat. 

Kelebihan EOS

  • Menghindari pemalsuan uang
    Salah satu problem dari penggunaan duit kertas maupun kartu kredit adalah rawan pencurian dan pemalsuan. Secara teknis di dunia digital, ada istilah “double spend”, yang bermakna dengan menggunakan uang yang sama, seseorang melakukan transaksi untuk dua hal yang beda.Skema blockchain di mata uang kripto tidak memungkinkan hal ini terjadi, bisa dibilang aman.

  • Proses transaksi yang cepat
    EOS memiliki fitur kapasitas transaksi ratusan kali lebih besar dibandingkan Ethereum. Data dari EOS block explorer saat ini menunjukkan EOS mampu memproses 3000 transaksi per detik. keunggulan utama yang ditawarkan EOS, jika dibandingkan Ethereum yang hanya 15 transaksi per detik, maka EOS jauh lebih unggul.
  • Terdistribusi
    Dikarenakan data dalam blockchain disimpan dalam ribuan perangkat dalam node jaringan tersebar, sistem dan datanya sangatlah kuat terhadap kegagalan teknis dan serangan jahat. Setiap node jaringan dapat mereplika dan menyimpan sebuah salinan database tersebut, dan dikarenakan hal ini tidak ada sebuah titik lemah untuk kegagalan: sebuah node menjadi offline tidak akan mengganggu ketersediaan atau keamanan jaringan.

Kekurangan EOS

  • Transaksi tidak dapat dibatalkan
    Karena blockchain ini merupakan suatu platfrom yang terdesentralisasi, semua transaksi akan terekam di buku besar digital di semua komputer yang memilikinya, sehingga transaksi tidak dapat dibatalkan. Berbeda dengan sistem tradisional pada bank yang memungkinkan pembatalan transaksi jika ada kesalahan.
  • Kurang efisien
    Konfirmasi block data yang terjadi di jaringan blockchain membutuhkan kesepakatan dari pihak-pihak di jaringan blockchain tersebut, sehingga tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan adanya otoritas utama. Jika ada otoritas utama mungkin hanya membutuhkan hitungan detik, namun jaringan blockchain membutuhkan waktu 1 menit, 10 menit, atau bahkan sampai hitungan hari, tergantung kecepatan dan kapasitas jaringan tersebut.
  • Modifikasi data
    Satu kelemahan lagi dari sistem blockchain adalah setelah data ditambahkan ke dalam blockchain, sangatlah sulit untuk merubahnya. Walaupun stabilitas adalah salah satu kelebihan dari blockchain, ini tidaklah selalu baik. Merubah data atau kode blockchain biasanya sangat menuntut dan seringkali membutuhkan sebuah hard fork, dimana satu rantai ditinggalkan, dan beralih menggunakan rantai yang baru.

Manfaat EOS

1. Keamanan Terbaik
Dengan enam otoritas regulasi dan akun yang terpisah, uang kalian selalu terlindungi setiap saat.

2. Leverage yang Besar
Tingkatkan modal awal dengan leverage yang besar dan lakukan kegiatan perdagangan yang lebih besar dari saldo rekening Anda. Hingga 2:1 (untuk pengguna UE) 25:1 (untuk pengguna non-UE).

3. Batasi Risiko Anda
Kalian dapat menetapkan tingkat laba dan rugi dengan menggunakan fitur stop loss atau batas laba saat melakukan kegiatan perdagangan. Tentukan jumlah maksimal yang siap dipertaruhkan untuk melakukan spekulasi harga, atau tetapkan harga di mana kalian ingin mengambil laba. Lakukan pesanan otomatis di masa depan dengan fitur Buy Stop dan Buy Limit yang tersedia.

Berikut tabel perbandingan Cardano dan EOS per September 2019, yang dapat kita lihat dari segi kapitalisasi pasar, pasokan beredar, dan berapa persen pengembalian aebagai berikut:

StatistikCardano EOS
Kapitalisasi pasar1.478.132.288 3.893.586.907
Volume 24jam123.703.047 2.931.470.554
Pasokan Beredar25.927.070.538 ADA 923.274.849 EOS
Pengembalian Investasi 161,67% 310,64%

Pilih Mana: Cardano atau EOS?

CardanoEOS
Kelebihan - Karakter double layered - Kode sumber terbuka - Tim yang terpercaya - Menghindari pemalsuan uang - Proses transaksi yang cepat  - Terdistribusi
Kekurangan- Ketakutan sentralisasi - Keamanan yang rentan  - Bahasa pemrograman yang tidak terbukti - Transaksi tidak dapat dibatalkan - Kurang efisien - Modifikasi data

Kesimpulan

Telah kita bahas mengenai Cardano atau EOS, dapat dilihat keduanya mempunyai keunggulan masing-masing dan mempunyai strategi tersendiri untuk mencuri perhatian pasar, Tentunya, dari artikel di atas dapat kalian tarik kesimpulan bahwa keduanya pun mempunyai manfaat yang berbeda dan persaingan dan fitur-fitur pun akan berubah setiap saat. Karenanya, sebelum kalian memilih dari keduanya kalian pahami terlebih dahulu kinerja dari keduanya ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cardano VS EOS

VS

Leave a Reply