Finance

Pilih Mana: Cardano atau Ethereum?

Jika kalian pernah mendengar tentang Cardano maupun Ethereum, Kalian mencari tahu protokol mana yang memiliki teknologi terbaik? Dalam artikel Cardano atau Ethereum ini, kami akan mulai dengan menjelaskan dasar-dasar dari keduanya. Setelah itu, kami akan membahas asal mula keduanya hadir dan juga apa saja kelebihan dan kekurangan dari Cardano maupun Ethereum yang dapat menjadi bahan pertimbangan kalian jika kalian sedang memilih diantara keduanya. Stay tune!

Cardano

Cardano merupakan proyek blockchain publik terdesentralisasi dan juga mata uang kripto yang diciptakan open source secara keseluruhan.

Cardano memiliki kesamaan dengan mata uang crypto Ethereum, karena keduanya merupakan platform smart contract yang berfokus pada keamanan dengan rangka berlapis. Keamanan merupakan salah satu faktor paling penting dari mata uang kripto ini.

Cardano ini diciptakan untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh dua pendahulunya seperti Ethereum. Mata uang crypto yang telah muncul terlebih dahulu ini menghadapi kendala terutama dalam hal pengaturan privasi dan skalabilitas.

Dengan mekanisme konsensus dan algoritma Ouroboros serta kerangka desain 2 lapis yang diterapkan oleh Cardano diharapkan mampu mengatasi masalah privasi dan skalabilitas sebelumnya. Pada akhirnya, Cardano ingin menarik pelanggan yang tidak dapat ditangani oleh Ethereum. Baca juga Pilih Mana: Cardano dan Bitcoin?

Sejarah Cardano

Cardano merupakan mata uang kripto yang terbilang masih baru. Cardano diluncurkan pertama kali pada tanggal 29 September 2017.  Sebenarnya, mata uang ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2015, namun butuh waktu selama kurang lebih 2 tahun sebelum akhirnya resmi diluncurkan ke publik.

Charles Hoskinson merupakan orang yang menjadi penggagas utama lahirnya Cardano. Charles Hoskinson sendiri merupakan salah satu co-founder dan mantan CEO Ethereum. Tetapi, sebelum Ethereum resmi diluncurkan beliau telah keluar dari proyek Ethereum dan mengembangkan perusahaan sendiri yang diberi nama IOHK.

Cardano dengan platform smart contract membutuhkan sumber daya yang lebih dalam hal pengembangan-nya. Saat ini, ada 3 organisasi yang bekerja secara bersamaan untuk tujuan pengembangan Cardano yaitu The Cardano Foundation, Emurgo, dan Input Output Hong Kong (IOHK). Secara singkat, Cardano dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Cardano sebuah platform Smart Contract seperti Ethereum atau NEO yang memudahkan pembuatan token baru dan merupakan DApps (Decentralized Applications).
  • Lebih dari 60% token ADA dialokasikan pada saat tahap ICO.
  • Cardano dibuat dan diatur oleh sebuah perusahaan dengan nama IOHK, dan Charles Hoskinson sebagai pengagasnya.
  • Token ADA akan dibutuhkan untuk aplikasi-aplikasi ke depannya, sehingga nilai token ADA memiliki ciri yang sama seperti Ethereum.
  • Pemilik token ADA Cardano bisa mendapatkan token yang lebih banyak dengan memvalidasi transaksi blok di masa depan, bisa menerima beberapa blok reward dan sedikit bagian dari network fee.
  • Pemegang Cardano dapat menyumbangkan suara untuk perubahan protocol, yang membuat sistem Blockchain lebih fleksibel. 

Kelebihan Cardano

  • Transaksi dapat berjalan dengan lebih cepat
    Memiliki 2 layer yang membuat proses transaksi dapat berjalan dengan lebih cepat. Ethereum sebagai pendahulu dari Cardano hanya memiliki satu layer dimana hal ini membuat proses penyimpanan informasi transaksi menjadi lebih lambat.
  • Blockchain Cardano terbilang lebih fleksible
    Sistem Blockchain Cardano terbilang lebih fleksible bila dibandingkan dengan sistem Blcokchain cryptocurreny lainnya. Hal ini disebabkan karena pemilik koin Cardano (ADA) bisa memberikan saran untuk perubahan protokol. Bila suara mayoritas menginginkan perubahan protokol, maka perubahan dapat dilakukan.
  • Memiliki ketahanan terhadap komputer kuantum
    Komputer kuantum adalah perkembangan teknologi yang dikatakan memiliki kemampuan untuk memecahkan kriptografi dalam sistem blockchain Bila kriptografi yang ada berhasil dipecahkan maka hal ini tentu saja akan mengancam keamanan pengguna cryptocurrency. Cardano digadang-gadang mampu bertahan dari serangan komputer kuantum, yang secara otomatis membuatnya menjadi jauh lebih aman dibandingkan cryptocurrency lain.

Kekurangan Cardano

  • Belum bekerja sama dengan pemerintah
    Sebagian pemerintah di berbagai Negara saat ini masih meragukan teknologi blockchain dan kripto. Sebagian negara seperti Jepang dan Korea Selatan, termasuk beberapa negara di Eropa sudah mempunyai regulasi khusus, namun secara umum kesannya masih menolak.
  • Perkembangan yang lambat
    Walaupun bisa dijamin hasilnya handal, namun secara perkembangan token dan DApp bisa dibilang lambat. Sampai detik ini saja belum terdapat DApp yang menclok di Cardano, meski sudah banyak bursa yang memperdagangkan ADA.
  • Kurang terkenal
    Seperti yang kita tahu bahwa Cardano sendiri belum begitu dikenal banyak orang. Nama Cardono sendiri masing asing walapun kinerjanya tidak perlu rigaukian lagi.

Ethereum

Ethereum sendiri merupakan jaringan peer-to-peer publik atau blockchain-nya, sedangkan mata uang digitalnya sendiri disebut Ether. Platform Ethereum ter-desentralisasi yang bisa menjalankan smart contract, yaitu aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain.

Lihat juga:  Pilih Mana: Unit Link atau Asuransi Murni?

Sederhananya, tujuan Ethereum adalah untuk menjadi komputer dunia. Untuk menggunakannya kalian harus membuat akun di dompet digital MyEtherWallet yang dibuat khusus untuk cryptocurrency Ethereum. Dompet digital ini juga dirancang untuk mudah digunakan, sehingga cocok bagi pemula.

Aplikasi Ethereum berbasis website, sehingga memungkinkan kita untuk membuat dompet digital baru tanpa harus mengunduh data pada blockchainsecara keseluruhan.

Sejarah Ethereum

Ethereum pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2013 dalam sebuah whitepaper oleh Vitalik Buterin. Karena kepercayaan bahwa Bitcoin masih sempit penggunaanya, maka Buterin berniat membuat sebuah cryptocurrency yang lebih mudah “disesuaikan”.

Pada saat perkenalan Ethereum ke publik Vitalik Buterin juga menjadi pengembang Bitcoin saat itu. 

Tujuannya untuk membuat mata uang digital yang bukan hanya berfungsi seperti Bitcoin, namun juga memiliki fitur smart contract yang dapat digunakan untuk menentukan secara otomatis kapan pembayaran dilakukan.

Karena proyek ini tidak dapat diaplikasikan dalam Bitcoin, maka Buterin menciptakan Ethereum pada tahun 2014 untuk mewujudkan mimpinya.

Ethereum adalah pelopor penawaran koin awal (initial coin offering atau ICO).

Ethereum langsung diterima dengan baik dalam masyarakat karena pada saat proyek masih dalam pengembangan, sudah ada pesanan dari investor sebanyak 60 juta token Ether. Hal ini mengawali masa perjalanan Ethereum yang merupakan sebuah perkembangan luar biasa besar.

Kelebihan Ethereum

  • Anti penipuan
    Tim pengembang ethereum juga telah mempunyai reputasi sebagai tim yang solid serta kompeten dalam meningkatkan stabilitas, keamanan, fungsionalitas, serta skalabilitas blockchain ethereum. Fakta ini memberikan ketenangan untuk para pengembang aplikasi yang akan membuat aplikasi pada ethereum.
  • Memiliki Ethereum Virtual Machine (EVM)
    Ethereum Virtual Machine (EVM)  yang merupakan software yang lengkap (turing complete). Artinya, pengembang dapat dengan bebas membuat berbagai aplikasi semudah membuat aplikasi dengan javascript. 
  • Didesain khusus untuk menjadi smart contract yang terbuka
    Transaksi yang dilakukan di blockchaindapat mengeksekusi suatu smart contract melalui berbagai cara, misalnya dengan mengirimkan mata uang digital atau data ke alamat kontrak. Jika berhasil dieksekusi, smart contract tersebut dapat memproses lebih banyak transaksi atau mengeksekusi smart contracts lainnya.

Kekurangan Ethereum

  • Akses yang ada kemungkinan down 
    Kecepatan akses, tidak sepenuhnya bisa diandalkan karena menggantungkan pada server yang terdistribusi. Pengembangan aplikasi di atas platform Ethereum bisa dianalogikan dengan penyewaan jasa web-hosting, ketika server down, maka sistem yang bekerja di bawahnya juga tidak berfungsi.
  • Tidak dapat meningkatkan fungsionalitas blockchain secara mandiri
    Karena harus berkontribusi secara keseluruhan. Apabila mengalami hard-fork (penambang menjalankan protokol yang berbeda secara masif), akan berpengaruh langsung terhadap aplikasi yang dikembangkan.
  • Tidak berbentuk fisik
    Mata uang ini berbentuk virtual, jadi tidak ada bentuk fisik dari kedua koin ini. Itu artinya nilai intrinsik dari mata uang Ethereum adalah nol. Setiap komputasi juga akan membutuhkan Ether (jenis koin) yang meningkat bergantung pada kompleksitas dan basis pengguna aplikasi.

Berikut tabel perbandingan dan Cardano Ethereum :

Cardano Ethereum
Mekanisme konsensusPoS OuroborosPw
Transaksi p / s 257 (per September 2019) 15 (per September 2019)
Nilai pasar3,2 Miliar (per September 2019)44 Miliar (per September 2019)
Pasokan beredar25 Miliar (per September 2019)100 Miliar (per September 2019)
Tanggal peluncuranSeptember 2015Juli 2015
Tim / OrganisasiIOHKYayasan Ethereum

Pilih Mana: Cardano atau Ethereum?

Cardano Ethereum
Kelebihan- Transaksi dapat berjalan dengan lebih cepat - Blockchain Cardano terbilang lebih fleksible - Memiliki ketahanan terhadap komputer kuantum - Anti penipuan - Memiliki Ethereum Virtual Machine (EVM)  - Didesain khusus untuk menjadi smart contract yang terbuka
Kekurangan- Belum bekerja sama dengan pemerintah - Perkembangan yang lambat - Kurang terkenal - Akses yang ada kemungkinan down  - Tidak dapat meningkatkan fungsionalitas blockchain secara mandiri - Tidak berbentuk fisik

Kesimpulan

Pembahasan mengenai Cardano atau Ethereum sudah kita bahas di atas dan dapat kita mabil kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulan masing-masing dan sedang bersaing untuk memberikan fitur yang terbaik. seperti yang kita ketahui di atas bahwa Cardano dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada jaringan Ethereum yang membuat pengguna Ethereum melirik Cardano. Namun, Ethereum masih memegang jaringan yang di pastikan aman dari penipuan da sebagainya. Jadi, dapat kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cardano VS Ethereum

VS

Leave a Reply