Fashion

Pilih Mana: Cardigan atau Blazer?

Outer merupakan jenis pakaian yang dipakai dan digunakan pada bagian luar dan memakai pakaian lain seperti kaos atau kemeja pada bagian dalamnya. Dua jenis outer yang bisa Anda gunakan yakni cardigan dan blazer. Dari dua jenis outer tersebut, manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Cardigan atau blazer?

Cardigan dan blazer merupakan pakaian yang dapat Anda gunakan untuk melindungi tubuh Anda dan mendukung penampilan Anda. Meskipun memiliki fungsi dasar yang sama, namun cardigan dan blazer memiliki beberapa perbedaan seperti desain yang dimiliki, bahan yang digunakan, acara yang cocok untuk pakaian tersebut dan masih banyak lagi hal lainnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui perbedaan lebih lengkap dengan membaca artikel di bawah ini.

Cardigan

Cardigan merupakan bagian dari sweater yang pada bagian depannya terbuka ataupun dapat ditambahkan kancing. Cardigan merupakan pakaian yang sering digunakan oleh kaum perempuan karena mampu memberikan kesan langsing bagi penggunanya. Anda juga bisa melihat referensi pemakaian cardigan pada Tribunnews.com. 

Kelebihan Cardigan

Berikut beberapa kelebihan cardigan yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Desain yang Lebih Variatif

Salah satu kelebihan cardigan adalah memiliki desain dan motif yang lebih beragam jika dibandingkan dengan blazer. Dengan adanya banyak desain yang lebih bervariasi ini, Anda dapat mendukung atau menunjang penampilan Anda dengan menggunakan cardigan.

  • Cocok Digunakan untuk Acara Santai

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh cardigan adalah cocok digunakan untuk acara santai, aktivitas sehari-hari dan banyak hal lainnya. Dibandingkan dengan blazer, cardigan lebih cocok digunakan pada aktivitas sehari-hari ataupun kegiatan yang ada di rumah saja.

  • Memiliki Bahan yang Biasanya Lebih Lembut

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki cardigan adalah memiliki bahan yang relatif lebih lembut dibandingkan dengan blazer. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih luwes ketika menggunakan cardigan jika dibandingkan dengan blazer.

Kekurangan Cardigan

Berikut beberapa kekurangan cardigan yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Acara Formal

Salah satu kekurangan cardigan adalah kurang cocok digunakan untuk acara formal. Ketika ada kegiatan meeting, ada aktivitas interview pekerjaan, atau hal lainnya yang formal atau semi formal maka cardigan kurang cocok untuk Anda pilih.

  • Beberapa Cardigan Berbahan Tipis

Kekurangan lain yang dimiliki oleh cardigan adalah terdapat beberapa jenis cardigan yang memiliki bahan yang cenderung lebih tipis daripada blazer. Karena memiliki bahan yang lebih tipis ini, cardigan kurang mampu melindungi kulit dari rasa dingin.

  • Cardigan Berbahan Tebal Membutuhkan Ruang Lebih Besar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh cardigan adalah membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan cardigan yang memiliki bahan yang lebih tebal. Bahan yang tebal tersebut misalnya bahan yang terbuat dari wol, dari kulit atau cardigan yang berbulu.

Kelebihan CardiganKekurangan Cardigan
- Memiliki desain yang lebih variatif - Kurang cocok untuk acara formal
- Cocok digunakan untuk acara santai- Beberapa cardigan berbahan tipis
- Memiliki bahan yang biasanya lebih lembut- Cardigan berbahan tebal membutuhkan ruang lebih besar

Blazer

Blazer merupakan sebuah pakaian yang memiliki bentuk yang menyerupai jas. Blazer ini biasanya sering digunakan untuk kegiatan yang cenderung lebih formal. Tidak hanya itu, blazer juga lebih fleksibel digunakan untuk berbagai aktivitas. Penjelasan mengenai blazer pernah kami bahas pada Jaket vs Blazer.

Kelebihan Blazer

Berikut beberapa kelebihan blazer yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok Digunakan untuk Acara Formal

Salah satu kelebihan blazer adalah memiliki fungsi yang cenderung lebih cocok untuk acara formal. Blazer cocok digunakan baik untuk acara formal ataupun non formal. Anda dapat menggunakan blazer pada aktivitas meeting, ke kantor, saat interview, kuliah, dan lain sebagainya.

  • Memiliki Bahan yang Lebih Tebal

Kelebihan lain yang dimiliki oleh blazer adalah memiliki bahan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan cardigan. Dengan bahan yang lebih tebal ini blazer lebih mampu melindungi kulit dari suhu yang dingin dan dari paparan matahari yang dapat membakar kulit Anda.

  • Mudah Dipasangkan dengan Apapun

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh blazer adalah mudah untuk dipasangkan dengan apapun. Anda dapat memasangkan blazer dengan kaos, kemeja, sneakers, pantofel, kanvas, dan banyak lagi hal lainnya. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memasangkan blazer ini dengan banyak hal.

Kekurangan Blazer

Berikut beberapa kekurangan cardigan yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Berat dan Membutuhkan Space yang Lebih Besar

Salah satu kekurangan blazer adalah lebih berat dan membutuhkan space yang lebih besar untuk disimpan dibandingkan dengan cardigan. Karena hal ini, Anda akan menghabiskan tempat lebih banyak ketika membawa blazer saat melakukan perjalanan.

  • Kurang Cocok untuk Kegiatan Santai

Kekurangan lain yang dimiliki oleh blazer adalah kurang cocok untuk acara atau kegiatan yang santai. Blazer sebenarnya fleksibel digunakan untuk acara formal ataupun non formal, namun sayangnya blazer ini kurang cocok untuk acara yang lebih santai seperti aktivitas sehari-hari, aktivitas di rumah, memancing, dan aktivitas santai lainnya.

  • Memiliki Desain yang Relatif Sama

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh blazer adalah memiliki desain yang relatif sama. Sebagian besar blazer memiliki bentuk dan desain yang sama. Dengan demikian, jika Anda memiliki dua blazer dengan warna yang sama, maka orang yang melihatnya akan berpikir bahwa Anda menggunakan blazer yang sama. Blazer biasanya juga lebih banyak yang tidak memiliki motif dan lebih polos.

Kelebihan BlazerKekurangan Blazer
- Cocok digunakan untuk cara formal- Lebih berat dan membutuhkan space yang lebih besar
- Memiliki bahan yang lebih tebal- Kurang cocok untuk kegiatan santai
- Mudah dipasangkan dengan apapun- Memiliki desain yang relatif sama

Pilih Mana: Cardigan atau Blazer?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cardigan dan blazer. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

CardiganBlazer
- Cocok untuk aktivitas dan acara yang santai- Kurang cocok untuk aktivitas dan acara santai
- Memiliki desain dan model yang bervariasi- Memiliki desain yang relatif sama
- Kurang cocok untuk acara yang formal dan semi formal- Cocok untuk acara yang lebih formal dan semi formal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cardigan dan blazer di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua pakaian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dan menyesuaikan aktivitas Anda untuk menentukan akan memilih cardigan atau blazer.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cardigan vs Blazer

VS

Leave a Reply