Home

Pilih Mana: Cat Catylac atau Vinilex?

Cat merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam memperindah dan mempercantik sebuah bangunan. Anda perlu memilih cat dengan kualitas dan keamanan yang terjamin untuk membuat bangunan menjadi aman dan nyaman saat dihuni. Dua cat berkualitas yang dapat Anda gunakan yaitu cat Catylac dan cat Vinilex. Jika Anda harus memilih, manakah cat yang paling baik untuk Anda gunakan? Cat Catylac atau Vinilex.

Cat Catylac dan cat Vinilex merupakan dua merek cat yang memiliki kualitas yang sangat baik. Cat Catylac merupakan bagian dari cat Dulux yang telah terkenal kualitasnya. Sedangkan cat Vinilex merupakan bagian dari cat Nippon Paint yang juga memiliki kualitas yang sangat baik.

Cat Catylac

Cat Catylac merupakan salah satu varian atau merek dari cat Dulux. Cat Catylac memiliki banyak varian yang dapat Anda gunakan untuk melapisi dinding Anda. Varian cat Catylac antara lain, Dulux Catylac Cat Dasar Exterior, Dulux Catylac Exterior, Dulux Catylac Interior, Dulux Catylac Interior Glow, Dulux Catylac Plamur Interior, Dulux Catylac Cat Dasar Interior. Anda juga dapat melihat perbandingan antara cat Toa vs Dulux di sini!

Kelebihan Cat Catylac

Berikut beberapa kelebihan cat Catylac yang perlu Anda ketahui:

  • Meningkatkan Daya Rekat Dinding

Salah satu keunggulan cat Catylac dari Dulux adalah memiliki fungsi mengurangi serangan garam alkali serta meningkatkan daya rekat dinding sehingga dinding tidak mudah menggelembung dan mengelupas. Keunggulan ini dimiliki oleh cat Catylac untuk bagian eksterior bangunan dengan nama Dulux Catylac Cat Dasar Exterior.

  • Memiliki Sertifikat Singapore Green Label

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Catylac ini adalah semua cat Catylac dari Dulux memiliki sertifikat Singapore Green Label. Sertifikat ini bisa diberikan hanya kepada produk-produk yang dapat membuktikan bahwa produk-produk tersebut secara signifikan ramah terhadap lingkungan. Dengan adanya sertifikat ini pada produk Catylac menandakan bahwa cat tersebut merupakan cat yang ramah terhadap lingkungan. Hal ini wajar saja karena cat Catylac memiliki kandungan timbal yang rendah. Dikutip dari Kompas.com cat Catylac merupakan satu dari dua cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah.

  • Memberikan Warna yang Berkilau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Catylac adalah menyediakan produk interior yang dapat membuat dinding memiliki warna yang cerah dan lebih berkilau. Produk tersebut yaitu Dulux Catylac Interior Glow. Produk ini memiliki formula Chroma Brite Glow sehingga dapat menghasilkan warna dinding dengan hasil akhir mengkilap. Selain itu, dinding Anda juga akan terlihat lebih elegan dibandingkan dengan cat biasa.

Kekurangan Cat Catylac

Berikut beberapa kekurangan cat Catylac yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Menyediakan Produk yang Tahan Disikat

Salah satu kekurangan cat Catylac dari Dulux adalah belum menyediakan produk yang dapat disikat seperti varian cat yang dimiliki oleh Vinilex. Dengan demikan, jika Anda membutuhkan cat yang tahan terhadap sikatan dan dapat dengan mudah membersihkan cat tanpa merusak cat dengan menyikatnya maka cat Catylac belum bisa Anda gunakan.

  • Cat Interior dan Eksterior Masih Dibedakan

Banyak orang yang menyukai cat yang praktis, misalnya dapat digunakan untuk interior dan eksterior dalam satu cat. Namun sayangnya, cat Catylac membedakan cat interior dan eksterior. Dengan demikian jika Anda membutuhkan kedua jenis cat ini, Anda perlu membeli kedua variannya. Karena satu cat tidak bisa digunakan untuk dua fungsi. Hal ini berbeda dengan cat Vinilex yang beberapa variannya dapat digunakan sebagai cat interior dan cat eksterior.

  • Memiliki Waktu Pengeringan yang Relatif Lama

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cat Catylac adalah memiliki waktu pengeringan yang relatif lama. Untuk mengeringkan cat ini, Anda memerlukan waktu 1 hingga 3 jam. Sedangkan cat Vinilex dapat kering dalam waktu yang relatif cepat, yakni 30 menit dan paling lama 2 jam. Namun, waktu rata-rata untuk mengeringkan cat ini adalah 1 jam saja. Dengan demikian dalam hal kecepatan pengeringan, Vinilex lebih baik daripada Catylac.

Kelebihan Cat CatylacKekurangan Cat Catylac
- Meningkatkan daya rekat dinding - Belum menyediakan produk yang tahan disikat
- Memiliki sertifikat singapore green label- Cat interior dan eksterior masih dibedakan
- Memberikan warna yang berkilau- Memiliki waktu pengeringan yang relatif lama

Cat Vinilex

Cat Vinilex merupakan salah satu varian atau merek dari cat Nippon Paint. Cat Vinilex memiliki banyak varian seperti, Nippon Vinilex, Nippon Vinilex Fresh, Nippon Vinilex Super Easy Wash, Vinilex Pro1000.

Kelebihan Cat Vinilex

Berikut beberapa kelebihan cat Vinilex yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Produk yang Bebas Merkuri dan Timbal

Salah satu kelebihan cat Vinilex dari Nippon Paint adalah memiliki produk yang bebas dari merkuri dan timbal. Produk tersebut yaitu Nippon Vinilex Fresh. Varian cat Vinilex ini dapat melindungi dinding interior dari bakteri yang mengganggu kesehatan dan kebersihan. Cat ini juga telah di tes oleh Japan Food Research Laboratories. Hasil tes tersebut menyatakan bahwa cat ini layak untuk melindungi lingkungan dari bakteri seperti MRSA, E-coli dan Staphylococcus Aureus-berguna untuk mencegah asma, flu dan diare. Dengan demikian, cat ini ideal untuk digunakan pada tempat pengolahan makanan serta sekolah karena relatif aman.

  • Memiliki Varian Cat yang Dapat Dicuci

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex memiliki varian cat yang dapat dicuci atau dapat dengan mudah dibersihkan. Sedangkan cat Catylac tidak menyediakan varian ini. Nama varian cat Vinilex yang dapat dicuci yaitu Nippon Vinilex Super Easy Wash. Selain mudah untuk dicuci, cat ini juga memiliki teknologi anti pudar dan lebih cepat kering. Cat ini dapat digunakan untuk eksterior maupun interior.

  • Memiliki Varian Cat yang Tahan Sikat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah cat interior dan eksterior yang memiliki varian cat yang dapat disikat. Varian tersebut yaitu Nippon Vinilex, cat ini merupakan cat terlaris nomor 1 di Indonesia. Varian cat ini tahan disikat hingga 1200 kali, memiliki warna yang tahan lama, anti pudar, anti jamur serta lebih cepat kering. Dengan banyak keunggulan yang dimiliki ini, wajar saja jika cat Nippon Vinilex ini sangat banyak digemari dan diminati.

Kekurangan Cat Vinilex

Berikut beberapa kekurangan cat Vinilex yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Ada Produk yang Mendapatkan Green Label

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah belum mendapatkan sertifikat green label. Sertifikat ini didapat jika produk dianggap ramah terhadap lingkungan. Hanya ada satu produk dari Vinilex yang menyatakan bahwa bebas dari merkuri dan timbal. Sedangkan produk lain belum ada yang menyatakan bebas dari merkuri dan bebas dari timbal.

  • Masih Mengandung VOC yang Tinggi

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah masih memiliki kandungan VOC yang tinggi. Sedangkan cat Catylac semua produknya memiliki kandungan yang rendah VOC. Kandungan VOC ini dapat memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan anak. Jika Anda mementingkan keamanan sebaiknya Anda menggunakan cat yang tidak hanya memiliki kualitas yang baik. Tapi juga yang aman ketika terpapar oleh anak.

  • Belum Menyediakan Produk dengan Warna yang Berkilau

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh cat Vinilex adalah belum menyediakan cat yang memiliki warna yang berkilau seperti yang disediakan oleh cat Catylac. Anda hanya memiliki varian dengan warna yang matte atau dove saja.

Kelebihan Cat VinilexKekurangan Cat Vinilex
- Memiliki produk yang bebas merkuri dan timbal- Belum ada produk yang mendapatkan green label
- Memiliki varian cat yang dapat dicuci- Masih mengandung voc yang tinggi
- Memiliki varian cat yang tahan sikat - Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau

Pilih Mana: Cat Catylac atau Vinilex?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Catylac dan cat Vinilex. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat CatylacCat Vinilex
- Merupakan bagian dari cat Dulux- Merupakan bagian dari cat Nippon Paint
- Cat interior dan eksterior dibedakan- Terdapat varian cat yang dapat dipakai untuk interior dan eksterior sekaligus
- Semua varian cat Catylac mendapatkan sertifikat green label- Belum ada varian cat Vinilex yang mendapatkan sertifikat green label

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa cat Vinilex memberikan ragam dan keunggulan yang sangat banyak. Dengan demikian dapat dikatakan cat ini memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, jika dilihat dari keamanannya, cat Catylac lebih unggul daripada cat Vinilex. Varian cat Cat Catylac telah memiliki sertifikat Singapore Green Label.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Catylac vs Vinilex

VS

Leave a Reply