Home

Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Cat termasuk hal yang sangat penting, baik untuk memberikan keindahan ataupun memberikan perlindungan terhadap rumah serta penghuninya. Saat ini telah banyak merek cat yang bermunculan baik lokal ataupun luar. Dua cat yang memiliki kualitas yang baik dan dapat Anda pilih yaitu cat dulux dan cat Mowilex. Dari dua cat tersebut manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Cat Dulux atau Mowilex?

Cat Dulux merupakan cat yang perdagangannya telah berkembang dan menjamur di berbagai belahan dunia. Banyak yang menggunakan cat ini karena dianggap memiliki kualitas yang sangat baik. Sedangkan cat Mowilex merupakan yang produksi lokal yang juga telah lama memasuki pasar cat. Cat ini juga termasuk ke dalam cat yang memiliki kualitas yang tinggi. Baca juga: Cat Besi Paling Bagus.

Cat Dulux

Cat Dulux merupakan merek cat bangunan yang saat ini telah memiliki banyak cabang di seluruh belahan dunia. Di Indonesia, cat ini di produksi oleh PT. ICI Paints Indonesia yang diresmikan pada 1971. Cat ini dipercaya memiliki kualitas yang tinggi serta ramah terhadap lingkungan.

Kelebihan Cat Dulux

Berikut beberapa kelebihan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kualitas Cat untuk Atap yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan yang dimiliki cat Dulux adalah memiliki kualitas cat untuk atap yang lebih baik. Cat ini termasuk cat yang ramah lingkungan. Dulux Weathershield Roof merupakan cat berbahan dasar air yang memberikan hasil akhir semi kilap. Cat ini telah mendapatkan sertifikat singapore green label, sehingga baik untuk dipakai. Cat ini juga memberikan asuransi 5 tahun untuk penggunanya.

  • Memiliki Kandungan Timbal yang Rendah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Dulux adalah kandungan timbal yang terdapat dalam cat ini terbilang rendah. Kandungan timbal yang rendah pada cat merupakan suatu hal yang baik dan tidak membahayakan jika terpapar cat tersebut. Hal ini diketahui dari hasil tes seluruh jenis cat dan menemukan dua cat dengan kandungan timbal yang rendah, yaitu cat Dulux dan cat Catylac.

  • Memiliki Cat Anti Bocor yang Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh cat Dulux adalah varian produknya dengan nama Dulux AquaShield dapat melapisi dengan baik dinding Anda dan melindungi dinding dari kebocoran. Berdasarkan hasil tes, cat ini lebih kuat hingga dua kali lipat dalam melindungi dinding dari rembesan atau kebocoran dan tahan lama.

Kekurangan Cat Dulux

Berikut beberapa kekurangan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Tekstur yang Lebih Cair

Dibandingkan dengan cat Mowilex, tekstur cat Dulux memang sedikit lebih cair. Hal ini membuat Anda membutuhkan lebih banyak cat untuk melapisi dinding sehingga cat akan lebih cepat habis. Jika tekstur cat tersebut cair, Anda perlu melapisi dinding dengan cat lebih sering agar cat nampak lebih baik.

  • Tidak Memiliki Fungsi Lain

Cat Mowilex memiliki varian produk yang dapat digunakan pada tembok dan digunakan pada kayu dan besi sekaligus. Namun, Dulux tidak menyediakan varian cat yang seperti ini. Dengan demikian, Anda perlu membeli 1 varian cat untuk 1 kebutuhan.

  • Merupakan Produk Luar

Jika Anda ingin memajukan pengusaha cat lokal, maka cat Dulux bukanlah pilihan yang tepat. Sebab cat Dulux bukan milik pengusaha lokal. Anda dapat memilih cat Mowilex yang merupakan cat andalan asli buatan Indonesia dengan kualitas yang dapat bersaing dengan cat milik luar negeri.

Kelebihan Cat DuluxKekurangan Cat Dulux
- Memiliki kualitas cat untuk atap yang lebih baik - Memiliki tekstur yang lebih cair
- Memiliki kandungan timbal yang rendah - Tidak memiliki fungsi lain
- Memiliki cat anti bocor yang baik- Merupakan cat yang diproduksi dari luar

Cat Mowilex

PT. Mowilex Indonesia merupakan produsen produk cat yang berasal dari Indonesia. Cat ini telah berdiri sejak tahun 1970. Telah banyak pengembang properti lokal terkenal yang menggunakan telah menggunakan produk cat Mowilex ini.

Kelebihan Cat Mowilex

Berikut beberapa kelebihan cat Mowilex yang perlu Anda ketahui:

  • Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca

Salah satu kelebihan cat mowilex adalah tahan terhadap pengaruh cuaca. Salah satu produknya yang bernama Mowilex Weathercoat adalah cat tembok premium khusus exterior berbahan 100% acrylic dan dibuat dengan formula yang dapat memberikan perlindungan dari serangan jamur dan lumut serta mempunyai daya tahan, daya rekat dan anti pudar yang baik terhadap cuaca. Mowilex Weathercoat mempunyai tampilan semi kilap sehingga jika terkena kotoran atau noda, kotoran tersebut akan mudah dibersihkan dan tahan hingga 5 tahun.

  • Memiliki Tekstur yang Lebih Kental

Kelebihan lain yang dimiliki cat Mowilex selanjutnya adalah memiliki tekstur yang kental. Dibandingkan dengan merek cat lainnya, cat Mowilex lebih kental sehingga lebih hemat dan irit dalam penggunaannya. Daya sebar cat ini bisa mencapai 16m2 untuk 1X lapis dengan warna-warna muda. Dikutip dari Batampos.co.id cat Mowilex juga sudah banyak dipakai oleh pengembang properti terkenal seperti Agung Podomoro, Ciputra, perumahan The Home Southlink (PKP) dan pengembang lokal lainnya.

  • Ramah Lingkungan dan Multifungsi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki cat Mowilex adalah ramah terhadap lingkungan. Varian cat Mowilex dengan nama Mowilex Acrylic Closs Enamel berbahan dasar air yang ramah lingkungan dengan acrylic 100% dan kilap 75% yang melindungi permukaan tembok lebih lama. Selain itu, cat ini juga bisa diaplikasikan ke media kayu dan besi tanpa ada efek pengelupasan. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan satu cat untuk berbagai jenis kebutuhan.

Lihat juga:  8 Merk Genset Paling Bagus 2020

Kekurangan Cat Mowilex

Berikut beberapa kekurangan cat Mowilex yang perlu Anda ketahui:

  • Kualitas Cat untuk Atap Kurang Baik

Dibandingkan dengan Dulux, cat atap yang diproduksi oleh Mowilex masih belum mengalahkan produk sama yang dikeluarkan Dulux. Cat atap dari Mowilex belum mendapatkan sertifikat green label dan tidak memberikan garansi kepada penggunanya. Untuk jenis cat yang satu ini, Mowilex memang belum bisa menandingi Dulux.

  • Masih Memiliki Kandungan Timbal yang Tinggi

Kekurangan lain yang dimiliki oleh cat Mowilex adalah masih memiliki kandungan timbal yang tinggi. Dari uji sampel berbagai macam merek cat, baru ditemukan 2 cat yang memiliki kandungan timbal yang rendah, salah satunya adalah cat Dulux.

  • Kualitas Cat untuk Mengatasi Kebocoran Masih Kurang Baik

Dibandingkan dengan cat Dulux, cat Mowilex masih kurang kuat dan kurang tahan dalam melapisi dinding agar tidak bocor. Berdasarkan hasil tes AkzoNobel Global Exterior team, cat Dulux AquaShield 2x lebih kuat dalam memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran dan rembesan air.

Kelebihan Steak SirloinKekurangan Steak Sirloin
- Harga relatif lebih murah- Memiliki tekstur daging yang lebih keras
- Mengandung banyak vitamin- Memiliki kandungan lemak yang lebih banyak
- Mengandung banyak mineral- Nilai gizi steak sirloin dapat berubah

Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Dulux dan cat Mowilex. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat DuluxCat Mowilex
- Diproduksi oleh PT. ICI Paints Indonesia- Diproduksi oleh PT. Mowilex Indonesia
- Memiliki tekstur yang tidak lebih kental dari cat Mowilex- Memiliki tekstur yang lebih kental dari cat Dulux
- Memiliki kandungan timbal yang rendah- Memiliki kandungan timbal yang tinggi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cat Dulux dan cat Mowilex di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua cat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kualitas cat yang dikhususkan untuk atap dan untuk melindungi dinding dari kebocoran masih diungguli oleh cat Dulux. Sedangkan cat Mowilex juga memiliki keunggulan yaitu memiliki tekstur yang lebih kental dan memiliki varian produk yang dapat digunakan untuk tembok beserta kayu dan besi. Intinya, kedua merek cat ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung varian produknya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Dulux vs Mowilex

VS

Leave a Reply