Pilih Mana: Cat Dulux vs Nippon Paint?

Loading...

Pada kesempatan sebelumnya, Anda telah dihadapkan pada pilihan antara cat vs wallpaper, dan jika pada akhirnya, Anda tetap memilih menggunakan cat daripada wallpaper, maka Anda mau tak mau harus memilih lagi kira-kira mau cat merk apa yang paling bagus digunakan untuk dinding hunian. Sementara itu, dua merk cat yang terpopuler di Indonesia yaitu Dulux dan Nippon Paint. Antara keduanya, yang manakah yang paling bagus?

Ketika Anda ingin membeli cat tembok, maka Anda harus melihat dari kualitas dan kelebihan dari brand cat tersebut. Sebenarnya mudah saja karena jika Anda ingin memilih merk cat dengan kualitas paling bagus, tentu saja harga yang dibanderol akan cukup mahal. Memang, cat tembok memiiliki beberapa kasta, mulai dari segmen kelas bawah, menengah, hingga ke atas. Jadi, tergantung pada Anda sendiri ingin membeli cat yang mana.

Sebelum kita masuk dalam pembahasan pilih mana: cat Dulux vs Nippon Paint, mari kita simak terlebih dahulu jenis-jenis cat beserta kelas-kelasnya di bawah ini.

Jenis Cat Tembok

Secara umum, ada dua jenis cat yang biasa digunakan dalam melukis di dinding, seperti cat interior dan cat eksterior.

Cat interior diformulasikan untuk dinding dalam rumah. Formulasi cat ini tidak dimaksudkan untuk cuaca ekstrem, artinya tidak tahan lama terhadap panas dan hujan. Jadi, sebisa mungkin untuk jangan memaksakan jenis cat interior dalam pengaplikasian di bagian luar rumah, karena lapisan cat tidak akan bertahan cukup lama, mudah mengelupas dan pudar.

Sedangkan cat jenis kedua merupakan cat eksterior, yang pada umumnya diperuntukkan bagi bagian luar ruangan dan diformulasikan agar lebih tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem, bahkan dari sengatan panas, atau dari air hujan. Pada cat eksterior hasil akhirnya terlihat lebih satin, semi gloss, atau seperti kulit telur karena banyak resin akrilik di dalamnya.

Anda bisa mengaplikasikan dinding di ruangan (interior) menggunakan cat eksterior, namun akan membuat budget lebih membengkak karena harganya lebih mahal dari pada cat interior.

Kategori Cat Berdasarkan Kualitas dan Harga

Jika berdasarkan kualitasnya, kita bisa mengklasifikasikan cat dinding menjadi tiga kategori yaitu kelas premium, kelas menengah, dan kelas bawah. Ketiga kelas tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini:
Baca juga Pilih Mana : Cat Avitex atau Catylac?

1. Kelas Premium
Variasi cat dinding kelas premium memang tidak begitu banyak, jadi tidak heran jika harganya relatif mahal ditujukan untuk segmen menengah ke atas. Tapi, untuk kualitasnya memang tidak bisa diremehkan, karena target konsumen mereka sangat memperhatikan berbagai hal seperti kenyamanan, kesehatan, dan kecantikan.

Cat dinding kelas premium cenderung memiliki beberapa fitur penting lainnya yang pasti menjadi kelebihan mereka, contohnya mudah dibersihkan, anti lumut dan jamur, bebas merkuri, anti-percikan air, dan lebih ramah lingkungan.

Jika dibandingkan dengan cat kelas menengah dan bawah, penjualan cat kelas premium umumnya menggunakan ukuran volume dan liter, sedangkan di kelas menengah dan bawah yang menggunakan ukuran kilogram. Berbagai merek cat interior milik kelas premium misalnya Dulux Pentalite, Nippon Spotless, Dulux Pearl Glo, Nippon Matex Gold, Jotun Majestic Royale Matt, Jotun Majestic Optima, Jotun Majestic Pearl Silk, Decorsafe, Decorlotus, dan Mowilex.

Sementara untuk merek cat eksterior yang termasuk dalam kelas premium meliputi Mowilex Weather Coat, Jotun Jotashield, Nippon Weather Bond, Jotashield Extreme, Weathershield Max dan Dulux Weathershield Pro.

2. Kelas Menengah
Kelas menengah lebih ditujukan pada segmen kelas menengah, sehingga harga dan kualitasnya masih di bawah kelas premium. Tak sedikit merek besar seperti ICI Dulux dan Nippon Paint yang masih nekat bermain di kelas ini, sehingga kebutuhan konsumen yang berada di kelas menengah masih bisa digenapi.

Loading...

Beberapa merek cat di kelas menengah yaitu Vinilex (5000) dan Nippon Super Vinilex, Avitex, Catylac, dan Paragon. Masih banyak lagi merek yang tersebar di pasar kelas menengah ini. Namun, brand yang cukup populer adalah Vinilex dan Catylac, karena meski harganya masuk di segmen kelas menengah, namun cat ini cukup berkualitas.

3. Kelas Bawah
Jika berbicara mengenai cat kelas bawah, maka terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu, baik merek terkenal maupun merk belum familiar. Biasanya jenis cat ini lebih sering digunakan karena orang ingin mencoba, siapa tahu harga murah bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Tapi sebaiknya Anda memilih merek cat di segmen paling bawah yang sebelumnya Anda gunakan dan memberi hasil yang tidak terlalu mengecewakan.

Cat Dulux

Cat Dulux berasal dari Inggris telah memiliki cabang di berbagai Negara seperti Selandia Baru, Amerika Serikat, Australia, dan juga Indonesia. Variasi warna yang disediakan oleh Dulux cukup beragam jika dibandingkan dengan brand lainnya. Warna-warni ini didominasi oleh warna cerah yang mampu mempercantik dinding rumah Anda.

Berikut ini daftar harga pasaran cat Dulux yang bervolume 2.5 Lt:
1. Dulux Pentalite Warna Standar Rp 134.500
2. Dulux Easy Clean Rp 147.000
3. Dulux Pearl Glo Warna Standar Rp 197.000
4. Dulux Alkali Killer Rp 138.500
5. Dulux Weathershield Pro Exterior Warna Standar Rp 298.000

Kelebihan Cat Dulux

Bila ingin membeli cat dengan merek Dulux, tentunya cat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Merk Cat Dulux memiliki kelebihan kualitas tapi harganya sedikit lebih mahal. Ya, tidak heran kalau ada pepatah sederhana yaitu ada harga, ada kualitas. Saat melihat jenis dan kualitasnya, Dulux membedakan dengan kategori yang berbeda. Ketegorinya bisa dilihat dari berbagai kelompok di bawah ini.

– Dulux Pentalite. Bila Anda memilih cat rumah tipe Pentalite, itu berarti merek Dulux yang secara khusus di desain oleh teknologi Color Lock, sebuah ide teknologi untuk membuat cat rumah Anda selalu terlihat baru.

– Dulux Easy Clean. Jika Anda memilih cat dengan jenis teknologi ini berarti Anda ingin cat agar rumah mudah dibersihkan, seperti namanya. Misalnya ada noda pada dinding rumah Anda, cukp mengambil lap yang untuk membersihkannya.

– Dulux Pearl Go. Bila ingin memilih kualitas cat Dulux dengan kategori ini berarti Anda lebih fokus pada unsur kemewahan dan semi mengkilap. Dikatakan bahwa pabrikan mengusung teknologi Luster Touch Formula supaya dinding akan terkesan anggun sekaligus super mewah untuk keseluruhan tampilan cat.

Nippon Paint

Nippon Paint merupakan salah satu merk cat populer di dunia, bahkan telah berdiri sejak tahun 1881 silam. Ketika masuk Indonesia, cat ini meraih ketenarannya sehingga menjadi cat paling laris di pasaran. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih kontraktor yang tepat untuk pekerjaan mengecat agar Anda tidak kecewa akibat pengecetan buruk yang telah dilakukan di rumah Anda. Cat Nippon sangat bagus untuk mengecat interior dan eksterior karena berbagai alasan di bawah ini:

1. Ramah lingkungan
Lingkungan adalah bagian dari kita dan kita harus selalu menjaganya. Cat Nippon dipercaya lebih ramah lingkungan dan ini sangat bagus untuk Anda yang peduli lingkungan. Cat tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang mampu mencemari lingkungan saat dilepaskan ke atmosfer.

2. Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Dari semua cat yang bisa ditemukan didunia cat, merk Nippon sudah jadi salah satu cat yang benar-benar telah memeluk teknologi. Hal ini terutama berlaku untuk segi lapisan dan glossing. Inovasi baru dan teknik ilmiah digunakan dalam proses pelapisan dan hasilnya adalah kualitas terbaik.

3. Banyak Variasi Untuk Memilih
Dari beberapa jenis cat, Anda akan menemukan bahwa jumlah pilihan sangat terbatas dan ada kaitannya dengan apa yang ada. Dengan Nippon, Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Anda bisa memilih dari beragam warna interior dan pilih warna yang menurut Anda sesuai dengan selera. Kebebasan memilih ini sangat bagus karena Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dan tidak harus puas dengan sesuatu yang tidak Anda sukai karena pilihannya terbatas.

Cat DuluxCat Nippon Paint
- Tersedia dalam beberapa varian- Variannya lebih banyak jika dibandingkan Dulux
- Berdiri sejak 1971- Berdiri sejak 1881
- Kualitas produk cukup bagus- Nippont paint lebih diminati masyarakat karena kualitasnya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa cat Nippon Paint lebih baik dari cat Dulux dari segi kualitas. Namun, hal ini kembali pada diri Anda sendiri karena banyak juga masyarakat yang menginginkan cat Dulux untuk pelapis dinding rumahnya. Perbandingan di atas juga perlu disamaratakan sesuai kelas dan jenis agar hasil yang sesuai.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Dulux vs Nippon Paint

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *