Home

Pilih Mana: Cat Kemtone atau Dulux?

Salah satu penentu keindahan sebuah bangunan adalah warna dan cat yang dipakai. Semakin baik kualitas cat yang dipakai semakin besar pula bangunan akan nampak lebih indah. Banyak sekali merek cat yang beredar di pasaran. Dua di antara merek cat tersebut yaitu cat Kemtone dan Dulux. Dari dua merek cat tersebut, manakah yang akan Anda pilih? Cat Kemtone atau Dulux?

Cat Kemtone merupakan salah satu jenis cat yang menyediakan cat dengan warna oplosan. Tujuannya adalah agar pengguna dapat menentukan sendiri warna yang diinginkan. Sedangkan cat Dulux merupakan cat yang menyediakan warna katalog saja, merek dan kualitas cat Dulux telah banyak dipercaya oleh masyarakat.

Cat Kemtone

Cat Kemtone merupakan cat yang juga menyediakan warna oplosan. Hal ini sangat disukai oleh banyak pengguna karena dapat memilih warna sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Baca juga Pilih Mana: Cat Avitex atau Catylac?

Kelebihan Cat Kemtone

Berikut beberapa kelebihan cat Kemtone yang perlu Anda ketahui:

  • Tahan Terhadap Segala Cuaca dan Sinar UV

Cat tembok Kemtone tinting 100% Acrylic khusus untuk tembok eksterior yang tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV matahari. Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Cat Kemtone memiliki ketahanan yang dijamin hingga 5 Tahun. Warna juga dijamin tidak mudah pudar. Corak semi gloss sehingga kotoran tidak mudah melekat dan dapat dibersihkan dengan air sabun. Memiliki daya rekat yang kuat dan kadar VOC yang sangat rendah.

  • Membuat Nuansa Lebih Luas dan Terang

Cat tembok tinting berkualitas tinggi bernuansa satin yang lembut khusus untuk tembok interior. Nuansa ruangan Anda akan terlihat lebih luas dan terang tanpa kesan menyilaukan. Hal ini dikarenakan permukaan cat tampak sedikit mengkilap seperti kain satin. Dapat dibersihkan dengan spons dan air sabun. Mengandung kadar VOC yang sangat rendah.

  • Dapat Menutupi Permukaan yang Tidak Rata

Cat tembok tinting dengan hasil akhir flat (dof) khusus untuk interior. Nuansa flat (dof) dapat menutupi ketidaksempurnaan tembok yang permukaannya tidak rata. Dapat dibersihkan dengan air sabun, ramah lingkungan dan mengandung kadar VOC yang sangat rendah.

  • Harga yang Terjangkau

Cat Kemtone memiliki harga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan cat Dulux. Meskipun memiliki harga yang sangat terjangkau, cat Kemtone juga cukup baik untuk digunakan.

Kekurangan Cat Kemtone

Berikut kekurangan cat Kemtone yang perlu Anda ketahui:

  • Warna Oplosan Kadang Kurang Sesuai

Cat Kemtone menyediakan cat dengan warna oplosan, ini sebenarnya memberikan keuntungan kepada pelanggan yang kesulitan dalam memilih warna. Namun, kekurangan dari cat oplosan ini adalah kadang warna yang diinginkan tidak sesuai ketika telah dioplos atau dicampur.

  • Belum Bisa Menguasai Pasar Cat

Dibandingkan dengan cat Dulux, merek cat Kemtone masih rendah di pasaran. Branding cat Kemtone dan penguasaan pasar cat Kemtone masih belum bisa menyaingi posisi cat Dulux.

  • Masih Mengandung Timbal yang Tinggi

Kekurangan yang dimiliki cat Kemtone adalah masih memiliki kandungan timbal yang tinggi. Berdasarkan hasil tes, cat Dulux memiliki kandungan timbal yang rendah. Timbal memiliki dampak yang sangat buruk untuk perkembangan mental anak. Karena itulah, cat yang mengandung timbal tinggi harus dihindari.

Kelebihan Cat KemtoneKekurangan Cat Kemtone
- Tahan terhadap segala cuaca dan sinar UV- Warna oplosan kadang kurang sesuai
- Dapat membuat nuansa lebih luas dan terang- Belum bisa menguasai pasar cat
- Dapat menutupi permukaan yang tidak rata- Masih mengandung timbal yang tinggi

Cat Dulux

Cat Dulux berdiri sejak tahun 1971 dan telah memiliki cabang hingga berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia dan Indonesia. Dibandingkan cat merek lain, cat Dulux menyediakan variasi warna yang lebih beragam. Cat yang telah digunakan sejak tahun 1991 oleh ICI dan DuPont ini mampu memberikan warna-warna yang indah untuk dinding rumah Anda. Cat Dulux menyediakan dua macam cat tembok, yaitu cat tembok eksterior dan cat tembok interior.

Kelebihan Cat Dulux

Cat Dulux memiliki kualitas yang baik. Sesuai dengan kualitas yang diberikan, cat Dulux mematok harga yang sedikit lebih mahal. Untuk dapat melihat kualitas cat Dulux lebih spesifik, Anda perlu mengetahui kategori-kategori cat Dulux serta kelebihan yang ditawarkan. Agar lebih jelas perhatikan penjelasan di bawah ini.

  • Mengandung Timbal yang Rendah

Kelebihan yang dimiliki oleh cat Dulux adalah kandungan timbal yang terdapat dalam cat termasuk rendah. Dikutip dari Nationalgeographic.co.id hanya ada dua merek cat yang memproduksi cat dengan kandungan timbal yang rendah, yaitu Dulux dan Catylac. Paparan timbal pada anak-anak dapat menyebabkan kecerdasan mereka berkurang dan berisiko merusak perkembangan mental anak-anak.

  • Mengedepankan Keindahan

Salah satu jenis cat Dulux adalah cat interior. Cat tembok Dulux interior merupakan cat tembok yang dibuat khusus sebagai cat untuk pelapis dinding tembok untuk bagian dalam ruangan. Cat tembok khusus interior ini lebih mengedepankan keindahan atau aspek estetika daripada tingkat resistansi terhadap serangan panas dan hujan. Hal ini dikarenakan cat interior ini digunakan untuk bagian dalam ruangan. Sehingga tidak bersentuhan langsung dengan paparan sinar matahari ataupun hujan.

  • Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca

Jenis lain yang dimiliki Dulux adalah cat eksterior. Cat Dulux eksterior merupakan cat buatan Dulux yang dikhususkan untuk melapisi tembok bagian luar ruangan. Cat tembok Dulux jenis ini tidak hanya mementingkan estetika saja. Tetapi memiliki tingkat resistensi yang kuat pula terhadap serangan panas matahari dan juga hujan.

  • Memberikan Tampilan Selalu Baru

Dulux Pentalite merupakan jenis cat Dulux yang didesain secara khusus oleh teknologi Color Lock. Kelebihan cat Dulux jenis ini adalah dapat membuat cat rumah Anda selalu tampak baru.

  • Mudah Dibersihkan

Dulux Easy Clean ini merupakan cat produksi Dulux yang memberikan kelebihan mudah dibersihkan. Sesuai dengan nama yang diberikan, Anda dapat dengan mudah membersihkan noda yang menempel di dinding Anda. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, ini jenis cat yang bisa Anda pilih. Sehingga saat anak Anda menumpahkan makanan, minuman atau mencoret dinding, Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

  • Memberikan Kesan yang Mewah

Dulux Pearl Go merupakan cat dulux yang fokus untuk memberikan warna yang lebih mewah dan mengkilap. Jika Anda mengutamakan kemewahan dan keanggunan, Anda dapat menggunakan cat Dulux jenis ini. Dulux Pearl Go mengusung teknologi Luster Touch Formula sehingga dinding akan terlihat mewah dan anggun.

  • Mengurangi Panas

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Dulux ini adalah pada produk eksteriornya cat Dulux jenis Watershield mampu mengurangi panas hingga lima derajat celcius dan dapat membantu memantulkan suhu dingin rumah. Cat Dulux juga memiliki ketahanan hingga lima tahun, baik cat untuk onterior maupun eksterior.

Kekurangan Cat Dulux

Berikut beberapa kekurangan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Harga yang Relatif Mahal

Cat Dulux memiliki harga yang terbilang cukup mahal dari beberapa jenis cat lainnya, termasuk cat Kemtone. Harga cat Dulux jauh lebih tinggi daripada cat Kemtone. Hal ini sesuai dengan brand dan kualitas yang dimiliki cat Dulux.

  • Belum Menyediakan Warna Oplosan

Anda hanya dapat memilih warna yang disediakan pada katalog cat Dulux. Dulux tidak menyediakan warna oplosan, jika Anda ingin mencampur warna cat Dulux ini Anda bisa melakukannya sendiri.

  • Mengandung VOC yang Tinggi

Berbeda dengan cat Kemtone yang mengusung cat dengan VOC rendah. Cat Dulux tidak melakukan hal semacam ini, kandungan VOC pada cat meliputi berbagai macam kimia. Ketika menguap, zat ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kelebihan Cat DuluxKekurangan Cat Dulux
- Memiliki kandungan timbal yang rendah- Harga yang relatif lebih mahal
- Tahan terhadap pengaruh cuaca - Belum menyediakan warna oplosan
- Mudah untuk dibersihkan- Mengandung VOC yang tinggi

Pilih Mana: Cat Kemtone atau Dulux?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Kemtone dan cat Dulux. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat KemtoneCat Dulux
- Menyediakan warna oplosan- Menyediakan warna sesuai katalog
- Memiliki kandungan timbal yang tinggi- Memiliki kandungan VOC yang tinggi
- Memiliki kandungan timbal yang tinggi- Harga relatif lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cat Kemtone dan cat Dulux di atas. Dapat disimpulkan bahwa cat Dulux masih lebih unggul daripada cat Kemtone. Meskipun cat Dulux memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun hal itu sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Kemtone vs Dulux

VS

Leave a Reply