Home

Pilih Mana: Cat Propan atau Dulux?

Cat merupakan salah satu elemen penting untuk mempercantik dan memperindah sebuah bangunan. Anda tentunya akan memilih cat terbaik untuk digunakan. Jika Anda harus memilih, Anda akan pilih mana, cat Propan atau Dulux? Sebelum Anda menentukan pilihan, sebaiknya Anda simak artikel berikut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis cat ini.

Banyak jenis cat yang dapat Anda pakai, dua di antaranya yaitu cat Propan dan cat Dulux. Cat Propan merupakan cat lokal yang dikembangkan oleh pemiliknya yang juga merupakan warga lokal. Meskipun begitu, kualitas cat Propan tidak bisa Anda pandang sebelah mata. Cat Dulux bukan lagi pemain lokal, cat Dulux telah berada di berbagai negara. Cat Dulux juga telah lebih dulu hadir daripada cat Propan.

Cat Propan

Cat Propan berdiri sejak tahun 1979 dan merupakan cat lokal yang hanya memiliki pabrik di Indonesia. Pendiri cat Propan awalnya menyadari bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya yang sangat besar. Karena itulah, pemilik cat Propan telah mengembangkan produk-produk inovatif. Baca juga Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Pemilik cat Propan juga tidak hanya mengeluarkan cat tembok saja, melainkan berbagai macam jenis cat lainnya. Seperti cat untuk kayu interior, cat kayu eksterior, cak anti bocor, cat batu alam, cat lantai, cat besi, cat semprot dan masih banyak lagi.

Kelebihan Cat Propan

Berikut kelebihan cat Propan yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Diaplikasikan

Salah satu jenis cat Propan adalah cat Interior. Cat Propan interior merupakan cat yang digunakan untuk melapisi dinding bagian dalam. Cat interior dari propan ini terbuat dari bahan acrylic emulsion dengan berbagai pigmen warna pilihan. Cat Propan jenis ini memiliki kelebihan mudah diaplikasikan, lebih mudah kering, memiliki daya tutup yang cukup baik, meminimalisir tampilan tidak rata, dan memiliki warna yang cerah. Cat Propan juga aktif mendukung acara-acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, salah satunya Asian Games. Dikutip dari Liputan6.com, cat Propan menjadi sponsor program warno-warni di Palembang dalam rangka menyambut Asian Games.

  • Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca

Jenis lain yang dimiliki cat Propan adalah cat Propan eksterior. Ini merupakan cat yang dikhususkan untuk lapisan dinding luar. Cat eksterior dari Propan ini terbuat dari polyurethane acrylic berbahan dasar air sehingga memiliki katahanan terhadap pengaruh cuaca. Kelebihan cat Propan eksterior adalah memiliki daya tahan terhadap pengaruh cuaca minimal 8 tahun. Produk yang menjadi bahan dasar pembuat cat jenis ini menjadikan cat propan eksterior sebagai cat yang memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, tahan terhadap pengaruh sinar matahari, dapat mencegah air merembes ke dalam tembok, tahan alkali, tidak menyerap debu, memiliki tingkat gloss yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Produk Propan jenis ini juga memiliki tingkat permeabilitas yang tinggi dan bebas perawatan.

  • Variasi Cat dan Harga

Berikut variasi dan harga cat Propan interior dan eksterior untuk ukuran 2.5 liter: Decorsafe Standar interior Rp. 201.500, Decorsafe Khusus interior Rp. 216.000, Decor Lotus Standar interior Rp. 142.5000, Decorcryl Standar interior Rp. 135.000, Decorcryl Khusus interior Rp. 150.000, Decorcryl Premium interior Rp. 180.000. Selanjutnya, Decorflex Standar Eksterior Rp. 235.000, Decorflex Khusus Eksterior Rp. 250.000, Decorshield DW500 Standar Eksterior Rp. 197.000 dan Decorshield DW500 Khusus Eksterior Rp. 212.000.

Kekurangan Cat Propan

Kekurangan cat Propan ini jika dibandingkan dengan Dulux adalah variasi yang ditawarkan untuk jenis cat tembok kurang banyak. Kekurangan selanjutnya yang dimiliki adalah brand cat Propan belum bisa menyaingi industri cat seperti Dulux. Kekurangan terakhir yang dimiliki cat Propan adalah tidak mudah untuk membersihkan noda ketika cat terkena noda.

Kelebihan Cat PropanKekurangan Cat Propan
- Mudah diaplikasikan- Variasi cat tembok kurang banyak
- Tahan terhadap pengaruh cuaca- Belum bisa menguasai pasar cat
- Bebas perawatan- Sulit untuk membersihkan noda

Cat Dulux

Cat Dulux berdiri sejak tahun 1971 dan telah memiliki cabang hingga berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia dan Indonesia. Dibandingkan cat merek lain, cat Dulux menyediakan variasi warna yang lebih beragam. Cat yang telah digunakan sejak tahun 1991 oleh ICI dan DuPont ini mampu memberikan warna-warna yang indah untuk dinding rumah Anda. Cat Dulux menyediakan dua macam cat tembok, yaitu cat tembok eksterior dan cat tembok interior.

Kelebihan Cat Dulux

Cat Dulux memiliki kualitas yang baik. Sesuai dengan kualitas yang diberikan, cat Dulux mematok harga yang sedikit lebih mahal. Untuk dapat melihat kualitas cat Dulux lebih spesifik, Anda perlu mengetahui kategori-kategori cat Dulux serta kelebihan yang ditawarkan. Agar lebih jelas perhatikan penjelasan di bawah ini.

  • Mengedepankan Keindahan

Salah satu jenis cat Dulux adalah cat interior. Cat tembok Dulux interior merupakan cat tembok yang dibuat khusus sebagai cat untuk pelapis dinding tembok untuk bagian dalam ruangan. Cat tembok khusus interior ini lebih mengedepankan keindahan atau aspek estetika daripada tingkat resistansi terhadap serangan panas dan hujan. Hal ini dikarenakan cat interior ini digunakan untuk bagian dalam ruangan. Sehingga tidak bersentuhan langsung dengan paparan sinar matahari ataupun hujan.

  • Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca

Jenis lain yang dimiliki Dulux adalah cat eksterior. Cat Dulux eksterior merupakan cat buatan Dulux yang dikhususkan untuk melapisi tembok bagian luar ruangan. Cat tembok Dulux jenis ini tidak hanya mementingkan estetika saja. Tetapi memiliki tingkat resistensi yang kuat pula terhadap serangan panas matahari dan juga hujan.

  • Memberikan Tampilan Selalu Baru

Dulux Pentalite merupakan jenis cat Dulux yang didesain secara khusus oleh teknologi Color Lock. Kelebihan cat Dulux jenis ini adalah dapat membuat cat rumah Anda selalu tampak baru.

  • Mudah Dibersihkan

Dulux Easy Clean ini merupakan cat produksi Dulux yang memberikan kelebihan mudah dibersihkan. Sesuai dengan nama yang diberikan, Anda dapat dengan mudah membersihkan noda yang menempel di dinding Anda. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, ini jenis cat yang bisa Anda pilih. Sehingga saat anak Anda menumpahkan makanan, minuman atau mencoret dinding, Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

  • Memberikan Kesan yang Mewah

Dulux Pearl Go merupakan cat dulux yang fokus untuk memberikan warna yang lebih mewah dan mengkilap. Jika Anda mengutamakan kemewahan dan keanggunan, Anda dapat menggunakan cat Dulux jenis ini. Dulux Pearl Go mengusung teknologi Luster Touch Formula sehingga dinding akan terlihat mewah dan anggun.

  • Mengurangi Panas

Kelebihan lain yang dimiliki oleh cat Dulux ini adalah pada produk eksteriornya cat Dulux jenis Watershield mampu mengurangi panas hingga lima derajat celcius dan dapat membantu memantulkan suhu dingin rumah. Cat Dulux juga memiliki ketahanan hingga lima tahun, baik cat untuk onterior maupun eksterior.

  • Variasi Cat dan Harga

Berikut variasi dan harga cat Dulux interior dan eksterior untuk ukuran 2.5 liter: Dulux Weather Shield Interior Rp. 215.000, Dulux Pentalite Standard Colour Interior Rp. 137.000, Dulux Pearl Go Standar Interior Rp. 190.000, Dulux Interior Rp. 117.000. Selanjutnya, Dulux Eksterior Rp. 190.000.

Kekurangan Cat Dulux

Kekurangan yang dimiliki cat Dulux adalah harganya. Harga cat Dulux memang terbilang cukup tinggi jika dibandingkan merek cat lainnya. Namun, hal ini sebanding dengan kualitas yang diberikan. Selain itu, kekurangan lain dari cat Dulux adalah daya tahan yang dimiliki lebih rendah dibandingkan cat Propan. Cat Dulux memiliki daya tahan 5 tahun, sedangkan cat Propan memiliki daya tahan minimal 8 tahun. Kekurangan terakhir yang dimiliki oleh cat Dulux ini adalah bahan-bahan untuk cat eksterior Dulux masih kurang baik jika dibandingkan dengan cat Propan eksterior.

Kelebihan Cat DuluxKekurangan Cat Dulux
- Tahan terhadap pengaruh cuaca- Harga lebih mahal
- Memberikan kesan yang mewah- Memiliki daya tahan yang kurang lama
- Mampu mengurangi panas - Bahan cat eksterior kurang baik

Pilih Mana: Cat Propan atau Dulux?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Propan dan Cat Dulux. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat PropanCat Dulux
- Berdiri sejak tahun 1979- Berdiri sejak tahun 1971
- Hanya menguasai industri cat di Indonesia- Memiliki cabang di berbagai belahan dunia
- Memiliki variasi lain seperti cat kayu, cat besi, cat lantai dll- Memiliki banyak variasi warna

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat Anda lihat bahwa cat Propan memiliki daya tahan yang lebih lama daripada cat Dulux. Meskipun begitu, kualitas yang ditawarkan cat Dulux juga sangatlah baik dan sudah terbukti. Banyak yang menggunakan cat Dulux karena kualitasnya ini. Anda dapat memilah dan memilih mana cat yang kualitas dan harganya pas untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Propan vs Dulux

VS

Leave a Reply