Home

Pilih Mana: Cat Toa atau Cat Jotun?

Cat merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah rumah atau bangunan agar terlihat lebih indah dan cantik. Cat sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni bagian eksterior dan interior. Salah satu merk cat yang baik saat ini yaitu Cat Toa dan Cat Jotun.

Cat Toa dan Cat Jotun memiliki beragam varian yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan bangunan kamu. Harga yang disematkan pun cukup kompetitif sehingga tidak terlalu merogoh kocek terlalu dalam.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai detail dari Cat Toa dan Cat Jotun sehingga bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih cat untuk bangunan kamu. Disini aja guys!

Cat Toa

Toa adalah merek cat yang berasal dari Thailand. Dan saat ini Toa paint sudah hadir di Indonesia. Toa merupakan cat tembok kualitas premium dengan teknologi partikel NANO yang bisa melindungi dan mempercantik tembok rumah atau bangunan kamu.

Cat Toa hadir dalam kemasan 2.5L dan 10L dan tersedia berbagai warna pilihan yang bisa disesuaikan dengan tipe cat Toa yang kamu pilih baik untuk eksterior maupun interior. Toa amat mudah diaplikasikan dan menghemat biaya pengecatan rumah atau bangunan kamu tanpa mengurangi tingkat kepuasan kamu. Baca juga Pilih Mana : Cat Avitex atau Catylac?

Kelebihan Cat Toa

  • Memiliki beragam varian
    Kelebihan pertama yang dimiliki Cat Toa yaitu memiliki beragam varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bangunan kamu baik interior maupun eksterior dengan kualitas yang baik.
  • Tahan banting
    Kelebihan selanjutnya yaitu Cat Toa mempunyai berbagai kelebihan seperti kedap air, tahan terhadap minyak, tahan terhadap cuaca buruk dan tahan terhadap jamur dan lumut. Sehingga memudahkan para pemiliknya dalam hal perawatan.
  • Terdapat varian warna yang menarik
    Dan kelebihan terakhir yang dimiliki oleh Cat Toa yaitu adanya varian warna yang menarik. Kamu bisa pilih warna Cat Toa kamu sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu ya guys.

Kekurangan Cat Toa

  • Tidak tahan lama
    Baik untuk eksterior dan interior dari cat Toa cenderung tidak tahan lama. Untuk varian cat yang 4 Season, cat ini cuma memberikan daya tahan selama 4 tahun untuk interior. Tentu hal ini bisa dibilang kurang tahan lama dibanding dengan beberapa cat dengan merk lainnya yang mempunyai ketahanan sampai 5 tahun untuk interior serta eksterior.
  • Belum memiliki varian anti bocor
    Cat Toa sendiri diketahui belum memiliki varian anti bocor. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk para calon pembelinya mengingat cat anti bocor adalah sebuah jawaban yang pas ketika rumah kerap mengalami kebocoran yang disebabkan air hujan.
  • Belum begitu terkenal
    Cat Toa sendiri bisa dikatakan belum begitu terkenal jika dibandingkan dengan Cat Jotun. Hal ini tentu menjadi kekurangan untuk Cat Toa sendiri mengingat orang-orang saat ini tentu akan membeli produk yang sudah terkenal dan jelas kualitasnya dibandingkan dengan produk yang belum begitu terkenal.
Rekomendasi Cat ToaKeterangan
Supershield Semi-gloss Supershield merupakan cat tembok emulsi ultra premium untuk exterior dibuat dari 100% resin acrylic menggunakan teknologi Acrylic "Self-Cleaning" (bisa membersihkan sendiri) yang unik
Nano Shield Nano Shield merupakan cat tembok pertama yang dibuat dari Hybrid Nano Technology dari Jerman, menciptakan tembok menjadi lebih tahan terhadap kotoran dan minyak
Duraclean A+ Cat ini cocok untuk area yang memerlukan tingkat higienis yang tinggi seperti, kamar tidur, rumah sakit, taman anak-anak atau area yang membutuhkan kadar bau yang sangat rendah yang siap ditempati dalam waktu 1 jam

Cat Jotun

Cat Jotun merupakan cat terkemuka di dunia. Cat Jotun ini didirikan pada 1926 di Norwegia oleh Odd Gleditsch. Saat ini Jotun telah membesar dan mempunyai 74 perusahaan dengan 40 fasilitas produksi di seluruh dunia. Jotun merupakan salah satu merk cat tembok yang dapat dibersihkan.

Banyaknya varian cat Jotun yang mempunyai kualitas yang amat baik dan juga lebih tahan lama. Cat Jotun juga sudah sangat dikenal banyak orang sehingga mudah untuk kamu miliki.

Berbagai jenis cat tembok dari Jotun ini juga bisa dijadikan untuk mengecat kayu dan juga besi, Jotun memberikan opsi warna yang banyak dengan kualitasnya yang tinggi, konsisten, dan tahan lama. Hasil yang pengecatan dari Jotun ini halus dan halus ketika diraba.

Kelebihan Cat Jotun

  • Mudah dibersihkan
    Buat kamu yang memiliki anak kecil dirumah tidak perlu khawatir jika mereka suka mencoret-coret dinding, karena Cat Jotun mudah dibersihkan dengan cara diusap menggunakan air.
  • Ramah lingkungan
    Cat Jotun sendiri memiliki kadar Volatile Organic Compound atau VOC yang cukup rendah. Tentu saja ini menjadi kelebihan tersendiri bagi Cat Jotun karena ramah lingkungan dan aman untuk orang sekitar kamu.
  • Anti jamur
    Jika dinding bangunan kamu kerap basah atau lembab tentu saja ada kemungkinan jamur akan tumbuh dan menjadi susah dibersihkan. Hal inilah yang sudah diantisipasi oleh Cat Jotun dengan kandungan anti jamur nya.

Kekurangan Cat Jotun

  • Mempunyai kandungan timbal yang tinggi
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh cat Jotun yakni adanya kandungan timbal yang tinggi. Perihal ini diketahui dari hasil tes pada seluruh merk cat dan memperoleh hasil bahwa cuma terdapat 2 merk cat yang mempunyai kandungan timbal yang rendah, yakni cat Dulux dan Catylax. Timbal yang terkandung dalam cat ini memberikan dampak yang amat buruk untuk perkembangan otak anak.
  • Boros penggunaan
    Kekurangan lainnya dari Cat Jotun yakni tekstur dari cat Jotun ini sedikit cair sehingga sangat boros penggunaannya, kamu harus mengulang beberapa kali pengecatan agar mendapatkan warna yang terang dan sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.
  • Kurang cocok untuk eksterior bangunan
    Dan kekurangan yang terakhir adalah kurang cocok untuk diterapkan ke eksterior bangunan. Meskipun Jotun memiliki jenis cat untuk eksterior suatu bangunan, namun nyatanya hal ini masih belum sesuai dengan standar nya. Hal ini menjadikan kekurangan yang cukup merugikan bagi para pemakainya.
Rekomendasi Cat JotunKeterangan
Jotun Majestic Cat ini cocok untuk interior rumah kamu menjadi semakin indah dan cantik dipandang
Jotun JotaplastDiformulasikan dengan bahan pengikat akrilik termodifikasi, cat ini cocok untuk langit-langit rumah kamu.
Jotun Essence Easy Primer Cat ini cocok untuk eksterior maupun interior rumah kamu dengan daya rekat nya yang menjadikan rumah kamu menjadi lebih terlindungi

Tips memilih cat tembok yang cocok dengan kebutuhan

Agar cat tembok kamu memiliki warna yang sesuai dengan rumah atau bangunan kamu tentu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut ini adalah tips memilih cat tembok yang cocok dengan kebutuhan.

  1. Memakai jenis cat tembok yang sesuai
    Untuk mengecat bagian luar atau eksterior rumah, cat tembok yang bisa memantulkan cahaya dan tahan terhadap cuaca bisa jadi opsi. Sedangkan untuk bagian interior, kamu bisa memilih cat tembok yang lebih lembut dan halus dan gampang dibersihkan sebab terdapat resiko terkena noda.
  2. Memilih dan memadupadankan warna
    Pemilihan warna umumnya menjadi concern terbesar dalam memilih cat tembok yang tepat, baik untuk pengaplikasian di rumah maupun tempat lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menyesuaikan opsi warna dengan suasana yang ada pada ruangan tersebut.
  3. Menyesuaikan dengan pencahayaan
    Faktor pencahayaan pada ruangan menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan dalam memilih cat tembok yang tepat. Tingkat pencahayaan ruangan akan mempengaruhi bagaimana efek cat tembok yang dipakai, apakah kemudian akan membantu mengeluarkan warna atau justru membuat ruangan terlihat lebih kusam.

Pilih Mana: Cat Toa atau Cat Jotun?

Cat ToaCat Jotun
Kelebihan- Memiliki beragam varian - Tahan banting - Terdapat varian warna yang menarik - Mudah dibersihkan - Ramah lingkungan - Anti jamur
Kekurangan- Tidak tahan lama - Belum memiliki varian anti bocor - Belum begitu terkenal - Mempunyai kandungan timbal yang tinggi - Boros penggunaan - Kurang cocok untuk eksterior bangunan

Kesimpulan

Cat Toa dan Cat Jotun merupakan cat yang diandalkan oleh banyak orang. Kualitas yang dimiliki oleh kedua merk ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa mendapatkan salah satu atau kedua dari cat ini di toko-toko bangunan atau toko cat lainnya. Namun saya lebih merekomendasikan Cat Jotun sebagai cat untuk bangunan kamu karena memiliki jenis yang lebih bervariasi dan awet tahan lama.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Toa vs Cat Jotun

VS

Leave a Reply