Fashion

Pilih Mana: Celana Chino atau Jeans?

Dunia fashion semakin hari semakin terus berkembang. Saat ini telah banyak bermunculan selera berpakaian seseorang dan semakin banyak jenis fashion. Misalnya saja, untuk celana yang digunakan laki-laki saat ini terdapat beberapa jenis, dua di antaranya yaitu celana chino dan celana jeans. Manakah jenis celana yang lebih baik untuk digunakan? Celana chino atau jeans?

Celana chino dan celana jeans merupakan dua model celana yang dapat mendukung penampilan penggunanya. Meskipun sama-sama dibutuhkan, namun kedua jenis celana ini memiliki beberapa perbedaan seperti bahan yang digunakan, warna, serta model celana itu sendiri. Penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan kedua jenis celana tersebut dapat Anda simak pada artikel di bawah ini. Baca juga Pilih Mana: Cardigan atau Blazer?

Celana Chino

Dikutip dari Okezone.com pada awalnya celana chino merupakan celana yang material pembuatannya diproduksi di Cina. Celana chino terbuat dari bahan twill yang memiliki bahan 100% katun.Celana ini pada awalnya digunakan militer pada abad ke-19.

Kelebihan Celana Chino

Berikut beberapa kelebihan celana chino yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Variasi Warna yang Lebih Banyak

Salah satu kelebihan celana chino adalah memiliki variasi warna yang lebih banyak jika dibandingkan dengan celana jeans. Sedangkan celana jeans hanya memiliki warna yang kurang bervariasi. Celana chino menyediakan berbagai warna seperti mocca, hitam, cream, dan banyak lagi warna lainnya. Sedangkan celana jeans hanya memiliki warna seperti hitam dan navy saja.

  • Cocok untuk Acara Formal dan Santai

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh celana chino adalah cocok untuk acara formal dan santai. Celana chino cocok untuk dipakai sehari-hari dan juga cocok digunakan untuk aktivitas yang lebih formal seperti untuk kegiatan untuk ke kantor dan masih banyak aktivitas lainnya.

  • Lebih Ringan Dipakai

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh celana chino adalah lebih ringan dan tidak berat saat dipakai. Dengan demikian, saat memakai celana chino Anda akan merasa lebih nyaman dalam melakukan beraktivitas.

Kekurangan Celana Chino

Berikut beberapa kekurangan celana chino yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Desain yang Relatif Sama

Salah satu kekurangan celana chino adalah memiliki desain yang relatif sama dan tidak memiliki banyak model. Celana chino memiliki banyak variasi pada warnanya, tetapi tidak pada desainnya dan celana chino memiliki desain yang relatif sama.

  • Harus Teliti Saat Memadukan dengan Pakaian Lain

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh celana chino adalah Anda perlu lebih teliti saat ingin memadukan celana chino dengan pakaian lainnya. Hal ini tentunya berlaku bagi celana chino yang memiliki warna yang mencolok. Anda harus menyesuaikan warna pakaian lain agar bisa cocok dan sesuai dipadukan dengan celana chino.

  • Kurang Cocok untuk Warna Tertentu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh celana chino yang memiliki warna yang sangat mencolok adalah kurang cocok untuk baju atau pakaian lain dengan warna tertentu pula. Misal, jika Anda memiliki celana chino dengan warna maroon, maka Anda harus menghindari untuk memakai baju dengan warna yang sama persis atau warna lain yang juga mencolok seperti kuning.

Kelebihan Celana ChinoKekurangan Celana Chino
- Memiliki variasi warna yang lebih banyak - Memiliki desain yang relatif sama
- Cocok untuk acara formal dan santai- Harus teliti saat memadukan dengan pakaian lain
- Lebih ringan dipakai- Kurang cocok untuk warna tertentu

Celana Jeans

Celana jeans merupakan celana yang terbuat dari bahan yang relatif keras dan kaku seperti denim atau bahan kain dungaree. Celana jeans telah digunakan sejak dulu dan mempunyai warna yang tidak mencolok.

Kelebihan Celana Jeans

Berikut beberapa kelebihan celana jeans yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Lebih Banyak Variasi Desain

Salah satu kelebihan celana jeans adalah memiliki variasi desain yang lebih banyak jika dibandingkan dengan celana chino. Celana jeans memiliki variasi seperti cutbray, celana pensil, memiliki banyak kantong dan banyak hal lainnya. Sedangkan celana chino memiliki variasi yang relatif sama.

  • Memiliki Penampilan yang Netral

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh celana jeans adalah memiliki penampilan yang lebih netral. Penampilan yang lebih netral ini karena celana jeans memiliki warna yang lebih netral. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah untuk menyesuaikan baju yang akan Anda pakai dengan warna apapun untuk dipadukan dengan jeans.

  • Memiliki Bahan yang Kuat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh jeans adalah memiliki bahan yang kuat. Selain memiliki bahan yang kuat, celana jeans yang biasanya terbuat dari denim atau bahan kain dungaree yang memiliki pori-pori yang mudah dalam menyerap air. Dengan demikian, jika Anda berkeringat celana jeans dapat menyerap keringat dengan mudah.

Kekurangan Celana Jeans

Berikut beberapa kekurangan celana jeans yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Variasi Warna yang Terbatas

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh jeans adalah memiliki variasi warna yang terbatas jika dibandingkan dengan celana chino. Bagi Anda yang menyukai celana dengan warna yang lebih beragam dan lebih mencolok, maka jeans bukan pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakan celana chino sebagai alternatif.

  • Kurang Cocok untuk Acara Formal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh jeans adalah kurang cocok untuk acara formal. Celana jeans lebih cocok untuk acara yang lebih santai daripada acara formal. Daripada menggunakan celana jeans, Anda lebih baik menggunakan celana chino untuk acara yang lebih formal.

  • Lebih Berat Digunakan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh celana jeans adalah lebih berat digunakan. Karena lebih berat, Anda juga akan lebih sulit untuk mencuci dan mengeringkan celana jeans jika tidak menggunakan mesin cuci.

Kelebihan Celana JeansKekurangan Celana Jeans
- Memiliki lebih banyak variasi desain- Memiliki variasi warna yang terbatas
- Memiliki penampilan yang netral- Kurang cocok untuk acara formal
- Memiliki bahan yang kuat- Lebih berat digunakan

Pilih Mana: Celana Chino atau Jeans?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara celana chino dan celana jeans. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

Celana ChinoCelana Jeans
- Memiliki variasi warna yang lebih banyak- Memiliki variasi warna yang lebih sedikit dan netral
- Terbuat dari bahan katun- Terbuat dari bahan denim atau kain dungaree
- Cocok untuk acara formal dan santai- Lebih cocok untuk acara atau kegiatan santai

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai celana chino dan celana jeans, dapat disimpulkan bahwa kedua celana ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Celana chino memiliki variasi warna yang lebih banyak sehingga bagi Anda yang menyukai celana dengan banyak warna Anda dapat memilih celana chino. Tapi jika Anda menyukai celana dengan warna yang lebih netral dan dengan bahan yang lebih kuat serta tebal, Anda bisa memilih celana jeans sebagai alternatif.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Celana Chino vs Jeans

VS

Leave a Reply