Layanan

Pilih Mana : CGV atau XXI?

Menonton berbagai konten digital seperti film di perangkat mobile melalui Netflix atau HOOQ tentu tak seseru jika kita menonton langsung di bioskop. Memang ada sensasi tersendiri menonton film terbaru di bioskop ketimbang di televisi maupun platform film streaming lainnya. Hal inilah yang menyebabkan bioskop tak pernah sepi oleh pengunjung, terlebih di akhir pekan.

Di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan bioskop yang menawarkan beragam sensasi nonton yang berbeda contohnya Cinema XXI dan CGV. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas perbedaan dari CGV dan XXI, yuk simak!

CGV

CGV adalah salah satu jaringan bioskop di Indonesia yang mengusung konsep Cultureplex. CGV bisa dibilang merupakan spesialisasi dari beberapa film independen dan juga film indie yang tidak bisa Anda temui di bioskop lainnya. Film dari beberapa negara seperti Thailand, Korea atau Jepang sering diputar secara khusus di bioskop ini. Baca juga Pilih Mana: HOOQ atau iFlix?

Kelebihan CGV

Berikut kelebihan CGV yang perlu Anda ketahui :

  • Teknologi RealD 3D

CGV menggunakan teknologi RealD 3D pada pertunjukan 3Dnya. RealD 3D sendiri merupakan teater yang dibuat menggunakan layar berwarna perak (silver screen), stereoskopik dan kacamata 3D yang digunakan sebagai proyeksi gelombang berputar (circular polarized) sehingga memungkinkan kepala penonton bergerak bebas saat menyaksikan film dalam format 3D. Teknologi RealD 3D ini lebih menciptakan efek gambar yang masuk ke dalam layar, bukan seolah-olah muncul di depan layar. Baca juga

  • Variasi Film dari Berbagai Negara

CGV menawarkan konsep baru di dunia perbioskopan Indonesia. Pasalnya CGV tidak hanya menawarkan film Indonesia dan film Hollywood saja, namun juga menayangkan film dari berbagai kawasan Asia seperti Korea, Jepang, dan Thailand.

  • Desain Interior Retro Vintage

CGV mengusung konsep desain interior retro vintage yang memberikan kenyamanan bagi pelanggan serta membuat suasana menonton film terasa berbeda. Selain menonton, Anda juga dapat sekaligus berswafoto di sini karena desain interior-nya yang unik, sayang untuk dilewatkan!

Kekurangan CGV

Berikut kekurangan CGV yang perlu Anda ketahui :

  • Kurang Populer

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, CGV dinilai kurang populer karena CGV masih terbilang baru di dunia jaringan bioskop Indonesia.

  • Sulit Ditemukan

Karena terbilang masih baru, CGV belum melebarkan sayapnya dengan membangun beberapa branch pada setiap kota di Indonesia, sehingga CGV cukup sulit ditemukan.

  • Sound System Kurang Bagus

Beberapa pengunjung yang sudah merasakan pengalaman nonton di CGV menilai bahwa sound system di bioskop ini kurang bagus bila dibandingkan dengan XXI.

Kelebihan CGVKekurangan CGV
- Teknologi 3D yang baik- Kurang populer
- Variasi film dari berbagai negara- Sulit ditemukan
- Desain interior retro vintage- Sound system kurang bagus

XXI

Cinema XXI adalah sebuah jaringan bioskop di Indonesia yang merupakan pelopor jaringan cineplex di Indonesia. Cinema XXI ini tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia dan sebagian besar di antaranya terletak di dalam pusat perbelanjaan. Cinema XXI menawarkan film-film Hollywood dan Indonesia sebagai menu utama.

Kelebihan XXI

Berikut kelebihan XXI yang perlu Anda ketahui :

  • Mudah Ditemukan

Nah bagi Anda yang gemar menonton film terbaru di bioskop tentu akan sangat dimudahkan karena Cinema XXI ini dapat ditemukan hampir di setiap pusat perbelanjaan di kota Anda.

  • Kafe Di Dalam Bioskop

Keunggulan yang dimiliki XXI yaitu adanya kafe yang menyediakan makanan dan minuman, walaupun Anda harus merogoh dompet sedikit lebih dalam, Anda akan disuguhkan dengan makanan dan minuman yang sudah terkenal enak.

  • Desain Interior Modern

Bioskop XXI di beberapa kota Indonesia merenovasi tata ruangnya dengan penambahan karpet, penggantian kursi studio, perubahan desain sehingga menambah kesan modern pada bioskop tersebut.

Kekurangan XXI

Berikut kekurangan XXI yang perlu Anda ketahui :

  • Film Hanya Berasal dari Holywood dan Lokal

Tidak seperti di CGV, bioskop XXI biasanya hanya menayangkan film yang berasal dari Holywood dan produksi lokal, sehingga pengunjung akan beralih ke CGV untuk menonton film dari negara lain seperti Jepang dan Korea.

  • Waktu Pemesanan Tiket Online Terbatas

Untuk Anda yang malas mengantri tentu dapat memesan tiket via online. Pemesanan tiket bioskop XXI dapat beli melalui M-Tix, namun waktu pemesanan tiket ini sangat terbatas yaitu antara jam 6 pagi sampai jam 11 siang.

  • Teknologi 3D Belum Mumpuni

Cinema XXI mengaplikasikan teknologi Dolby Digital Cinema 3D. Namun belum semua Cinema XXI di seluruh Indonesia dapat merasakan film dengan teknologi 3D ini karena teknologi ini hanya digunakan di beberapa XXI yang memadai.

Kelebihan XXIKekurangan XXI
- Mudah ditemukan- Film hanya berasal dari holywood dan lokal
- Kafe di dalam bioskop- Waktu pemesanan tiket online terbatas
- Desain interior modern- Teknologi 3D belum mumpuni

Pilih Mana : CGV atau XXI?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan CGV dan XXI menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut dalam tabel berikut ini :

CGVXXI
- Teknologi 3D yang baik- Mudah ditemukan
- Variasi film dari berbagai negara- Film hanya berasal dari holywood dan lokal
- Sulit ditemukan- Teknologi 3D belum mumpuni

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara CGV dan XXI, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan CGV karena memiliki variasi film dari berbagai negara.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

CGV vs XXI

VS

Leave a Reply