Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Chil Kid atau S-26?

Masa pertumbuhan anak merupakan masa emas yang tidak dapat terulang. Setiap orang tua perlu memperhatikan kebutuhan gizi anak agar sang buah hati dapat tumbuh aktif dan cerdas. Selain memberi ASI dan makanan bergizi para ibu juga bisa memberikan susu formula untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Pada artikel ini terdapat pilihan susu formula yang tepat untuk sang buah hati yaitu susu Chil Kid dan S-26. Keduanya memiliki banyak manfaat dan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penasaran? Yuk, baca penjelasan lengkap mengenai kedua merek susu tersebut di bawah ini.

Chil Kid

Chil Kid dipercayai oleh banyak ibu di dunia untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, karena memiliki kandungan cukup komplit yang bukan hanya membantu dalam mencerdaskan, melainkan juga membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Dilengkapi dengan Omega 3 dan Omega 6, Chil Kid mampu merangsang daya tangkap anak dan juga meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar. Baca juga Pilih Mana: Bebelac atau Lactogen?

Beberapa Varian Chil Kid

Chil Kid P-HP

Chil Kid dari Kalbe Farma. Morinaga Chil Kid Susu Morinaga Chil Kid P-HP ini dapat diberikan kepada anak 1-3 tahun dengan Protein Whey terhidrolisa dapat mengurangi resiko alergi pada anak. Memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan si kecil.

Chil Kid Soya

Chil Kid Soya adalah susu formula untuk anak 1-3 tahun dengan isolat protein kedelai sebagai sumber protein. Susu ini diperuntukkan bagi anak yang memiliki alergi susu sapi. Susu ini memiliki kandungan Metionin dan Karnitin yang efektif dapat mengatasi gejala alergi susu sapi dan dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Chil Kid Platinum

Susu formula untuk anak usia 1-3 tahun dilengkapi dengan formula platinum terdiri dari brain care, body defense, dan nutrisi penting lainnya. Susu ini mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menambah kecerdasan dan daya tahan tubuh anak. Ada lagi varian madu dan Chil Kid Gold.

Kelebihan Chil Kid

  • Membantu Kekebalan Tubuh dan Sistem Pencernaan Anak
    Pada kandungan susu Chil Kid ini terdapat kandungan yang bisa membantu kekebalan tubuh dan sistem pencernaan.
FOS dan GOS merupakan kandungannya yang berperan dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh anak. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara mendukung perkembangan bakteri baik, sekaligus menekan pertumbuhan bakteri jahat. Kemudian, FOS dan GOS juga baik untuk sistem pencernaan anak.
  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Anak
    Dalam susu formula Chil Kid, terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku dan juga hormon pada anak. Bahkan, manfaat omega 3 dan omega 6 lainnya yaitu mampu mencegah kerusakan pada sel tubuh buah hati kesayangan.
  • Mudah Didapatkan
    Susu Chil Kid ini sudah terkenal sejak lama dan sudah sangat banyak menjadi rekomendasi untuk para ibu. Sehingga susu Chil Kid ini mudah untuk kamu dapatkan di berbagai toko atau supermarket atau juga minimarket.

Kekurangan Chil Kid

  • Tidak Boleh Lebih dari 6 Jam
    Sama seperti susu lainnya, Chil Kid juga mudah rusak dan menjadi basi. Setelah dibuat, susu harus segera dihabiskan oleh anak dan jika tidak, susu hanya mampu bertahan di suhu ruangan selama maksimal 6 jam saja. Walaupun Anda menyimpannya di freezer untuk menambah daya tahan susu, namun bukan berarti susu bisa diberikan kepada anak begitu saja. Susu akan menjadi beresiko terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.
  • Hanya Dapat Bertahan 2 Minggu
    Sangat disayangkan untuk susu Chil Kid ini jika kemasan sudah dibuka khususnya memang kemasan kardus, sebaiknya dihabiskan sebelum 2 minggu. Banyak yang mengklaim susu ini hanya bertahan waktu sekitar 2 minggu saja jika sudah lebih dari 2 minggu tekstur dapat berubah.
  • Aroma Sering Tertinggal di Botol Anak
    Untuk anak yang masih menggunakan botol atau disebut dot untuk mengkonsumsi susu. Formula atau aroma pada susu ini sering sekali melekat dan sulit dibersihkan. Hal ini membuat sulit para ibu untuk membersihkannya.
Kandungan Chil KidKeterangan
FOS dan GOSFOS dan GOS adalah senyawa yang penting dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Kedua kandungan yang ada dalam susu formula tersebut bekerja dengan mendukung perkembangan bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat.
Omega 3 dan omega 6Kandungan nutrisi ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku dan hormon. Namun manfaat omega 3 dan omega 6 tak tak berhenti di situ saja. Keduanya juga bisa mencegah kerusakan pada sel tubuh.
AA (Arachidonic Acid) dan DHAAA atau yang juga biasa dikenal AHA atau ARA memiliki peran penting dalam pembentukan jaringan otak dan juga DHA untuk indera penglihatan bersama dengan AA, DHA juga memiliki peran besar dalam perkembangan saraf pusat.
Beta karotene dan lactoferinKandungan Beta Karotene dan Lactoferin pda susu formula juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Keduanya juga berperan sebagai anti oksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
PrebiotikPrebiotik juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik sambil menekan bakteri jahat. Selain itu prebiotik juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kolin Kolin memiliki fungsi untuk mencegah agar membran sel tidak rapuh. Kandungan ini juga membantu peremajaan sel agar berjalan dengan baik, termasuk sel-sel otak.

S-26

PT Wyeth di Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1975 dengan nama PT Wyeth Laboratories, bertempat di Jl. Museum-Jakarta Pusat. Susu S-26 ini adalah susu formula yang mempunyai kualitas yang baik dengan kandungan yang baik untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati kamu. Susu S-26 adalah susu formula produksi wyeth nutrition yang bertujuan untuk memenuhi nutrisi buah hati para ibu.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bakso atau Mie Ayam?

Susu S-26 memiliki dua rangkaian produk yaitu susu S-26 dan susu S-26 Gold khusus untuk sang buah hati yang memiliki masalah makan. Produksi susu S-26 dilakukan di PT Sari Husada- Yogyakarta, dengan lisensi dari PT Wyeth Ayerst International yang bertempat di St. Davids Amerika Serikat.

Beberapa Varian S-26

Pada dasarnya perlu para ibu ketahui, baik susu S-26 maupun susu S-26 Gold memiliki 4 tahapan yang disesuaikan dengan umur anak.

S-26 tahap 1 atau S-26 Promil Gold

S-26 tahap 1 atau S-26 Promil/S-26 Promil Gold ditujukan untuk bayi berusia 0-6 bulan. Tetapi jangan heran jika memang harga dari susu formula dari S-26 ini memiliki harga yang memang cukup mahal.

S-26 tahap 2 atau S-26 Promil Gold tahap 2

S-26 tahap 2 atau S-26 Promil Gold tahap 2 Ditujukan untuk sang buah hati kamu dikhususkan untuk yang berusia 6-12 bulan ya para ibu-ibu, untuk harga sama saja dengan tahap 1 harganya cukup mahal.

S-26 tahap 3 atau S-26 Procal Gold

S-26 tahap 3 atau S-26 Procal atau S-26 Procal Gold dan ditujukan untuk sang buah hati kamu yang berusia 1-3 tahun harga yang dijual juga cukup mahal.

S-26 tahap 4 atau S-26 Promise Gold

S-26 tahap 4 atau S26 Promise Gold ketika anak berusia 3-12 tahun, para ibu dapat memberikan susu untuk menunjang tumbuh kembangnya yang semakin aktif.

Keduanya antara jenis baik susu S-26 maupun susu S-26 Gold sebenarnya tidak terdapat perbedaannya yang signifikan hanya saja di kandungan yang sedikit berbeda. Misalnya untuk susu S-26 Procal tahap 3, produk ini diperkaya nutrissentials yang mengandung protein, AA, DHA, Omega 3, Omega 6 dan 5 nukleotida serta vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak. Untuk susu S-26 Procal Gold tahap 3, susu ini diperkaya dengan formula multi excel yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar. 

Kelebihan S-26

  • Membuat Daya Ingat Anak Meningkat
    Susu S-26 ini mampu membuat dan memproses perkembangan otak anak dengan baik, otomatis membuat fungsi daya ingat anak pun meningkat. Nah, hal tersebut ditunjang juga dengan adanya kandungan dari kolin dan zat besi pada susu yang satu ini.
  • Mendukung Proses Pembentukan Membran Sel Otak
    Pada susu S-26 ini terdapat kandungan asam linolenat (omega 3) dan asam linoleat (omega 6) itu penting untuk membentuk mendukung proses pembentukan membran sel pada otak anak. Nah, perlu diketahui juga kalau asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jadi memang harus dihadirkan dari luar, baik dari makanan maupun minuman. Susu S-26 ini memiliki kandungan penting tersebut.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
    Berkat adanya kandungan dari oligofruktosa membuat sistem pencernaan pada anak menjadi lancar. Sehingga juga bisa mencegah terjadinya konstipasi pada anak.

Kekurangan 2-26

  • Harga yang Mahal
    Pada susu formula S-26 ini memang dijual dengan harga yang cukup mahal, jika memang dibandingkan dengan Chil Kid, jauh lebih murah harga susu Chil Kid.
  • Kurang Diminati
    Banyak riset mengatakan dan klaim dari para ibu jika susu S-26 ini kurang diminati karena nama produknya kurang banyak dikenal di kalangan ibu-ibu. Padahal kualitas yang ada pada susu formula ini sudah sangat bagus.
  • Cukup Sulit Didapatkan
    Sebenarnya kekurangan yang terakhir dari susu S-26 ini hanya kamu perlu waktu untuk mencarinya di supermarket. Karena jika di toko biasa susu merek ini jarang untuk bisa kamu dapatkan ya ibu-ibu.
Kandungan S-26Keterangan
Asam linoleat Susu ini mengandung sebuah nutrisi bermanfaat berupa Asam linoleat yang merupakan asam lemak omega-6 dan memiliki rantai 18-karbon panjang.
KalsiumDilengkapi dengan kandungan kalsium seimbang yang dapat digunakan untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan gusi anak secara baik.
Vitamin D Vitamin D sangat berperan untuk menyerap kalsium vitamin D ini hingga mencapai 80%.
Mineral penting Dilengkapi dengan berbagai macam kandungan mineral penting, adanya berbagai kandungan mineral penting seperti zat besi, mangan, dan seng ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan dan stamina tubuh untuk tetap berada dalam kondisi yang prima.

Pilih Mana: Chil Kid atau S-26?

Chil KidS-26
Kelebihan- Membantu Kekebalan tubuh dan sistem pencernaan anak - Menjaga kesehatan rambut dan kulit anak - Mudah didapatkan - Membuat daya ingat anak meningkat - Mendukung proses pembentukan membran sel otak - Melancarkan sistem pencernaan
Kekurangan- Tidak boleh lebih dari 6 jam - Hanya dapat bertahan 2 minggu - Aroma sering tertinggal di botol anak - Harga yang mahal - Kurang diminati - Cukup sulit didapatkan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai susu formula Chil Kid dan S-26 sudah kamu ketaui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing susu formula tersebut. Jadi sebenarnya untuk hal yang terpenting pemilihan susu formula untuk anak bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak, dan yang memang sesuai untuk anak agar menghindari anak dari alergi susu yang dikonsumsi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Chil Kid vs S-26

VS

Leave a Reply