FashionKecantikan

Pilih Mana: Cincin Palladium atau Titanium?

Cincin merupakan perhiasan yang dipakai pada bagian tangan. Penggunaan cincin dapat dipakai untuk sekedar accessories hiasan pada tangan agar lebih cantik dan mungkin berwibawa tetapi ada juga dipergunakan hal yang lain seperti cincin pertunangan dan pernikahan sebagai tanda ikatan. Material pembuatan cincin saat ini juga memiliki beberapa pilihan seperti Palladium dan Titanium.

Jika kalian bingung membedakan Cincin Palladium dan Titanium, Tenang saja! Dalam artikel kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai keduanya. Jadi jangan sampai terlewatkan ya!

Cincin Palladium

Palladium adalah salah satu jenis logam mulia dari Platinum Group Metal, berwarna putih berkulau alami dan tingkat perkerasan yang tinggi. Cincin palladium sangat cocok digunakan untuk pasangan muslim sebab cincin palladium bisa dijadikan sebagai alternatif bahan pembuatan cincin pernikahan selain emas.

Palladium (Pd) adalah salah satu logam perak yang memiliki warna putih yang langka dan juga berkilau. Palladium mampu mengubah warna pada emas yang awalnya kuning menjadi putih. 

Palladium dapat bertahan terhadap adanya korosi di udara. Palladium mampu menyerap hydrogen dengan lebih tinggi. Palladium merupakan salah satu logam mulia yang termasuk dalam golongan platinum group metal. Palladium mempunyai sifat anti alergi serta anti oksidasi korosi. Baca juga Pilih Mana: Titanium atau Perak?

Kelebihan Cincin Palladium

  • Beratnya yang ringan
    Cincin palladium mempunyai berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan logam-logam anggota dari platinum yang lain. Sehingga cincin palladium sangat nyaman jika dipakai.
  • Harga yang ekonomis
    Palladium termasuk logam yang ringan, sehingga harga cincin Palladium lebih murah jika dibandingkan dengan emas putih. Kisaran harga cincin palladium yaitu 200 ribu sampai 250 ribu per gramnya dengan kadar 50 persen.
  • Awet dan tidak membuat alergi
    Cincin yang berbahan dasar palladium mempunyai ketahanan sampai 15 persen lebih tinggi daripada cincin yang berbahan emas putih. Karena itulah cincin palladium sangat awet dan tidak gampang rusak.

    Cincin palladium bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk Anda yang mempunyai kulit yang sangat sensitif.

Kekurangan Cincin Palladium

  • Sulit dibentuk jika kadarnya 100%
    Saat proses pembuatan cincin pernikahan, kadar palladium yang dipakai umumnya hanya sebesar 50%, kemudian dicampur dengan bahan perak dan juga alloy. Hal tersebut dikarenakan sifat dari palladium yang terlalu keras sehingga sangat sulit untuk dibentuk jika kadarnya 100%.
  • Tidak dapat dijual kembali
    Selain itu kekurangan pada cincin palladium ini juga tidak dapat di jual kembali di toko – toko perhiasan yang ada di indonesia karena memang cincin ini biasa nya hanya di pesan untuk di pakai sebagai cincin kawin saja dan bukan untuk di jual kembali, akan tetapi bukan berarti cincin ini kurang berharga malah di situlah terletak istimewa nya karena cincin ini akan lebih terkesan menjadi cincin yang original dan limited edition.
  • Sulit ditemukan 
    Kekurangan yang sangat umum yang di miliki oleh cincin yang di buat dengan bahan logam palladium ini sendiri ialah bahan dari cincin palladium ini nyata nya masih cukup sulit untuk di dapatkan dan juga cincin dengan jenis ini belum terlalu di kenal oleh orang–orang di Indonesia.

Cincin Titanium

Cincin titanium juga mulai populer untuk digunakan sebagai bahan perhiasan. Titanium bukan termasuk logam mulia. Namun, logam ini punya sifat yang menarik untuk dijadikan perhiasan termasuk untuk cincin. Cincin Titanium juga dapat kalian beli di Frank & Co Jewellery.

Cincin titanium tidak mudah tergores dan rusak bahkan anti korosi (karat). 

Cincin Titanium memiliki warna yang putih yang lebih gelap ketimbang perak atau palladium. Logam ini cukup istimewa karena terbilang kuat namun ringan. Kekuatannya bisa mencapai tiga kali dari kekerasan logam platinum.

Kelebihan Cincin Titanium

  • Tidak mudah berkarat
    Sama seperti emas dan perak, titanium juga tidak mudah mengalami korosi atau karat. Jadi ketika anda membeli cincin titanium, apapun aktivita anda dimanapun anda menyimpan tersebut, anda tidak perlu takut terjadi ancaman korosi yang tentu saja membuat penampilannya menjadi tidak menarik. Sifatnya yang tidak mudah berkarat tentu sangat bagus jika digunakan sebagai bahan perhiasan. Anda tidak perlu takut akan terjadi alergi kulit karena bersentuhan dengan logam berkarat.
  • Daya tahan yang sangat baik
    Daya tahan yang sangat baik merupakan salah satu kelebihan dari perhiasan titanium. Daya tahan titanium ini mampu bertahan dengan baik ketika berada di sekitar air laut, regia ataupun zat-zat lainnya, sehingga bisa dikatakan titanium kuat layaknya baja.
  • Harganya yang relatif lebih murah
    Harga perhiasan berbahan titanium jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga perak. Titanium bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki perhiasan dengan harga yang bersahabat dikantong. Akan tetapi harga mahal dan murahnya titanium juga bergantung pada kerumitan dan bahan lain yang digunakan.
Lihat juga:  Pilih Mana: TOMS atau Wakai?

Kekurangan Cincin Titanium

  • Bentuknya tidak bisa diubah jika sudah jadi
    Karakteristik yang begitu kuat pada cincin titanium ini memang membuat cincin tidak mudah mengalami kerusakan jika terjadi goresan. Namun ketika sudah berbentuk perhiasan, cincin ini tidak bisa dirombak lagi tampilannya. Jadi jika anda memang sudah benar-benar yakin ingin membeli cincin titanium, ada baiknya anda memikirkan dengan matang terkait dengan model, ukuran, dan sejenisnya. Karena jika setelah jadi ada kesalahan terkait ukuran dan bentuk, hal tersebut sangat sulit untuk diperbaiki mengingat daya tahannya yang sangat kuat.
  • Tidak dapat dipadukan dengan permata
    Seperti yang diketahui bahwa cincin titanium biasanya hanya memiliki desain yang simple dan polos. Jika pun ada hiasan ini biasanya hanyalah sebuah ukiran relief atau ukiran nama dari anda dan pasangan. Sangat jarang ditemukan sebuah cincin titanium yang berhiaskan batu permata atau batu sejenisnya.
  • Tidak ada nilai jual kembali
    Perhiasaan titanium tidak ada nilai jual kembali. Ini mungkin karena titanium bukanlah tergolong logam murni, namun meskipun begitu titanium juga tetap cocok digunakan sebagai alternatif memiliki perhiasan yang murah.

Tips Memilih Cincin untuk Pernikahan 

1. Tentukan budget sebelum membeli cincin
Sebelum memilih model cincin untuk pernikahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan budget untuk sepasang cincin pernikahan. Langkah awal ini akan membantu kamu untuk menjalankan langkah-langkah berikutnya. Bujet untuk pembelian cincin kawin harus masuk akal.

Budget terendah harus disesuaikan dengan harga pasaran terendah. Dengan begitu, meskipun budget yang disisihkan untuk cincin pernikahan tidak begitu besar, kamu tetap bisa memperoleh cincin yang seusai dengan keinginan. Saat menentukan bujet masukan juga biaya-biaya tambahan lain, seperti biaya grafis dan ongkos kirim.

2. Pilih bahan dasar cincin pernikahan
Umumnya cincin pernikahan terbuat beberapa pilihan materaial dan berbagai kadar yang dapat di pilih. kecilnya kadar pada cincin pernikahan pun akan mempengaruhi harga emas per gram. Namun, kamu pun dapat meyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk harga cincin kawin yang lebih murah kamu dapat memilih jenis bahan platinum dan palladium. Besaran gramasi dari bahan-bahan tersebut juga akan memengaruhi harganya.

Cincin pernikahan dengan lingkar yang lebih tipis akan lebih murah dibanding cincin dengan lingkar besar.

3. Pilih desain cincin yang sesuai selera
Inilah kesempatan untuk kalian dan pasangan berdiskusi untuk satu hal bersama sebelum diikat dalam satu pernikahan. Bisa jadi model cincin yang kalian sukai, justru tidak disukai oleh pasangan. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, pilih desain yang tepat dan disukai keduanya sekaligus. Model yang tepat akan terlihat cocok digunakan dan menjadikan penggunanya terkesan lebih anggun atau tampan.

Jangan pilih cincin yang bagus di tangan perempuan, namun aneh di tangan lelaki. Begitu juga sebaliknya. Hindari cincin yang terlalu tipis, Jika kalian adalah pekerja lapangan, agar tidak mudah patah.
Rekomendasi Cincin PernikahanHarga Per Oktober 2019
Everlasting Collection 6002 Rp 6.643.000
Gold Wedding Ring D 10 Rp 5.700.000
Wedding Ring Rosegold H-15 Rp 4.000.000
Wedding Ring N01 Rp 5.850.000

Pilih Mana: Cincin Palladium atau Titanium?

Cincin Palladium Cincin Titanium
Kelebihan- Beratnya yang ringan - Harga yang ekonomis - Awet dan tidak membuat alergi - Tidak mudah berkarat - Daya tahan yang sangat baik - Harganya yang relatif lebih murah
Kekurangan- Sulit dibentuk jika kadarnya 100% - Tidak dapat dijual kembali - Sulit ditemukan  - Bentuknya tidak bisa diubah jika sudah jadi - Tidak dapat dipadukan dengan permata - Tidak ada nilai jual kembali

Kesimpulan

Pada artikel di atas sudah kita bahas kedua material cincin Palladium  dan Titanium, Dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari pilihan material cincin keduanya kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian ya dan kami juga memberikan tips memilih cincin untuk pernikahan agar dapat kalian jadikan refernsi ketika ingin mencari cincin untuk persiapan pernikahan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cincin Palladium atau Cincin Titanium

VS

Leave a Reply