FashionKecantikan

Pilih Mana: Cincin Titanium atau Silver?

Perhiasan adalah sebuah benda yang banyak diminati oleh semua orang baik perempuan maupun laki-laki, tetapi lebih diminati oleh perempuan. Banyaknya perhiasan seperti kalung, gelang dan cincin yang banyak dijadikan hadiah untuk sesorang yang special. Perhiasan cincin Titanium dan Silver saat ini yang banyak menjadi pilihan bagi orang untuk saat ini.

Cincin Titanium dan Silver dijual dengan harga yang cukup terjangkau, tetapi manakah yang lebih bagus dari keduanya? Artikel kami kali ini akan membahas mengenai keduanya agar dapat menjadi referensi untuk Anda.

Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Cincin Titanium

Cincin berbahan Titanium memang digemari banyak orang lantaran memiliki banyak kelebihan, Anda sebagai pembeli harus hati-hati dengan cincin Titanium palsu yang beredar dipasaran. Baca juga Pilih Mana: Cincin Palladium atau Titanium?

Perhiasan Titanium digemari karena bahan Titanium merupakan logam yang bersifat ringan namun memiliki kekuatan yang kurang lebih sama seperti baja. Cincin Titanium dapat ditemukan dalam berbagai desain seperti cincin lain pada umumnya.

Cincin ini juga tersedia untuk pria dan wanita sehingga sangat tepat untuk dijadikan couple ring. Cincin ini juga unggul karena tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit manusia seperti beberapa perhiasan lain yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif.

Kelebihan Cincin Titanium

  • Memiliki daya tahan yang sangat baik
    Kelebihan cincin Titanium yang pertama adalah memiliki daya tahan yang sangat baik. Tidak hanya kekuatannya yang sama seperti baja, bahkan daya tahan yang ada pada Titanium ini mampu bertahan dengan baik ketika berada di sekitar air laut, aqua, regia, klorin, atau zat-zat lainnya.
  • Tidak mudah berkarat
    Titanium tidak mudah mengalami korosi atau karat. Jadi ketika Anda membeli cincin Titanium, apapun aktivitas Anda dimanapun Anda menyimpan tersebut, Anda tidak perlu takut terjadi ancaman korosi yang tentu saja membuat penampilannya menjadi tidak menarik. Sifatnya yang tidak mudah berkarat tentu sangat bagus jika digunakan sebagai bahan perhiasan. Anda tidak perlu takut akan terjadi alergi kulit karena bersentuhan dengan logam berkarat.
  • Harganya relatif lebih murah
    Jika kita bandingkan dengan emas, harga cincin berbahan Titanium jauh lebih terjangkau. Jika Anda menginginkan perhiasan yang tidak terlalu menguras isi kantong, ini adalah pilihan yang tepat. Namun mahal dan murahnya harga cincin Titanium ini juga tergantung dari kerumitan dan bahan lain yang digunakan dalam cincin tersebut. Anda bisa membei cincin Titanium di Frank & Co.

Kekurangan Cincin Titanium

  • Tidak bisa dipadukan dengan permata
    Anda tentu sepakat bahwa cincin yang bertahtakan batu permata sangat indah, namun hal tersebut sangat sulit jika dipadukan dengan dengan cincin Titanium. Cincin emas dan perak memang biasa dihias dengan dengan permata, namun hal ini tidak berlaku dengan Titanium.

  • Susah untuk dirombak
    Karakteristik yang begitu kuat ini memang membuat cincin Titanium tidak mudah mengalami kerusakan jika terjadi goresan. Namun ketika sudah berbentuk perhiasan, cincin ini tidak bisa dirombak lagi tampilannya.
  • Tidak ada nilai jual kembali
    Perhiasaan Titanium tidak ada nilai jual kembali. Ini mungkin karena Titanium bukanlah tergolong logam murni, meskipun begitu Titanium juga tetap cocok digunakan sebagai alternatif memiliki perhiasan yang murah.

Cincin Silver

Cincin Silver merupakan sebuah perhiasan dengan material Silver, yaitu logam berharga yang biasanya digunakan pada perhiasan, koin, elektronik dan fotografi. Silver mempunyai konduktivitas tertinggi dari logam lain dan merupakan material berharga.

Di banyak budaya dan agama, cincin Silver digunakan pada perayaan tradisional dan dipakai sebagai perhiasan selama acara-acara penting. Karena Silver murni bersifat sangat lunak, kebanyakan cincin Silver yang digunakan untuk tujuan ini dicampur dengan tembaga.

Alasan lain kenapa cincin Silver harus dicampur logam lain adalah Silver gampang memudar ketika terpapar hidrogen sulfida dan turunannya. Mencampur cincin Silver dengan logam lain seperti palladium, platinum dan emas akan memberikan ketahanan terhadap pemudaran warna tapi akan lebih mahal harganya.

Kelebihan Cincin Silver

  • Harga relatif terjangkau
    Cincin Silver ini memiliki harga yang cukup terjangkau, meski dengan itu kualitas yang akan Anda dapat cukup baik. Tinggal Anda pilih saja sesuai dengan selera Anda.
  • Dapat dipadukan dengan hiasan
    Jika Anda membeli cincin Silver ini kelebihan dari cincin ini bisa Anda padupadankan dengan perhiasan lainnya karena sifatnya lunak seperti batu-batuan atau hiasan lainnya sehingga cincin Silver yang Anda beli lebih terlihat cantik dan elegan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Lipstik atau Lip Cream?

  • Bisa dijual kembali
    Perhiasan perak umumnya bisa dijual kembali meskipun harga jualnya cenderung merugi. Namun, jika Anda pengguna perhiasaan yang ingin tampil selalu dengan motif yang baru, penjual perhiasaan perak juga selalu menyediakan sistem tukar tambah yang pastinya kedua belah pihak saling menguntungkan.

Kekurangan Cincin Silver

  • Warna dapat memudar
    Meski cincin Silver memiliki kelebihan yang sudah dijelaskan dan dipaparkan di atas, tetapi cincin Silver ini juga memiliki kekurangan seperti warna pada cincin akan cepat memudar. Hal ini sangat cukup berbeda dengan pesaingnya di tas yaitu cincin Titanium yang memiliki kualitas warna cukup tahan lama.
  • Mudah meninggalkan bekas tergores
    Kekurangan dari cincin Silver ini juga adalah jika Anda menggunakan cincin ini kemudian kena goresan yang tidak sengaja, sehingga dengan begitu bekas goresan tersebut terlihat jelas sehingga mengurangi kesan cantik pada cincin ini.
  • Adanya perawatan khusus
    Semua peralatan yang menggunakan Silver pasti akan memudar, tidak terkecuali cincin Silver. Siapapun dapat membersihkan cincin Silver sendiri di rumah tanpa harus pergi ke profesional. Tetapi jika Anda ingin perawatan sendiri Anda bisa bersihkan dengan cuka putih dan baking soda dengan cara rendam cincin Silver dengan larutan yang berisi cuka putih dan baking soda selama 2 hingga 3 jam. Angkat, gosok lalu bersihkan.
KeteranganCincin Titanium Cincin Silver
HargaHarga relatif terjangkau dan kompetitifHarga relatif terjangkau
Ketahanan WarnaCukup tahan lama Ketahanan warna tidak bagus
SifatRingan tetapi susah untuk dirombakBisa diromabak dan dipadupadankan
InvestasiBisa dijual kembaliBisa dijual kembali

Dan jika Anda ingin warna perhiasaan Anda tetap kinclong maka di bawah ini kami akan memberikan tips untuk Anda merawat perhiasaan Anda.

Tips Merawat Perhiasan

  • Jauhkan Dari Parfum
    Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah jauhkan perhiasan dari parfum, dan pastikan parfum Anda tak menempel pada perhiasan. Pasalnya, kandungan pada parfum dapat membuat perhiasan kusam dan dalam waktu yang lama dapat membuat noda pada perhiasan. 
  • Jauhkan Dari Produk Rambut
    Selain menjauhkan dari parfum, tips yang kedua adalah Anda pun perlu menghindari perhiasan emas Anda dari berbagai produk untuk rambut. Hal ini karena produk rambut ataupun parfum mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk perhiasan Anda. Bahkan warna dari perhiasaan Anda bisa berubah.
  • Sebaiknya Jangan Dibawa Renang
    Tips selanjutnya adalah lepaskan perhiasan emas Anda saat akan berenang dan berendam di air panas. Air pada kolam renang mengandung klorin yang dapat merusak dan membuat noda pada perhiasan emas Anda.
  • Hindari Membersihkan Menggunakan Tisu
    Jangan bersihkan perhiasan emas Anda dengan menggunakan tisu. Terlebih lagi jika perhiasan Anda merupakan perhiasan perak, karena tisu dapat membuat goresan pada logam. Sehingga desain perhiasan Anda menjadi berkurang.
  • Sebaiknya Jangan Selalu Terkena Sinar Matahari
    Sama halnya dengan kulit, perhiasan pun akan rusak jika terus terpapar sinar matahari secara langsung. Jadi, hindari sinar matahari yang terlalu panas dari perhiasan Anda.
  • Gunakan Pembersih Perhiasan
    Jika Anda ingin membersihkan perhiasan emas atau perak Anda, bisa menggunakan pembersih perhiasan khusus. Hal ini dapat menghindari perhiasan dari kerusakan ataupun goresan yang disebabkan oleh pembersih yang sembarangan.
Untuk ketahanan mengenai cincin Titanium dan Silver lebih bagus ketahanan dari cincin Titanium, warna dari cincin ini juga akan lebih sangat tahan lama dibandingkan dengan cincin Silver. Meski harga keduanya dijual dengan relatif terjangkau tetapi kualitasnya memang sedikit berbeda.

Pilih Mana: Cincin Titanium atau Silver?

Cincin Titanium Cincin Silver
Kelebihan- Memiliki daya tahan yang sangat baik - Tidak mudah berkarat - Harganya relatif lebih murah - Harga relatif terjangkau - Dapat dipadukan dengan hiasan - Bisa dijual kembali
Kekurangan- Tidak bisa dipadukan dengan permata - Susah untuk dirombak - Tidak ada nilai jual kembali - Warna dapat memudar - Mudah meninggalkan bekas tergores - Adanya perawatan khusus

Kesimpulan

Cincin Titanium dan Silver perhiasan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika dibandingkan keduanya cincin Titanium lebih baik dibandingkan dengan cincin Silver mulai dari segi ketahanannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cincin Titanium vs Cincin Silver

VS

Leave a Reply