Lifestyle

Pilih Mana: Cinemaxx atau CGV?

Sekarang ini menonton film di bioskop sudah tidak asing lagi untuk semua orang. Jumlah bioskop yang makin bertambah serta tingginya keinginan masyarakat  menjadikan bioskop adalah pilihan utama dalam menikmati hari libur.

Hampir setiap pusat perbelanjaan di Indonesia memiliki layar lebar ini, sehingga kebanyakan setelah dari berbelanja dapat singgah untuk cuci mata dalam bioskop. Bahkan, mungkin menonton film di bioskop sudah menjadi gaya hidup tersendiri.

Salah satu tempat atau nama bioskop yang ternama adalah Cinemaxx dan CGV. Disini saya akan menjelaskan mengenai sejarah bioskop, mengenai Cinemaxx dan CGV dan tips menonton bioskop. Tetap disini ya dan yuk, langsung saja baca artikel di bawah ini.

Sejarah Cinemaxx vs Sejarah CGV

Sebelum mambahas mengenai sejarah Cinemaxx dan Sejarah Cgv, disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu sejarah bioskop. Baca penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Bioskop

Bioskop pertama di Indonesia berada di rumah seorang masyarakat Belanda, tepatnya di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat. Bioskop itu didirikan pada Desember 1900. Untuk masuk ke bioskop ini, pengunjung wajib membayar karcis dengan harga 1 gulden (untuk kelas I) dan 2 gulden (untuk kelas II). Baca juga Pilih Mana: Home Theater atau Soundbar?

Bioskopini berada di tempat terbuka. Jadi, jika ada hujan, penontonnya akan kehujanan. Tidak hanya itu, film yang ditayangkan di bioskop itu juga tidak ada suaranya atau film bisu. Charlie Chaplin adalah salah satu film bisu yang ditayangkan di bioskop ini.

Perkembangan bioskop di Jakarta cukup tinggi. Hingga tahun 1940-an, terdapat beberapa bioskop yang muncul, seperti Elite di Pintu Air, Rex di Kramat Bunder, Cinema di Krekot, Rialto di Senen dan Tanah Abang, Orion di Glodok, Al Hambra di Sawah Besar, Oost Java di Jalan Veteran, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1951, Bioskop Metropole yang dapat menampung 1.700 tempat duduk diresmikan. Bioskop ini sudah mulai canggih, karena berada di dalam gedung dan film yang disiarkan juga tidak film bisu.

Kemajuan bioskop terus meningkat, hingga pada tahun 1987 bioskop berkonsep gedung dan memiliki lebih dari satu ruang menonton juga terus bertambah. Nah, pada tahun 2000-an sampai saat ini bioskp semakin maju dan berkembang seperti Cinemaxx dan CGV.

Kira-kira seperti itulah sejarah bioskop yang perlu kamu ketahui guys, nah lanjut dengan sejarah Cinemaxx dan sejarah CGV yuk. Lansgung saja baca penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Cinemaxx

PT Cinemaxx Global Pasifik beroperasi sebagai Cinemaxx merupakan sebuah jaringan bioskop berskala nasional di Indonesia yang dimiliki oleh Lippo Group dipimpin oleh Gerald Dibbayawan.

Bioskop Cinemaxx merupakan jaringan bioskop terbaru di Indonesia dibanding perusahaan bioskop lainnya. Cinemaxx didirikan pada tanggal 17 Agustus 2014 oleh Lippo Group melalui PT Global Pasifik yang dipimpin oleh Brian Riady.

Bioskop tersebut membuka cabang pertamanya di mall FX Sudirman yang berlokasi di Jakarta dan target utama Cinemaxx merupakan ekspansi jumlah dari layar sebanyak 2.000 layar bioskop di 300 lokasi yang tersebar di 85 kota di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

Sejarah CGV

CGV Cinemas merupakan perusahaan jaringan bioskop asal Korea Selatan dengan cabang China, Vietnam dan Amerika Serikat. Cgv sendiri mempunyai arti cultural (berbudaya), great (hebat), and vital (sangat penting). Cgv Cinemas merupakan salah satu jaringan bioskop di Indonesia yang menawarkan konsep baru untuk memberikan pengalaman berbeda saat menonton film.

CGV sendiri beberapa kali mengganti nama yang dimana asal mula namanya yaitu Blitz Megaplex yang berganti nama menjadi CGV Blitz (pada 6 Agustus 2015 karena CJ CGVmenjadi pemegang saham perseroan) kemudian berganti nama lagi menjadi CGV Cinemas (pada 1 Januari 2017 yang dimana CJ CGV tetap menjadi pemegang saham perseroan).

CGV Cinemas membuka jaringan bioskop pertamanya di Paris Van Java Mall, Bandung. Kehadiran CGV Cinemas sendiri menghilangkan kesan monopoli yang terjadi dalam jaringan bisnis bioskop di Indonesia. Karena seperti yang diketahui sebelumnya didominasi oleh Cinema 21 yang telah lebih dahulu sukses dalam pasar sinema di Indonesia.

Hingga saat ini CGV Cinemas sudah banyak di kota-kota besar, dan desain dari bioskop CGV Cinemas sendiri terkesan sangat modern dan bioskop CGV ini semakin maju juga banyak menjadi andalan untuk orang-orang mengisi waktu liburan mereka.

Tipe Studio Cinemaxx

Cinemaxx Regular
Cinemaxx Regular merupakan studio kelas standar dari Cinemaxx. Rata-rata dalam satu studio berisikan 300 kursi penonton.

Cinemaxx Deluxe
Cinemaxx Deluxe merupakan studio kelas menengah Cinemaxx. Cinemaxx Deluxe mempunyai kursi sofa yang lebih besar dan nyaman dibanding Cinemaxx Regular dengan bahan kulit hitam yang menyerupai Cinemaxx Gold. Kursi di kelas ini disusun layaknya Cinemaxx Regular. Tetapi pintu masuk studio ini dibedakan menyerupai Cinemaxx Gold sehingga lebih istimewa.

Cinemaxx Gold
Cinemaxx Gold merupakan studio kelas premium dari bioskop Cinemaxx. Penonton akan dimanjakan dengan kursi yang bisa diatur sesuai keinginan konsumen. Makanannya juga disediakan di studio kelas ini.

Ultra XD
Merupakan studio kelas yang menjadi ciri khas Cinemaxx. Dalam satu studio berkapasitas 500 orang, tayangan film akan dihadirkan dalam layar 25 meter. Ultra XD saat ini baru ada di Cinemaxx Palembang Icon, Palembang serta Cinemaxx Maxxbox Lippo Village, Tangerang.

Cinemaxx Junior
Cinemaxx Junior adalah konsep baru yang seru dan inovatif, menggabungkan 2 hal yang digemari anak-anak menonton film dan bermain. Sebelum film dimulai, anak-anak dapat menikmati Cinemaxx Junior Play Area dan bebas main seperti Tube Slides, Flying Fox dan Giant Trampoline.

Setelah film dimulai, orang tua serta anak-anak dipersilakan menonton dengan santai di beberapa tipe kursi yang ada untuk keluarga, yaitu Kursi Beds, Bean Bags, Loungers, dan Regular Cinema Seats. Film-film yang diputar di Cinemaxx Junior dipilih secara khusus, yaitu film-film yang seru untuk dinikmati dan mendidik untuk semua keluarga.

Sambil menonton film, silakan nikmati pilihan menu enak dan istimewa dari Junior Meals yang tentu digemari anak-anak, seperti fish & chips dan es krim yang lembut. Hingga saat ini, Cinemaxx Junior baru hanya ada di Cinemaxx Maxxbox Lippo Village, Tangerang.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oatmeal atau Beras Merah?

Harga Tiket Cinemaxx

HargaCinemaxx RegularCinemaxx DeluxeCinemaxx GoldUltra XDCinemaxx Junior
Senin-KamisRp. 30.000Rp. 45.000Rp. 60.000Rp. 45.000Rp. 150.000
JumatRp. 40.000Rp. 50.000Rp. 80.000Rp. 55.000Rp. 150.000
Sabtu-MingguRp. 50.000Rp. 55.000Rp. 100.000Rp. 65.000Rp. 200.000

Tipe Studio CGV

Velvet Class
Velvet class merupakan tipe studio bioskop first class yang sudah hadir di CGV Cinemas Pacific Place, CGV Cinemas Mall of Indonesia, CGV Cinemas Central Park Jakarta, dan CGV Cinemas Paris Van Java Bandung. Memiliki fasilitas dan nuansa yang nyaman saat kamu menonton film.

Velvet Class dilengkapi layar yang lebar dan sound yang maksimal, sofa bed mewah untuk 2 orang yang dilengkapi bantal pilihan dan selimut yang lembut. Pelayanan yang maksimal juga diberikan dengan menghadirkan fitur service button, yaitu sebuah tombol yang terdapat di setiap sofa bed.

Fitur service button memungkinkan para penonton untuk memesan makanan dan minuman tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Velvet Class juga didukung dengan suasana lounge eksklusif yang berbeda dari biasanya dengan menampilkan unsur retro yang hangat dan personal.

Satin Class atau Gold Class
Gold Class atau Satin Class merupakan tipe bioskop VVIP yang sudah hadir di CGV Cinemas Grand Indonesia, CGV Cinemas Mall of Indonesia, dan CGV Cinemas The Plaza Balikpapan. Tipe ini memungkinkan pemirsa untuk mendapatkan pengalaman menonton film yang lebih nyaman.

Dan dengan kursi yang mempunyai sandaran kaki dan fasilitas service button yang memungkinkan pemesanan makanan dan minuman dari dalam  studio. Satin Class dilengkapi dengan 52 reclining seats, dan lounge eksklusif.

Agar mendapatkan harga yang lebih murah dan fasilitas dari Satin Class atau Gold Class ini, tipsnya sangat mudah guys. Kamu bisa menonton di hari kerja.

Sweet Box
Sweet Box menawarkan kursi bersekat berwarna merah dengan tagline ‘special seat to enjoy movie with your special one‘. Sweet Box diperuntukkan bagi pasangan yang ingin mendapatkan privacy saat menonton film di bioskop.

Sphere X
Sphere X menggunakan kursi yang direbahkan hingga 45 derajat agar tubuh mengikuti arah gerak gambar. Studio Sphere X yang dimiliki oleh CGV Cinemas sangatlah berbeda dengan bioskop konvensional.

Studio tersebut menggunakan layar melengkung (Curve Screen) dengan ukuran 26×14 meter yang mampu menampilkan film berformat 2D dan 3D. Sistem suara yang digunakan pun sangat amat canggih melebihi studio IMAX.

Studio Sphere X menggunakan sebanyak 60 buah pengeras suara di setiap sisi dalam studio. Sphere X CGV Cinemas juga mengaplikasikan Audio Vive Christie dan Dolby Atmos yang merupakan teknologi terbaru dari Dolby.

Starium
Starium adalah konsep cinema dengan layar lebar berukuran 19.5 x 8.1 meter, yang dilengkapi dengan sound system Dolby Digital 7.1 dan Barco Projector 4K. Fitur terbaru ini mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 425 kursi.

Harga Tiket CGV

HargaVelvet ClassSatin / Gold ClassSweet BoxSphere XStarium
Senin-KamisRp. 150.000Rp. 60.000Rp. 95.000Rp. 35.000Rp. 50.000
JumatRp. 200.000Rp. 80.000Rp. 115.000Rp. 40.000Rp. 75.000
Sabtu-MingguRp. 200.000Rp. 100.000Rp. 135.000Rp. 50.000Rp. 75.000

Tips Menonton Bioskop

  1. Membeli Tiket Secara Online
    Tips pertama ini adalah membeli atau memesan tiket nonton kamu secara online. Keunggulan membeli tiket nonton secara online tidak akan membuat kamu mengantri, dan juga dengan membeli tiket nonton secara online biasanya akan banyak promo menarik hingga diskon yang akan kamu dapatkan.
  2. Promo Kartu Kredit
    Tips yang kedua jika kamu mempunyai kartu kredit, kamu bisa membeli tiket nonton menggunakan kartu kredit kamu.
    Keunggulan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket menonton adalah biasanya kamu akan mendapatkan sistem beli 1 gratis 1, akan membuat kamu lebih hemat. Tetapi biasanya sistem seperti ini hanya berlaku di hari tertentu saja.
  3. Jangan Membawa Makanan dan Minuman Dari Luar
    Tips yang ketiga ini sudah banyak diketahui orang-orang. Karena biasanya beberapa bioskop akan memeriksa tas bawaan kamu. Jika terdapat makanan atau minuman dalam tas kamu maka akan disita sementara oleh petugas sampai kamu selesai menonton.
  4. Ke Toilet Sebelum Masuk
    Tips yang keempat pastikan kamu ke toilet sebelum t film sedang berlangsung ya guys, karena akan membuat kamu tidak nyaman saat sedang asyik menonton tetapi kamu ingin segera ke toilet.
  5. Pastikan Nomor Kursi
    Tips yang kelima, pastikan kamu benar duduk di tempat kursi yang kamu sudah pesan ya guys hehe. Karena akan membuat kekacauan jika kamu salah tempat duduk, dan pastinya akan membuat malu guys. Jadi benar-benar pastikan nomor kursi yang sudah kamu pesan ya.
  6. Hindari Berbicara
    Tips keenam pastikan saat kamu sedang menonton jangan berbicara, karena akan mengganggu orang lainnya yang sedang menonton. Tetaplah fokus pada film kamu, dan silent handphone kamu ya.

Pilih Mana: Cinemaxx atau CGV?

Cinemaxx Cgv
Kelebihan- Memiliki fasilitas yang baik - Terdapat studio bioskop khusus anak-anak - Kafe yang ada di Cinemaxx mengusung desain modern- Memiliki fasilitas yang baik - Cri khas dari Cgv desain yang unik dan menarik - Di studio Gold Class mempunyai service button yang memungkinkan pemesanan makanan dan minuman dari dalam studio
Kekurangan- Harga untuk studio anaka-anak tebilang sangat mahal - Makanan yang dijual di Cinemaxx juga terbilang mahal- Studio Velvet Class menawarkan harga yang terbilang mahal - Cgv masih susah untuk ditemukan karena hanya ada dibeberapa kota

Kesimpulan

Pemilihan bioskop untuk kamu menonton sebenarnya disesuaikan dengan selera kamu saja. Seperti penjelasan di atas Cinemaxx dan CGV adalah salah satu bioskop yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Keduanya juga memiliki fasilitas yang modern.

Dan untuk harga dari kedua bioskop tersebut juga sebenarnya hampir sama seperti untuk bioskop studio Gold, harganya sama antara Cinemaxx dan CGV. Tetapi  untuk studio Cinemaxx lebih unggul karena ada studio khusus  untuk anak-anak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cinemaxx vs CGV

VS

Leave a Reply