HiburanLifestyle

Pilih Mana: Cinemaxx atau XXI?

Saat ini menonton film di bioskop sudah tidak asing lagi untuk semua orang. Jumlah bioskop yang makin bertambah serta tingginya keinginan masyarakat menjadikan bioskop pilihan utama untuk menikmati weekend bersama keluarga maupun kekasih. Di Indonesia sudah ada beberapa perusahaan bioskop yang menawarkan beragam sensasi nonton yang berbeda contohnya Cinemaxx dan XXI . Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas perbedaan dari Cinemaxx dan XXI , Stay tune!

Cinemaxx

Cinemaxx beroperasi melalui PT Cinemaxx Global Pasifik merupakan sebuah jaringan bioskop berskala nasional di Indonesia yang dimiliki oleh Lippo Group dipimpin oleh Gerald Dibbayawan. Baca juga Pilih Mana: Cinemaxx atau CGV?

Bioskop Cinemaxx membuka cabang pertamanya di mall FX Sudirman yang berlokasi di Jakarta dan target utama Cinemaxx merupakan ekspansi jumlah dari layar sebanyak 2.000 layar bioskop di 300 lokasi yang tersebar di 85 kota di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

Jaringan bioskop Cinemxx ini membuka bioskop pertamanya di Plaza Semanggi, Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2014 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 yang memiliki target membuka dua ribu layar bioskop di seluruh penjuru Indonesia.

Tipe Studio Cinemaxx

1. Cinemaxx Regular
Cinemaxx Regular merupakan tipe studio dari Cinemaxx yang berisikan hingga 300 tempat duduk dengan wilayah pandang terbaik dari setiap kursinya. Dengan menghadirkan audio-visual mutakhir dengan sistem proyeksi terkini dan kekuatan audio digital yang akan menambah sensasi menonton begitu nyata.

2. Cinemaxx Deluxe
Cinemaxx Deluxe merupakan studio kelas menengah Cinemaxx. Cinemaxx Deluxe mempunyai kursi sofa yang lebih besar dan nyaman dibanding Cinemaxx Regular dengan bahan kulit hitam yang menyerupai Cinemaxx Gold. Kursi di kelas ini disusun layaknya Cinemaxx Regular. Tetapi pintu masuk studio ini dibedakan menyerupai Cinemaxx Gold sehingga lebih istimewa.

3. Cinemaxx Gold
Cinemaxx Gold merupakan studio VIP yang menawarkan segala fasilitas mewah. Mulai dari santapan lezat kelas utama, kursi mewah berbalut kulit yang bisa kamu atur sandaran kaki dan kepala hanya dengan menekan tombol multifungsi, yang juga dapat memanggil petugas jika kamu membutuhkan sesuatu.

Untuk Cinemaxx Gold kalian akan mendapat tempat khusus sambil menunggu film tayang kalian dapat bersantai di lounge Gold eksklusif Cinemaxx.

4. Ultra XD
Ultra XD merupakan studio di Cinemaxx yang menghadirkan pengalaman menonton film yang benar-benar nyata dan mendalam. Dengan format layar raksasa berukuran 25 meter ultra-wide yang dilengkapi layar melengkung tinggi ditambah sistem proyeksi digital berkekuatan tinggi.

Penonton akan dimanjakan dengan geometri studio untuk wilayah pandang terbaik serta sistem audio digital yang kuat untuk menghadirkan pengalaman sinematik yang belum pernah ada sebelumnya.

5. Cinemaxx Junior
Cinemaxx Junior merupakan konsep studio untuk anak-anak dari umur 3 hingga 10 tahun yang mengusung tema menonton dan bermain. Fasilitas bermain yang diberikan seperti flying fox, climbing tree, dan giant trampoline. Selain itu ada perosotan yang terhubung dengan bioskop. Untuk tempat duduk yang tersedia antara lain sofa beds, bean bags, loungers, dan kursi reguler.

CinemaxxHarga Per Oktober 2019
Cinemaxx Regular Rp 30.000 hingga Rp 90.000.
Cinemaxx Gold Rp 80.000 hingga Rp 200.000.
Ultra XD Rp 45.000 hingga Rp 75.000.
Cinemaxx Junior - Sofa Bed: Rp 200.000 untuk 2 orang - Cinema Seat (Reguler): Rp 100.000 - Lounger: Rp 100.000 - Bean Bag: Rp 100.000

Kelebihan Cinemaxx

  • Memiliki fasilitas yang baik
    Cinemaxx Gold merupakan kelas VIP dari Cinemaxx. Fasilitas yang diperoleh adalah kemewahan kursi, serta kelezatan makanan dan minuman yang disajikan. Sedangkan, Cinemaxx Reguler menyajikan pengalaman audio-visual terbaru. Keunggulan yang diusung yakni sistem proyeksi terkini dan kekuatan audio digital yang begitu nyata. Anda akan dapat menikmati film dengan wilayah pandang terbaik dari setiap kursi.
  • Terdapat studio bioskop khusus anak-anak
    Cinemaxx Junior  merupakan inovasi pertama di Indonesia di mana bioskop dirancang khusus untuk anak-anak. Inovasi ini berupa penggabungan dua hal yang disukai anak-anak, yakni menonton film dan juga bermain. Jadi, Cinemaxx Junior didesain dengan dilengkapi area bermain. Berbagai permainan yang disukai buah hati akan tersedia di Cinemaxx Junior ini.
  • Dilengkapi dengan suara Dolby Atmos multi-dimensional
    Suara Dolby Atmos multi-dimensional dari segala arah akan menyajikan suara dahsyat bagi para penikmat film. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan kenyamanan tempat duduk yang disesuaikan dengan geometri teater untuk wilayah pandang terbaik sehingga dapat menikmati film dengan nyaman.

Kekurangan Cinemaxx

  • Harga untuk studio anak-anak tebilang sangat mahal
    Untuk inovasi terbaru mereka yang mengusung tema anak-anak sangatlah inovasi terbaik yang ada karena sejauh ini hanya Cinemaxx yang menawarkan fasilitas ini, Namun, untuk menikmati fasilitas ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.
  • Makanan yang dijual di Cinemaxx juga terbilang mahal
    Selain harga yang mahal yang di bandrol untuk studio anak-anaknya, Untuk menu makanan dan minuman yang dijual di Cinemaxx juga terbilang cukup mahal. Namun, kekurangan ini relatif ya di setiap orang berbeda-beda.
  • Beberapa film Indonesia yang tidak tayang di Cinemaxx
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Cinemaxx ini yaitu beberapa film lokal tidak tayang pada Cinemaxx yang kebanyakaan menayangkan film luar, Namun ada juga beberapa film lokal yang di tayangkan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Tas Eiger atau Tas Rei?

XXI

Cinema XXI merupakan sebuah jaringan bioskop di Indonesia yang merupakan pelopor jaringan cineplex di Indonesia. Cinema XXI ini tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia dan sebagian besar di antaranya terletak di dalam pusat perbelanjaan. Cinema XXI menawarkan film-film Hollywood dan Indonesia sebagai menu utama.

Cinema XXI adalah operator bioskop terbesar di Indonesia. Pertama kali di dirikan pada tahun 1987 dan bertumbuh pesat hingga sekarang memiliki 870 layar dan 158 outlet tersebar di 36 kota di Indonesia

Cinema XXI memberikan pengunjung kenyamanan dalam menonton dengan teknologi paling mutakhir seperti 2D, 3D, Imax Theater dan Dolby Atmos Sound.

Tipe Studio XXI

1. Regular XXI
Regular XXI merupakan studio kelas standar dari Cinemaxx. Rata-rata dalam satu studio berisikan 300 kursi penonton.Dengan menghadirkan audio-visual mutakhir dengan sistem proyeksi terkini dan kekuatan audio digital yang akan menambah sensasi menonton sangat seru.

2. The Premiere XXI
Tipe studio ini ditargetkan untuk para pecinta film yang mana menginginkan suatu fasilitas yang lebih mewah dan juga suatu konsep bioskop yang mana dilengkapi dengan kemewahan termasuk lobby khusus, kemudian kursi khusus seperti kelas bisnis dalam suatu pesawat, selimut dan beberapa kemewahan yang lainnya.

3. IMAX XXI
Kemudian yang kedua adalah IMAX XXI yang merupakan sebuah bioskop dengan proyeksi film yang mana memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dengan ukuran serta resolusi yang jauh lebih besar dibandingkan film konvensional yang lainnya.

Untuk standar dari layar IMAX sendiri adalah 22 meter untuk lebarnya, sedangkan untuk panjangnya adalah 16 meter, tetapi bisa juga lebih besar lagi.
XXIHarga Per Oktober 2019
Regular XXI Rp 30.000 hingga Rp 50.000.
The Premiere XXI Rp 100.000 hingga Rp 150.000
IMAX XXI Rp 35.000 hingga Rp 60.000.

Kelebihan XXI

  • Desain interior modern
    Bioskop XXI di beberapa kota Indonesia merenovasi tata ruangnya dengan penambahan karpet, penggantian kursi studio, perubahan desain sehingga menambah kesan modern pada bioskop tersebut.
  • Sudah tersebar di berbagai daerah
    Nah bagi Anda yang gemar menonton film terbaru di bioskop tentu akan sangat dimudahkan karena Cinema XXI ini dapat ditemukan hampir di setiap pusat perbelanjaan di kota Anda.
  • Kafe di dalam bioskop
    Keunggulan yang dimiliki XXI yaitu adanya kafe yang menyediakan makanan dan minuman, walaupun Anda harus merogoh dompet sedikit lebih dalam, Anda akan disuguhkan dengan makanan dan minuman yang sudah terkenal enak.

Kekurangan XXI

  • Waktu pemesanan tiket online terbatas
    Untuk Anda yang malas mengantri tentu dapat memesan tiket via online. Pemesanan tiket bioskop XXI dapat beli melalui M-Tix, namun waktu pemesanan tiket ini sangat terbatas yaitu antara jam 6 pagi sampai jam 11 siang.
  • Film hanya berasal dari holywood dan lokal
    Tidak seperti di CGV, bioskop XXI biasanya hanya menayangkan film yang berasal dari Holywood dan produksi lokal, sehingga pengunjung akan beralih ke CGV untuk menonton film dari negara lain seperti Jepang dan Korea.
  • Teknologi 3D belum mumpuni
    Cinema XXI mengaplikasikan teknologi Dolby Digital Cinema 3D. Namun belum semua Cinema XXI di seluruh Indonesia dapat merasakan film dengan teknologi 3D ini karena teknologi ini hanya digunakan di beberapa XXI yang memadai.

Pilih Mana: Cinemaxx atau XXI?

CinemaxxXXI
Kelebihan- Memiliki fasilitas yang baik - Terdapat studio bioskop khusus anak-anak - Dilengkapi dengan suara Dolby Atmos multi-dimensional  - Desain interior modern - Sudah tersebar di berbagai daerah - Kafe di dalam bioskop
Kekurangan- Harga untuk studio anak-anak tebilang sangat mahal - Makanan yang dijual di Cinemaxx juga terbilang mahal - Beberapa film Indonesia yang tidak tayang di Cinemaxx - Waktu pemesanan tiket online terbatas - Film hanya berasal dari holywood dan lokal - Teknologi 3D belum mumpuni

Kesimpulan

Dari artikel diatas mengenai perbandingan antara Cinemaxx dan XXI, dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti yang sudah di bahas bahwa kedua Cinemaxx dan XXI merupakan salah satu bioskop yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu. Keduanya juga memiliki fasilitas yang modern. Untuk itu kalian dapat memilih sesuai dengan selera dan lihat jadwal nonton kalian dulu ya dan sesuaikan saja jarak yang terdekat di antara keduanya dengan tempat tinggal kalian. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cinemaxx vs XXI

VS

Leave a Reply