Fashion

Pilih Mana: Ciput atau Bandana?

Dalam memakai jilbab, Anda memerlukan penutup kepala agar rambut tidak keluar dan pemakaian jilbab menjadi lebih rapi. Dua penutup kepala yang dapat Anda gunakan untuk mendukung rambut menjadi lebih rapi tersebut yaitu ciput dan bandana. Manakah yang sebaiknya untuk Anda pakai? Ciput atau bandana?

Ciput dan bandana merupakan dua penutup kepala yang terbuat dari berbagai bahan, seperti rajut, kain, brokat dan masih banyak lagi. Selain memiliki banyak fungsi yang sama, ciput dan bandana juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut misalnya dari fungsinya menutup bagian kepala, variasi, serta warna yang dimiliki.

Baca juga Pilih Mana: Jilbab atau Khimar?

Ciput

Ciput merupakan salah satu aksesoris yang digunakan sebagai tambahan sebagai dalaman jilbab untuk membuat jilbab yang dipakai menjadi lebih rapi dan rambut tidak keluar. Ciput dapat menutupi seluruh bagian kepala juga terdapat beberapa variasi ciput yang juga dapat menutupi leher penggunanya.

Kelebihan Ciput

Berikut beberapa kelebihan ciput yang perlu Anda ketahui:

Menutupi Seluruh Bagian Kepala atau Rambut
Salah satu kelebihan menggunakan ciput jika dibandingkan dengan bandana adalah ciput dapat menutup seluruh bagian kepala sehingga bagian rambut dan kepala tidak akan terlihat. Hal ini juga sangat diperlukan jika Anda menggunakan jilbab dengan tekstur atau bahan yang transparan maka rambut Anda tidak akan terlihat.

Membuat Pemakaian Jilbab Menjadi Lebih Rapi
Kelebihan lain yang dimiliki baik oleh ciput ataupun bandana adalah digunakan untuk membuat pemakaian jilbab atau penutup kepala lainnya menjadi lebih rapi. Apalagi jika menggunakan jilbab dengan bahan yang licin, maka jilbab akan menjadi lebih rapi dan tidak mudah meluncur.

Memiliki Lebih Banyak Variasi
Salah satu kelebihan ciput adalah memiliki lebih banyak variasi yang dimiliki. Ciput memiliki banyak variasi dengan bentuk yang beragam yang lebih variatif. Sedangkan bandana hanya memiliki bentuk dan variasi yang relatif sama. Selain itu, dikutip dari Wolipop.detik.com ciput juga dapat dimanfaatkan sebagai pelindung saat melakukan aktivitas renang.

Kekurangan Ciput

Berikut beberapa kekurangan Ciput yang perlu Anda ketahui:

Sulit Menutupi Rambut yang Terlalu Tebal dan Panjang
Salah satu kekurangan ciput adalah kurang mampu menutupi semua bagian rambut yang sangat tebal dan panjang. Jika Anda memiliki rambut yang sangat panjang, maka ciput kurang mampu menopang seluruh bagian rambut yang lebih tebal dan panjang tersebut.

Hanya Memiliki Satu Tone Warna untuk Satu Ciput
Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh ciput adalah hanya memiliki satu tone warna pada sisi ciput itu sendiri. Dengan demikian, Anda perlu memiliki satu ciput untuk satu warna. Sedangkan jika Anda menggunakan bandana, Anda dapat menggunakan satu bandana dengan warna yang lebih banyak.

Kadang Membuat Kepala Menjadi Pusing
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh ciput adalah dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Pemakaian ciput ataupun bandana yang ketat dapat membuat kepala menjadi tertekan sehingga membuat kepala menjadi pusing.

Kelebihan CiputKekurangan Ciput
- Menutupi seluruh bagian kepala atau rambut - Sulit menutupi rambut yang terlalu tebal dan panjang
- Membuat pemakaian jilbab menjadi lebih rapi- Hanya memiliki satu tone warna untuk satu ciput
- Memiliki lebih banyak variasi- Kadang membuat kepala menjadi pusing

Bandana

Bandana dulunya digunakan pada kepala sebagai cara untuk merapikan rambut dan juga membuat penampilan menjadi lebih menarik. Namun, seiring berkembangnya dunia fashion, bandana tidak hanya dapat digunakan untuk merapikan rambut dan fashion. Saat ini bandana juga memiliki fungsi lain untuk membuat penggunaan jilbab menjadi lebih rapi.

Kelebihan Bandana

Berikut beberapa kelebihan bandana yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Banyak Tone Warna pada Satu Bandana
Salah satu kelebihan bandana jika dibandingkan dengan ciput adalah memiliki banyak tone warna pada sisi-sisi bandana itu sendiri. Dengan adanya banyak tone warna tersebut, Anda bisa memanfaatkan satu bandana dengan berbagai warna.

Dapat Membuat Jilbab Menjadi Lebih Rapi
Kelebihan lain yang dimiliki oleh bandana ataupun ciput adalah dapat membuat pemakaian jilbab menjadi lebih rapi. Dengan demikian, jilbab yang Anda pakai akan menjadi lebih rapi dan rambut Anda tidak akan keluar dari jilbab.

Dapat Melakukan Penghematan
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh bandana adalah Anda dapat melakukan penghematan terhadap pengeluaran Anda. Hal ini dikarenakan Anda dapat memakai satu bandana dengan banyak warna jilbab. Sedangkan untuk ciput, Anda perlu memakai satu ciput dengan satu warna jilbab saja.

Kekurangan Bandana

Berikut beberapa kekurangan bandana yang perlu Anda ketahui:

Hanya Menutup Sebagian Kepala
Salah satu kekurangan bandana adalah hanya menutup sebagian kepala dengan adanya lubang pada bagian tengah kepalanya. Jika Anda menggunakan jilbab dengan bahan yang transparan, maka bagian rambut dan kepala dapat dengan mudah terlihat.

Kadang Membuat Kepala Menjadi Pusing
Kekurangan lain yang dimiliki oleh bandana adalah dapat membuat kepala menjadi pusing. Hal ini dikarenakan bandana atau ciput membuat kepala menjadi tertekan sehingga kepala akan menjadi pusing.

Tampilan dan Bentuk Kurang Bervariasi
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh bandana adalah memiliki tampilan dan bentuk yang kurang bervariasi. Bandana memang memiliki banyak warna pada satu bandana di setiap sisinya. Namun bandana memiliki tampilan dan bentuk yang relatif sama dan kurang bervariasi.

Kelebihan BandanaKekurangan Bandana
- Memiliki banyak tone warna pada satu bandana- Hanya menutup sebagian kepala
- Dapat membuat jilbab menjadi lebih rapi- Kadang membuat kepala menjadi pusing
- Dapat melakukan penghematan- Tampilan dan bentuk kurang bervariasi

Pilih Mana: Ciput atau Bandana?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara ciput dan bandana. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

CiputBandana
- Menutup seluruh bagian kepala- Menutup sebagian kepala
- Memiliki lebih banyak variasi- Memiliki bentuk dan variasi yang relatif sama
- Memiliki satu warna pada setiap ciput- Memiliki banyak warna pada setiap sisi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai ciput dan bandana di atas, dapat kita lihat bahwa kedua barang ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ciput dengan banyaknya variasi dapat Anda manfaatkan baik untuk aktivitas sehari-hari ataupun acara formal. Sedangkan bandana dengan banyaknya ragam warna dapat Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari karena lebih ringan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ciput vs Bandana

VS

Leave a Reply