Aplikasi

Pilih Mana: Clash Royale atau COC?

Bagi para gamers, permainan adalah salah satu kebutuhan yang menyenangkan dan dapat memacu adrenalin. Bahkan saat ini game tidak hanya dimainkan secara offline saja, karena dengan kemajuan teknologi telah tersedia game online yang gratis maupun berbayar. Game garapan dari Supercell saat ini menjadi perbincangan utama bagi para gamers mobile, dua permainan yang paling favorit dan banyak dimainkan yakni Clash Royale dan juga Clash of Clans (COC). Pemain dari dua game ini tidak digandrungi hanya anak-anak saja, kerana remaja bahkan orang tua pun berlomba dan tidak ingin ketinggalan untuk memainkan dua permainan ini.

Clash Royale

Clash Royale adalah salah satu game dari Supercell yang mengusung game strategi bertema pertarungan kartu secara real time, ketika memainkan pertarungan, setiap pemainnya akan masuk ke dalam arena tertentu. Arena inilah yang dapat memungkinkan setiap pemain untuk mengumpulkan berbagai macam kartu baru. Baca juga Pilih Mana: AoV atau Mobile Legends?

COC / Clash of Clans

COC / Clash of Clans adalah game yang lebih dulu hadir dibandingkan Clash Royale, game strategi pertarungan antar clan di masa lalu. Di game ini, Anda merupakan pimpinan di mana Anda harus dapat membangun desa dan membuat pasukan untuk melindungi desa atau juga menyerang desa. Jika Anda termasuk pemain game strategi yang masih pemula, pastinya akan kesulitan saat memainkannya. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjadi semakin mahir jika telah mengetahui tips dan trik dalam memainkan strategi yang tepat.

Clash Royale dan Clash of Clans memang memiliki kesamaan namun ada beberapa yang memberikan perbedaan diantara kedua game Supercell ini. Namun untuk mengetahuinya Pilih mana: clash royale atau coc? Berikut kami hadirkan untuk Anda:

Gameplay

Dalam permainan COC Anda harus membangun desa dan pertahanannya, serta melatih para pasukan yang kuat agar dapat mengalahkan desa lawan. Tapi pada Clash Royale Anda akan memainkan game play perpaduan antara Castle Defend/Tower Deffense dan Trading Card Game/Collectible Card Game (CCG) yang mana Anda akan melakukan permainan dengan menggunakan banyak macam-macam kartu agar Anda bisa menghancurkan Tower dan Castle musuh, dan Anda dituntut menyiapkan dan menggunakan strategi terbaik. Karena selain menyerang Anda juga harus melindungi Tower dan Castle yang dimiliki dari serangan musuh agar tidak hancur lebih dulu. Dan untuk permainannya sendiri Anda akan bertanding satu lawan satu dengan musuh yang seimbang secara Real Time.

Cara Untuk Menang

Di Clash Royale, kedua pemain diberi waktu perang hanya 3 menit saja, tujuanmu adalah mendapatkan Crown lebih banyak dari musuh. Crown bisa Anda dapatkan jika berhasil menghancurkan crown tower atau kastil utama yang sudah ada sejak awal permainan. Jika Anda berhasil menghancurkan kastil utamanya, maka Anda akan langsung mendapatkan tiga Crown dan memenangkan permainan. Tapi jika pada 3 menit itu Anda tidak berhasil memenangkan permainan akan ada tambahan waktu 1 menit untuk mode Sudden Death, yang hanya perlu menambah satu Crown saja untuk memenangkan permainan. Bagi siapa yang memiliki Crown lebih banyak akan memenangkan permainan dan mendapatkan hadiah berupa peti harta silver dan juga thropies. Dan pada game COC Anda hanya harus dapat mempertahankan desa yang Anda miliki, dengan cara mengalahkan dan menyerang lawan agar Anda bisa memenangkan game ini.

Prajurit Perang

Clash Royale memiliki lebih dari 20 prajurit yang berbeda, dan Clash of Clans hanya memiliki 16 variasi prajurit saja. Ada beberapa prajurit atau karakter baru seperti: Prince, Giant Skelleton, Baby Dragon, Muskeeter, Knight, Bomber, Mini P.E.K.K.A, dan Spear Goblins. Meskipun lebih lengkap dibanding COC, Clash Royale tidak memiliki Healer dan Wall Breaker. Untuk mendapatkan para prajurit ini, Anda harus membuka peti harta yang tersedia, dan masing-masing prajurit akan memiliki kelangkaan yang berbeda-beda yaitu Common, Rare, dan Epic.

Clash Royale mengharuskan Anda unlock setiap karakter baru dengan cara mengalahkan lawan untuk bisa mendapatkan Chest yang berisi kartu untuk dikoleksi. Dalam Chest, Anda dapat menemukan kartu baru yang bisa digunakan untuk upgrade kartu lama, atau bahkan membuka pasukan baru. Setiap karakter memiliki hitpoints, damage, targets, range, damage per second, hit speed, dan deploy time yang berbeda. Pada Clash Royale kamu akan tetap menemukan Gold dan Elixir. Elixir digunakan untuk mengirim pasukan (deploy), dan Gold digunakan untuk upgrade pasukan, serta melakukan Battle.

Lihat juga:  Pilih Mana: Wps Office atau LibreOffice?

Pada game COC Anda pastinya telah tahu dengan beberapa prajurit sesuai dengan tugasnya Barbarian ini memiliki ciri-ciri khas pada kumis mereka yang berwarna kuning. Barbarian adalah prajurit Skotlandia yang selalu siap untuk menghancurkan desa lawannya. Kedua Archer yang memiliki ciri khas pada rambutnya yang berwarna. Pada level satu dan dua Archer memiliki rambut berwarna merah muda, level tiga dan empat warna rambutnya akan berubah menjadi merah keunguan, rambutnya akan berubah menjadi hijau saat Anda naik ke level lima, dan pada level enam dan tujuh rambutnya akan berubah warna menjadi biru.

Archer selalu mengenakan gaun berwarna hijau yang selalu siap dengan busur dan anak panahnya untuk menghancurkan desa lawan. Ketiga Goblin yang memiliki ciri khas yaitu selalu membawa karung sebagai wadah hasil curiannya. Goblin akan terbuka pada Barrack level tiga dan memiliki tingkatan level satu hingga enam. Karakter keempat Giant seorang yang memiliki postur tinggi besar, dan berbagai karakter prajurit lainnya yang akan rela mati untuk mempertahankan kemenangannya.

Arena Game

Dari segi luas arena, ternyata COC lebih luas dibandingkan dengan Clash Royale karena pada bentuk COC landscape dan di tengah-tengah hutan belantara yang mengakibatkan arena akan lebih kelihatan luas dibandingkan Clash Royale yang pada arenanya berbentuk portrait dan lajunya hanya ada dua jembatan yang akan menghubungkan antara base Anda dan juga base lawan. Dari segi banyaknya arena Clash Royale menjadi pemenangnya karena pada COC arena hanya ada dua macam arena sebelum war dan saat war. Pada arena Clash Royale memiliki beragam arena dari level satu hingga level tujuh yang akan membuat Anda sebagai pemain tidak akan merasa bosan.

Elixer dan Gold

COC Elixer digunakan untuk menaikkan level troopsnya melalui laboratorium dan goldnya digunakan untuk menaikkan level defense nya dari mulai canon, town hall dan lain-lain. Dan pada Clash Royale elixernya digunakan untuk mengeluarkan troops saat battle dengan musuh dan goldnya digunakan untuk menaikan level troops dan membeli troops atau membeli cheast.

Pilih Mana: Clash Royale atau COC?

Clash RoyaleCOC
- Kumpulkan crown musuh dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang ditentukan untuk memenangkan battle- Anda dapat memenangkan permainan dengan mempertahankan desa dan menyerang lawan
- Pilihan karakter berbeda yang berjumlah 20 prajurit- Hanya memiliki 16 variasi karakter/prajurit
- Arena permainan berbentuk portrait dengan dua jembatan yang akan menghubungkan setiap base- COC memiliki landscape yang luas dan berada di tengah-tengah hutan belantara
- Elixer digunakan untuk mengeluarkan troops saat battle- Elixer digunakan untuk menaikkan level troops
- Gold digunakan untuk menaikan level troops dan membeli troops- Goldnya digunakan untuk menaikkan level defense

Kesimpulan

Dari berbagai perbedaan di atas, secara keseluruhan memiliki plus dan minusnya. Yang pasti kedua game ini sangat seru untuk jadi salah satu game favorit Anda. Jika Anda telah mencoba bagaimana serunya pertarungan secara Real Time pastilah Anda akan memilih Clash Royale, namun untuk Anda yang senang dengan permainan dengan strategi penyerangan base dan strateginya pilihanya ialah COC. Jadi antara COC dengan Clash Royale itu sangatlah berbeda dan sangatlah sulit bagi kita untuk menentukan yang mana yang terbaik, sebelum kita sendiri mencoba dan memainkan pada kedua game ini, Selamat mencoba!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Clash Royale vs COC

VS

Leave a Reply