Makanan dan Minuman

Pilih mana: Coca Cola vs Teh Botol Sosro?

Ada banyak varian minuman kemasan yang bisa Anda jumpai di pasar. Selain, praktis di bawa dan mudah di konsumsi. Harganya juga terbilang sangat terjangkau dan pas di kantong. Nah, ada beebrapa produk yang telah terjamin kualitas dan dipercayai memiliki rasa yang enak serta menyegarkan.

Salah satunya adalah produk minuman kemasan dari Coca Cola dan Teh Botol Sosro. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing saat Anda konsumsi. Hal ini juga membuat keduanya menjadi produk minuman kemasan yang memiliki penggemarnya tersendiri.

Ingin tahu lebih detail mengenai kedua produk tersebut? Kalau begitu langsung simak saja ulasan artikelnya di Selera.id sekarang juga. Buruan sebelum ketinggalan!

Coca Cola vs Teh Botol Sosro 3

Coca Cola

Coca Cola merupakan salah satu minuman ringan yang memiliki merk dagang paling populer di dunia. Minuman yang terkenal akan kesegarannya ini memang sering disajikan untuk menemani berbagai hidangan makanan.

Pada umumnya, Coca cola dikemas dalam bentuk botol yang memiliki ukuran yang cenderung besar. Namun kini, berbagai varian kemasan dengan ukuran yang praktis dan pas untuk Anda bawa kemana-mana.

Berbagai produk coca cola minuman segar ini bisa Anda temukan di pasar dan toko-toko online serta supermarket dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, Anda bisa menikmati kesegarannya kapanpun dan dimanapun. Baca juga: 7 Merk Botol Minum Terbaik 2020

Kelebihan Coca Cola

Berikut ini Kelebihan Coca Cola:

  • Mampu melepaskan gas dalam perut
    Saat Anda kebanyakan makan, perut akan terasa penuh dan minuman berkarbonasi akan membantu melepaskan gas terkandung dalam lambung. Hal itu akan memberikan ruang kosong dalam perut sehingga dapat diisi makanan kembali. Udara dalam perut akan keluar dalam bentuk sendawa yang terasa melegakan. Nah, minuman ini mampu membantu Anda melepas gas tersebut.
  • Sangat menyegarkan
    Kelebihan dari minuman ini tentunya ada pada sensasi setelah mengkonsumsinya. Tak jarang beberapa orang mengatakan bahwa ketika mengonsumsi minuman satu ini mampu melepas dahaga yang terasa menyegarkan di tenggorokan.

Coca Cola vs Teh Botol Sosro

Kekurangan Coca Cola

Berikut ini Kekurangan Coca Cola:

  • Rasanya yang terlalu kuat
    Kekurangan dari minuman satu ini ada pada rasanya yang cenderung kuat membuat kurang nyaman di lidah. Dan hal ini menjadikan minuman ini kurang nyaman di konsumsi untuk anak-anak.
  • Kurang memiliki varian rasa
    Rasa minuman soda yang dihadirkan pun terbilang itu-itu saja, rasa karamel atau buah-buahan umum seperti lemon atau jeruk. Tapi, sekarang ada minuman bersoda halus yang patut dicoba karena kesegaran baru yang tak akan Anda dapat dari minuman bersoda sebelumnya. Namun, masih dengan rasa yang tidak jauh berbeda.

Teh Botol Sosro

Sosro merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama hadir di Indonesia. Nama Sosro diambil dari nama keluarga pendirinya yakni Sosrodjojo. Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah.

Pada saat memulai bisnisnya, produk awal yang dijual adalah teh kering dengan merk Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah. Hal ini yang membuat teh botol sosro mulai dikenal.

Teh Botol Sosro sendiri adalah merk teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT. Sinar Sosro. Teh Botol Sosro sangat populer di Indonesia dan kini juga dijual di berbagai negara di luar Indonesia. Teh Botol Sosro bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia.

Hasil ini juga masih konsisten dengan penelitian tahun 2011 oleh Youthlab Indonesia, 84% pemuda Indonesia lebih memilih Teh Botol Sosro. Sampai saat ini produk kemasan teh botol ini di gemari. Teh Botol Sosro kini memiliki banyak varian ukuran dan kemasan sehingga kemasan ini terlihat sangat praktis dan mudah untuk Anda bawa kemana-mana.

Kelebihan Teh Botol Sosro

Berikut ini Kelebihan Teh Botol Sosro:

  • Memiliki banyak varian ukuran
    Kelebihan dari teh botol sosro sendiri yaitu memiliki berbagai varian ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Serta ada varian dengan ukuran kecil yang dapat Anda bawa kemana-mana.
  • Memiliki kualitas yang baik
    Teh botol sosro telah dikenal sangat lama. Bahkan menjadi produk minuman teh kemasan yang hadir pertama kali di Indonesia. Oleh karena itu, kualitasnya tidak dapat diragukan lagi.
Lihat juga:  Pilih mana: Granola vs Oatmeal?

Coca Cola vs Teh Botol Sosro

Kekurangan Teh Botol Sosro

Berikut ini Kekurangan Teh Botol Sosro:

  • Rasanya yang cenderung pahit
    Beberapa orang mengeluhkan rasa dari teh botol sosro ini sendiri. Rasa yang cenderung pahit di akhir membuat beberapa penggemar minuman ini sedikit tidak nyaman.
  • Harganya yang cenderung mahal
    Kekurangan teh botol sosro ini adalah harganya yang cenderung mahal dibanding dengan merk teh botol pesaingnya. Hal ini tentu sangat disayangkan oleh peminatnya.

Tips Mengetahui Kemasan yang menjadi Pembungkus Minuman

Kita mungkin kerapakali menemui deretan minuman kemasan yang katanya tanpa bahan pengawet. Memiliki masa kadaluarsa sampai satu tahun. Ini memang bukan sesuatu yang mustahil berkat teknologi kemasan aseptik.

Sekilas mungkin terlihat seperti kemasan kertas biasa. Nyatanya, kemasan aseptik terdiri dari enam lapis material yang masing-masing memiliki fungsi spesifik. Mulai dari menjaga tingkat kelembaban, menunjang stabilitas dan kekuatan, lapisan perekat, melindungi dari oksigen dan cahaya, hingga penyegel.

Kemasan aseptik untuk produk sterilisasi:

  1. Semua kemasan yang digunakan untuk mengemas susu, jus, santan, teh hingga minuman tradisional umumnya merupakan kemasan aseptik.
  2. Produk yang menggunakan kemasan aseptik dapat disimpan di suhu ruang dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 9-12 bulan. Dengan catatan produk belum dibuka. Jika ada minuman dalam kemasan aseptik yang disimpan di rak pendingin, tujuannya bukan untuk mempertahankan umur simpan. Tapi, lebih karena alasan selera yaitu lebih suka menikmati minuman dalam kondisi dingin.
  3. Expired date yang tertera pada label kemasan hanya berlaku jika kemasan belum dibuka. Jika sudah dibuka, kemasan sekali minum sebaiknya segera dihabiskan. Sedangkan untuk family pack yang sudah dibuka, umur simpannya hanya 3-4 hari dan wajib disimpan dalam kulkas bersuhu empat derajat celcius.
  4. Pilih produk dengan kemasan aseptik yang masih dalam kondisi baik. Tidak rusak atau penyok. Sedikit saja lubang atau kerusakan pada kemasan dapat membuat mikroba masuk dan mencemari produk makanan di dalamnya.

Kemasan Minuman Produk Pasteurisasi
Ternyata saat mengemas minuman perlu diperhatikan terbuat dari apa. Kemasan lain yang bukan merupakan kemasan aseptik seperti pasteurisasi. Penanganannya tentu saja berbeda dari kemasan aseptik yang steril luar dalam.

Kemasan ini hampir mirip dengan kemasan aseptik. Namun kemasan satu ini biasa digunakan untuk mengemas jus atau susu yang hanya melalui proses pasteurisasi, bukan sterilisasi seperti teknologi UHT. Kemasannya memiliki tutup seperti tutup botol di bagian atas. Berikut ciri kemasan pasteurisasi:

  1. Produk pasteurisasi memiliki expired date yang singkat, sekitar 7-14 hari. Oleh karena itu perhatikan saat membeli.
  2. Kemasannya tidak memiliki banyak lapisan seperti kemasan aseptik. Karena itu, kemasan ini tidak dapat menjaga mutu produk dalam jangka waktu yang lama.
  3. Produk dengan kemasan seperti ini harus disimpan di lemari pendingin dengan suhu empat derajat celcius. Jika tidak, maka akan cepat sekali rusak. Itulah sebabnya, saat membeli produk ini, pastikan untuk langsung dikonsumsi.
  4. Perhatikan waktu tempuh Anda dari supermarket tempat membeli ke lokasi tujuan. Jika memakan waktu yang lama, sebaiknya Anda membawa cool box berisi es sebagai tempat penyimpanan. Selama perjalanan, jika tidak disimpan dingin, produk dapat cepat rusak.

Pilih mana: Coca Cola vs Teh Botol Sosro?

Keterangan Coca Cola Teh Botol Sosro
Kelebihan -Mampu melepaskan gas dalam perut -Sangat menyegarkan -Memiliki banyak varian ukuran -Memiliki kualitas yang baik
Kekurangan-Rasanya yang terlalu kuat -Kurang memiliki varian rasa-Rasanya yang cenderung pahit -Harganya yang cenderung mahal

Kesimpulan

Nah, itulah perbandingan dari kedua produk Coca Cola dan Teh Botol Sosro minuman diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua merk minuman kemasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, ada baiknya untuk tidak sering-sering mengkonsumsinya ya karena tidak baik untuk kesehatan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Coca Cola vs Teh Botol Sosro

VS

Leave a Reply