Pilih Mana: Comotomo atau Mimijumi?

Loading...

Dot atau botol susu memang tidak disarankan sebagai pengganti ASI karena memiliki beberapa resiko seperti bingung putting, tidak steril, dan lain hal sebagainya. Namun tidak jarang para ibu yang merangkap sebagai wanita karir menggunakan botol dan susu sebagai alternatif pengganti ASI langsung. Adapun botol susu yang saat ini sedang tren di kalangan ibu-ibu muda adalah botol susu dari Comotomo dan Mimijumi. Lantas, bagus mana Comotomo atau Mimijumi?

Comotomo

Salah satu produk Comotomo adalah Comotomo Natural Feel Baby Bottle, yang merupakan botol susu berbahan silikon dengan desain menyerupai payudara ibu. Botol susu ini dapat digunakan untuk ASI perah, susu formula, dan minuman lainnya. Botol Comotomo juga merujuk pada botol nurser yang berarti botolnya menyerupai bentuk anatomi payudara ibu yang bertujuan untuk mengurangi resiko bingung putting pada bayi. Baca juga Pilih Mana: Tommee Tippee atau Philips Avent?

Kelebihan Comotomo

1. Aman dan Memenuhi Standar Keamanan
Botol susu dari Comotomo memiliki material yang terjamin aman untuk digunakan pada bayi karena telah BPA Free dan memenuhi standar kualifikasi FDA. Botolnya terbuat dari bahan silikon yang notabene lebih aman jika dibandingkan bahan plastik BPA Free. Bahan silicon relatif lebih tahan panas sehingga aman saat direbus atau sterilisasi, aman di dalam microwave, dan awet dipakai jangka panjang.

2. Desain Unik dan Lembut
Selain aman, botol susu Comotomo memiliki pori-pori yang kecil dan rapat sehingga bakteri dan kuman susah bersarang di dalamnya. Anda juga mudah membersihkan botol tersebut, tidak perlu sikat botol, cukup dengan jari tangan saja untuk bagian dasarnya sebelum dicuci. Desainnya sangat menarik karena menyerupai payudara ibu sehingga mengurangi resiko bingung putting. Bahkan bahannya sangat lembut yang fleksibel dan lentur, mendekati sifat kulit tubuh manusia.

Kekurangan Comotomo

1. Harga Mahal
Kekurangan botol susu Comotomo yang pertama terletak pada harganya yang mahal dibandingkan brand botol susu lainnya. Brand asal Amerika ini dibanderol hampir 300 ribu rupiah untuk kemasan single 150 ml dan 250 ml. Namun tentu saja harga yang mahal sebanding dengan kualitas dan keamanannya jadi Anda tak perlu khawatir.

Loading...

2. Susah Ditemukan
Botol susu merk Comotomo susah ditemukan pada toko bayi ready stock karena barangnya impor dari luar negeri, dan juga harganya lumayan jauh lebih mahal daripada brand botol susu lainnya. Anda bisa membeli Comotomo di toko online seperti Bukalapak.

Mimijumi

Mimijumi merupakan botol susu yang berasal dari USA, memiliki desain sangat mirip dengan payudara ibu. Bukan hanya ukurannya saja, tapi warna nipple juga dirancang dalam warna coklat sehingga terlihat lebih natural. Oleh karena itu, botol Mimijumi dapat dijadikan alternative untuk bayi supaya mereka tidak mengalami bingung puting. Anda bisa membaca berbagai testimoni botol Mimijumi di forum ini.

Kelebihan Mimijumi

1. Bahan Material yang Aman
Botol susu Mimijumi terbuat dari bahan plastik yang terlihat bening seperti kaca tapi tetap mengadopsi material yang aman bagi bayi. Plastik yang digunakan juga bukan plastik abal-abal, melainkan plastik Grilamid EMS yang diproduksi langsung di Switzerland. Bahkan Mimijumi sudah memenuhi standar peralatan medis sehingga diperbolehkanj kontak langsung dengan makanan. Sedangkan nipplenya terbuat dari silicon yang bebas latex.

2. Anti Colic, Anti Gas
Sebenarnya, desain botol Mimijumi dan Comotomo hampir sama persis sehingga produk keduanya sering dikatakan sebagai produk kembar. Desain botolnya berleher lebar yang memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalamnya, kemudian botol susu sudah BPA Free dan Latex Free. Ada pula tambahan teknologi anti colic dan anti gas yang membuat bayi Anda tidak gampang tersedak.

Kekurangan Mimijumi

1. Harga Mahal
Bisa dikatakan, botol susu Mimijumi lebih mahal daripada botol susu Comotomo. Mimijumi membanderol harga botol berukuran 120 ml dengan nipple 0-12 bulan seharga Rp 350 ribuan, sedangkan untuk 240 ml dengan nipple yang sama memiliki harga beda tipis dari sebelumnya. Bahkan harga nipple pengganti isi 1 pcs dengan ukuran enam hingga delapan belas bulan seharga Rp 170 ribuan. Harga yang mahal ini tentu saja sebanding dengan kualitas dan teknologi dari Amerika.

2. Dijual Premium
Botol susu Mimijumi sangat jarang ditemukan pada toko-toko yang menjual perlengkapan bayi karena dijual premium oleh toko online yang terdaftar. Maka dari itu, Anda perlu mencari botol Mimijumi di situs internet seperti Bukalapak dan sebagainya untuk membeli Mimijumi.

Pilih Mana: Comotomo atau Mimijumi?

ComotomoMimijumi
Bahan botol- Silicon- Plastik grilamid EMS
Desain- Botol nurser, mirip seperti payudara ibu, wide neck, lembut, dan bisa diremas- Botol nurser, mirip seperti payudara ibu, wide neck, nipple terlihat natural berwarna coklat
Kualitas- BPA free, standar FDA- BPA free, latex Free

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa botol susu Comotomo dan Mimijumi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga memudahkan Anda untuk menentukan pilihan terbaik. Keduanya memiliki desain yang hampir sama persis, namun dengan bahan berbeda. Harga Mimijumi juga jauh lebih mahal dari Comotomo, meskipun keduanya sama-sama berasal dari Amerika.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Comotomo vs Mimijumi

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *