Fashion

Pilih Mana: Cotton Combed 30s atau Catton Combed 40s?

Kaos yang memiliki bahan dasar dari cotton combed atau katun combed begitu cocok di gunakan pada daerah yang mempunyai iklim tropis seperti dinegara kita ini karena sifatnya yang dapat menyerap keringat. Bahan catton combed juga mempunyai variasi yang beragam salah satunya cotton combed 30s dan catton combed 40s.

Pada umumnya bahan katun combed 30s dan catton combed 40s mempunyai sifatnya yang kuat juga halus. Selain bahan katun combed ini dipakai sebagai bahan dasar untuk pembuatan baju kaos, juga dipakai dalam membuat Piyama, Kaos Kaki, dan bahan pakaian lainnya.

Pada artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai combed 30s dan catton combed 40s tesebut untuk melihat perbedaan yang ada dari keduanya dan meilihat kelebihan dan kekurangan yang ada serta memberikan tips untuk melihat bahan yang bagus itu seperti apasih? Yuk daripada penasaran langsung saja disimak artikel di bawah ini ya!

Cotton Combed 30s

Cotton Combed 30s yaitu merupakan tipe atau jenis katun (cotton) yang sangat halus, yang dimana pada teknik pembuatannya serat katun dibuat dengan diputar di mesin pemintal dan disisir untuk membuang biji kapas nya sehingga kain menjadi sangat halus, karena itulah bahan cotton combed 30s juga tampak lebih rata. Secara harga cotton combed ini memang cenderung lebih mahal dibanding kain katun lainnya. Baca juga Pilih Mana: Combed 24s atau 30s?

Benang 30 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 140 – 160 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.

Kelebihan Cotton Combed 30s

  • Bahan yang lentur, ringan sehingga membuat nyaman
    Cotton combed 30s uni cocok digunakan di iklim tropis seperti di Indonesia, Selain itu bahan cotton combed 30s juga tidak panas saat digunakan. Bahannya juga tidak kaku dan  membuat badan kita menjadi nyaman saat memakainya. Kaos dengan bahan 30s dapat digunakan waktu tidur, istirahat, olahraga, lari pagi, serta berkegiatan yang lain.
  • Tidak kasar
    Saat kita ingin membeli kaos, terkadang kita seringkali menjumpai kain yang sangat kasar hingga terasa panas saat digunakan. Bahan cotton combed 30s memiliki struktur yang halus serta tidak kasar sehingga terasa nyaman saat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.
  • Cocok untuk cuaca tropis di Indonesia
    Bahan kaos 30s sangat disarankan karna cocok dengan iklim yang ada di Indonesia. Negara dengan iklim tropis lembab yang terkadang cuaca nya membuat produksi keringat menjadi sedikit berlebih.  Bahan kaos combed 30s dapat mengalirkan udara dengan lancar serta tidak kaku waktu digunakan hingga buat badan kita terasa nyaman. Selain itu, penyerapan keringat juga juga lebih optimal karena bahan ini mudah menyerap keringat.

Kekurangan Cotton Combed 30s

  • Rentan terhadap jamur
    Kekurangan pertama pada bahan catton combed 30s yang itu bahan ini sangat rentan terhadap jamur jika disimpan ditempat yang lembab, Oleh sebab itu, untuk penyimpanannya perlu diperhatikan. Dan jika pastikan dalam pencucian bahan ini sudah kering secara keseluruhan untuk menghindari timbulnya jamur.
  • Kain akan cepat rusak apabila direndam terlalu lama
    Untuk cara mencucinya cotton combed 30s juga perlu dengan cara yang tepat karena jika mencuci dengan cara yang salah bahan ini juga sangat cepat rusak, terutama dengan cara mencuci yang merendam dengan waktu yang lama sangat tidak dianjurkan.
  • Mudah kusut saat digunakan
    Beberapa jenis kain Cotton yang ada mudah kusut ketika dikenakan. Terlebih untuk yang jenis dan bahannya agak tebal. Hal itu disebabkan karena bahannya kuat dan tidak mudah sobek. Oleh karena itu, sesudah dicuci, bahan dengan kain jenis ini sebaiknya disetrika agar benar-benar bisa halus dan nyaman digunakan.

Catton Combed 40s

Bahan Cotton Combed yang satu ini merupakan yang paling tipis diantara jenis bahan lainnya, yaitu sekitar 140-160 gr/m2, Benang 40 digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi antara 110 – 120 gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. Untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180 – 200 gr/m2.

Ketipisannya yang menjadikan bahan ini tidak panas saat digunakan dan bahkan termasuk yang paling adem dan nyaman saat digunakan untuk berkegiatan di cuaca yang lumayan panas. Catton Combed 40s ini juga banyak dijumpai di toko online seperti diLazada.

Huruf s yang terletak di belakang masing-masing jenis kaos tersebut merupakan kependekan dari single knit alias jahitan tunggal yang merupakan salah satu metode jahit yang umum digunakan, di samping double knit atau jahitan ganda.

Kelebihan Catton Combed 40s

  • Harganya murah
    Berbicara mengenai harga yang di bandrol oleh bahan catton combed 40s ini, harganya pun sangat murah, Oleh sebab itu, banyak orang yang berminat untuk membeli bahan ini untuk jumlah yang besar untuk digunakan untuk usaha seperti kaos, dll.
  • Tekstur ringan, tipis dan lembut 
    Bahan catton combed 40s merupakan bahan cotton combed dengan karakter bahan yang tipis, ringan, lembut serta kuat. Kaos ini adalah adalah jenis kaos yang paling tipis jika dibandingkan dengan gramasi lainnya.
  • Cocok digunakan untuk sablon discharge, super-white ataupun pigment
    Bahan catton combed 40s ini juga sangat cocok pakai untuk usaha kaos yang memiliki motif yang disablon, karena bahan ini sangat bagus jika hiasi dengan sablonan dan dapat digunakan berbagai sablon seperti sablon discharge, super-white ataupun pigment.
Lihat juga:  Pilih Mana: Karl Lagerfeld atau Coach?

Kekurangan Catton Combed 40s

  • Warna putih yang cukup menerawang
    Untuk kaos catton combed khusunya yang berawarna putih ini perlu di ketahui bahwa bahan ini sangat tipis, maka terlihat transparan sehingga bagian dalam tubuh dapat terlihat. Jika kalian kurang nyaman kalian bisa menggunakan pakaian lain seperti mangset ataupun tengtop untuk para cewek dan kaos dalam bagi cowok.
  • Tidak cocok untuk dibordir
    Karena mempunyai karakter yang cukup tipis, catton combed 40s kurang cocok apabila dibordir. Kaos akan cenderung mengkerut di area bordir dan sedikit ketarik.
  • Setrika harus dengan panas yang sesuai
    Seperti kita ketahui bahan catton combed ini mempunyai bahan yang sangat tipis, oleh sebab itu saat menyetrika panas nya harus di atur sedemikian rupa, jika terlalu panas akan merusak bahan ini, dan jika tidak panas bahan ini tidak akan rapi, jadi harus di sesuaikan ya.
Cotton Combed 30sCatton Combed 40s
Gramasinya sendiri berkisar 140 sampai 160 Gram/m2, dengan menggunakan jenis rajutan Jarum Tunggal.Bahan dengan jenis ukuran Combed 40s ini merupakan bahan kain cotton combed yang paling tipis. Dan produksi gramasinya antara 110 sampai 120 gram/m2.

Cara Mengukur Bagus tidaknya Bahan Cotton Combed 30s dan 40s

1. Handfeel
Handfeel atau bisa diartikan diraba. hanya dengan menyentuh bahan cotton combed, kalian akan merasakan bahwa bahannya bagus, lembut dan nyaman apabila digunakan, apabila kalian sudah sering membandingkan akan terasa sekali perbedaannya.

Penting untuk kalian yang belum mengenal lebih baik bahan, cobalah membeli sampel terlebih dahulu agar kalian dapat merasakan dan meraba langsung bahan kaos yang akan kalian pilih.

2. Dicoba memakainya
Dengan dipakai kalian akan merasakan nyaman adem atau sebaliknya, tergantung dari kualitas bahan kaos yang digunakan, apabila katun nya 100% saat kalian berkeringat, keringat kalian akan menyerap pada kaos yang dipakai.

Jika kalian merasa sedikit-sedikit gerah saat memakai kaos berbahan catton 30s atau 40s tersebut, berarti kaos yang kalian gunakan memiliki komposisi bahan polyester, umumnya bahan kaos yang mudah membuat kalian gerah saat dipakai adalah bahan CVC, PE, lacoste atau bahan yang hanya sedikit komposisi katun nya.

3. Semakin lama semakin lembut
Setelah bertahun-tahun kaos dengan bahan bagus akan semakin lembut jika diraba amupun digunakan. Ini juga terjadi pada bahan yang masih fresh dan bahan yang sudah lama berada di gudang, akan terasa sekali bahwa bahan kaos yang telah lama di simpan digudang memiliki karakter yang lebih lembut di bandingkan bahan yang baru saja di kirim dari pabrik yang baru saja selesai pemerosesan.

Tidak semua bahan cotton combed 30s dan 40s akan bereaksi seperti itu. Semua juga tergantung pada tempat produksi dan penjualannya ya.

Pilih Mana: Cotton Combed 30s atau Catton Combed 40s?

Cotton Combed 30s Catton Combed 40s
Kelebihan- Bahan yang lentur, ringan sehingga membuat nyaman - Tidak kasar - Cocok untuk cuaca tropis di Indonesia - Harganya murah - Tekstur ringan, tipis dan lembut  - Cocok digunakan untuk sablon discharge, super-white ataupun pigment
Kekurangan- Rentan terhadap jamur  - Kain akan cepat rusak apabila direndam terlalu lama - Mudah kusut saat digunakan - Warna putih yang cukup menerawang - Tidak cocok untuk dibordir  - Setrika harus dengan panas yang sesuai 

Kesimpulan 

Dari artikel di atas sudah kita bahas mengenai kedua bahan cotton combed 30s dan catton combed 40s dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua bahan tersebut sangat cocok digunakan pada Negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Oleh sebab itu, kedua bahan ini sudah sangat tidak asing bagi kita. Untuk perbedaanya terletak darI ketipisan bahannya, Jika kalian menyukai bahan yang lebih ringan dan tipis karena kalian mudah gerah catton combed 40s dapat menjadi pilihan, Namun untuk warna putihnya cukup menerawang. Namun jika kalian mencari bahan yang tidak terlalu menerawang cotton combed 30s dapat menjadi pilihan, 30s ini juga mempunyai bahan yang cukup ringan lho!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cotton Combed 30s vs Catton Combed 40s

VS