Pilih Mana: Dacron atau Silikon?

Loading...

Seperti yang kita ketahui, bahwa manusia setidaknya menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur atau istirahat. Dengan demikian pemilihan material perlengkapan tidur yang aman dan nyaman merupakan aset pendukung untuk menciptakan tidur yang berkualitas. Bagus mana Dacron atau Silikon? Sebuah pertanyaannya yang sebenarnya cukup sulit untuk dijawab. Namun, berikut kami berikan sedikit penjelasan tentang keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Dacron dan Silikon
– Persamaan antara Dacron dan Silikon
– Kelebihan & kekurangan Dacron dan Silikon

Dacron
Dikutip dari Liputan6.com, dacron terbuat dari serat plastik yang sangat halus dan dapat menggantikan kapas sebagai pengisi bantal. Bahan dacron lebih tahan lama dan tidak bisa menyerap air. Kelebihan ini membuat dacron menjadi salah satu kandungan bantal yang sering ditemukan di pasaran karena dapat menyesuaikan bentuk kepala dan sangat cocok bagi anda yang menderita asma karena bahan ini bersifat anti debu.

Silikon
Silikon terbuat dari serat buatan tetapi masih mampu menghasilkan tekstur yang mirip dengan katun dan membuat bantal lebih nyaman digunakan. Silikon juga relatif murah dan memungkinkan aliran udara yang lebih baik. Sama seperti dacron, silikon juga merupakan pilihan yang tepat untuk Anda dengan asma. Silikon ini memiliki warna putih dengan serat pendek dan tekstur yang lebih lembut.

Persamaan antara Dacron dan Silikon

1. Tidak berdebu
Bantal silikon dan dacron lebih higienis karena tidak berdebu. Jadi bantal dengan bahan ini anti alergi. Bahkan bagi Anda yang menderita asma, sangat disarankan untuk menggunakan bantal silikon atau Dacron ini.

Loading...

2. Nyaman digunakan
Pengguna dacron ataupun silikon juga harus bangga karena bantal dengan bahan ini cenderung lebih nyaman bagi siapa saja. Bantal yang terbuat dari dacron atau silikon memiliki tekstur yang lebih lembut dan dapat menyesuaikan dengan tekstur kepala penggunanya.

3. Meterialnya elastis
Karena tekstur materialnya yang elastis, jadi bantal dari bahan ini bisa ditekan atau dikosongkan. Sehingga ketika Anda ingin menyimpan atau mengirimnya, itu akan lebih mudah, lebih ringkas dan tentu saja tidak makan tempat.

Kelebihan Dacron yang bisa Anda ketahui:
Karena mereknya bagus dan terkenal, tidak heran jika nama dacron menjadi sangat akrab saat ini. Lembaran dacron, yang memiliki bentuk busa ringan dengan tebal 3-4 cm dan menerawang membuat Dacron sering digunakan untuk bedcover atau selimut.

Kekurangan Dacron yang bisa Anda ketahui:
Saat bantal dacron sudah lama dipakai dan terasa bau atau kotor, maka Anda dapat dengan mudah mencucinya dan tidak akan mengubah tekstur dan tingkat kenyamanannya. Sehingga dengan demikian perawatan dari bantal dacron ini cenderung lebih mudah.

Kelebihan Silikon yang bisa Anda ketahui:
Kegunaan silikon antara lain untuk kerajinan Flanel, boneka, awan buatan untuk ruangan, sofa, bantal tidur dan lainnya. Karakternya lembut, ringan dan mudah untuk kembali ke bentuk aslinya, berbentuk seperti kapas, bukan sepotong kain seperti dacron. Penggunaan bahan silikon yang tepat untuk digunakan pada produk bantal karena lembut dan empuk.

Kekurangan Silikon yang bisa Anda ketahui:
Hanya saja bahan ini bisa mengurangi elastisitasnya seiring dengan semakin seringnya digunakan. Ada juga produk yang tidak bisa dicuci dengan air, jadi pastikan Anda memeriksa label di bantal sebelum membelinya.

Pilih Mana: Dacron atau Silikon?

DacronSilikon
Penggunaan– Sering digunakan untuk bantal, bedcover ataupun selimut– Cenderung untuk isian boneka dan bantal
Keelastisannya– Lebih tahan lama– Cepat berkurang keelastiannya
Tekstur– Lebih halus– Lebih lembut

Kesimpulan
Sebenarnya, kedua bahan ini sama. Hanya bedanya adalah material silikon adalah kualitas yang terbaik dari Dacron. Jadi, intinya adalah bahan silikon dan dacron adalah bantal yang dibuat dari bahan serat sintetis yang telah diproses menggunakan teknologi tinggi. Dengan begitu, penggunanya akan mendapatkan kenyamanan yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dacron vs Silikon

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *