Auto TechKendaraanOtomotif

Pilih Mana: Daihatsu All New Xenia atau Toyota All New Rush?

Mobil multi purpose vehicle (MPV) yang merupakan jenis mobil keluarga terbaik dan banyak digemari oleh konsumen di Indonesia.

Julukan sebagai mobil keluarga tentu bukan karena tanpa alasan. Kabinnya yang terbilang nyaman dan lega dapat digunakan untuk menampung penumpang lebih banyak.

Kini, mobil MPV masih menjadi pilihan kendaraan terbaik di pasar otomotif Indonesia. Sehingga, segmen mobil untuk keluarga pun menjadi paling laris dan memicu para produsen untuk memproduksi kendaraan yang cocok dan nyaman guna menunjang kebutuhan transportasi keluarga saat bepergian.

Daihatsu All New Xenia

Bagi Anda yang sedang berencana membeli MPV, maka All New Xenia patut dipertimbangkan. Seperti kita ketahui, Xenia sudah ada di Indonesia sejak 18 tahun silam dan telah mengeluarkan tiga generasi. Menariknya, dua generasi sebelumnya Daihatsu tidak pernah gagal dalam menempatkan Xenia pada tangga mobil paling laris di Indonesia. Baca Juga Pilih Mana: Honda Mobilio atau Honda Brio?

Melalui mobil All New Xenia, Daihatsu pastinya akan berusaha mempertahankan posisi tersebut dengan cara menjawab kebutuhan pasar Tanah Air saat. Produk ini pun makin menarik, karena desain keselurahan dikerjaakan oleh tim desainer dan tim R&D dari Daihatsu Indonesia. Berikut kelebihan dan kekurangan All New Xenia.

Kelebihan Daihatsu All New Xenia

1. Harga Terjangkau
Harga Daihatsu Xenia 2022 saat ini dijual dengan harga Rp216 jutaan hingga Rp274 jutaan. Dibandingkan dengan Toyota Avanza yang dilego antara Rp233 jutaan – Rp295 jutaan. Tentu ini membuktikan Xenia masih lebih murah dibanding Avanza.

2. Performa Bertenaga
Daihatsu Xenia 2022 menggunakan hampir semua komponen baru. Termasuk adanya varian mesin 1.5L berkode 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Lantas ada juga mesin 1.3L 1NR-VE juga menggunakan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Kedua mesin ini hadir dengan transmisi manual 5 percepatan serta yang versi matik sekarang menggunakan transmisi CVT. Ini membuat Daihatsu Xenia memiliki performa bertenaga, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar yang optimal.

3. Interior Lapang
Kelegaan interior di mobil ini dapat dikatakan nyaris menyamai mobil satu kelas di atasnya seperti Toyota Innova Reborn. Terlebih lagi kursi baris kedua di All New Daihatsu Xenia ini dapat digeser maju-mundur dengan jarak hingga 20 cm, yang membuat pengaturan kursi lebih fleksibel.

4. Headlamp Terang
Pancaran sinar lampu utama mobil ini cukup terang. Pasalnya, telah memakai bohlam jenis LED (Light Emitting Diode), namun belum mengusung proyektor yang mampu membuat titik fokus cahaya lebih baik.

5. Konsumsi BBM Irit
Dapat dikatakan konsumsi BBM All New Xenia ini sangat irit. Multi Information Display (MID) di All New Xenia berkali-kali menampilkan angka 14 hingga 15 kilometer per liter untuk varian yang dicoba yakni 1.300 cc tipe R ADS bertransmisi manual.

Kekurangan Daihatsu All New Xenia

1. Setir Tidak Dilengkapi Telescopic & Height Adjuster
Walaupun posisi duduknya sudah pas berkat hip point (titik pinggul ketika duduk) yang sesuai dengan postur orang Indonesia. Tapi sangat disayangkan bagi ‘feature freaks’ karena ketiadaan pengaturan teleskopik di setir dan pengaturan ketinggian kursi di tipe tertentu.

Contohnya di All New Xenia varian 1.300 cc tipe R ADS bertransmisi manual. Di varian ini tidak ada height adjuster, sementara di trim yang lebih tinggi yakni varian 1.500 cc tipe R ADS CVT ia telah dilengkapi dengan fitur tersebut.

2. Apple CarPlay & Android Auto Sering Putus Koneksi
Salah satu kekurangan All New Xenia yang cukup mengganggu ada pada fitur Apple CarPlay® dengan kabel menemukan bahwa koneksi antara Smartphone-nya dengan Head Unit seringkali terputus.
Kekurangan ini jelas sangat mengganggu bagi yang senang mendengarkan musik di mobil. Beruntung koneksi Bluetooth masih aman alias tidak mudah terputus koneksi seperti fitur Apple CarPlay®.

3. Headrest Tidak Tersedia
Kekurangan selanjutnya adalah fitur keselamatan yang seharusnya bisa dilengkapi oleh PT ADM, seperti ketiadaan headrest untuk penumpang di tengah baris kedua, berikut dengan seatbelt 3 titiknya.

Toyota All New Rush

Toyota All New Rush atau Rush generasi kedua menjadi LSUV yang favorit, bahkan Rush generasi kedua ini menjadi raja di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) hingga saat ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Giant?

All New Rush yang diperkenalkan pada akhir tahun 2017 lalu hadir sebagai LSUV yang pas untuk keluarga karena muat hingga 7-penumpang. Kelebihan LSUV juga pada ground clearance yang tinggi sehingga tak khawatir mentok saat melewati medan yang tidak rata.

Pada bagian mesinnya pun terbilang pas untuk dipakai diperkotaan maupun luar kota, mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder mampu menghasilkan tenaga 104 dk dan torsi 136 Nm.

Kelebihan Toyota All New Rush

1. Fitur Canggih
All New Rush memiliki fitur canggih, sebab, dasbornya sudah dilengkapi dengan DVD AVX 7 dengan internet. Sehingga, head unit tersebut mampu mengakses DVD atau musik dengan sambungan USB, Bluetooth, iPod atau iPhone, Miracast, Weblink, Support Multitasking, Smart Phone Remote App.
Fitur lain pada Toyota Rush generasi kedua dibekali 3 ACC Connectior untuk tipe tertinggi, yang ada di bagian depan, baris kedua, dan baris ketiga. Untuk tipe G, ACC Connector hanya ada di baris depan.

2. Interior Lebih Lega
Pada interiornya, Toyota Rush generasi kedua lebih lega jika dibandingkan generasi sebelumnya. Toyota All New Rush sudah memiliki kapasitas hingga 7 orang penumpang. Mobil ini masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Dimensi interiornya lebih panjang 150 mm dibandingkan Toyota Rush lama.

3. Desain Eksterior Lebih Modern
Berbicara menegenai desain, dilihat dari eksteriornya Toyota Rush generasi kedua jauh lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan generasi pertama. Bagian eksterior yang lebih melengkung dengan tarikan garis yang tegas membuatnya terlihat sporty, serta terkesan dimensi yang lebih luas. Ada 6 varian warna yang dapat dipilih, yakni White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica.

4. Anti Lock Bracking System
Selain itu, semua tipe Toyota Rush generasi kedua juga sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Dengan adanya EBD, pengereman akan terbagi rata ke masing-masing roda mobil. Tekanannya akan disesuaikan dengan daya yang bervariasi, tergantung dengan kondisi beban di setiap roda.

5. Fitur Keselamatan Lebih Lengkap
Pada Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan motor. Adanya fitur ini membantu mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Kekurangan Toyota All New Rush

1. Mesin 2NR-VE Kurang Agresif
Mesin 2NR-VE yang digunakan pada Toyota Rush generasi kedua memiliki karakter dengan torsi yang lebih merata di setiap putaran. Namun, hal ini membuat pengemudi jadi membutuhkan tenaga lebih untuk membuat mobil mengeluarkan seluruh tenaganya.

Apalagi Toyota All New Rush memiliki tenaga yang lebih sedikit dibandingkan Toyota Rush lama. Mesin 2NR-VE hanya memiliki tenaga 102 HP, sedangkan mesin 3SZ-VE tenaganya mencapai 108 HP.

2. Kehilangan Ciri Khasnya
Tampilan All New Rush memang terlihat lebih modern dibandingkan yang lama, namun tampilan ini membuatnya mirip dengan beberapa mobil lainnya. Banyak yang mengatakan desainnya jadi tidak memiliki karakter atau kehilangan ciri khasnya.

Pilih Mana: Daihatsu All New Xenia atau Toyota All New Rush?

Keterangan Daihatsu All New XeniaToyota All New Rush
Kelebihan - Harga Terjangkau - Performa Bertenaga - Interior Lapang - Headlamp Terang - Konsumsi BBM Irit- Fitur Canggih - Interior Lebih Lega - Desain Eksterior Lebih Modern - Anti Lock Bracking System - Fitur Keselamatan Lebih Lengkap
Kekurangan - Setir Tidak Dilengkapi Telescopic & Height Adjuster - Apple CarPlay & Android Auto Sering Putus Koneksi - Headrest Tidak Tersedia- Mesin 2NR-VE Kurang Agresif - Kehilangan Ciri Khasnya

Kesimpulan

Mobil jenis MVP memang sangat cocok digunakan untuk keluarga Indonesia. Terlebih kedua mobil di atas merupakan jenis mobil yang paling laris digunakan di tanah air. Bagi Anda yang berniat untuk membeli mobil keluarga, maka kedua merek di atas patut dijadikan pilihan, terlebih harganya pun cukup terjangkau.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu All New Xenia atau Toyota All New Rush

VS