Kendaraan

Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra?

Memiliki kendaraan dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil akan cocok untuk keluarga muda atau anak muda yang memakainya. Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra menjadi jawaban atas mobil yang diimpikan oleh beberapa orang. Selain spesifikasi yang cukup mumpuni, harga dari kedua mobil tersebut pun cukup ekonomis. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Daihatsu Ayla dan Toyota Sigra. Stay tune guys.

Daihatsu Ayla

Mobil LCGC (Lost Cost Green Car) yang resmi diperkenalkan sejak 2012 lalu itu memang menjadi salah satu produk Daihatsu yang memang didatangkan buat menyesuaikan atau menjajaki kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dalam mengontrol suatu mobil yang ramah lingkungan dan dengan harga yang ekonomis.

Walaupun dikatakan ekonomis tetapi Daihatsu Ayla ini tidak hadir dengan kualitas yang kacangan. Teruji semenjak mobil LCGC produksi Daihatsu ini mulai dipasarkan pada 9 September 2013 lalu, Ayla sudah sukses menghipnotis ribuan konsumen dengan mencatat angka penjualan yang dapat dikatakan lumayan besar. Baca juga Pilih Mana: Honda Brio atau Suzuki Ignis?

Desain Daihatsu Ayla

Mulai dari depan, terlihat suatu Projector Headlamp with LED Position Lamp serta Daytime Running Light yang terpasang manis pada bagian depan. Dengan bekalan lampu utama itu maka pencahayaan Daihatsu Ayla juga bakal lebih optimal tanpa menyilaukan.

Pada sektor samping bodi Daihatsu Ayla juga ada garis tegas memanjang dari arah depan hingga belakang melewati di antara handle door yang sedikit membagikan kesan sporty. Kemudian, pada bagian belakang, nampak terpasang stoplamp bergaya modern yang sanggup memancarkan cahaya cukup terang serta lampu reflektor yang bakal membuat berkendara jadi lebih aman.

Bahkan, sebagian panel ataupun fitur pun juga tersematkan pada bagian dashboard depan yang terbuat dengan nuansa Dark Silver Painted Ornament sehingga membuat bentuk dashboardnya juga semakin nampak elegan serta menarik.

Mesin Daihatsu Ayla

Mobil LCGC ini bakal membawa mesin dengan 2 varian kapasitas mesin, yakni 1. 0 liter (998cc) berteknologi 1KR-DE Tipe DOHC serta 1.2 liter (1.197cc) dilengkapi teknologi 3NR- VE bertipe DOHC plus VVT-i. Buat Daihatsu Ayla mesin 1.0 liter mempunyai 12 katup 3 silinder segaris yang sanggup menciptakan tenaga maksimum menggapai 65 Ps per 6.000 rpm serta torsi 86 Nm pada putaran ke 3.600 rpm.

Sebaliknya buat tipe mesin 1.2 liter bakal mengusung 4 silinder segaris dengan 16 katup di mana buat varian paling tinggi Daihatsu Ayla ini sanggup memancarkan daya maksimum sampai 88 Ps pada putaran ke 6.000 rpm serta torsi maksimal sampai 108 Nm per putaran 4.200 rpm.

Walaupun mesinnya berbeda tetapi tiap tipe dari mobil ini mempunyai kapasitas bahan bakar yang sama, yaitu 33 liter. Menariknya, tiap jenis yang ditawarkan sudah mempercayakan tipe pembakaran EFI sehingga bakal membuat detail Daihatsu Ayla pada sektor mesin pacunya ini jadi lebih hemat bahan bakar, efisien, serta ramah lingkungan.

Fitur Daihatsu Ayla

Buat menekan potensi cedera pada pengendara ataupun penumpang depan kala terjadi tabrakan maka Daihatsu Ayla juga memperlengkapi fitur keselamatan berbentuk Dual SRS Airbags. Sementara itu, buat mencegah hantaman pedal rem yang patah serta kurangi efek terjepitnya kaki pengendara maka mobil LCGC ini juga bakal dilengkapi dengan Pedal Clutch Anti Back Up.

Tidak hanya itu, Side Impact Beam pun juga jadi pelindung untuk para penumpang Daihatsu Ayla kala terjadi kecelakaan dari samping. Di bagian lain, buat mendukung kenyamanan serta keamanan dalam berkendara maka disematkan fitur audio sistem canggih pada interiornya serta alarm immobilizer yang bakal mencegah resiko pencurian.

Harga Daihatsu Ayla

NEW Daihatsu Ayla 1.2 X MT Rp 125.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp 135.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp 132.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE MT Rp 136.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R AT Rp 142.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE AT Rp 146.250.000

Daihatsu Sigra

Sejak dikeluarkannya regulasi pemerintah terkait mobil ekonomis dan ramah lingkungan alias Low Cost Green Car (LCGC), Grup Astra secara berbarengan langsung tancap gas dengan mengeluarkan duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada pertengahan 2016 silam. Peresmian MPV ekonomis berkapasitas 7-penumpang ini dilangsungkan secara berbarengan waktu itu dan jadi perintis MPV LCGC di Tanah Air sampai saat ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Avanza Veloz atau Toyota Rush?

Dianggap sanggup menjawab keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga yang efisien, murah serta stylish, Daihatsu Sigra langsung laris di pasaran.

Keberadaan Daihatsu Sigra di pasar otomotif pastinya semakin memperketat persaingan pasar, terutama pada bagian LCGC yang sebelumnya cuma memercayakan Ayla di segmen city car berdimensi kompak.

Desain Daihatsu Sigra

Walaupun cuma hadir sebagai MPV LCGC alias mobil ekonomis, detail Daihatsu Sigra mengangkat konsep desain yang dapat dikatakan begitu elegan. Mulai dari sektor bagian depannya, kesan elegan terlihat jelas dari barisan headlamps serta lampu sein yang tertanam amat sempurna dan normatif.

Memasuki ke bagian sampingnya, tampak jelas suatu garis serta lekukan hasil suatu tarikan yang halus menjadikan mobil ini semakin terlihat lebih stylish dan tidak murahan. Di bagian buritan, Daihatsu Sigra mengusung lampu berupa huruf“ L” terbalik dengan gabungan reflector mendatar yang terpasang rapi di pintu bagasinya.

Mempunyai basis rangka yang luas, bagian kabin Daihatsu Sigra ini pun juga memperlihatkan ruang yang amat menjanjikan. Pasalnya, sampai baris ketiga pada kabin Daihatsu Sigra amat menjanjikan sanggup membagikan ruang kaki yang luas.

Mesin Daihatsu Sigra

Untuk kamu yang mau mempunyai mobil dengan daya yang besar, maka kamu dapat memilih Daihatsu Sigra jenis X dan R dengan mesin berkapasitas 1200 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, serta berteknologi DOHC Dual VVT-i.

Nah, teknologi DOHC Dual VVT-i ini amat berguna buat mengontrol intake dan exhaust antara bahan bakar serta udara, sehingga nantinya pemakaian bahan bakar jadi lebih efisien serta optimal. Tidak hanya itu, Sigra jenis X serta R juga sanggup menciptakan daya menggapai 88 Ps pada putaran 6000 rpm, dengan torsi menggapai 108 Nm pada putaran 4200 rpm.

Untuk kamu yang mau mempunyai mobil buat hanya bepergian di jalanan kota yang mulus dengan pemakaian bahan bakar yang lebih hemat, maka kamu dapat memilih Daihatsu Sigra tipe M dan D. Sigra dengan jenis itu memiliki mesin berkapasitas 1.000 cc, 3 silinder segaris, 12 katup, dan juga teknologi DOHC VVT-i yang bakal mengoptimalkan pemakaian bahan bakar. Sigra tipe M dan D sanggup menciptakan daya 67 Ps pada putaran 6.000 rpm, dengan torsi menggapai 89 Nm pada 4400 rpm.

Fitur Daihatsu Sigra

Pada Daihatsu Sigra tipe X dan R, tersedia dual SRS Air Bag, dimana Air Bag bakal tersedia baik buat pengendara dan juga penumpang yang duduk di depan. Tidak hanya itu, mobil ini pula sudah dilengkapi dengan safety belt buat ketujuh penumpangnya.

Seluruh baris bangku mobil ini juga telah dilengkapi dengan headrest yang bakal membagikan keamanan pada bagian kepala pengendara serta penumpang kala terjadi guncangan yang keras.

Buat fitur keselamatan bagian luarnya, rangka mobil ini diperkuat dengan rancang bangun Total Advanced Function atau TAF. Nah, TAF mempunyai peranan yang amat vital buat meredam benturan serta meminimalkan resiko cedera para penumpangnya dikala mobil terbentur di bagian depan atau samping. Daihatsu Sigra pula dilengkapi dengan teknologi ABS yang berguna buat menghindari selip pada ban dikala kondisi jalanan licin.

Harga Daihatsu Sigra

SIGRA 1.0 D MT Rp 114,000,000,-
SIGRA 1.0 M MT Rp 122,900,000,-
SIGRA 1.2 X MT Rp 132,250,000,-
SIGRA 1.2 X MT DLX Rp 137,750,000,-
SIGRA 1.2 X AT Rp 145,050,000,-
SIGRA 1.2 X AT DLX Rp 150,550,000,-
SIGRA 1.2 R MT Rp 138,150,000,-
SIGRA 1.2 R MT DLX Rp 141,950,000,-
SIGRA 1.2 R AT Rp 150,950,000,-
SIGRA 1.2 R AT DLX Rp 154,750,000,-

Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Daihatsu Sigra?

OvoDana
Kelebihan - Mendapatkan banyak promo di restoran offline maupun online - Untuk pengguna Grab mendapatkan promo khusus - Menyediakan banyak jenis pembayaran- Promo menarik - Isi saldo minimal Rp 10.000,- - Bisa bayar tagihan
Kekurangan - Saat melakukan transaksi aplikasi sering keluar - Harus menggunakan data selular- Saldo kerap lama masuk saat kamu top-up saldo - Terkadang aplikasi Dana eror sehingga tidak bisa menggunakan saldo untuk membayar kebutuhan kamu

Kesimpulan

Setelah ulasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Daihatsu Ayla dan Toyota Sigra memiliki detail performa yang cukup mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota. Namun jika kalian menginginkan beberapa varian mesin yang disuguhkan, maka Toyota Sigra menjadi jawaban yang pas buat kamu. Tentukan pilihan mobil mu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu Ayla vs Toyota Sigra

VS

Leave a Reply