Kendaraan

Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Toyota Agya?

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya merupakan mobil yang cukup banyak diganderungi oleh beberapa orang, terlebih para anak muda. Dengan bodi nya yang kecil, kedua mobil ini mampu melesat lincah di jalanan kota dan semacamnya. Meskipun namanya hampir sama, spesifikasi dan fitur yang diusung tentunya berbeda. Lalu apa saja spesifikasi dan fitur yang diusung oleh kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Stay tune guys.

Daihatsu Ayla

Nama “Agya” didapat dari kata Sansekerta yang berarti“ cepat”, sebaliknya“ Ayla” sendiri berarti “cahaya”. Julukan itu menunjukan keunggulan Agya dan Ayla sebagai kendaraan perkotaan yang gesit serta dinamis buat mengikuti mobilitas perkotaan yang senantiasa bergerak cepat. Dengan konsep yang mungil, Ayla jadi salah satu city car yang lumayan dinikmati oleh bermacam susunan masyarakat Indonesia sejak pertama kali perkenalannya.

Facelift pertama didapatkan oleh city car mini ini pada April 2017. Kedua tipe diperbaharui memakai mesin 1.0 L 1KR- VE yang sama untuk Agya serta 1.2 L 3NR-VE yang serupa dengan Daihatsu Sigra, sedangkan varian 1.0 L dari Ayla masih memakai mesin yang serupa dengan tipe sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Honda Brio atau Honda Jazz?

Desain Daihatsu Ayla

Daihatsu memberikan bumper depan baru dengan aerokit buat membuat bentuk lebih sporty serta energik dengan bentuk body yang lebih jelas. Lampu depan pula memperoleh Projector Head Lamp dengan LED position Lamp buat sinar yang tidak menyilaukan serta kesan mewah.

Lampu sein dipindahkan ke cover spion dengan body color outer mirror buat kenyamanan disaat bermanuver. Bodi samping juga dilengkapi side stone guard yang dapat mencegah bagian samping. Tidak hanya bagian depan, tampilan belakang pula memperoleh bumper belakang dengan aerokit yang lebih sporty serta dinamis. Versi tertinggi juga telah memperoleh wiper belakang buat pengendaraan yang lebih nyaman walaupun di musim hujan.

Dapat dikatakan, tampilan dalam tidak begitu memperoleh perubahan berarti dibanding tipe sebelumnya. Tetapi peningkatan fitur serta konsep tampak lebih menarik pada versi tertinggi Ayla ini. Sebagian fitur pada interior Daihatsu Ayla 1. 2 R 2018 tidak ada pada versi yang lebih rendah.

Mesin Daihatsu Ayla

Mobil LCGC ini bakal membawa mesin dengan 2 varian kapasitas mesin, yakni 1. 0 liter (998cc) berteknologi 1KR-DE Tipe DOHC serta 1.2 liter (1.197cc) dilengkapi teknologi 3NR- VE bertipe DOHC plus VVT-i. Buat Daihatsu Ayla mesin 1.0 liter mempunyai 12 katup 3 silinder segaris yang sanggup menciptakan tenaga maksimum menggapai 65 Ps per 6.000 rpm serta torsi 86 Nm pada putaran ke 3.600 rpm.

Sebaliknya buat tipe mesin 1.2 liter bakal mengusung 4 silinder segaris dengan 16 katup di mana buat varian paling tinggi Daihatsu Ayla ini sanggup memancarkan daya maksimum sampai 88 Ps pada putaran ke 6.000 rpm serta torsi maksimal sampai 108 Nm per putaran 4.200 rpm.

Walaupun mesinnya berbeda tetapi tiap tipe dari mobil ini mempunyai kapasitas bahan bakar yang sama, yaitu 33 liter. Menariknya, tiap jenis yang ditawarkan sudah mempercayakan tipe pembakaran EFI sehingga bakal membuat detail Daihatsu Ayla pada sektor mesin pacunya ini jadi lebih hemat bahan bakar, efisien, serta ramah lingkungan.

Fitur Daihatsu Ayla

Buat menekan potensi cedera pada pengendara ataupun penumpang depan kala terjadi tabrakan maka Daihatsu Ayla juga memperlengkapi fitur keselamatan berbentuk Dual SRS Airbags. Sementara itu, buat mencegah hantaman pedal rem yang patah serta kurangi efek terjepitnya kaki pengendara maka mobil LCGC ini juga bakal dilengkapi dengan Pedal Clutch Anti Back Up.

Tidak hanya itu, Side Impact Beam pun juga jadi pelindung untuk para penumpang Daihatsu Ayla kala terjadi kecelakaan dari samping. Di bagian lain, buat mendukung kenyamanan serta keamanan dalam berkendara maka disematkan fitur audio sistem canggih pada interiornya serta alarm immobilizer yang bakal mencegah resiko pencurian.

Harga Daihatsu Ayla

NEW Daihatsu Ayla 1.2 X MT Rp 125.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp 135.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp 132.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE MT Rp 136.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R AT Rp 142.250.000
NEW Daihatsu Ayla 1.2 R DELUXE AT Rp 146.250.000

Toyota Agya

Mobil ekonomis Toyota Agya, setiap tahun mendapat response amat besar dari masyarakat Indonesia. Sebab sebagian besar warga di Indonesia membutuhkan sebuah mobil hatchback ukuran kecil, hemat bahan bakar dengan harga jual mobil baru ekonomis. Sehingga harga Agya terjangkau oleh warga Indonesia pada umumnya.

Toyota Indonesia amat optimis dengan penjualan dari mobil ekonomis Toyota ini. Mengenang bakal tingginya permohonan mobil ekonomis di Indonesia, yang value for money serta memiliki standar city car Toyota Global.

Desain Toyota Agya

Pada bagian depan dari Toyota Agya facelift ini sudah dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide berdesain modern berbentuk trapezium 6 bagian yang buatnya begitu terlihat stylish serta elegan. Tidak cuma itu aja, grille depan juga terbuat lebih luas serta dibangun dengan style yang begitu sporty sehingga sanggup menampilkan bentuk yang amat menawan.


Fog lamp terkini pun juga ikut terpasang manis pada bodi bagian depan Toyota Agya ini di mana nantinya bakal memancarkan cahaya yang bakal menolong sang pengendara dalam berkendara ketika dalam situasi cuaca hujan lebat atau pun berkabut tebal.

Bagian dashboard pada Agya facelift ini telah dilengkapi dengan beragam fitur mutahir, seperti paket New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/ FM, pemutar CD, serta pengontrol suara.

Tidak cuma itu, pada Toyota Agya ini sambungan Bluetooth serta soket USB juga pula disediakan pada komponen dashboard nya sehingga konsumen dapat memainkan musik sesuka selera tanpa perlu menggunakan kaset. Apalagi, Audio 2DIN pun juga ikut disematkan pada Toyota Agya ini yang sanggup menciptakan suara musik yang begitu menggelegar serta membahana.

Mesin Toyota Agya

Seluruh jenis New Agya 1.0 dilengkapi dengan mesin 3 cylinder, 12 Valves, DOHC VVT-i. Kapasitas mesin 998 cc atau 1 liter. Bila mobil tidak dalam kondisi penuh penumpang dan barang, daya yang dikeluarkan mesin ini lumayan responsive serta berenergi buat pemakaian dalam kota.

Dengan memakai mesin kecil, pastinya bakal jauh lebih mengirit bahan bakar serta sangat ramah lingkungan. Sebaliknya buat tipe G& TRD 1. 2, memakai mesin 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT- i, isi silinder 1,197 cc.

Fitur Toyota Agya

Buat mendukung keamanan maka pihak Toyota juga akan memperlengkapi mobil LCGC buatannya ini dengan Dual SRS Airbags buat menekan resiko cedera kala terjadi benturan keras. Tidak hanya itu, tampaknya mobil Toyota Agya facelift ini pula memenuhi perlindungan pada komponen samping dengan Side Impact Beam sehingga kala terjadi benturan maka efek cedera juga dapat lebih ditekan.

Setelah itu, tidak tertinggal pula pada jenis 1.2 TRD fitur pengereman ABS ikut disematkan yang siap membagikan kualitas pengereman sempurna serta mencegah ban terselip. Tidak cuma itu aja, pada ruang kabin ataupun interior Toyota Agya, pun juga telah dilengkapi dengan fitur hiburan berupa audio system yang dapat dipakai buat memutar musik/ MP3/ Radio sesuka hati

Harga Toyota Agya

Toyota Agya 1.0 G M/T Rp. 131.500.000
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp. 147.600.000
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp. 134.600.000
Toyota Agya 1.2 TRD M/T Rp. 138.800.000
Toyota Agya 1.2 TRD A/T Rp. 151.900.000

Pilih Mana: Daihatsu Ayla atau Toyota Agya?

Daihatsu Ayla Toyota Agya
Kelebihan - Harga murah - BBM irit - Kabin cukup luas- Hemat BBM - Harga murah - Sparepart mudah didapat
Kekurangan - Bodi ringan - Fasilitas kurang lengkap- Kualitas interior kurang baik - Bodi tipis

Kesimpulan

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya tentunya mobil yang cocok untuk menemani kamu menyusuri jalanan kota yang suka macet. Spesifikasi mesin dan fitur yang disematkan pun tidak jauh berbeda. Namun saya merekomendasikan Daihatsu Ayla untuk menemani hari-hari kamu karena memiliki mesin yang terbaru dan detail yang cukup canggih. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu Ayla vs Toyota Agya

VS

Leave a Reply