Kendaraan

Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Honda Brio?

Daihatsu dan Honda adalah salah satu produsen kendaraan raksasa yang terkenal di dunia. Mobil yang diproduksinya pun sangat mumpuni untuk dibawa kejalanan kota atau jalanan pedesaan. Seperti halnya Daihatsu Sirion dan Honda Brio, kedua mobil tersebut memiliki ukuran yang kecil dengan performa mesin yang mumpuni. Cocok banget buat kamu yang masih kuliah dan keluarga kecil. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan bahas mengenai Daihatsu Sirion dan Honda Brio. Stay tune guys.

Daihatsu Sirion

Akhirnya, Daihatsu Sirion terbaru generasi ke 3 sah diperkenalkan di Jakarta pada 13 Februari 2018 lalu. Menariknya, hatchback yang diimpor langsung dari Negeri Jiran, Malaysia ini didatangkan dengan gaya konsep yang langsung didesain oleh Insinyur Perodua dengan rancangan yang sudah disesuaikan pasar di area Asia Tenggara khususnya.

Tidak hanya itu, buat pertama kalinya juga Perodua merancang sendiri bentuk model hatchback ini, tanpa terdapat campur tangan dari Daihatsu. Baca juga  Pilih Mana: Wuling Cortez atau Mitsubishi Xpander?

Desain Daihatsu Sirion

Dari bagian depan, terlihat pemakaian lampu berteknologi LED dengan pengaturan otomatis. Bahkan konsep headlamp yang diusung Daihatsu Sirion ini juga terlihat begitu modern khas mobil era saat ini.

Di bagian lain, grill juga dibuat lebih futuristik mengikuti alur konsep dari headlamp sehingga keseimbangan konsep desain dari mobil ini juga terlihat begitu pas. Tidak cuma itu, fog lamp pun juga terpasang manis di bawah headlamp yang buatnya semakin tampak modern.

Di komponen dashboard juga ada lubang USB serta Aux input yang bakal membagikan kemudahan pada para penumpang buat mengintegrasikan smartphone dengan sistem audio. Apalagi, sistem pengaturan AC pun juga ikut disematkan buat mempermudah mereka dalam mengatur kondisi suhu sesuai kemauan.

Mesin Daihatsu Sirion

Diketahui kalau nantinya bentuk hatchback terkini ini bakal mengangkat mesin teknologi tinggi berbentuk 1NR- VE Dual VVT-I 4 silinder dengan modal kapasitas kubikasi yang menggapai 1.3 liter. Mesin itu memang terbilang lumayan standar namun senantiasa tak bisa diremehkan begitu saja. Alasannya, dengan gabungan transmisi Gearbox 5 percepatan manual, nantinya mesin yang diusung Daihatsu Sirion itu bakal mampu membagikan power maksimum sampai 95 PS serta torsi 12.2 kg-m.

Terlebih, sistem suplai bahan bakarnya telah memakai EFI yang dipastikan akan buatnya semakin hemat serta efisien. Akan tetapi, hanya saja dalam perihal ini Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menjual pilihan mesin 1.5L seperti tersedia di Perodua Myvi. Namun, satu perihal yang jelas kalau bagian dapur pacu yang diusung detail Daihatsu Sirion ini terbilang sudah lumayan handal dan mumpuni buat mobil selevel hatchback.

Fitur Daihatsu Sirion

Mobil ini mempunyai fitur pengereman yang sudah berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC). Sementara itu, buat keamanan di bagian kabin pun juga akan ikut disematkan sebagian fitur, antara lain Traction Control, Isofix, sabuk pengaman 3-titik di penumpang tengah jok belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman seluruh penumpang, dan 4 Airbags (2 di depan dan 2 di samping jok).

Dengan begitu, keselamatan serta keamanan penumpang juga bakal semakin terjamin. Sebaliknya, buat fitur hiburan Daihatsu Sirion telah dilengkapi dengan layar sentuh modern yang bakal menunjukkan sebagian menu entertainment, salah satunya ialah fitur audio system yang bakal membagikan kenyamanan dengan suara musik merdu pada ruang kabin.

Harga Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion M/T Rp 182.500.000,-
Daihatsu Sirion A/T Rp 193.500.000,-

Honda Brio

Honda tahun lalu memperkenalkan generasi kedua Brio di Indonesia. Major facelift ini hadir buat semua varian, baik Brio RS atau Brio Satya yang mengisi kategori LCGC. Dalam review Honda Brio Satya kali ini, Carmudi menyoroti soal kenikmatannya saat dikendarai.

Pada edisi terbarunya kali ini eksterior Brio berubah sepenuhnya, tetapi sayangnya buat mesin tidak ada yang baru. Bicara soal fun to drive, Brio Satya ini lebih unggul dibanding LCGC yang lain. Salah satu aspek yang membuat Brio Satya mengasyikkan saat dikendarai sebab mengenakan mesin 4 silinder yang sedikit getaran berlebih saat kondisi idle.

Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Rush atau Honda BR-V?

Desain Honda Brio

Honda Brio menawarkan desain penuh gaya yang dilengkapi bumper serta grille baru yang berpadu dengan lampu utama. Mobil ini pula mengadopsi teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang membuat kaca mobil sanggup mengurangi sinar UV dari matahari.

Setelah itu buat bagian belakang mempunyai konsep Rear Combi Lamp yang modern. Sayangnya lampu Brio Satya belum memakai teknologi LED. Alhasil masbro wajib membeli Honda Brio RS bila mau memperoleh pencahayaan lebih jelas di malam hari.

Ukuran velg Brio RS serta Brio Satya juga berbeda. Bila Brio RS mengenakan velg alloy wheel 15″, maka Brio Satya berukuran 14″. Wajar bila berbeda, sebab harga Honda Brio RS lebih mahal dibanding Brio Satya.

Keduanya pula dilengkapi Tailgate Spoiler yang menambah kesan sporty pada tampilan luar Honda Brio. Tidak hanya itu, Honda memenuhi mobil ini dengan lampu kabut atau fog lamp. Sayangnya fitur ini bukan dimiliki Brio Satya S yang merupakan jenis paling murah.

Mesin Honda Brio

Mobil ini menawarkan mesin 1.2 Liter i-VTEC yang mempunyai daya maksimal sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya menggapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tidak perlu khawatir boros bensin, sebab mesinnya irit bahan bakar.

Supaya performa mesin semakin maksimal, maka Honda memenuhinya dengan sistem elektronik Drive By Wire yang bermanfaat buat mengendalikan buka tutup throttle valve, sehingga kemampuan akselerasinya semakin maksimal tetapi senantiasa irit bahan bakar.

Mesin yang di punyanya pula dimaksimalkan oleh sistem pembakaran PGM-FI, alhasil semakin hemat bahan bakar. Nah buat menampung bahan bakar, Honda menyediakan tangki berkapasitas 35 Liter. Honda Brio juga jadi mobil LCGC pertama di Indonesia yang mengangkat sistem transmisi CVT.

Bukan transmisi CVT standar, sebab dilengkapi Earth Dream Technology yang membuat perpindahan transmisi lebih lembut, serta penampilan mesin lebih maksimal. Teknologi itu pula membuat Honda Brio semakin irit bahan bakar. Tidak lupa ECO Indicator disematkan pada komponen panel meter, sehingga kita dapat berkendara hemat secara real time. Mobil sudah lulus uji standar Euro 2 oleh pemerintah Indonesia serta sudah penuhi syarat buat lulus uji emisi Euro 4, sehingga dipastikan ramah lingkungan.

Fitur Honda Brio

Buat komponen kaki-kaki, Honda Brio mengenakan suspensi depan MacPherson Strut serta suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang sudah disempurnakan, alhasil memberikan kenyamanan serta kestabilan ekstra dikala masbro mengendarainya. Setelah itu buat bagian pengereman, Honda Brio mengenakan rem belakang tromol dan rem depan cakram.

Tersedia teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) yang dapat mencegah penguncian roda dikala mengerem mendadak. Tidak hanya itu, ada juga teknologi EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang bermanfaat buat mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan berat kendaraan.

Sistem pengereman ABS dan EBD dapat masbro miliki bila membeli Honda Brio Satya jenis E CVT dan Brio RS. Buat jenis E belum mempunyai sistem pengereman mutahir itu, sehingga harga Honda Brio 2019 itu dapat lebih terjangkau.

Harga Honda Brio

Harga Honda Brio Satya S (M/T) Rp. 131.500.000
Harga Honda Brio Satya E (M/T) Rp. 136.500.000
Harga Honda Brio Satya E (CVT) Rp. 151.500.000
Harga Honda Brio RS (M/T) Rp. 163.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Rp. 178.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Special Edition Rp. 182.000.000

Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Honda Brio?

Daihatsu SirionHonda Brio
Kelebihan - Kabin yang lega - Irit BBM - Biaya perawatan yang murah- Peformanya yang bertenaga - Handlingnya cukup stabil - BBM irit
Kekurangan - Peredaman kabin yang kurang baik - Depresiasi tinggi- Bagasi yang terasa sempit - Desain interiornya kurang modern

Kesimpulan

Setelah kita ulas diatas dapat disimpulkan kalau Daihatsu Sirion dan Honda Brio menjadi mobil yang cukup digemari oleh beberapa orang khususnya anak muda. Dengan ukurannya yang kecil, kedua mobil ini mampu melaju dengan mudahnya di jalanan kota. Namun jika kalian menginginkan banyak varian pada mobil, maka Honda Brio adalah jawaban yang pas buat kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu Sirion vs Honda Brio

VS

Leave a Reply