Kendaraan

Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Toyota Yaris?

Memiliki mobil merupakan impian semua orang, apalagi mobil tersebut memiliki spesifikasi dan fitur yang sangat bagus, pasti kita akan dibuat betah saat menaikinya. Daihatsu Sirion dan Toyota Yaris hadir memberikan jawaban itu, diproduksi dengan memiliki spesifikasi yang mumpuni dan harga yang cukup ekonomis membuat kedua mobil ini sekarang menjadi dambaan untuk beberapa orang, apalagi anak muda. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Daihatsu Sirion dan Toyota Yaris. Stay tune guys.

Daihatsu Sirion

PT Astra Daihatsu Motor baru-baru ini resmi meluncurkan All New Daihatsu Sirion pada tanggal 13 Februari 2018 dengan tagline Always On di Mall Gandaria City. Ya kamu tidak salah, mobil ini bisa disebut All New sebab memang secara bentuk ataupun detail mobil ini betul-betul berubah sepenuhnya bila dibanding dengan pendahulunya. Sesungguhnya mobil ini merupakan mobil rakitan Malaysia dengan nama Perodua Myvi. Baca juga Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Honda Brio?

Desain Daihatsu Sirion

Tampilan grill depan ada 2 tarikan garis krom yang pada bagian bawahnya tampak seperti menyatu dengan headlamp, kemudian pada bagian bumper depan kita juga bisa melihat lengkungan berwarna krom pada bagian foglamp dan sensor parkir depan yang bisa dimatikan bila tidak diperlukan.

Berpindah ke tampak samping, saat ini Daihatsu Sirion sudah memakai Velg Two Tone Colour dengan dimensi 15” dan ban GoodYear Assurance berdimensi 185/55/r15 merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Pada komponen belakang mobil ini pula sudah dilengkapi oleh lampu LED bar ala-ala Audi yang buatnya nampak menawan pada malam hari, meski pada lampu rem masih memakai lampu LED titik-titik.

Pada komponen interior masih didominasi oleh plastik keras seperti pada generasi sebelumnya, tetapi plastik-plastik itu terasa lumayan solid serta pada kelasnya jarang sekali yang memakai material empuk.

Mesin Daihatsu Sirion

Diketahui kalau nantinya bentuk hatchback terkini ini bakal mengangkat mesin teknologi tinggi berbentuk 1NR- VE Dual VVT-I 4 silinder dengan modal kapasitas kubikasi yang menggapai 1.3 liter.

Mesin itu memang terbilang lumayan standar namun senantiasa tak bisa diremehkan begitu saja. Alasannya, dengan gabungan transmisi Gearbox 5 percepatan manual, nantinya mesin yang diusung Daihatsu Sirion itu bakal mampu membagikan power maksimum sampai 95 PS serta torsi 12.2 kg-m.

Terlebih, sistem suplai bahan bakarnya telah memakai EFI yang dipastikan akan buatnya semakin hemat serta efisien. Akan tetapi, hanya saja dalam perihal ini Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menjual pilihan mesin 1.5L seperti tersedia di Perodua Myvi.Namun, satu perihal yang jelas kalau bagian dapur pacu yang diusung detail Daihatsu Sirion ini terbilang sudah lumayan handal dan mumpuni buat mobil selevel hatchback.

Fitur Daihatsu Sirion

Mobil ini mempunyai fitur pengereman yang sudah berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- Force Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Sementara itu, buat keamanan di bagian kabin pun juga akan ikut disematkan sebagian fitur, antara lain Traction Control, Isofix, sabuk pengaman 3-titik di penumpang tengah jok belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman seluruh penumpang, dan 4 Airbags (2 di depan dan 2 di samping jok).

Dengan begitu, keselamatan serta keamanan penumpang juga bakal semakin terjamin. Sebaliknya, buat fitur hiburan Daihatsu Sirion telah dilengkapi dengan layar sentuh modern yang bakal menunjukkan sebagian menu entertainment, salah satunya ialah fitur audio system yang bakal membagikan kenyamanan dengan suara musik merdu pada ruang kabin.

Harga Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion M/T Rp 182.500.000,-
Daihatsu Sirion A/T Rp 193.500.000,-

Toyota Yaris

Akhirnya, Toyota Yaris pun resmi dirilis oleh PT.Toyota Astra Motor( TAM) di pasar otomotif nasional pada 20 Februari 2018. Hatchback ini merupakan facelift pertama dari generasi ke 3 yang dihadirkan dengan bentuk sporty serta terkesan lebih elegan khas mobil perkotaan era saat ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Avanza atau Xenia?

Tidak hanya itu, pihak PT. TAM pun juga bakal menawarkan Toyota Yaris ini dengan 3 varian atau tipe, antara lain yakni TRD Sportivo, tipe G, serta tipe E. Tidak Cuma itu aja, kali ini pihak Toyota pun juga bakal memenuhi hatchback buatannya itu dengan ragam fitur terkini yang siap penuhi kebutuhan serta memuaskan para konsumennya.

Desain Toyota Yaris

Kali ini Toyota Yaris bakal mengangkat Dynamic Headlamp dengan red ring (khusus tipe TRD). Setelah itu, buat memenuhi kecanggihannya, mobil ini pula telah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime-Running Lights) yang dibuat menyatu dengan grille. Tentu saja, gaya konsep itu bakal membuat bentuk dari bagian wajahnya terasa lebih berkarakter, ditambah black piano lower grille.

Untuk interiornya, kali ini pihak Toyota membuat ruang kabin pada hatchback buatannya ini dengan ukuran yang lebih leluasa buat membagikan ruang gerak penumpang yang lebih bebas.

Tidak sampai di sana saja, bagian menarik dari bagian interior pada Toyota Yaris ini yakni pada komponen dashboard. Dimana, pihak Toyota sudah mengangkat konsep Complete Features pada dashboardnya yang saat ini berkesan lebih lapang. Sebaliknya pada bagian tengah terlihat menonjol ke depan dengan konsep lebih menantang yang buatnya sekilas terlihat seolah-olah gelombang selancar (surf wave).

Mesin Toyota Yaris

Mobil keluaran Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder jenis DOHC berteknologi Dual VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.496 cc. Mesin yang diusung Toyota Yaris itu juga nantinya bakal dikawinkan dengan 2 opsi transmisi, yakni 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Walaupun berbeda transmisinya tetapi dipastikan akan mampu membagikan daya yang sama, yakni sanggup memancarkan power sampai 107 Ps per 6.000 rpm serta torsi maksimal 14.3 Nm per 4.200 rpm.

Tidak hanya itu, pada bagian permesinan yang dibawa hatchback ini pun juga bakal dilengkapi fitur tambahan Fun to Drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo pengaturan berkendara dilengkapi opsi SPORT atau ECO Mode. Sementara itu, buat sistem suplai bahan bakarnya sendiri telah memakai Fuel Injection yang dipastikan akan membagikan mutu efisiensi bahan bakar.

Fitur Toyota Yaris

Pada Toyota Yaris ini, bakal dibekali dengan sebagian fitur mutahir dan handal. Salah satunya yakni pengereman yang telah berteknologi ABS, EBD, serta BA yang dipastikan akan sanggup membagikan hasil pengereman super handal serta mampu mencegah terjadinya ban terkunci saat rem mendadak.

Tidak cuma itu saja, bahkan pada New Yaris hadir dilengkapi dengan 7 airbag buat melindungi penumpang saat terjadi benturan atau kecelakaan. Di samping itu, mobil ini pula bakal dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) buat menstabilkan kendaraan pada posisi menikung. Terdapat pula fitur Hill-Start Assist (HSA) buat mempermudah kendali kendaraan di tanjakan.

Harga Toyota Yaris

Toyota Yaris E Grade M/T Rp. 235.400.000,-
Toyota Yaris G Grade M/T Rp. 243.700.000,-
Toyota Yaris E Grade CVT Rp. 247.200.000,-
Toyota Yaris G Grade CVT Rp. 254.700.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo M/T Rp. 264.100.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo CVT Rp. 275.900.000,-

Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Toyota Yaris?

Daihatsu SirionToyota Yaris
Kelebihan - Biaya perawatan yang murah - Kabin yang lega - Irit bahan bakar - Tampilan yang sporty - Interior yang mewah - Fitur melimpah
Kekurangan - Depresiasi cukup tinggi - Peredaman kabin yang kurang baik - Harga nya cukup mahal - Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback

Kesimpulan

Daihatsu Sirion dan Toyota Yaris merupakan mobil yang sangat digemari oleh anak muda karena spesifikasi yang bagus dengan harga yang cukup ekonomis. Kedua mobil ini cocok banget buat menemani aktivitas kamu diluar rumah. Namun jika kalian menginginkan suspensi dan tarikan yang cukup handal, maka saya merekomendasikan Toyota Yaris untuk mobil kamu sehari-hari. Tentukan pilihan mobilmu sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Daihatsu Sirion vs Toyota Yaris

VS