Pilih Mana Damdex atau Aquaproof?

Loading...

Beberapa masalah yang sering terjadi pada dinding rumah biasanya dipicu oleh faktor cuaca, salah satunya yaitu ketika musim hujan. Hujan yang kadang juga disertai angin kencang dapat menyebabkan dinding menjadi lembab bahkan mengalami kebocoran. Hal inilah yang mengharuskan rumah didesain prima agar dapat bertahan di berbagai cuaca, salah satunya yaitu dengan menggunakan cat pelapis anti bocor (waterproof).

Cat waterproof merupakan suatu cat pelapis yang tahan air dan dapat digunakan didalam rumah, khususnya di kamar mandi atau ruang bawah tanah. Waterproof tidak hanya dapat melindungi bagian dalam rumah, namun juga untuk diluar rumah. Cat ini pada umumnya dibuat dengan lateks, minyak atau concrete base yang dapat memberikan seal atau serat tahan air yang kuat. Adapun beberapa merk cat waterproof yang akan kami ulas pada artikel ini yaitu Damdex dan Aquaproof.  Penjelasan lebih lanjut mengenai cat pelapis anti bocor (waterproof) dibahas juga disini.

Damdex

Damdex merupakan salah satu cairan kimia yang berfungsi sebagai bahan aditif pada semen yang nantinya akan menghasilkan pelapis, perekat, bahkan penambal yang tahan air dengan sifat-sifat unggul yang mampu melindungi bangunan dengan efektif dan efisien.

Kelebihan Damdex

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Damdex yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Bertahan di dalam Air

Salah satu kelebihan produk Damdex yaitu dapat bertahan bahkan di dalam air sekalipun. Damdex tidak hanya mencegah rembesan pada lapisan dinding, namun juga dapat menjadi penyumbatan kebocoran dalam kondisi air mengalir, baik yang berasal dari retakan maupun dari kebocoran lebar sekalipun.

  • Harga Terjangkau

Jika dibandingkan dengan merk produk waterproof lainnya, Damdex memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Dapat dilihat pada beberapa situs belanja online, harga Damdex sangat ekonomis, namun kualitas tetap baik.

  • Bertahan di Cuaca Ekstrim

Campuran semen dan Damdex akan menghasilkan lapisan waterproof Damdex yang kuat, tahan panas dan bahkan tahan bakar selain itu juga tidak mudah rusak oleh sinar matahari ataupun tekanan air hujan. Oleh karena itu Damdex sangat cocok digunakan, baik pada lapisan dalam maupun lapisan luar bangunan.

Kekurangan Damdex

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Damdex yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Populer

Salah satu kekurangan Damdex yaitu kurang populer di pasaran. Kebanyakan masyarakat luas belum terlalu mengenal Damdex sebagai produk waterproof, jika dibandingkan dengan produk waterproof lainnya.

  • Tidak Mudah Diaplikasikan

Penggunaan Damdex tentunya membutuhkan semen sebagai bahan dasar. Sebab Damdex hanya berfungsi sebagai bahan aditif. Jadi, Damdex dapat dikatakan tidak mudah diaplikasikan jika dibandingkan dengan produk waterproof lainnya.

Loading...
  • Belum Menguasai Pasar

Kurang populernya Damdex tentunya akan berdampak pada pangsa pasar. Damdex dapat dikatakan belum menguasai pasar, jika dibandingkan dengan merk waterproof populer seperti Aquaproof yang telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kelebihan DamdexKekurangan Damdex
- Dapat Bertatahan di dalam Air- Kurang Populer
- Harga Terjangkau- Tidak Mudah Diaplikasikan
- Bertahan di Cuaca Ektrim- Belum Menguasai Pasar

Aquaproof

Aquaproof merupakan pelopor cat pelapis anti bocor yang paling laris di pasaran. Aquaproof terbuat dari acrylic dan berbahan dasar air. Aquaproof sangat cocok digunakan untuk dinding samping rumah Anda agar terlihat lebih indah dan terlindungi dari kebocoran yang akan mengganggu estetika suatu ruangan. Sebelumnya, kami juga pernah membahas mengenai Pilih Mana Aquaproof atau No Drop beberapa waktu lalu.

Kelebihan Aquaproof

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Aquaproof yang perlu Anda ketahui:

  • Elastis dan Tidak Mudah Retak

Aquaproof sangat cocok diterapkan untuk bangunan di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan sifat dari Aquaproof yang elastis dan tidak mudak Retak. Sehingga akan dapat bertahan bahkan jika adar panas dan intensitas hujan yang seringkali tak teratur.

  • Brand Populer

Aquaproof adalah salah satu produk cat waterproof yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Aquaproof selalu mengutamakan kualitas produk. Aquaproof bahkan dinilai telah menguasai pasar hingga 80% untuk waterproofing dari sekitar 20 merek produk lainnya yang ikut berkompetisi.

  • Mudah Diaplikasikan

Aquaproof merupakan waterproof yang berbahan dasar air, oleh karena itu lebih mudah diaplikasikan pada beragam jenis permukaan seperti dinding dalam, dinding luar, atap genting, atap beton, atap seng, maupun atap asbes.

Kekurangan Aquaproof

Berikut merupakan beberapa kekurangan Aquaproof yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Mahal

Kekurangan yang dimiliki oleh Aquaproof adalah memiliki harga yang lebih tinggi daripada damdex. Aquaproof memang dikenal sebagai cat yang memiliki harga yang relatif lebih mahal dari kebanyakan produk cat lainnya. Namun, hal ini bebanding lurus dengan kualitas yang diberikan.

  • Mudah Menggelembung

Aquaproof yang terkenal elastis ternyata tidak dapat menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam) karena Aquaproof tidak melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung.

  • Tidak Dapat Terendam Air

Aquaproof tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam. Aquaproof hanya dapat digunakan pada daerah dimana air mengalir, sebab apabila terendam air, Aquaproof akan mudah mengelupas.

Kelebihan AquaproofKekurangan Aquaproof
- Elastis dan Tidak Mudah Retak- Harga Mahal
- Brand Populer- Mudah Menggelembung
- Mudah Diaplikasikan- Tidak dapat Terendam Air

Pilih Mana :Damdex atau Aquaproof?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan Damdex dan Aquaproof berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini :

DamdexAquaproof
- Kurang Populer- Brand Populer
- Harga Terjangkau- Harga Mahal
- Dapat Bertahan di dalam Air- Mudah di Aplikasikan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Damdex dan Aquaproof, maka dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Damdex karena selain memiliki harga terjangkau, Damdex juga dapat bertahan di dalam air sekalipun.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Damdex vs Aquaproof

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *