AplikasiGadgets

Pilih Mana: DANA atau GO-PAY?

Kemudahan dalam bertransaksi secara online tentu sangat memudahkan kita dalam berbelanja atau melakukan transaksi apapun dengan mudah dan cepat. DANA dan GO-PAY menjadi salah satu aplikasi transaksi online yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Fitur yang ditawarkan dari kedua aplikasi tersebut juga beragam dimulai dari membayar angsuran sampai berbelanja secara online. Penasaran dengan manfaat dan cara kerja dari kedua aplikasi tersebut? So kali ini saya akan bahas DANA dan GO-PAY. Stay tune guys.

DANA

DANA atau Dompet Digital Indonesia ialah layanan pembayaran digital berbasis aplikasi, yang mana aplikasinya sudah ada untuk platform Android lewat Google Play Store ataupun platform iOS melalui App Store.

Dengan memakai aplikasi ini, para konsumen melakukan berbagai berbagai transaksi pembayaran, dari mulai buat membeli pulsa, membayar tagihan (listrik, telepon, air sampai BPJS), membeli voucher Google Play, membayar angsuran, serta berbelanja secara online.

Yang lumayan menarik, platform pembayaran yang mendapatkan sokongan dana dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) ini sudah bekerja sama dengan banyak platform lain, seperti BBM, Cinema XXI, Bukalapak, Ramayana, serta lain semacamnya.

Atau secara simpel, konsumen dari berbagai macam platform itu akan menjumpai sistem pembayaran DANA di dalam platform tersebut, yang secara langsung dapat dipakai (termasuk buat mendaftar). Baca juga Pilih Mana: Midtrans atau OVO?

Cara Pakai DANA

Nah, pertama yaitu cara memakai aplikasi DANA buat berbelanja secara online. Kalian bisa melakukan pembelanjaan di dalam aplikasi DANA atau melalui merchant.

Dalam aplikasi DANA sendiri, kalian bisa berbelanja seluruh pelayanan seperti listrik, air, pulsa, dan lainnya.
Tahap 1- Buka aplikasi DANA dan klik See All.
Tahap 2- Pilih layanan yang kalian mau.
Lakukan pembayaran di dalam aplikasi dengan mengikuti langkah pembayaran yang diberikan.
Tahap 3- Pembayaran kalian lakukan dengan memakai duit elektronik DANA.

Keunggulan DANA

Bersaing dengan sebagian platform serupa, program DANA menawarkan sebagian kelebihan, termasuk salah satunya yaitu layanan dan dukungan transaksi yang amat lengkap di dalamnya.

Platform ciptaan EDIK ini juga menjamin tiap konsumennya bisa bertransaksi secara aman dan terpercaya, dengan memakai teknologi keamanan kelas dunia serta sistem jaringan yang diawasi sepanjang 24 jam.

Bahkan menariknya, platform pembayaran digital ciptaan asli Indonesia ini pula menjamin para konsumennya dengan garansi uang kembali bila terjadi kesalahan pada saat konsumen sedang bertransaksi.

GO-PAY

GO-PAY atau yang tadinya disebut sebagai Go Wallet merupakan dompet virtual untuk menyimpan GO-JEK Credit kamu yang dapat dipakai buat membayar transaksi-transaksi yang berhubungan dengan layanan di dalam aplikasi GO-JEK.

Supaya dapat memakai GO-PAY, kamu perlu memastikan kalau saldo di dalam GO-PAY GO-JEK kamu cukup buat melakukan pembayaran, tetapi bila kamu saldo tidak mencukupi, GO-JEK sediakan layanan pembayaran parsial, dimana kamu dapat melunasi dengan saldo GO-PAY, kemudian sisanya dapat dibayarkan dengan uang tunai.

Lihat juga:  Pilih Mana: FIFA 17 atau PES 17?

Dikala ini GO-PAY telah terintegrasi dengan bank-bank besar di Indonesia untuk kemudahan kamu buat melakukan isi saldo ke dalam GO-PAY. Sebagian bank besar yang jadi mitra GO-JEK dalam layanan GO-PAY yaitu BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, dan pengisian Saldo Via ATM Bersama serta PRIMA.

Cara Pakai GO-PAY

Kala kalian melakukan pembelian memakai GO-PAY di Browser Web( di komputer)
Kalian akan melihat kode QR saat memilih pembayaran memakai Go- pay.

– Buka aplikasi GO- JEK di handphone kalian.
– Klik Scan QR pada aplikasi GO-JEK kalian.
– Arahkan kamera handphone kalian ke QR Code di browser kalian.
– Periksa detail pembayaran kalian di aplikasi GO- JEK kalian, kemudian klik Bayar.

Ketika kalian melakukan pembelian di SmartPhone
– Kamu secara otomatis dialihkan ke aplikasi GO-JEK saat melakukan pembelian di SmartPhone.
– Selesaikan pembayaran pada aplikasi GO-JEK kalian.
– Transaksi selesai dan saldo GO-PAY kalian akan berkurang.
– History transaksi bisa ditinjau di history akun GO-PAY kalian.

Keunggulan GO-PAY

Layanan transportasi berbasis online semakin hari semakin memanjakan kita. Khususnya untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya maupun Bandung, transportasi andalan selalu memakai jasa angkutan umum. Alat transportasi berplatform online memberikan beberapa kemudahan, efisien serta cepat dibanding bila memakai angkutan umum.

Kelebihan utama memakai layanan transportasi online, kita dapat lapang memilih kendaraan roda 2 ataupun roda 4 sesuai keinginan dan terasa kian nyaman dalam perjalanan karena tidak perlu berdempet- dempetan dengan orang lain.

Go-Pay pun memiliki beragam fitur yang sangat memudahkan kita untuk bertransaksi secara online seperti Go-Pulsa, Go-Bills, Transfer Go-Pay, Tarik Tunai Go-Pay dan sebagainya.

Pilih Mana: DANA atau GO-PAY?

DANA GO-PAY
Kelebihan- Promo menarik - Bisa bayar tagihan - Isi saldo minimal Rp 10.000,-- Transaksi 24 jam - Promo menarik - Keamanan terjamin
Kekurangan- Terkadang aplikasi Dana eror sehingga tidak bisa menggunakan saldo untuk membayar kebutuhan kamu - Saldo kerap lama masuk saat kamu top-up saldo- Fitur pembayaran e-wallet cenderung lebih sedikit - Kebanyakan item tidak mendapat promo

Kesimpulan

DANA dan GO-PAY merupakan aplikasi yang sangat digemari oleh beberapa orang khususnya untuk anak muda yang kerap kali melakukan transaksi secara online.  Tentu DANA dan GO-PAY memiliki kekurangannya masing-masing ya guys. Tentukan pilihan aplikasi online kamu sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

DANA vs GO-PAY

VS

Leave a Reply