AplikasiLayanan

Pilih Mana: Dana atau Jenius?

Semakin berkembangnya zaman maka akan semakin berkembangnya juga teknologi. Saat ini aktivitas konvensional hampir banyak ditinggalkan orang dan lebih memilih aktivitas teknologi internet. Saat ini banyak aplikasi dompet internet yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan mudah kedua diantarnya adalah Dana dan Jenius.

Dana dan Jenius merupakah dua aplikasi dompet internet yang dapat Anda gunakan untuk mengelolah keuangan  Anda sendiri. Manakah yang lebih baik dari keduanya untuk Anda gunakan? Penjelasan artikel kali ini akan membuat Anda bisa memutuskan untuk memilih yang mana. Baca penjelasan mengenai Dana dan Jenius di bawah ini menurut versi Selera.id.

Dana

Dompet Digital (e-wallet) Dana resmi diluncurkan pada 5 Desember 2018. Dompet digital Dana besutan Indonesia ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh warga Indonesia dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, hingga dunia usaha baik online maupun offline. Baca juga Pilih Mana: Ovo atau Gopay?

Dana merupakan aplikasi dompet digital yang sudah memperoleh izin dari pihak Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD), serta penggunaan e-money dan e-wallet. Yang menarik dari Dana adalah aplikasinya terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga masa approvalnya pun bisa dipersingkat.

Aplikasi Dana bisa digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant. Bahkan terhubung dengan ATM Bersama, BPJS Kesehatan, membayar cicilan, dan berbelanja secara online. Oleh karena itu Dana bisa dibilang aplikasi e-wallet yang lebih fleksibel.

Kelebihan Dana

  • Bisa membayar tagihan
    Berbagai keuntungan Dana yang bisa Anda dapatkan salah satunya Anda dapat membayar tagihan dengan aplikasi Dana ini. Seperti membayar tagihan seperti tagihan Listrik, Air, Internet, Telepon, Asuransi, BPJS, Cicilan, Kabel TV, Telepon Pasca bayar. Hal ini dapat membuat Anda lebih hemat waktu dan tidak perlu repot-repot untuk membayar tagihan di tempat lain.
  • Banyaknya promo menarik
    Setiap waktu Dana memiliki promo menarik yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah diskon atau cashback setiap transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama.
Anda bisa dapat cashback sampai 50% belanja di tempat yang sudah bekerjasama dengan Dana di seluruh Indonesia, dan bonus pulsa dengan upgrade akun jadi premium. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan voucher 50% untuk pembayaran tagihan-tagihan yang Anda perlukan.
  • Top up saldo yang mudah
    Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi saldo Dana bila tabungan Anda hanya sisa sedikit, karena saldo Dana bisa Anda isi dengan minimal top up sebesar Rp10.000. Selain mengisi saldo, Anda juga bisa mentransfer saldo Dana ke teman Anda yang memiliki aplikasi Dana dengan memasukkan nomor handphone yang telah terdaftar. Top up saldo yang sangat mudah bisa Anda lakukan dengan cara membelinya dari atm ataupun mbanking dan juga bisa langsung mengisi di tempat yang menyediakan untuk top up saldo.

Kekurangan Dana

  • Merchant belum tersedia lengkap
    Kekurangan yang bisa Anda ketahui dimana untuk merchant belum tersedia lengkap, namun hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah yang besar. Karena untuk merchant yang sudah ada, hampir semua sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
  • Aplikasi terkadang eror
    Aplikasi Dana terkadang mengalami eror atau mengalami down hal ini dimungkinkan pihak Dana lebih mengupgrade aplikasi tersebut sehingga saat Anda gunakan terasa down dan juga terasa eror. Biasanya jika sudah mengalami hal ini Anda bisa tidak menggunakannya dulu dalam beberapa jam kemudian Anda bisa buka kembali pasti aplikasinya sudah benar.

  • Saldo yang di top up suka lama masuknya
    Kekurangan satu ini sudah banyak diklaim dari beberapa orang, apakah Anda salah satunya? Saat melakukan top up tidak jarang saldo yang diisi lama masuknya perihal ini sangat membuat mengganggu sekali, dan membuat Anda harus menunggu hingga saldonya sudah terisi.
Fitur DanaKeterangan
Fitur Kirim Dana Pengguna Dana bisa mengirim uang dengan memindai Kode QR milik akun Dana penerima, mengirim uang ke saldo Dana pengguna lain melalui nomor telepon atau ke rekening bank penerima, mengirim uang antar bank, serta mengirim uang melalui tautan ke media sosial.
Fitur Minta DanaMinta Dana atau Request Dana kini bisa dilakukan dengan mengirim tautan untuk transfer dana. Sebelumnya pengguna hanya bisa meminta dana kepada pengguna lain melalui Kode QR miliknya.
Fitur Nearby Me Fitur ini digunakan untuk melihat daftar merchant yang lokasinya berada di sekitar pengguna Fitur Nearby Me dihadirkan untuk memudahkan pengguna menemukan mitra merchant DANA yang dekat dengan lokasi mereka.
Penambahan Channel Top UpUntuk memudahkan dan mendukung gaya hidup digital modern yang aman dan efisien, Dana terus meningkatkan kerja sama dengan banyak pihak atau channel untuk memfasilitasi transaksi top up saldo Dana penggunanya.
Fitur Dana NewsPengguna bisa menemukan beragam informasi menarik dan bermanfaat, serta tips seputar pemanfaatan dompet digital Dana untuk produktivitas sehari-hari.

Cara Pembayaran Menggunakan Dana

Cara pembayaran menggunakan Dana sama perihalnya dengan Anda membayar menggunakan aplikasi dompet elektronik lainnya. Cara Belanja Offline pakai Dana jika Anda ingin berbelanja di toko offline seperti pada rumah makan di mall, Anda juga dapat membayar menggunakan aplikasi Dana.

Tidak seluruh restoran menyediakan cara pembayaran menggunakan Dana sehingga Anda harus benar-benar memastikan tempat yang Anda datangkan ada atau memiliki aplikasi Dana atau tidak. Biasanya terdapat terlihat seperti plang pada kasir dan bertulisan Dana.

Layanan pembayaran Dana juga merilis aplikasi standalone dalam versi beta dan mesin QR Code yang sudah didistribusikan secara terbatas ke merchant di berbagai sebagian kota besar. Langkah awal ini sebagai bagian strategi DANA untuk menjadi pemain pembayaran terdepan di Indonesia.

Jenius

Jenius merupakan bagian dari PT Bank BTPN Tbk yang terdaftar atau diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Untuk kenyamanan dan keamanan Jenius menggunakan sistem enkripsi terbaru dan autentikasi transaksi dua tingkat.

Jenius adalah Banking Reinvented. Dengan Jenius, Anda memiliki kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan melalui smartphone dengan aman, mudah, dan cerdas. Kini Life Finance ada di ujung jari Anda. Jenius adanya kartu tetapi tetap mengembalikan semua akses kepada penggunanya. Sehingga Nasabah memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan mereka sendiri. 

Jenius lebih dari sebuah bank karena Jenius juga berperan sebagai alat yang membantu penggunanya dalam meraih integrasi yang lancar antara kehidupan dan keuangan sehingga dengan mudah, Nasabah bisa meraih tujuan hidup dan cita-citanya.

Kelebihan Jenius

  • Kemudahan dalam aplikasi
    Kelebihan Jenius yang wajib Anda tahu adalah Anda bisa mengatur apapun yang Anda mau lewat aplikasi, tidak perlu telepon sana-sini. Dari limit harian, berapa dana yang Anda jadikan simpanan, hingga soal blokir kartu. Soal blokir, jika Anda kehilangan kartu Jenius Anda, Anda bisa melakukan blokir sementara hingga blokir permanen.
  • Banyaknya promo menarik
    Setiap bank sering mengadakan promo tertentu, terutama di peringatan hari-hari besar. Jenius juga demikian. Bedanya, promo Jenius tidak perlu nunggu hari-hari besar alias ada setiap hari! Ada banyak banget promo di merchant pilihan yang bisa Anda dapatkan.

  • Gratis kirim uang ke bank lain
    Adanya fasilitas gratis ambil uang di atm bank lain juga sangat-sangat berguna karena dengan menggunakan Jenius, Anda bisa tidak perlu berpikir panjang lagi ketika tidak menemukan atm bank yang Anda punya rekeningnya.
Kelebihan yang paling disukai orang dari Jenius ini adalah jika Anda memerlukan untuk kirim uang ke bank lain Jenius adalah pilihan yang tepat yang bisa Anda gunakan karena Jenius memberikan layanan gratis kirim uang ke bank lain hal ini tidak membuat Anda kehilangan biaya antar bank sebesar Rp. 6.500.

Kekurangan Jenius

  • Transaksi disesuaikan jumlah saldo
    Jika awalnya Jenius gratis bisa transfer ke bank apapun dan juga menarik uang dari atm manapun sebanyak 25 kali per bulan. Namun kemudian ada aturan baru per september 2018 dimana jatah transaksi gratis itu dibatasi berdasarkan saldo. Jadi kalau saldo minimal 1.000.000, itu dapat jatah 15 kali gratis transfer antar bank dan narik di atm 5 kali. Nah jika mau tetap mendapatkan  jatah 25 kali, saldo di rek harus min 10.000.000. Ketentuan ini sangat wajar karena pihak Jenius juga tidak mau rugi.
  • Fitur pembayaran masih sedikit
    Kekurangan lainnya Mungkin fitur pembayaran masih sedikit, mungkin hal ini karena kerjasama pembayaran juga masih sangat terbatas. Banyak orang yang mengharapkan kedepannya Jenius melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan tertentu untuk kemudahan dalam proses transaksi ini sehingga bisa mudah dan praktis, 
  • Belum banyak dikenal orang
    Untuk saat ini Jenius memang belum banyak dikenal orang jika dibandingkan dengan Dana. Tetapi Jenius tetap semakin menyebarkan promosi-promosi di mall yang pastinya sehingga Jenius dapat banyak dikenal orang.
Fitur DanaKeterangan
Fitur Kirim Dana Pengguna Dana bisa mengirim uang dengan memindai Kode QR milik akun Dana penerima, mengirim uang ke saldo Dana pengguna lain melalui nomor telepon atau ke rekening bank penerima, mengirim uang antar bank, serta mengirim uang melalui tautan ke media sosial.
Fitur Minta DanaMinta Dana atau Request Dana kini bisa dilakukan dengan mengirim tautan untuk transfer dana. Sebelumnya pengguna hanya bisa meminta dana kepada pengguna lain melalui Kode QR miliknya.
Fitur Nearby Me Fitur ini digunakan untuk melihat daftar merchant yang lokasinya berada di sekitar pengguna Fitur Nearby Me dihadirkan untuk memudahkan pengguna menemukan mitra merchant DANA yang dekat dengan lokasi mereka.
Penambahan Channel Top UpUntuk memudahkan dan mendukung gaya hidup digital modern yang aman dan efisien, Dana terus meningkatkan kerja sama dengan banyak pihak atau channel untuk memfasilitasi transaksi top up saldo Dana penggunanya.
Fitur Dana NewsPengguna bisa menemukan beragam informasi menarik dan bermanfaat, serta tips seputar pemanfaatan dompet digital Dana untuk produktivitas sehari-hari.

Cara Pembayaran Menggunakan Jenius

Adanya Jenius Pay melalui 2 langkah sederhana, yaitu request atau mengirim permintaan uang dan pay ataupun melunasi permintaan uang, transaksi yang Anda lakukan akan lebih praktis dan cepat tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit atau kredit. Proses yang dilakukan juga bersifat real- time, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama.

Cashless Payment atau cara pembayaran non tunai banyak diminati, mulai dari pembayaran untuk transportasi online, nonton film di bioskop, hingga berbelanja di toko swalayan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot lagi membawa uang tunai dengan jumlah banyak saat akan melakukan transaksi. Selain lebih praktis, Cashless Payment juga lebih nyaman dibanding cara pembayaran konvensional atau tunai.

Kartu Kredit metode pembayaran menggunakan kartu ini banyak dipilih karena tidak hanya lebih mudah dan praktis, pinjaman dana dengan limit tertentu yang ditawarkan oleh kartu kredit dinilai sangat membantu banyak orang yang membutuhkan dana tambahan untuk berbelanja. 

Pilih Mana: Dana atau Jenius?

DanaJenius
Kelebihan - Bisa membayar tagihan - Banyaknya promo menarik - Top up saldo yang mudah - Kemudahan dalam aplikasi - Banyaknya promo menarik - Gratis kirim uang ke bank lain 
Kekurangan- Merchant belum tersedia lengkap - Aplikasi terkadang eror - Saldo yang di top up suka lama masuknya - Transaksi disesuaikan jumlah saldo - Fitur pembayaran masih sedikit - Belum banyak dikenal orang

Kesimpulan

Dana dan Jenius memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya memiliki perbedaan yang menonjol bahwa Jenius banyak memiliki cara untuk melakukan pembayaran selain adanya aplikasi juga memiliki kartu kredit. Sedangkan untuk Dana pembayarannya hanya berbentuk aplikasi. Jadi jika ingin yang lebih lengkap sistem pembayarannya Jenius bisa menjadi pilihan untuk Anda dan memiliki fitur yang sangat bagus. Tetapi Dana juga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda karena memiliki banyak kelebihan juga. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dana vs Jenius

VS

Leave a Reply