Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Dancow atau Chil Kid?

Air Susu Ibu adalah makanan yang memang sangat memiliki manfaat yang baik untuk anak, dan semua ibu sepakat akan hal ini. Tetapi seiring berjalannya waktu anak juga perlu mengkonsumsi susu formula untuk melengkapi kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang anak.

Pemilihan susu formula yang baik tentunya akan membuat bingung, pada artikel ini ada dua pilihan susu formula yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, yaitu Dancow dan Chil Kid. Penasaran apa saja kandungan dan kelebihan juga kekurangan dari kedua susu ini? Langsung saja baca artikel di bawah ini.

Dancow

Dancow adalah susu formula yang memimpin di pasaran Indonesia. Mengapa Dancow kuat memimpin pasar? Jawaban tidak lain, hal itu merupakan buah dari konsistensi PT Nestle Indonesia dalam menjaga kualitas produk susu Dancow dan kemampuannya memahami kebutuhan konsumen. Baca juga Pilih Mana: Dancow atau Lactogrow?

Dancow yang memiliki visi menjadi mitra terpercaya bagi orang tua di Indonesia memang senantiasa berusaha mempersembahkan produk yang sesuai dengan selera anak-anak pada usianya. Produk susu Dancow dengan formula lengkap, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar tepat seimbang di setiap tahap pertumbuhannya.

Sesuai usia tumbuh kembangnya, anak kamu wajib mendapatkan nutrisi yang terbaik. Oleh karena itu, tiap tetes Dancow memberikan manfaat untuk pertumbuhan. Dancow juga merupakan merek susu formula terkemuka yang sudah banyak digunakan dan dipilih oleh banyak ibu-ibu di Indonesia.

Hasil dari kandungan susu Dancow ini banyak didukung oleh ilmuwan dan doktor dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja sama untuk satu tujuan yang sama. Menghasilkan susu pertumbuhan terbaik yang optimal untuk buah hati kamu.

Varian Dancow

Dancow Batita
Dancow sendiri memiliki banyak varian yang bisa Anda sesuaikan dengan usia Anak. Jika usia buah hati Anda antara 1-3 tahun, Dancow Batita bisa jadi pilihan yang tepat. Dancow Batita mengandung DHA, LA, ALA, Prebiotik, Lisin serta 26 Vitamin dan Mineral yang membantu batita (anak usia di bawah tiga tahun) tumbuh, aktif, dan tanggap.

Dancow 3+
Menginjak usia berikutnya, yaitu 3-5 tahun, Dancow juga menyediakan produk Dancow 3+. Dancow 3+ ini tersedia dalam rasa vanila, madu dan coklat. Dari segi nutrisi, kandungan Dancow 3+ ini hampir sama dengan Dancow 1+. Mengandung Lactobacillus Protectus, DHA dan LA dan vitamin mineral lainnya.

Dancow Instant Enriched
Varian ini sudah diperkaya dengan vitamin dan mineral tertentu untuk mendukung sepuluh tanda umum anak bergizi baik untuk usia 1-12 tahun. Beberapa nutrisi yang diklaim telah ada di dalam produk ini di antaranya zat besi, kalsium, zinc, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin B6, vitamin B9 atau asam folat, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan juga biotin.

Dancow 1+
Susu formula varian ini memiliki banyak nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai untuk tahap pertumbuhan anak yang berumur 1-3 tahun. Dengan banyak kandungan yang baik susu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak kamu ya moms. Kandungan Lactobacillus Ptotectus, Prebio 1, Vitamin C dan E, DHA dan juga LA.

Dancow 5+
Usia 5 tahun adalah saat anak mulai memasuki usia sekolah. Dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga stamina dan mendukung segala aktivitasnya. Susu formula Dancow 5+ ini untuk usia anak 5-12 tahun. Kandungan Lactobacillus Protectus, Calci-N, DHA, LA, kandungan.

KeteranganDancow
BrandDancow
Nama PerusahaanPT Nestle Indonesia
Tahun Berdiri Perusahaan1971
VarianDancow Batita, Dancow 3+, Dancow Instant Enriched, Dancow 1+, Dancow 5+

Kelebihan Dancow

  • Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi
    Susu Dancow Batita yang diformulasikan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki berbagai nutrisi terpadu seperti, DHA, LA, ALA, Prebiotik, Lisin serta 26 Vitamin dan Mineral yang membantu batita tumbuh, aktif, dan tanggap. Rasa madunya juga sangat disukai anak. Berbagai nutrisi tersebut sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak.
  • Dapat Menjaga Ketahan Tubuh Anak
    Susu Dancow dapat menjaga ketahanan tubuh pada anak karena memang terdapat kandungan Lactobacillus Protectus ini memiliki fungsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, membantu memberikan perlindungan yang lebih baik bagi anak. Selain itu, vitamin C dan E yang terkandung berguna sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Menguasai Pasar Susu Bubuk Indonesia
    Berdasarkan data yang didapat susu Dancow bisa dikatakan telah menguasai pasar susu bubuk Indonesia. Hal ini termuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008”. Susu Dancow bisa mendapatkan predikat ini karena kemampuannya untuk memberikan kebutuhan ibu untuk anaknya.

Kekurangan Dancow

  • Harga Termasuk Mahal
    Kekurangan pertama ini sudah menjadi banyak diketahui oleh banyak orang bahwa susu formula Dancow ini dijual dengan harga yang memang cukup mahal.
  • Belum Ada Untuk Anak Bayi (0-6 bulan)
    Susu Dancow sebenarnya memiliki variasi susu yang sangat banyak. Namun, sayangnya susu Dancow belum memproduksi susu khusus bayi untuk umur 0 hingga 6 bulan, sehingga belum ada susu Dancow yang bisa menjadi pengganti ASI. Susu yang disediakan oleh Dancow adalah susu untuk anak yang sudah balita. Selain itu, susu Dancow juga belum menyediakan susu untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Tidak Cocok Untuk Anak Alergi Susu Sapi
    susu formula yang umumnya terbuat dari susu sapi dapat mengakibatkan timbulnya alergi susu sapi pada anak. Dampak tersebut ditandai dengan adanya gangguan saluran pencernaan, gangguan pada kulit dan gangguan pernapasan. Efek ini hanya muncul pada anak yang memiliki alergi pada susu sapi saja.
Lihat juga:  Pilih Mana: Susu Almond atau Susu Kedelai?

Chil Kid

Chil Kid dipercayai oleh banyak ibu di dunia untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak anak, karena memiliki kandungan cukup komplit yang bukan hanya membantu dalam mencerdaskan, melainkan juga membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil.

Chil  Kid yang berasal dari PT Kalbe Nutritionals ini susu formula dilengkapi dengan Omega 3 dan Omega 6, Chil Kid mampu merangsang daya tangkap anak dan juga meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar sehingga membuat anak semakin cerdas.

Varian Chil Kid

Chil Kid P-HP
Morinaga Chil Kid Susu Morinaga Chil Kid P-HP ini dapat diberikan kepada anak 1-3 tahun dengan Protein Whey terhidrolisa dapat mengurangi resiko alergi pada anak. Memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan si kecil.

Chil Kid Soya
Chil Kid Soya adalah susu formula untuk anak 1-3 tahun dengan isolat protein kedelai sebagai sumber protein. Susu ini diperuntukkan bagi anak yang memiliki alergi susu sapi. Susu ini memiliki kandungan Metionin dan Karnitin yang efektif dapat mengatasi gejala alergi susu sapi dan dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Chil Kid Platinum
Susu formula untuk anak usia 1-3 tahun dilengkapi dengan formula platinum terdiri dari brain care, body defense, dan nutrisi penting lainnya. Susu ini mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menambah kecerdasan dan daya tahan tubuh anak. Ada lagi varian madu dan Chil Kid Gold.

KeteranganChil Kid
BrandChil Kid
Nama PerusahaanPT Kalbe Nutritionals
Tahun Berdiri Perusahaan1966
VarianChil Kid P-HP, Chil Kid Soya, Chil Kid Platinum

Kelebihan Chil Kid

  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Anak
    Dalam susu formula Chil Kid, terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku dan juga hormon pada anak. Bahkan, manfaat omega 3 dan omega 6 lainnya yaitu mampu mencegah kerusakan pada sel tubuh buah hati kesayangan.
  • Membantu Kekebalan Tubuh Anak
    Pada susu Chil Kid terdapat kandungan FOS dan GOS merupakan kandungannya yang berperan dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh anak. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara mendukung perkembangan bakteri baik, sekaligus menekan pertumbuhan bakteri jahat.
  • Menyediakan Varian Khusus Untuk Anak yang Alergi Susu Sapi
    Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

Kekurangan Chil Kid

  • Hanya Dapat Bertahan 2 Minggu
    Sangat disayangkan untuk susu Chil Kid ini jika kemasan sudah dibuka khususnya memang kemasan kardus, sebaiknya dihabiskan sebelum 2 minggu. Banyak yang mengklaim susu ini hanya bertahan waktu sekitar 2 minggu saja jika sudah lebih dari 2 minggu tekstur dapat berubah.
  • Aroma Sering Tertinggal di Botol Anak
    Untuk anak yang masih menggunakan botol atau disebut dot untuk mengkonsumsi susu. Formula atau aroma pada susu ini sering sekali melekat dan sulit dibersihkan. Hal ini membuat sulit para ibu untuk membersihkannya.
  • Tidak Boleh Lebih dari 6 Jam
    Sama seperti susu lainnya, Chil Kid juga mudah rusak dan menjadi basi. Setelah dibuat, susu harus segera dihabiskan oleh anak dan jika tidak, susu hanya mampu bertahan di suhu ruangan selama maksimal 6 jam saja. Walaupun Anda menyimpannya di freezer untuk menambah daya tahan susu, namun bukan berarti susu bisa diberikan kepada anak begitu saja. Susu akan menjadi beresiko terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

Pilih Mana: Dancow atau Chil Kid?

DancowChil Kid
Kelebihan- Memiliki banyak kandungan nutrisi - Dapat menjaga ketahan tubuh anak - Menguasai pasar susu bubuk Indonesia - Menjaga kesehatan rambut dan kulit anak - Membantu kekebalan tubuh anak - Menyediakan varian khusus untuk anak yang alergi susu sapi
Kekurangan- Harga termasuk mahal - Belum ada untuk anak Bayi (0-6 bulan) - Tidak cocok untuk anak alergi susu sapi - Hanya dapat bertahan 2 minggu - Aroma sering tertinggal di botol anak - Tidak boleh lebih dari 6 jam

kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai Dancow dan Chil Kid, keduanya adalah susu formula yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi disini saya lebih merekomendasikan untuk kamu lebih memilih susu Dancow, walaupun Dancow tidak ada varian untuk anak usia 0-6 bula, tetapi varian Dancow lebih banyak varian lainnya dibandingkan dengan susu Chil Kid. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dancow vs Chil Kid

VS

Leave a Reply