Kendaraan

Pilih Mana: Datsun Go atau Ayla?

Kendaraan adalah suatu alat transportasi yang dapat memudahkan kamu untuk bepergian, banyak sekali jenis transportasi mulai dari transportasi udara , darat dan laut. Tetapi untuk sehari-hari kerja setiap hari tidak dipungkiri bahwa transportasi darat menjadi nomor satu dari transportasi lainnya. Mobil adalah salah satunya transportasi darat yang banyak dimiliki orang. Berbicara mengenai mobil semakin tahun berjalan maka semakin banyak tipe-tipe atau merek-merek mobil yang dikeluarkan oleh perusahaan. Seperti merek Daihatsu dan Nissan yang mengeluarkan tipe mobil harga yang dibilang murah untuk sejenis mobil yaitu Nissan Datsun Go dan Daihatsu Ayla. Disini saya akan menjelaskan beberapa spesifikasi dari kedua mobil tersebut.

Datsun Go

Datsun Go kini memang hadir sebagai mobil hatchback versi facelift yang membawa segudang pembaruan. Salah satunya yaitu teknologi terbaru X-Tronic CVT, yang pertama kali diperkenalkan dalam jajaran Datsun yaitu, tipe Cross. Baca juga Pilih Mana: Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?

Yang mana, X-Tronic CVT(continuously variable transmission) ini sudah ditambahkan pada Datsun Go facelift ini sebagai fitur terkini dalam segmen dapur pacu sebagai penunjang keandalan pada sistem transmisi guna memaksimalkan akselerasi yang lebih bertenaga.

Desain Datsun Go

Secara desain eksteriornya tampak begitu mempesona dengan rancangan yang lebih sporty dan aerodinamis sehingga sanggup menarik hati para calon konsumen. Tidak sampai disitu saja, bahkan Datsun Go terkini ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur kenyamanan maupun keselamatan canggih.

Datsun Go akan mengusung headlamp 3D dengan teknologi LED yang membuatnya terkesan lebih modern. Bahkan, pada sisi depannya juga dilengkapi lampu DRL(Daytime Running Lights) yang merupakan sebuah fitur tambahan untuk mendukung keamanan selama mengemudi siang hari dengan tampilan yang tidak hanya fungsional tetapi tetap stylish.

Datsun Go akan mengusung desain dashboard dengan tata letak lebih rapi dan hadir lebih modern dengan warna yang mendukung nuansa interior yang lebih berkelas. Bukan tanpa alasan mengingat pada bagian center dari dashboard itu sudah dilengkapi dengan monitor 2DIN seluas 6.75 inci dengan beberapa menu canggih, seperti aux, audio video player, radio AM atau FM, Mobile Link, beberapa aplikasi hiburan.

Dimensi Datsun Go

Datsun Go pada sektor ukuran fisik atau dimensinya. Secara fisik, ukuran mobil ini mempunyai ukuran dimensi yang tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya. Dimana, hatchback ini mempunyai panjang 3785 milimeter dengan lebar 1635 milimeter. Untuk ukuran mobil kelas LCGC, tentu dimensi pada Datsun Go ini menjadikannya sebagai salah satu unit dengan dimensi paling besar.

Sedangkan untuk ground clearance atau jarak terendah dengan tanah pada Datsun Go adalah 170 milimeter. Jarak tersebut tergolong cukup tinggi dan akan membuatnya tetap aman saat melewati jalanan yang bergelombang. Mobil ini pun juga mempunyai radius putar mencapai 4.6 meter. Meski radius putar Datsun Go merupakan yang paling minim, tetapi tidak akan mengurangi kemampuan handlingnya yang tetap terasa mantap.

Harga Datsun Go

Pilihan manual ada 4 versi, yaitu D, A, T, dan T Active dan untuk versi CVT terdapat 3 versi, yaitu A, T, dan T active. Nah, untuk harga Datsun Go sendiri, dari beberapa versi tersebut akan dijual mulai Rp 102. 990. 000(versi D atau MT) hingga Rp. 142.190. 000 untuk versi tertingginya(T-ACTIVE CVT).

Ayla

Mobil murah dengan desain modern dan berbekal spesifikasi mumpuni dan ramah lingkungan, tampaknya akan dibawa oleh Daihatsu Ayla. Bagaimana tidak? Mobil LCGC(Lost Cost Green Car) yang resmi diperkenalkan sejak 2012 lalu itu memang menjadi salah satu produk Daihatsu yang memang didatangkan untuk menyesuaikan atau mengikuti kebijaksanaan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dalam menata suatu mobil yang ramah lingkungan dan dengan harga yang ekonomis.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honda Air Blade atau Yamaha Aerox?

Walaupun dikatakan ekonomis tetapi Daihatsu Ayla ini tidak hadir dengan mutu yang murahan. Terbukti semenjak mobil LCGC ciptaan Daihatsu ini mulai dipromosikan pada 9 September 2013 lalu, Ayla sudah sukses menghipnotis ribuan konsumen dengan mencatat nilai pemasaran yang dapat dikatakan cukup besar.

Membawa nama sebagai mobil LCGC, pasti saja spesifikasi yang diusung Daihatsu Ayla akan lebih mementingkan konsep ramah lingkungan. Apalagi, mobil ciptaan Daihatsu ini juga akan dihargai dengan angka yang sangat terjangkau. Sehingga akan sangat wajar sekali jika LCGC ini menjadi mobil yang lumayan banyak diminati oleh para konsumen.

Desain Ayla

Daihatsu sudah memoles Daihatsu Ayla ini dengan polesan yang begitu cantik nan anggun. Hal itu dapat dilihat pada tiap bagian dari bodinya. Mulai dari depan, tampak sebuah Projector Headlamp with LED Position Lamp dan Daytime Running Light yang terpasang manis pada sisi depan. Dengan bekalan lampu utama tersebut maka pencahayaan Daihatsu Ayla juga akan lebih maksimal tanpa menyilaukan.

Apalagi, sebagian panel maupun fitur pun juga tersematkan pada bagian dashboard depan yang terbuat dengan nuansa Dark Silver Painted Ornament sehingga membuat tampilan dashboardnya juga semakin tampak mewah dan menarik. Tidak hanya itu, pada dashboard Daihatsu Ayla ini yang begitu stylish pun juga ada beberapa panel dan fitur hiburan canggih.

Salah satunya yaitu fitur 2 DIN Touchscreen Audio yang begitu canggih yang bisa diatur hanya dengan sentuhan jari sehingga akan mempermudah setiap pengguna dalam mengontrol panel. Kemudian, pada bagian setir kemudi Daihatsu Ayla pun juga dibuat lebih stylish, apalagi pada setir kemudinya pun juga sudah dilengkapi panel switch terintegrasi dengan sistem audio yang akan mempermudah pengemudi dalam mengontrol audio ketika menyetir.

Dimensi Ayla

Nah, terkait dengan dimensi, mobil hatchback ini akan mengusung dimensi yang mempunyai panjang 3.640 milimeter, lebar 1.600 milimeter, dan tinggi 1.520 milimeter di mana mempunyai jarak sumbu roda yang mencapai 2.455 milimeter.

Tetapi, untuk dimensi dari Daihatsu Ayla tipe X agak berbeda, yang lebih panjang 20 milimeter dengan jarak sumbu roda lebih pendek 5 milimeter. Sementara itu, untuk bobot kendaraan sendiri setiap tipe memiliki berat kosong yang berbeda- beda, dimulai dari tipe terendah yang berbobot 770 Kilogram hingga 880 Kilogram pada tipe yang paling tinggi.

Harga Ayla

Harga Daihatsu Ayla akan dipatok mulai Daihatsu New Ayla 1.0 D M/T Rp. 98.150.000 untuk versi terendah sampai Dihatsu New Ayla Special Edition A/T.  Rp. 151. 850.000  versi tertingginya.

Pilih Mana: Datsun Go atau Ayla?

Datsun Go Ayla
Kelebihan - Memiliki desain yang modern - Termasuk mobil yang ramah lingkungan - Spesifikasi yang bagus mulai dari mesin dan dimensi- Harga yang masih terjangkau dibanding dengan Datsun Go - Spesifikasi yang sangat bagus - Irit akan bahan bakar
Kekurangan - Hanya ada satu airbag - Tombol AC masih manual- Tenaga mesin kurang maksimal - Bodi yang termasuk ringan

Kesimpulan

Datsun Go dan Ayla adalah kedua mobil yang saat ini sangat banyak diminati orang-orang. Karena keduanya memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan kualitasnya yang baik. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, harga yang dijual juga hampir sama walaupun memang untuk Datsun Go tipe terendah lebih mahal dibanding Ayla tipe termurah, Jadi untuk memilih kedua ini sama-sama bagus guys, jadi tentukan pilihan sesuai dengan selera kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Datsun Go vs Ayla

VS

 

Leave a Reply