Kendaraan

Pilih Mana: Datsun Go atau Daihatsu Sigra?

Mobil saat ini telah memiliki fitur canggih dan detail yang mampu menarik perhatian orang, seperti halnya Datsun Go dan Daihatsu Sigra yang saat ini banyak yang memilikinya. Selain harga nya yang cukup terjangkau, Desain yang disajikan memiliki kesan modern dan tidak ketinggalan zaman. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas Datsun Go dan Daihatsu Sigra. Disini aja ya.

Datsun Go

Datsun merupakan merek mobil yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif serta bukan pertama kalinya Datsun muncul ke pasaran. Datsun merupakan suatu merek yang dipunyai oleh Nissan dan mulai menjual mobil dari 1958 sampai 1986.

Setelah itu merek Datsun akhirnya dihentikan produksinya serta merknya dimatikan oleh Nissan membuat Datsun merek mobil yang sedikit diketahui pada abad millennium ini.

Kemudian pada 2012 Nissan memutuskan untuk kembali menghidupkan brand yang sempat besar namanya sebab mobil seri Fairladynya ini di Indonesia, India, Rusia, serta Afrika Selatan. Baca juga Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Desain Datsun Go

Daya tarik dari eksterior Datsun Go 2019 yaitu headlamp. Bahkan konsep headlamp Datsun Go 2019 ini membagikan karakter berbeda pada suatu mobil. Desainnya juga lumayan keren dengan konsep 3D. Eksterior lainnya yang keren yaitu grill pada Datsun Go 2019. Grill itu didesain dengan garis-garis yang futuristik serta kuat. Terlebih desainnya semakin elegan dengan garis batas yang dilapisi krom.

Dari bagian velg ban pun juga lumayan baik buat mendukung performa Datsun Go 2019. Velg ban Datsun Go 2019 memakai velg alloy 14 inci. Ditambah lagi motif dari velg ban cukuplah buat menaikkan kesan keren pada Datsun Go 2019.

Melihat interior dari Datsun Go 2019 memang lumayan menarik. Alasannya permainan warna yang tersaji pada kabin membagikan opini elegan serta sporty. Kombinasi warna itu merupakan warna hitam serta silver.

Bukan cuma tampilan yang baik, kabin dari Datsun Go 2019 pula didesain buat memberikan kenyamanan pada pengemudi. Perihal ini terlihat dari bangku depan yang didesain sangat nyaman diduduki meski dalam kondisi menikung. Tidak hanya itu juga ada tempat penyimpanan yang mempermudah pengemudi menaruh benda bawaannya.

Mesin Datsun Go

Datsun Go sendiri bakal dipersenjatai dengan mesin baru berupa Reengineered 3 Silinder yang mempunyai kapasitas 1.2 liter. Menariknya, mesin yang diperbaharui itu mempunyai kemampuan dalam menekan efisiensi termal yang lebih baik serta gesekan lebih kecil dibandingkan mesin 4-silinder.

Terlebih, pemakaian balancer luar, secara alami kurangi getaran mesin serta kebisingan, sehingga berkendara jadi lebih aman. Tidak cuma itu saja, mesin pula didesain dengan kemampuan pembakaran maksimal supaya efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Tidak hanya itu, buat mengoptimalkan performanya, Datsun Go pula bakal memercayakan sistem transmisi X-Tronic CVT yang dipastikan bakal membagikan pemindahan gigi bakal lebih lembut, bahan bakar lebih efisien serta respons akselerasi bertambah, mensupport pengalaman berkendara lebih maksimal dari tipe sebelumnya.

Dimana, dengan mesin serta transmisi itu, Datsun Go ini sanggup memancarkan power sampai 68-78 Bhp serta torsi 104 Nm yang lebih maju dan andal, dan membagikan performa serta kemampuan tingkat tinggi dalam paket yang lebih enteng serta ringkas. Alhasil, dapat dikatakan kalau sektor permesinan pada detail Datsun Go ini terhitung cukup efektif dan efisien serta lebih ramah lingkungan.

Fitur Datsun Go

Buat mendukung keselamatan maka Datsun sudah melengkapi hatchback buatannya ini dengan rem berventilasi yang ditaksir cukup handal dalam mengatur laju mobil ini. Tidak cuma itu saja, Datsun Go pun juga bakal dilengkapi dengan fitur- fitur hiburan, sebut saja seperti layar 2DIN seluas 6.75 inci dengan menu entertainment lengkap dan konektivitas handal yang sedia memanjakan para penumpang.

Tidak hanya itu, Datsun GO dilengkapi sistem power window pada seluruh pintu buat kenyamanan seluruh penumpang. Setelah itu, fitur-fitur pintar yang umumnya muncul di mobil segmen lebih tinggi, seperti auto headlights, follow-me-home system, front wiper with intelligent wiping system dan high response linear suspension, juga disematkan pada hatchback ini buat membagikan pengalaman berkendara yang lebih sempurna.

Nah, satu fitur yang sangat menarik yakni teknologi X- Tronic CVT yang bakal membuat performa dapur pacu dari detail Datsun Go ini semakin handal, efektif, dan pastinya jauh lebih efisien dan ramah lingkungan.

Harga Datsun Go

Datsun GO D – MT Rp 102,990,000,-
Datsun GO A – MT Rp 110,990,000,-
Datsun GO T – MT Rp 122,990,000,-
Datsun GO T-ACTIVE – MT Rp 126,690,000,-
Datsun GO A – CVT Rp 126,490,000,-
Datsun GO T – CVT Rp 138,490,000,-
Datsun GO T-ACTIVE CVT Rp 142,190,000,

Daihatsu Sigra

Menurut data yang tersebar, Daihatsu Sigra ini sudah diluncurkan secara resmi pada bulan Agustus 2016 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Sebagai saudara kembar dari Toyota Calya, Daihatsu Sigra ini dibekali detail mesin serta rancangan konsep yang nyaris mempunyai kesamaan dengan saudaranya itu. Namun, buat masalah harga, keduanya mempunyai harga yang berbeda satu sama lain.

Di bagian lain, kedatangan dari Daihatsu Sigra ini pula sudah amat dinantikan dari dulu. Apalagi, mobil garapan pabrikan asal Jepang ini diklaim sebagai kompetitor dari Datsun Go+ yang telah dipasarkan sebelumnya sebagai mobil LCGC 7 penumpang. Tidak hanya itu, kedatangan Daihatsu Sigra di pasar otomotif pastinya bakal semakin memperketat persaingan pasar, terutama pada bagian MPV LCGC.

Desain Daihatsu Sigra

Pada sektor depannya, kesan elegan semakin nampak nyata dari deretan headlamps serta lampu sein yang terpasang manis. Apalagi, corak yang begitu jernih dari projector headlampnya juga dapat dipastikan bakal menarik pelanggan.

Tidak hanya itu, pada Daihatsu Sigra ini terlihat pula bumper depan dengan style yang lebih sporty yang dikolaborasikan dengan grille trapezoidal mengangkat style rancang modern dengan aksen garnish krom pada komponen lampu kabut horizontal.

Bagian sampingnya, terlihat dengan jelas tarikan garis serta lekukan lembut yang menghasilkan mobil ini kian nampak lebih stylish.

Sedangkan pada sektor buritannya, Daihatsu Sigra akan mengangkat lampu dengan bentuk huruf ‘L’ terbalik yang digabungkan dengan reflector mendatar yang terpasang apik di pintu bagasinya.

Daihatsu Sigra ini pula dibekali dashboard dengan style konsep yang nampak simpel tetapi memberi kesan modern serta futuristik. Pada lingkar kemudinya mempunyai konsep yang hampir sama dengan Great New Xenia serta buat posisi dari tuas transmisinya juga terbuat dengan konsep menempel pada dashboard.

Mesin Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra ini mengangkat 2 jenis mesin yang berbeda berdasarkan versi tertentu, yakni versi 1.0 liter yang bakal diusung Sigra D serta Sigra M. Sementara itu, buat mesin 1.2 liter bakal diusung jenis Sigra X serta Sigra R.

Pertama, buat versi mesin 1.0 liter, bakal memakai jenis mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 1.000 cc atau lebih persisnya 998 cc. Mesin Daihatsu Sigra itu bakal sanggup menciptakan energi daya sampai 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm serta maksimal torsi sampai 8.7 Nm tiap putaran 3.600 rpm atau 89 Kgm pada putaran ke 4. 400 rpm.

Sementara itu, buat mesin 1. 2 liter, bakal mengangkat jenis 3NR- VE DOHC Dual VVT- i 4 silinder 16 katup dengan kapasitas sampai 1.197 cc. Mesin jenis ini berbeda dengan jenis sebelumnya. Alasannya, buat mesin Daihatsu Sigra versi 1.2 liter dikatakan sanggup memancarkan daya sampai 88 Ps tiap putaran 6.000 rpm serta sanggup menggapai torsi maksimum sampai 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm.

Buat jenis mesin 1. 0 liter, daya mesin bakal disalurkan lewat sistem transmisi manual 5-percepatan. Sebaliknya, buat Daihatsu Sigra dengan jenis mesin 1.2 liter bakal disalurkan lewat sistem transmisi manual 5 percepatan serta transmisi otomatis 4 percepatan.

Di bagian lain, dengan digunakannya jenis VVT-I tersebut, pastinya bakal menghasilkan konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat serta kompresi bakal meningkat, yakni 10.5:1. Kompresi itu menyatakan kalau detail Daihatsu Sigra ini tidak dianjurkan buat memakai bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Fitur Daihatsu Sigra

Sebagai mobil LCGC, pastinya keamanan ataupun keamanan pengendaranya pastinya tetap wajib diperhatikan. Apalagi, kenyamanan penumpang pun juga wajib memperoleh fokus perhatian yang utama. Oleh karena itu, buat menunjang akan keinginan itu maka Daihatsu Sigra dilengkapi fitur keamanan berbentuk rem ABS, Air Bags, Brake Assist, pelindung benturan samping serta crash sensor dan sabuk pengaman.

Sementara itu, buat mendukung keamanan bakal dilengkapi dengan Alarm Anti Maling serta Centra Lock. Di bagian lain, buat mensupport kenyamanan maka Daihatsu Sigra ini dilengkapi pula fitur hiburan yang di antara lain Audio-Visual, AC (Air Conditioner), Power Steering, Audio 2 DIN, serta port soket USB dan Bluetooth. Melihat sebagian fitur pendukung itu, kelihatannya memang detail Daihatsu Sigra ini dibantu beragam fitur lengkap dan mutakhir.

Harga Daihatsu Sigra

SIGRA 1.0 D M/T Rp 106.600.000
SIGRA 1.0 M M/T Rp 115.500.000
SIGRA 1.2 X M/T Rp 124.850.000
SIGRA 1.2 X A/T Rp 137.650.000
SIGRA 1.2 R M/T Rp 130.750.000
SIGRA 1.2 R A/T Rp 143.550.000
SIGRA 1.2 R A/T DELUXE Rp 147.350.000
SIGRA 1.2 X M/T DELUXE Rp 130.350.000
SIGRA 1.2 R M/T DELUXE Rp 134.550.000
SIGRA 1.2 X A/T DELUXE Rp 143.150.000

Pilih Mana: Datsun Go atau Daihatsu Sigra?

Datsun GoDaihatsu Sigra
Kelebihan - Hemat BBM - Ruang bagasi cukup luas - Pengereman cukup handal- Memiliki fitur hemat BBM - Sparepate melimah dan murah - Harga terjangkau
Kekurangan- Ukuran velg kecil - Minimnya fitur keselamatan- Kabin cukup sempit - Bahan bakar harus pertamax

Kesimpulan

Datsun Go atau Daihatsu Sigra sama-sama mobil dengan harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi mesin yang mumpuni untuk dibawa kejalanan kota. Fitur yang tersemat pada kedua mobil tersebut juga tidak kalah canggih. Namun jika kalian menginginkan kualitas dan mutu yang terjamin, maka Toyota Calya menjadi jawabannya karena seperti yang kita tahu Toyota menjadi produsen mobil paling berpengaruh di dunia ini. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Datsun Go vs Daihatsu Sigra

VS

Leave a Reply