Pilih Mana: DDR2 atau DDR3?

Loading...

Seperti yang kita ketahui, RAM merupakan sebuah pendukung ruang penyimpanan perangkat elektronik. Fungsi RAM atau Random Access Memory adalah membantu kinerja komputer Anda untuk menyimpan data sementara. RAM sendiri sudah memiliki banyak jenis di antaranya, DDR2 dan DDR3. Jika dibandingkan bagus mana DDR2 dan DDR3? Berikut ini penjelasan kelebihan dan kekurangan di antara keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat DDR2 dan DDR3
– Kelebihan & kekurangan DDR2 dan DDR3

DDR2

DDR2 memiliki nama atau seri DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. Serta membutuhkan tegangan 1,8 V. Baca juga Pilih Mana : ASUS ROG atau Acer Predator?

Kelebihan DDR2

1. Dua kali lebih cepat
DDR2 merupakan kelanjutan dari DDR di mana perbedaannya terletak pada BUS. BUS pada DDR2 dijalankan 2 kali lebih cepat dari pada kecepatan sel memorynya. Jadi, bukannya DDR2 mengirim data dua kali, tetapi setiap sel memori bisa memuat dua kali lebih banyak data.

2. Harganya lebih murah
Kelebihan dari DDR2 selanjutnya adalah dibanderol dengan harga yang lebih murah. DDR2 mempunyai harga lebih murah dari pada harga yang dibanderol oleh DDR3.

Kekurangan DDR2

1. Sudah sulit ditemukan
Layaknya tipe DDR1, DDR2 sepertinya sudah jarang sekali produk ini bertebaran di pasaran, akan tetapi tidak selangkah RAM tipe DDR1. Ini sangat sulit bagi Anda yang ingin melakukan upgrade, atau benar-benar membutuhkan RAM baru karena kerusakan pada RAM lama.

Loading...

2. Kualitas di bawah DDR3
Kekurangan lain dari DDR2 ialah kualitasnya di bawah DDR3. Meskipun RAM dengan tipe DDR2 cukup baik dari pada tipe DDR sebelumnya namun tetap saja kualitas DDR2 sangat jauh jika dibandingkan dengan kualitas RAM DDR3.

DDR3

DDR3 RAM adalah penerus DDR2 yang sudah lama kita kenal. Jenis RAM ini dapat bekerja empat kali lebih cepat dari pada memori kecepatan yang dimiliki oleh chipset DDR3 itu sendiri.

Kelebihan DDR3

1. Frekuensi transfer lebih tinggi
Kelebihan DDR3 dibandingkan DDR2 terletak pada frekuensi transfer yang lebih tinggi mencapai 2133 MHz, sedangkan DDR2 maksimum hanya hingga 1066 MHz. Dalam hal memori clocknya tidak jauh berbeda dengan DDR2 mulai dari 100 MHz hingga 266 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V.

2. Lebih efisien
Dikutip dari Wikipedia.org, DDR3 memiliki kelebihan yang bisa dilihat dari penggunaan listrik yang lebih efisien. DDR3 menggunakan lebih sedikit listrik dari pada DDR2, yaitu 1.5 V sementara DDR2 masih menggunakan 1.8 V.

Kekurangan DDR3

1. Tidak kompatibel
Kekurangan dari DDR3 ialah tidak kompatibel. Dalam hal ini, modul memori DDR3 tidak kompatibel untuk motherboard berbasis DDR2. Meskipun modul memori DDR3 memiliki panjangnya yang sama, jumlah pin yang sama namun notch antara kedua RAM tersebut berbeda.

2. Harganya mahal
Memiliki CAS Latency yang lebih rendah dari pada generasi pendahulunya sebagai kompensasi bandwidth yang tinggi. Selain itu, harga dari DDR3 jauh lebih mahal ketimbang generasi sebelumnya yakni DDR2.

Pilih Mana: DDR2 atau DDR3?

DDR2DDR3
Tegangan– Membutuhkan tegangan 1,8 V– Membutuhkan tegangan 1,5 V
Kecepatan transfer– Masih lambat– Lebih cepat
Harga– Tergolong lebih murah– Harganya lebih mahal

Kesimpulan

Memang, kinerja RAM DDR3 meningkat dan jauh lebih baik dari pada RAM DDR2. Tentu saja ini karena teknologi pada DDR3 semakin disempurnakan dari pada teknologi pada DRR2 dan juga ada beberapa teknologi baru ditambahkan. Dalam hal daya yang dibutuhkan juga berkurang dibandingkan dengan DDR2. Jika DDR2 membutuhkan daya 1.8 V untuk bekerja, DDR3 hanya membutuhkan daya 1.5 V. Sangat menguntungkan bagi Anda yang menggunakan laptop yang catu daya utamanya dari baterai. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

DDR2 vs DDR3

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *