HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Detergent Bubuk atau Detergent Cair?

Saat mencuci tentunya kita memerlukan deterjen agar pakaian lebih wangi dan tentunya bersih dari kuman. Detergent sendiri memiliki jenis cair dan bubuk yang sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan mengembangkan pewangi pakaian tersebut. Detergent cair dan bubuk sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Kali ini saya akan membahas mengenai deterjen cair dan deterjen bubuk. Disini aja ya..

Detergent Cair

Detergent cair saat ini terus menjadi banyak dikenakan oleh para ibu rumah tangga sebab mempunyai sebagian kelebihan dibanding dengan deterjen bubuk. Perihal ini disebabkan tidak hanya perbandingan wujudnya yang lebih mempermudah dalam cara membersihkan, deterjen tipe cair ini pula memiliki ekstrak berdaya besar alhasil bisa menciptakan basuhan pakaian yang lebih bersih sempurna serta menyeluruh. Baca juga Pilih Mana: Baju Koko atau Kemeja?

Beberapa kelebihan dari detergent cair:

Cepat Larut
Detergent cair pula lebih cepat larut alhasil bisa langsung menabur bersamaan bercampurnya deterjen dengan air. Tidak hanya itu, deterjen cair pula tidak bakal meninggalkan residu ataupun sisa sabun semacam pada deterjen bubuk sehabis mencuci. Detergent bubuk rentan dengan residu sebab bahannya yang larut lebih lamban dalam air dibanding sabun cair.

Tidak Membuat Tangan Panas
Tidak butuh takut larutan melekat pada pakaian kamu semacam debu-debu putih yang menempel pada deterjen bubuk, serta detergent cair tidak akan membuat panas serta gatal pada tangan.

Lebih Hemat
Dengan bahannya yang gampang larut hingga kamu juga bisa mengirit durasi alhasil bisa membersihkan lebih kilat dibanding memakai deterjen bubuk. Dengan konsumsi yang lebih sedikit dalam satu kali membersihkan, hingga pemakaian deterjen kamu juga jadi lebih sedikit.

Tidak hanya itu, pemakaian air yang sedikit berarti kamu bisa mengirit air serta dalam waktu jauh pula mengirit pemakaian listrik. Seperti itu sebagian kelebihan deterjen cair dibanding deterjen serbuk dalam membersihkan pakaian. Dengan memilah detergent yang pas maka pakaian kamu bersama keluarga senantiasa bersih serta harum sejauh hari.

Beberapa kekurangan dari detergent cair:

Relatif Mahal
Harga dari detergent cair sendiri tentu lebih mahal daripada detergent bubuk.

Susah ditakar
Berbeda dengan detergent bubuk, detergent cair sulit untuk ditakar yang mana membuat kita memakai detergent cair menjadi sedikit lebih boros.

Contoh detergent cair dengan merek yang terkenal adalah Rinso, So klin, Attack, Total dan sebagainya. Kamu bisa dapatkan detergent cair tersebut di supermarket terdekat, toko online, mall dan sebagainya.

Detegent Bubuk

Detergent bubuk adalah sabun yang memiliki beberapa kandungan seperti bahan dryer, filler dan builder yang diolah menjadi sebuah bubuk.

Detergen serbuk dikenakan buat membersihkan pakaian dengan sistem melarutkan detergent bubuk ke dalam air sampai menghasilkan busa setelah itu pakaian akan direndam terlebih dahulu sebelum dicuci.

Jika kalian mencuci dengan menggunakan mesin cuci, sebaiknya jangan menggunakan detergent bubuk, perihal ini diakibatkan sebab pemakaian detergen bubuk umumnya bakal menciptakan lebih banyak busa dibanding pemakaian detergent cair.

Busa yang sangat banyak lalu bisa menutup panel-panel di dalam alat pencuci alhasil membuat kelembaban pada mesinnya serta buatnya cepat rusak. Berlainan dengan pemakaian detergent cair yang umumnya lebih sedikit menciptakan busa maka alat pencuci pun akan lebih tahan lama.

Beberapa kelebihan dari detergent bubuk:

Serba Guna
Cocok buat mensterilkan bercak pada pakaian yang kotor, tidak hanya itu detergent bubuk juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi semisal tidak ada sabun cuci.

Lebih Murah
Harga dari detergent bubuk sendiri tentunya relatif lebih murah dari detergent cair, ini karena detergent bubuk sendiri kegunaanya tidak lebih praktis dari detergent cair.

Lebih Banyak
Isi dari detergent bubuk juga relatif lebih banyak, kamu juga bisa pakai sesuai dengan keinginan kalian dan tentunya sesuai dengan kebutuhan mencuci kamu.

Beberapa kekurangan dari detergent bubuk:

Warna Jadi Pudar
Kekurangan dari detergent bubuk sendiri akan membuat warna dari pakaian kamu lama-kelamaan akan menjadi pudar.

Kasar dan Panas
Pakaian terasa kasar serta jadi panas. Bikin kamu yang merasakan panas serta gatal dikala memakai deterjen bubuk. Buat kamu yang alergi terhadap bubuk jenis ini sebaiknya gunakan detergent cair saat mencuci pakaian.

Sama seperti detergent cair, detergent bubuk dengan merek yang terkenal adalah Rinso, So klin, Attack, Total dan sebagainya. Kamu bisa dapatkan detergent cair tersebut di supermarket terdekat, toko online, mall dan sebagainya.

Pilih Mana: Detergent Bubuk atau Detergent Cair?

Detergent CairDetergent Bubuk
Kelebihan - Cepat larut - Tidak membuat tangan panas - Lebih hemat- Serba guna - Lebih murah - Lebih banyak
Kekurangan- Lebih mahal - Susak ditakar- Warna jadi cepat pudar - Kasar dan panas

Kesimpulan:

Detergent bubuk dan detergent cair tentunya memiliki penikmatnya masing-masing, tentunya kedua detergent ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri, untuk mencuci pakaian sangat dianjurkan untuk memakai detergent cair karena detergent tersebut sudah memiliki pelembut dan pewangi tersendiri dan juga membuat pakaian kamu jadi lebih harum dan awet tahan lama. Namun detergent bubuk juga tidak kalah baik dalam membersihkan kebutuhan kamu sehari-hari.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Detergent Bubuk vs Detergent Cair

VS

Leave a Reply