Pilih Mana: Diet Keto atau Diet Mayo?

Loading...

Memiliki tubuh yang langsing dan indah memanglah keinginan semua orang. Karena itulah banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Dua jenis diet yang cukup efektif menurunkan berat badan adalah diet keto dan diet mayo. Manakah yang lebih sesuai untuk Anda? Diet keto atau diet mayo?

Diet keto dan diet mayo merupakan dua diet yang dipercaya efektif menurunkan berat badan Anda. Namun, kedua jenis diet ini memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut seperti konsep diet, pola makan, dan sebagainya. Perbedaan lainnya dari dua jenis ini dapat Anda simak pada artikel berikut.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Palazzo Cover Bag atau Sarung Tas Anti Air?

Diet Keto

Diet keto merupakan diet yang menganjurkan bagi orang yang melakukan diet ini untuk menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet ini menganjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan asupan lemak mencapai 60-70% jika biasanya asupan lemak hanya 20-30%.

Kelebihan Diet Keto

Berikut beberapa kelebihan diet keto yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Hasil yang Cukup Cepat

Salah satu kelebihan diet keto adalah dapat memberikan hasil yang cukup cepat. Tentunya banyak orang yang melakukan diet ingin mendapatkan hasil dengan cepat. Karena itulah, diet keto ini banyak disukai dan dilakukan karena memberikan hasil yang cukup cepat.

  • Konsep Diet Mudah Dipahami

Kelebihan lain yang dimiliki oleh diet ketogenik adalah memiliki konsep yang mudah dipahami karena konsep yang dipakai lebih sederhana. Konsep yang digunakan oleh diet ini adalah mengeliminasi satu golongan makanan (karbohidrat). Konsep yang mudah dipahami ini membuat orang yang melakukan diet ini bisa menjalankan diet dengan nyaman karena telah tahu konsepnya.

  • Dapat Meringankan Gejala Epilepsi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh diet ketogenik adalah dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai metode untuk meringankan gejala epilepsi pada anak. Seorang ahli nutrisi bernama Bette Klein menyatakan bahwa diet ini sangat efektif diterapkan pada anak yang mengidap epilepsi namun tidak mempan diterapi dengan dua jenis obat anti-epilepsi.

Kekurangan Diet Keto

Berikut beberapa kekurangan diet keto yang perlu Anda ketahui:

  • Harus Dikontrol Secara Ketat

Salahs atu kekurangan diet keto adalah diet ini harus dikontrol secara ketat oleh tenaga medis. Jika tidak diawasi oleh tenaga medis, maka diet ini dianggap bisa menyebabkan berbagai masalah seperti lemas atau merasa sangat kelelahan. Dengan demikian, Anda tidak bisa menjalankan diet keto ini secara mandiri tanpa pengawasn atau tanpa kontrol dari tenaga medis.

  • Hanya Boleh Dilakukan pada Kasus Tertentu

Kekurangan lain yang dimiliki diet keto ini adalah sebaiknya dilakukan oleh kasus tertentu atau pada kasus yang terbilang ekstrem. Hal ini dikarenakan banyak pro kontra terhadap diet ini. Banyak pula ahli nutrisi mengatakan bahwa diet ini bisa menjadi penyebab kerusakan otot, termasuk otot jantung. Karena itulah, sebaiknya Anda memilih metode diet lain yang lebih aman dan menguntungkan.

  • Hanya Boleh Dilakukan dalam Waktu Singkat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh diet keto ini adalah hanya boleh dilakukan dalam waktu yang singkat. Diet ini sebaiknya tidak dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena akan memengaruhi nutrisi pada tubuh orang yang melakukan diet dan dapat memengaruhi kesehatannya. Karena itulah, Anda tidak bisa menjalankan diet jenis ini dalam jangka waktu yang cukup lama.

Loading...
Kelebihan Diet KetoKekurangan Diet Keto
- Memberikan hasil yang cepat- Harus dikontrol secara ketat
- Konsep diet mudah dipahami- Hanya boleh dilakukan untuk kasus tertentu
- Mampu meringankan gejala epilepsi- Hanya boleh dilakukan dalam waktu singkat

Diet Mayo

Diet mayo merupakan diet yang dilakukan dengan cara membatasi untuk mengonsumsi karbohidrat dan garam. Diet mayo ini biasanya dilakukan selama 13 hari dengan mengikuti aturan dalam diet mayo. Dalam jangka waktu tersebut, diet ini menjanjikan penurunan berat badan 7 kg. Dikutip dari Tempo.co diet mayo memiliki dua tahap penting.

Kelebihan Diet Mayo

Berikut beberapa kelebihan diet mayo yang perlu Anda ketahui:

  • Menurunkan Berat Badan

Salah satu kelebihan dan merupakan tujuan utama diet mayo adalah mampu menurunkan berat badan. Dengan melakukan diet mayo, cadangan lemak pada tubuh Anda akan berkurang sedikit demi sedikit dengan membatasi asupan karbohidrat. Tidak hanya itu, berat badan Anda juga akan berkurang karena penumpukan cairan dikurangi dengan cara menghentikan atau mengurangi konsumsi garam sehingga berat badan Anda yang melakukan diet ini dapat turun dengan efektif.

  • Mencegah Hipertensi

Kelebihan lain yang dimiliki oleh diet mayo ini adalah dapat mencegah atau mengurangi hipertensi. Karena pada saat menjalankan diet ini Anda mengurangi konsumsi garam. Dengan membatasi jumlah garam yang dikonsumsi, maka hal ini mampu mencegah terjadinya hipertensi.Hal ini dikarenakan mengonsumsi garam secara berlebihan akan membuat tekanan darah di pembuluh darah meningkat.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh diet mayo adalah dapat menjaga kesehatan jantung bagi yang melaksanakannya. Saat melakukan diet mayo, Anda diharuskan untuk mengurangi mengonsumsi garam, serta memperbanyak asupan buah dan sayur yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Tekanan darah Anda akan lebih normal dan tekanan darah normal sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Kekurangan Diet Mayo

Berikut beberapa kekurangan diet mayo yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Memicu Dehidrasi

Salah satu kekurangan diet mayo adalah dapat menjadi pemicu terjadinya dehidrasi. Diet mayo menganjurkan Anda untuk mengurangi makanan yang mengandung garam. Jika Anda kekurangan garam secara berlebih, maka Anda bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena itulah Anda perlu sering mengonsumsi air putih saat menjalankan diet ini agar tidak dehidrasi.

  • Lebih Mudah Mengantuk

Kekurangan lain yang dimiliki oleh diet mayo ini adalah Anda akan lebih mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan lebih mudah lelah sehingga lebih sering mengantuk. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan Anda, apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat mulai dari pagi hingga sore. Karena itulah, Anda perlu mepertimbangkan untuk menjalankan diet ini.

  • Kadar Gula Naik

Kekurangan selanjutnya yang mungkin akan terjadi jika Anda melakukan diet mayo adalah naiknya kadar gula dalam tubuh. Hal in i dikarenakan orang yang melakukan diet ini mengonsumsi buah dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama sehingga dapat menjadi pemicu naiknya gula darah dalam tubuh.

Kelebihan Diet MayoKekurangan Diet Mayo
- Menurunkan berat badan- Mampu memicu dehidrasi
- Mencegah hipertensi- Lebih mudah mengantuk
- Menjaga kesehatan jantung- Menyebabkan kadar gula darah naik

Pilih Mana: Diet Keto atau Diet Mayo?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara diet keto dan diet mayo. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Diet KetoDiet Mayo
- Menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak- Membatasi mengonsumsi karbohidrat dan garam
- Membutuhkan pengawasan- Tidak membutuhkan pengawasan
- Hanya untuk kasus diet tertentu- Dapat dilakukan semua yang ingin diet

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai diet keto dan diet mayo, maka dapat kita lihat bahwa dua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika Anda perhatikan, diet mayo lebih baik untuk Anda lakukan jika Anda tidak memiliki pengawaan. Sedangkan diet keto sebaiknya Anda hindari jika Anda bukan kasus yang ektstrim dan tidak memiliki pengawaan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Diet Keto vs Diet Mayo

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *