Kesehatan

Pilih Mana: Diet OCD atau Diet DEBM?

Diet merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mereka yang menginginkan badan yang lebih langsing. Metode diet pun beragam tergantung dengan ketahanan dari orang tersebut. Namun sekarang ada metode diet yang teruji ampuh untuk menurunkan berat badan, yaitu Diet OCD dan Diet DEBM. Kedua metode diet tersebut memiliki cara dan pengikutnya masing-masing. Penasaran dengan detail dan metode dari kedua diet tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Diet OCD dan Diet DEBM. Stay tune guys.

Diet OCD

OCD merupakan kependekan dari Obsessive Corbuziers Diet (OCD) yang dipopulerkan dan dikenalkan oleh Deddy Corbuzier, mentalist Indonesia. Diet ini mulai diperkenalkan pada tahun 2013 yang lalu serta banyak menuai kontra, namun nyatanya sekarang ini semakin banyak orang yang menjalankan diet OCD serta memberikan testimoni yang positif mengenai program diet OCD ini.

Karena banyak testimoni atas keberhasilan yang dicapai oleh para penganut diet OCD, serta fakta dari seorang artis yakni Deddy sendiri, saat ini diet OCD jadi populer serta menjamur di seluruh nusantara.

Deddy memaparkan kalau dengan menjalankan diet OCD yang sudah ia ciptakan ini sama saja dengan menjalankan puasa. Bedanya apabila berpuasa untuk menambah pahala, sebaliknya menjalankan diet OCD buat mengurangi berat badan. Baca juga Pilih Mana: Diet Keto atau Diet Mayo?

Cara Diet OCD

Jendela makan pertama
Pada jendela makan yang pertama: kamu memiliki waktu makan selama 8 jam lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam. Contohnya pada jam 10 pagi kamu mulai makan, maka selama 8 jam ke depan, persisnya sampai jam 6 sore, kamu masih bisa memakan apapun.

Jendela makan kedua
Jendela makan kedua ini kamu mempunyai durasi leluasa makan 6 jam sebaliknya sisa 18 jam selanjutnya kamu wajib berpantang. Ilustrasinya jam 10 siang kamu mulai makan, hingga durasi makan selesai pada jam 4 petang serta lebihnya wajib berpantang.

Jendela makan ketiga
Semakin besar tingkatannya maka waktu buat makan Kamu semakin terbatas. Diet OCD tingkat 3 ini cuma mengijinkan kamu makan selama 4 jam aja kemudian sisanya 20 jam lagi, kamu mesti berpuasa. Contohnya misalkan jam 11 siang kamu mulai makan, selanjutnya kamu diperbolehkan makan sampai jam 3 sore, kemudian dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa.

Jendela makan keempat
Jendela makan terakhir ini sepertinya mengerikan sebab kamu wajib berpuasa 24 jam. Tetapi tenang saja, artinya bukanlah kamu tidak bisa makan sama sekali, namun hanya diperbolehkan makan sekali saja dalam satu hari dan kapan waktu makannya tergantung Kamu. Contohnya jam 11 siang kamu makan, maka kamu bisa makan lagi jam 11 siang pada besok harinya.

Manfaat Diet OCD

Bagi penelitian neuroscientist Mark Mattson, diet OCD ini diklaim bisa menurunkan berat tubuh. Terlebih kalori yang ada kala kamu melakukan diet ini diperkirakan hanya sekitar 500 kalori saja dalam satu hari, itu bila kamu melakukan jendela makan dalam waktu 6 jam.

Tidak hanya itu seperti yang dikutip Prevention, diet ini dapat menolong menurunkan kadar gula darah, penyusutan risiko penyakit jantung serta kanker. Bahkan diet ini diyakini bisa membantu otak kamu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, sembari sambil memperbaiki mood serta memori.

Diet DEBM

Diet DEBM yaitu kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, panggilan akrabnya, bukanlah seorang dokter, pakar gizi, atau tenaga medis lainnya. Tetapi, panduan diet yang ia cetuskan ini sukses membuat berat tubuh banyak orang turun drastis.

Lihat juga:  7 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik 2021

Mengutip hasil wawancara yang dilakukan Tempo, Robert sendiri mengaku berhasil mengurangi puluhan kilogram berat tubuhnya setelah mengikuti diet DEBM. Beberapa tahun lalu, berat tubuh Robert sempat melonjak dari 78 kg menjadi 107 kg. Tetapi setelah mengikuti metode diet ini, beratnya turun kembali menjadi 75 kg.

Berbekal ilmu hasil berselancar di dunia maya serta pengalaman pribadinya itu, Robert memberanikan diri buat memberikan kunci suksesnya dalam menurunkan berat di media sosial. Tidak disangka-sangka, metode diet yang ia bikin malah mendapatkan reaksi yang amat positif. Banyak orang mengaku sukses mengurangi berat tubuhnya juga dalam waktu yang singkat.

Saking populernya, pengikut diet di media sosial sudah lebih dari 500 juta orang. Apalagi, buku mengenai diet ini yang Robert tulis juga telah dicetak ulang sebanyak 4 kali.

Cara Diet DEBM

Jadi singkatnya resep diet debm itu merupakan diet rendah karbo, tinggi lemak, serta protein. Dapat dibilang cara diet debm ini mengurangi karbo tetapi kita dituntut mengkonsumsi makanan tinggi lemak serta protein seperti telur, daging ayam, ikan, daging sapi, daging kambing, udang, aneka seafood seperti cumi-cumi, kepiting, jeroan serta kerupuk kulit.

Sarapan pagi 
Supaya tidak lemas dalam aktivitas, dalam menu diet debm diharuskan buat sarapan pagi. Sarapan pagi yang sangat gampang untuk diet debm yaitu sarapan dengan 2 buah telur rebus. Telur rebus dapat ditukar dengan ikan/ ayam/ keju/ alpukat.

Buat pagi hari diharuskan mengkonsumsi makanan yang memiliki protein hewani. Jadi telur tidak dapat dicampur dengan sayuran. Sayuran cuma bisa dikonsumsi pada siang hari lalu sore hari sebelum jam 18.00 atau jam 6 sore.

Makan siang serta makan malam
Diawali dari mengkonsumsi 1/2 nasi dengan buncis dan buat makan setiap kali mesti terdapat protein hewani seperti telur dadar, ikan, keju, daging, dll.

Pada jam 09.00 pagi dan jam 15.00 sore selalu ingat untuk minum 3 gelas air putih atau lebih banyak semampunya. Serta bebas minum air putih seberapa banyak di luar jam 09.00 pagi dan jam 15.00, tetapi minimal 3 gelas air putih di jam 09.00 pagi serta jam 15.00 sore hukumnya harus dilakukan.

Manfaat Diet DEBM

Diet DEBM diklaim sanggup merendahkan berat tubuh sebanyak 2 kg dalam satu minggu. Bila dilihat dari prinsip diet DEBM, maka diet ini termasuk dalam diet yang sungguh rendah karbohidrat. Biasanya penerapan diet rendah karbohidrat memang efektif dalam merendahkan berat badan, khususnya pada orang dengan kondisi kegemukan.

Pilih Mana: Diet OCD atau Diet DEBM?

Diet OCDDiet DEBM
Kelebihan - Mencegah diabetes tipe 2 - Meningkatkan sistem pencernaan - Menurunkan kolesterol - Menurunkan kolestrol - Meningkatkan protein untuk tubuh - Menurunkan berat badan secara sehat
Kekurangan - Mengganggu hormon - Menurunkan konsentrasi- Meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya - Penggunaan pada perangkat apapun terbatas

Kesimpulan

Pada umumnya cara diet tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu menurunkan berat badan, hanya caranya saja yang berbeda. Kamu juga harus memperhatikan ketahanan tubuh untuk bisa mengikuti metode dari salah satu diet terkenal tersebut. Tentukan metode diet kamu sesuai dengan selera dan ketahanan tubuh kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Diet OCD vs Diet DEBM

VS