HiburanHome

Pilih Mana: Disney+ Hotstar atau Netflix?

Persaingan platform video sesuai permintaan atau video on-demand (VOD) di Indonesia makin panas dengan hadirnya layanan Disney+ Hotstar pada 2020 lalu.

Layanan ini digadang-gadang bakal menjadi saingan terberat Netflix yang sudah lebih dulu eksis. Namun, benarkah demikian? Untuk itu kita akan membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua layanan ini. Simak sampai habis!

Disney+ Hotstar

Disney+ Hotstar merupakan platform streaming khusus yang menyediakan ratusan koleksi film dan series. Sederet produk Disney, Marvel, Pixar, Star Wars, 20th Century Fox hingga National Geograpich bisa diakses dengan bebas setelah berlangganan Disney+ Hotstar. Layanan Disney+ Hotstar yang kini tersedia di Indonesia dapat diakses melalui dekstop dan smartphone Anda.

Bagi Anda yang ingin mulai berlangganan Disney+ Hotstar, ada beberapa cara yang bisa dipilih.
Yaitu Website Disney+ Hotstar, Indihome serta melalui provider seperti telkomsel, Xl dan lain sebagainya.

Kelebihan Disney+ Hotstar

1. Tersedia Berbagai Macam Film dan Animasi Disney
Disney+ Hotstar menyediakan berbagai macam film dan serial animasi karakter terkenal. Misalnya Mickey Mouse, Donald Duck, karakter Monster, Inc dan berbagai film animasi lainnya. Sehingga Anda bagi Anda yang mempunyai anak, bisa dijadikan tontonan bermanfaat untuk mereka di kala berlibur atau mengisi waktu.

2. Selalu Update Film-film Marvel Cinematic Universe (MCU)
Sejak Marvel Cinematic Universe atau MCU resmi bergabung dengan Disney, Disney+ Hotstar menyediakan semua koleksi film-filmnya. Dengan berlangganan platform tersebut Anda bisa selalu update film terbaru dari karakter cabang produksi superhero ternama di dunia tersebut.

3. Memiliki Fitur yang Boleh Dilihat Hanya untuk Anak-anak
Dengan adanya Disney adalah layanan dimana anak-anak dapat menonton tayangan yang sesuai dengan umur dengan pengaturan tertentu. Pada menunya Anda hanya perlu mengaktifkan Kids Safe sehingga film-film 18 tahun ke atas tidak akan muncul selama anak-anak menggunakannya.

4. Tersedia Subtitle dan Dubdding Bahasa Indonesia
Disney+ Hotstar, sudah tersedia dalam subtitle dan dubbing berbahasa Indonesia. Hal ini tentu sangat memudahkan para penontonnya.

5. Biaya Berlangganan Lebih Murah Daripada Platform Lain
Disney+ Hotstar memang memberikan biaya berlangganan lebih murah dari platform menonton lainnya. Untuk paket bersama Indihome pelanggan hanya perlu membayarkan Rp. 29.000,-.

Berbeda jika berlangganan dengan provider seperti Telkomsel yang biasanya akan memberikan potongan sedikit mahal. Terkadang khusus pelanggannya akan mendapatkan tarif hanya 60.000 ribuan.

Kekurangan Disney+ Hotstar

1. Ada beberapa film yang tidak ditayangkan
Meskipun tergolong lengkap, nyatanya ada beberapa film dan serial yang tidak dapat ditemukan di Disney+ Hotstar. Hal ini mengharuskan Anda menggunakan aplikasi sebelah untuk dapat menonton film dan serial tersebut.

Netflix

Siapa yang tak mengenal Netflix? Layanan streaming ini terkenal dengan konten yang banyak menyajikan film dan serial dari berbagai latarbelakang genre. Banyaknya konten yang dimiliki membuat Netflix banyak digunakan banyak orang. Selain memiliki kelebihan terhadap kontennya, Netflix juga memiliki berbagai kelebihan lain yang menjadi daya tari bagi para pelanggannya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Transvision atau MNC Vision?

Kelebihan Netflix

1. Lebih Populer
Layanan streaming asal Amerika Serikat ini sudah lebih populer jika dibandingkan dengan HOOQ. Netflix sudah dikenal sejak tahun 2007 di beberapa negara dan baru rilis di Indonesia awal tahun 2016. Saat ini, Netflix sudah jauh terkenal di 130 negara, sedangkan HOOQ lebih akrab di negara-negara berkembang seperti Thailand, Filipina, India, dan Indonesia sendiri.

2. Koleksi Lebih Lengkap
Kelebihan Netflix yang paling utama adalah kelengkapannya dalam koleksi konten video yang bisa Anda nikmati di mana saja dan kapan saja. Di dalamnya terdapat dua kategori umum yaitu film dan serial TV, yang akan terbagi lagi menurut genre seperti aksi, horror, komedi, roman, dan lainnya.

3. Tersedia fitur Unik
Netflix memiliki beberapa fitur unik, seperti Profiled, My List dan Continue. Fitur Profiled berguna untuk membuat akun yang berbeda, contohnya akun untuk anak-anak. Sehingga hanya dapat mengakses konten yang sesuai umur mereka.

Kemudian, fitur My List berguna untuk membuat daftar video yang Anda sukai, seperti fitur “Daftar Putar” dalam aplikasi pemutar musik. Sementara fitur Continue adalah fitur pemutaran otomatis ketika Anda terakhir menonton video.

Kekurangan Netflix

1. Harga Lebih Mahal
Untuk berlangganan Netflix, Anda perlu menyiapkan uang lebih dari 100 ribu rupiah. Faktor harga inilah yang sering dijadikan bahan perbandingan paling utama antara Netflix dibanding layanan streaming lainnya.

2. Kualitas Video Masih Belum Stabil
Kekurangan lainnya yaitu kualitas video yang masih belum stabil karena Anda harus memiliki akses internet yang kencang untuk menonton film streaming di Netflix. Minimal, Anda perlu memiliki sinyal internet dan kecepatan 0.5 Mbps untuk kualitas video SD atau 480p. Jika kecepatan internet kurang dari itu, maka sudah dipastikan kualitas video yang muncul akan kabur atau tidak stabil.

Pilih Mana: Disney+ Hotstar atau Netflix?

Keterangan Disney+ HotstarNetflix
Kelebihan - Tersedia Berbagai Macam Film dan Animasi Disney - Selalu Update Film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) - Memiliki Fitur yang Boleh Dilihat Hanya untuk Anak-anak - Tersedia Subtitle dan Dubdding Bahasa Indonesia - Biaya Berlangganan Lebih Murah Daripada Platform Lain- Lebih Populer - Koleksi Lebih Lengkap - Tersedia fitur Unik
Kekurangan - Ada beberapa film yang tidak ditayangkan- harga Lebih Mahal

Kesimpulan

Kedua layanan streaming tersebut merupakan yang paling populer dibanding layanan streaming lainnya. Meskipun demikian, tetap saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang tergantung Anda mau memilih yang mana? Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Disney+ Hotstar atau Netflix

VS