AplikasiApplicationAuto TechElektronikTechnology

Pilih Mana: DJI Phantom 3 Pro atau DJI Phantom 4 Pro?

Saat ini, drone atau pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) telah menembus berbagai sektor kehidupan. Drone merupakan pesawat tanpa awak yang dapat terbang yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control atau komputer canggih.

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Bahan materialnya drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu. Drone sendiri memiliki kamera, infra merah, GPS, sensor, dan alat pendukung lainnya.

Drone, atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) awalnya dikembangkan untuk kebutuhan militer. Namun seiring perkembangan, drone telah beralih fungsi bukan hanya digunakan untuk kegiatan militer saja, melainkan juga untuk urusan hobi seperti fotografi dan videografi.

Ada berbagai macam drone yang dijual di pasaran dengan berbagai spesifikasi mulai dari yang biasa saja hingga berteknologi canggih. Drone seri Phantom mungkin adalah produk DJI yang paling dikenal luas. Kali ini kita akan membahas kedua drone keluaran Phantom, yaitu DJI Phantom 3 Pro dan DJI Phantom 4 Pro. Simak ulasan berikut ini!

DJI PHANTOM 3 PRO

DJI Phantom 3 Pro ini merupakan lanjutan dari versi sebelumnya yaitu, DJI Phantom 3 Standard dan Versi DJI Phantom 3 Advanced. Namun, di Lini DJI phantom 3, ini bukanlah versi tertinggi. Karena diatas ini, masih ada DJI Phantom 3 Professional 4K yang sudah mengusung kamera 4K.

Drone ini di buat sebagai suksesor dari DJI Phantom 2 dengan beberapa kelebihan seperti lebih mudah di terbangkan, jarak jangkau 2km, Kamera 12 Megapixel, video 4K HD, Waktu terbang max. 23 menit, Terintegrasi dengan 3-Axis Stabilization Gimbal, dan Sensor GPS.

Namun saat Anda ingin menerbangkannya, diperlukan banyak latihan sebelum mulai menerbangkan drone untuk pengambilan gambar atau video yang akan Anda kerjakan. Sehingga hasil yang ditawarkan akan lebih baik lagi. Drone ini hanya mampu terbang selama 23 menit saja. Baca Juga 10 Drone Murah Terbaik 2022

Kelebihan DJI Phantom 3 Pro

1. Fitur Vision Positioning
DJI Phantom 3 Pro dilengkapi dengan fitur Vision Positioning berupa Sensor Ultrasonic di seperti Sonar yang bertujuan untuk Hovering atau Mengambang di ketinggian yang sudah di tentukan. Serta untuk mengidentifikasi lokasi Drone tersebut dan untuk berpindah-pindah tempat secara akurat.

2. Layar Fit dan Tajam
Bayangkan jika Anda bisa menangkap konten yang fit dengan layar besar, gambar yang tajam, resolusi yang indah, dan warna yang hidup. Dengan kamera yang terintegrasi serta stabilized, DJI Phantom 3 Professional Quadcopter menjadikan Imajinasi Anda menjadi nyata.

3. Mudah di Terbangkan
Bagi Anda yang ingin Drone mudah di terbangkan, mungkin Phantom 3 Pro ini pilihan yang tepat. Mulai dari take off hingga landing, semua gerakannya dapat Anda kontrol sendiri, dan juga Drone ini dapat merespon cepat perintah Anda. Sementara itu dalam Drone ini juga terdapat sistem yang terpasang secara otomatis menangani aspek komplek untuk penerbangan yang aman dan stabil.

4. Kontrol Hanya Dalam Satu Aplikasi
Semua kontrol Drone ini ada dalam genggaman Anda. Mulai dari kontrol kamera, dan merubah arah terbang serta ketinggian, bisa di kerjakan melalui Aplikasi Mobile Device Anda.

5. Pemandangan Berkualitas Hingga jarak 2 KM
Rasakan pengalaman baru serta Real Time dari dunia Anda dari jarak sampai dengan 2km. Anda cukup sambungkan ke HP atau Tablet, dan akan terlihat pemandangan berkualitas 720p HD dari semua yang kamera Anda lihat saat Drone ini terbang. Tampilan immersive ini mengalir kepada Anda dengan tingkat kejelasan tinggi yang membuat Anda bisa mendapatkan gambar sempurna dan pengalaman terbang dengan cara yang unik.

Kekurangan DJI Phantom 3 Pro

1. Gimbal Bergetar
Masalah yang sering terjadi ketika melakukan penerbangan, gimbal akan bergetar sehingga menciptakan efek yang kurang bagus pada foto atau pun video yang dihasilkan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Mi 9?

2. Terputusnya Koneksi
Putusnya koneksi memang kerap kali terjadi, dimana remote kontrol kehilangan sinyal ketika menerbangkan drone menggunakan HP Android. Untuk mengatasinya maka diperlukan pembaharuan firmware ke versi terbaru.

3. Daya Baterai Tidak Terisi
Untuk mengisi daya, baterai harus dalam keadaan dingin sebelum akhirnya bisa terisi ulang.

4. Kesalahan Pada Sistem Ultrasonik
Masalah ini umumnya dapat diatasi dengan melakukan update firmware ke versi terbaru.

5. Masalah Pada Kompas atau GPS
Sayangnya, belum diketahui apa masalah tersebut adalah masalah bawaan yang ada pada firmware atau tidak. Disarankan agar Anda menggunakan aircraft secara hati – hati, terutama apabila menerbangkan drone di atas air.

Beli DJI Phantom 3 Pro online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

DJI Phantom 4 Pro

Kehadiran drone saat ini sangat membantu bagi fotografer profesional dalam membantu pekerjaannya. Drone DJI Phantom 4 Pro rupanya bisa menjadi pilihan bagi fotografer yang benar-benar ingin menghasilkan gambar yang bagus. Apa saja kelebihannya?

Kelebihan DJI Phantom 4 Pro

1. Terdapat Fitur Follow Me
Keunggulan pertama dari drone ini ialah memiliki fitur follow me di mana drone akan mengikuti objek secara otomatis. Namun perlu diingat, objek sebelumnya harus di-lock dulu. Fitur ini memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan remote control untuk mengoperasikannya dengan bebas. Dengan demikian, setiap momen mampu terekam secara baik.

2. Dibekali Sensor Pendeteksi Halangan
Anda tidak perlu khawatir menabrak jika menggunakan DJI Phantom 4 ini sebab pada bagian kaki depannya terdapat sensor tambahan yang berfungsi untuk mendeteksi objek. Menariknya, apabila ada benda yang membahayakan, drone ini akan berhenti bergerak dan tetap melayang guna menghindari halangan tersebut.

3. Video Resolusi 4K
DJI Phantom 4 ini sudah dibekali kamera bawaan sebesar 12 MP yang mampu memuaskan para penggunanya dengan kualitas tajam dan jernih. Selain itu, drone ini juga mampu menghasilkan video dengan kualitas Ultra HD 4K.

4. Mampu terbang hingga 28 menit
Disbanding pendahulunya, DJI Phantom 4 ini memiliki kapasitas 25% lebih besar dibandingkan. Drone ini mampu terbang hingga 28 menit. Dengan demikian, pilot dapat lebih lama dalam mengambil gambar.

Kekurangan DJI Phantom 4 Pro

1. Harga Relatif mahal
Dari segi harga, DJI Phantom 4 ini dijual cukup tinggi dengan harga sekitar Rp18 jutaan.

2. Posisi Landing Gear dan Kamera yang Menyatu
Kekurangan selanjutnya yaitu, kedua komponen tersebut nyatanya ditempatkan di body drone. Alhasil, ini berdampak pada orientasi kamera yang tidak mampu dibagi atau ditingkatkan. Di sisi lain, perlu perangkat tambahan seperti tablet atau ponsel yang difungsikan sebagai remote control dan tampilan navigasi.

Beli DJI Phantom 4 Pro online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: DJI Phantom 3 Pro atau DJI Phantom 4 Pro?

Keterangan DJI Phantom 3 ProDJI Phantom 4 Pro
Kelebihan - Fitur Vision Positioning - Layar Fit dan Tajam - Mudah di Terbangkan - Kontrol Hanya Dalam Satu Aplikasi - Pemandangan Berkualitas Hingga jarak 2 KM- Terdapat Fitur Follow Me - Dibekali Sensor Pendeteksi Halangan - Video Resolusi 4K - Mampu terbang hingga 28 menit
Kekurangan - Gimbal Bergetar - Terputusnya Koneksi - Daya Baterai Tidak Terisi - Kesalahan Pada Sistem Ultrasonik - Masalah Pada Kompas atau GPS- Harga Relatif mahal - Posisi Landing Gear dan Kamera yang Menyatu
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Untuk Anda yang ingin membeli drone DJI Phantom atau ingin upgrade ke Phantom 4 Pro, sesuaikan dengan kebutuhan. Phantom 3 Pro memiliki harga yang lebih murah dibanding 4 Pro. Namun, jika Anda penggemar kamera fotografi udara, fotografer profesional atau mencari drone untuk pemetaan, Phantom 4 Pro mungkin merupakan pilihan yang tepat karena kemiripannya dengan DSLR.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

DJI Phantom 3 Pro atau DJI Phantom 4 Pro

VS