Finance

Pilih Mana: Doku atau Midtrans?

Perkembangan tren startup di Indonesia selalu tidak lepas dari topik pentingnya peran payment gateway yang berguna untuk memastikan kelancaran di setiap transaksi keuangan. Faktor inilah yang memungkinkan pebisnis online untuk menerima berbagai pilihan pembayaran melalui transfer antar bank atau kartu kredit/debit. Dua dari banyaknya payment gateway di Tanah Air adalah Doku dan Midtrans. Tapi yang manakah yang lebih baik antar keduanya, Doku atau Midtrans?

Setelah membahas platform e-commerce yang membantu Anda dalam berbisnis online di Shopify atau WooCommerce, kali ini kita akan membahas soal payment gateway-nya yaitu Doku dan Midtrans. Dua layanan ini sama-sama memberikan berbagai kemudahan dan keamanan transaksi bagi toko bisnis online. Lantas mana yang lebih unggul? Mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Doku

Doku yang dipelopori oleh PT. Nusa Satu Inti Artha ialah salah satu payment gateway online di Indonesia yang didirikan pada tahun 2007. Sudah banyak bisnis di dunia digital yang memilih sistem pembayaran ini sehingga tak heran bila Doku telah memiliki lebih dari 3.500 merchant di Tanah Air. Sebelum membandingkannya dengan Midtrans, lebih baik kita mengetahui kelebihan dan kekurangan Doku di bawah ini. Baca juga Pilih Mana: Shopify atau WooCommerce?

Kelebihan Doku

Berikut beberapa kelebihan Doku yang perlu diketahui:

  • Fasilitas Pengiriman Uang Lewat Facebook

Satu kelebihan Doku dibandingkan layanan payment gateway lainnya yaitu fasilitas pengiriman uang melalui Facebook bagi pengguna Doku Wallet. Dengan layanan ini, pengguna yang telah terverifikasi dapat menghubungkan akun Doku Wallet ke akun Facebook sehingga bisa mengirimkan dana mulai dari Rp 1 hingga Rp 1 juta.

  • Beragam Metode Pembayaran Baik Online Maupun Offline

Metode pembayaran yang disediakan Doku bermacam-macam, mulai dari internet banking, transfer antar bank, kartu debit/kredit, dan e-wallet bernama DOKU Wallet. Doku juga menerima pembayaran offline melalui beberapa minimarket yang termasuk dalam grup Alfamart.

  • Ribuan Merchant Telah Bekerja Sama

Kelebihan Doku lainnya adalah sudah banyak merchant yang menggunakan layanan payment gateway ini. Terhitung lebih dari 3.500 merchants, beberapa klien ternama Doku adalah JOOX—aplikasi pemutar lagu, Century dalam bidang farmasi, Air Asia dalam maskapai penerbangan dan Alfacart.

Kekurangan Doku

Berikut beberapa kekurangan Doku yang perlu diketahui:

  • Layanan Terbatas

Salah satu kekurangan e-wallet seperti Doku adalah layanannya cukup terbatas karena hanya bisa digunakan di merchant tertentu yang sudah bekerja sama. Apabila Anda ingin berbelanja di merchant yang tidak ada ikatan kerjasama, maka Anda masih harus mengeluarkan dompet untuk melakukan pembayaran tunai.

  • Dana Bisa diambil Seminggu Sekali

Kekurangan lainnya dari Doku payment gateway adalah dana baru bisa diambil selama seminggu sekali. Namun jika Anda ingin penarikan real time dana, ada ketentuan dan syarat khusus yang perlu ditaati. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir soal penipuan pembayaran karena telah dijembatani oleh provider payment gateway itu sendiri.

  • Adanya Cas Setiap Transaksi

Doku menjadi provider payment gateway yang sudah berpengalaman dan banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, sehingga tidak heran bila Anda akan terkena cas atau komisi maksimal 4 % dari setiap transaksi sukses.

Kelebihan DokuKekurangan Doku
- Fasilitas pengiriman uang lewat Facebook- Layanan terbatas
- Beragam metode pembayaran baik online maupun offline- Dana bisa diambil seminggu sekali
- Ribuan merchant telah bekerja sama- Adanya cas setiap transaksi

Midtrans

Midtrans yang sebelumnya dikenal sebagai Veritrans Indonesia, telah berdiri sejak 2012 lalu sebagai joint venture dari payment gateway asal Jepang bernama Veritrans Inc. Sama seperti Doku, Midtrans menyediakan beberapa pilihan pembayaran berupa kartu debit/kredit dan transfer bank.

Kelebihan Midtrans

Berikut beberapa kelebihan Midtrans yang perlu diketahui:

  • Tersedia 18 Metode Pembayaran

Dari segi metode pembayaran, mungkin Midtrans mengungguli Doku karena ia telah menyediakan 18 metode yang semuanya terintegrasi dalam laman bernama Snap. Selain bekerja sama dengan bank-bank ternama seperti Mandiri, BCA, BNI, BRI, CIMB, dan sebagainya, Midtrans juga menerima pembayaran dari Mandiri e-cash, Tcash dari Telkomsel, XL Tunai dari XL, Dompetku dari Indosat, maupun dari Indomaret dan Kioson.

  • Keamanan Data Terjamin

Dari sisi pemilik usaha online, Midtrans memiliki kelebihan berupa keamanan data perusahaan yang terjamin aman. Dukungan Midtrans pada setiap mitra dikenal sangat tanggap. Apabila ada transaksi yang tampak mencurigakan atau beresiko penipuan, maka transaksi tersebut akan ditahan oleh Midtrans dan mitra kerja langsung dihubungi melalui telepon.

  • Bekerja sama dengan Perusahaan Besar

Sama seperti Doku, Midtrans juga telah bekerja sama dengan perusahaan besar yang terkenal di Indonesia. Selain beberapa bank tersohor, Midtrans juga memiliki klien terpercaya seperti Tokopedia dalam bidang e-commerce jual beli online, Traveloka dalam penjualan tiket online, Garuda Indonesia dalam bidang maskapai penerbangan, dan CINEMAXX.

Kekurangan Midtrans

Berikut beberapa kekurangan Midtrans yang perlu diketahui:

  • Dikenai Cas

Kekurangan Midtrans yang pertama adalah adanya charge sebesar 4 % plus Rp 2.200 untuk merchant yang sudah termasuk biaya pajak. Namun Anda tak perlu khawatir karena charge ini hanya berlaku untuk transaksi yang menggunakan kartu kredit.

  • Diakuisisi Go-Jek

Pada akhir tahun 2017 lalu, Go-Jek telah mengakuisisi tiga perusahaan startup dalam bidang keuangan untuk memperkuat sistem pembayaran Gopay. Selain Midtrans, dua perusahaan lainna yaitu Kartukub dan Mapan. Sayangnya, Kartuku dan Midtrans belum mempunyai izin penyelenggaraan oleh Bank Indonesia.

  • Merchant Lebih Sedikit

Kekurangan lain dari Midtrans adalah jumlah merchant yang lebih sedikit dibandingkan Doku. Namun Anda tak perlu khawatir karena semakin berjalannya waktu, Midtrans akan terus mencari dan bekerja sama dengan merchant dari perusahaan besar di Indonesia.

Kelebihan MidtransKekurangan Midtrans
- Tersedia 18 metode pembayaran- Dikenai cas
- Keamanan data terjamin- Diakuisisi Go-jek
- Bekerja sama dengan perusahaan besar- Merchant lebih sedikit

Pilih Mana: Doku atau Midtrans?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan Doku dan Midtrans menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut dalam tabel berikut ini:

DokuMidtrans
- Didirikan tahun 2007- Didirikan tahun 2012
- Merchant lebih banyak- Merchant lebih sedikit
- Metode pembayaran lebih sedikit- Tersedia 18 metode pembayaran

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Doku dan Midtrans, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Doku karena telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang payment gateway, terlebih lagi merchant yang sudah bekerja sama lebih banyak dari Midtrans.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Doku vs Midtrans

VS

Leave a Reply