AplikasiApplicationLayanan

Pilih Mana: Doku Wallet atau Gopay?

Saat ini banyak orang yang telah beralih dari uang tunai menjadi non tunai atau bisa disebut uang elektronik. Selain karena alasan kepraktisan, menggunakan uang elektronik saat bertransaksi dinilai lebih cepat dibanding uang tunai. Dan beberapa penyedia layanan uang elektronik memberikan promo menarik terhadap penggunanya yang membuat banyak orang semakin tertarik. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kedua layanan yang mengusung uang elektronik untuk mempermudah transaksi yaitu Doku Wallet dan Gopay. Apa saja sih beda nya? Dan bagaimana cara menggunakan Doku Wallet dan Gopay? Akan kita bahas lebih lanjut di bawah ya!

Doku Wallet

Salah satu keunggulan dompet elektronik adalah tidak memiliki proses pendaftaran yang sudah atau harus menjadi nasabah Bank. Sebab dompet elektronik dapat didaftarkan secara mandiri dan gratis melalui ponsel android maupun iphone menggunakan identitas sesuai KTP, karena mengikuti regulasi atau hukum yang sudah berlaku di Indonesia.

Salah satu dompet elektronik yang banyak dibicarakan pengguna internet terutama untuk melakukan transaksi online ialah Doku Wallet (Dompet Doku). Doku Wallet adalah sebuah layanan keuangan berbasis digital yang dapat digunakan oleh anda untuk keperluan penyimpanan uang elektronik yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja online di situs-situs online shop nasional maupun internasional.

Oleh sebab itu, jika anda termasuk salah satu orang yang senang berbelanja online bisa menggunakan Doku Wallet ini. Selain itu anda juga bisa menjadikan doku wallet sebagai dompet elektronik untuk berbelanja offline tanpa uang tunai di beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Doku Wallet.

Pada web resmi Doku Wallet menyatakan siapapun orang dapat menggunakan Doku Wallet untuk berbelanja online dengan kartu kredit maupun tidak. Dikarenakan setiap pengguna Doku Wallet dapat melakukan transaksi online seperti berbelanja dengan mudah karena transaksi langsung dapat dilakukan saat itu juga seperti menggunakan kartu kredit. Sehingga dapat menghemat waktu untuk tidak perlu lagi melakukan transfer uang melalui ATM maupun melalui Teller Bank.  Baca juga Pilih Mana: Doku Wallet atau Link Aja?

Manfaat Doku Wallet

Manfaat utama dari Doku Wallet selain sebagai dompet elektronik untuk penyimpanan uang digital yang bisa digunakan via ponsel. Doku Wallet juga sangat bermanfaat untuk digunakan terutama bagi pengguna yang punya hobi berbelanja online tetapi terkendala karena tidak mempunyai kartu kredit atau paypal.

Saat ini belanja online menggunakan Doku Wallet dapat dilakukan seperti di lazada, citilink, aliexpress, dan beberapa merchant lain yang bekerja sama dengan Doku Wallet. Dan keuntungan lainnya kita juga dapat membeli tiket nonton di CinemaXX.

Karena sistem pembayaran di CinemaXX hanya menerima dua metode pembayaran melalui, Kartu Kredit dan Doku Wallet. Tidak ada metode pembayaran transfer Bank yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi pengguna Mobile Banking.

Cara Penggunaan Doku Wallet

Silakan install terlebih dahulu Doku Wallet ke ponsel anda lalu buatlah akun doku dengan mengisi pendaftaran seperti Nama, Tempat Tanggal Lahir, dan Nomor Telepon seluler aktif.

Lalu untuk mengisi saldo pada Doku Wallet, Doku Wallet menyediakan fasilitas pengisian saldo Doku Wallet lewat ATM, Internet Banking dan SMS Banking, Kartu Kredit serta minimarket yang bekerja sama dengan Doku Wallet.Internet Banking dan SMS Banking adalah cara yang paling mudah, praktis dan cepat untuk memproses pengisian saldo Doku Wallet.

Namun jika kamu tidak terdaftar sebagai pengguna Internet Banking atau SMS Banking, kamu bisa memanfaatkan ATM atau pengisian melalui Alfamart, Lawson, Dan+Dan jika kamu sedang melewati minimarket tersebut.

Cara Berbelanja Secara Online Dengan Menggunakan Doku Wallet
– Lihat daftar Merchant yang bekerja sama dengan Doku Wallet di Daftar Merchant.
– Selanjutnya tinggal pilih produk yang ingin kamu beli. Pastikan check out secara online, bukan order via sms atau manual.
– Saat memilih metode pembayaran, pilih DOKU, ikuti perintah selanjutnya sampai proses pembayaran selesai.
– Jangan lupa simpan bukti transaksi pembayaran.

Cara Berbelanja Secara Offline Dengan Menggunakan Doku Wallet
– Kunjungi gerai atau merchant yang menerima pembayaran dengan Doku Wallet.
– Pilih produk yang ingin kamu beli.
– Dapatkan Token DOKU dari website/sms/aplikasi DOKU.
– Ketika melakukan pembayaran di kasir, perlihatkan 6 digit Token tersebut, kemudian kasir akan memproses transaksi kamu.

Gopay

Gopay atau yang sebelumnya disebut sebagai Go Wallet adalah dompet virtual untuk menyimpan Gojek Credit Anda yang bisa digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek.

Agar bisa menggunakan Gopay, Anda perlu memastikan bahwa saldo di dalam Gopay Gojek Anda mencukupi untuk melakukan pembayaran, namun jika Anda saldo Anda tidak mencukupi, Gojek menyediakan layanan pembayaran parsial, dimana Anda bisa membayar dengan saldo Gopay, lalu sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai.

Saat ini Gopay sudah terintegrasi dengan bank-bank besar di Indonesia demi kemudahan Anda untuk melakukan isi saldo ke dalam Gopay. Beberapa bank besar yang menjadi mitra Gojek dalam layanan Gopay adalah BCA, Bank Mandiri, Bank BRI.

Manfaat Gopay

Manfaat Gopay membuat lebih hemat atau istilahnya bayar layanan gojek lebih murah dibandingkan menggunakan uang tunai. Dengan memiliki saldo Gopay anda bisa menggunakan metode pembayaran Gopay, anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dan membayar. Apalagi jika tidak memiliki uang pas, maka dengan Gopay anda tidak perlu lagi ribet bayar dan menunggu kembalian, karena biaya akan dipotong dari Gopay anda.

Gopay juga dibuat untuk memudahkan konsumen membayar untuk biaya penggunaan layanan aplikasi Gojek, tidak hanya itu gojek menawarkan diskon berupa promosi potongan harga atau biaya layanan. Diskon yang diberikan hingga 30% untuk Go-ride, 20% untuk Go-car, promo biaya antar di untuk Go-food dan masih banyak promo menarik lainnya.

Bagi anda yang melakukan Top Up Gopay pertama kali akan mendapatkan bonus tambahan hingga 100% dari nominal yang di topup. Promo ini hanya berlaku bagi pelanggan baru yang pertama kali mengisi saldo Gopay aplikasi mereka.

Dan juga bagi kalian pengguna aplikasi Go-ride maupun Go-car, jika ada driver yang menurut anda mengesankan bagi anda, anda dapat memberikan tip tambahan sebagai rasa terima kasih dan puas anda telah dilayani driver Gojek.

Bagi anda yang melakukan pembayaran menggunakan Gopay maka anda akan mendapatkan poin yang dapat dikumpulkan dan ditukar dengan reward yang menarik.

Anda dapat dengan mudah membeli pulsa dan paket data dengan biaya yang lebih murah ketimbang isi pulsa atau paket data di konter pada umum. Dan juga Gojek merilis fitur terbaru yang disebut dengan go-bills yang memudahkan konsumen membayar tagihan listrik dan iuran BPJS.

Cara Penggunaan Gopay

Untuk menggunakan layanan Gopay Anda cukup melakukan instalasi aplikasi Gojek pada ponsel Anda dan melakukan isi ulang saldo Gopay sesuai dengan kebutuhan.

– Buka aplikasi Go-jek dan Klik ‘Scan QR.
– Scan Kode QR Gopay yang terpampang di kasir atau scan struk kode QR yang diberikan oleh petugas kasir.
– Masukan nominal (jika diminta). Pastikan jumlah pembayaran sudah sesuai.
– Masukan PIN Gopay kamu.
– Transaksi sukses.

Go-Pulsa Didukung berbagai pilihan operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Smartfren. Kebutuhan isi pulsa dan internet dapat selalu terpenuhi lewat Go-pulsa, pembayaran bisa langsung dilakukan dengan menggunakan saldo Gopay.

Go-Bills yaitu Kemudahan pembayaran tagihan Anda kini jadi lebih cepat cukup dari satu aplikasi, tanpa ribet. Gopay memperkenalkan Go-bills satu layanan untuk bayar listrik, beli token listrik hingga BPJS. Pembayaran langsung menggunakan saldo Gopay Anda.

Untuk penggunaan pembayaran semua layanan yang ada di aplikasi GoJek, Anda hanya perlu memastikan bahwa saldo di dalam GoPay Gojek mencukupi untuk melakukan pembayaran. Namun jika Anda saldo Anda tidak mencukupi, Gojek menyediakan layanan pembayaran parsial, dimana Anda bisa membayar dengan saldo Go-Pay, lalu sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai.

Pilih Mana: Doku Wallet atau Gopay?

Doku Wallet Gopay
Kelebihan- Dapat dipakai untuk keperluan melakukan pembelian barang online sebagai pilihan bila belum mempunyai kartu krdedit dan paypall - Aplikasi mudah digunakan bahkan guna awam sebab menggunakan Bahasa Indonesia - Tersedia dalam bentuk Aplikasi dan Web- Banyak promo yang menarik - Transaksi 24 jam - Keamanan terjamin
Kekurangan- Saat top up saldo yang masuk ke dompet terbilang cukup lama - Aplikasi terkadang sering keluar sendiri- Fitur pembayaran e-wallet cenderung lebih sedikit - Diperuntukan khusus untuk fitur yang ada di Gojek

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua layanan atau aplikasi dari Doku Wallet dan Gopay mempunyai tujuan yang sama, yaitu memudahkan transaksi pengguna dengan beberapa merchant baik online maupun offline. Tetapi tentu saja keduanya mempunyai perbedaan yaitu, untuk pengguna Doku Wallet dapat melakukan transaksi belanja online di marketplace besar seperti Lazada dan dapat membeli tiket citilink maupun transaksi aliexpress, Sedangkan untuk Gopay hanya di dapat di gunakan bagi pengguna aplikasi Gojek, Tetapi beberapa fitur aplikasi Gojek juga sudah terbilang lengkap kalian bisa menggunakan Go-pulsa, Go-bills dan transfer gopay dan mendapatkan promo menarik saat menggunakan Aplikasi Gojek dan fitur-fitur lain di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Doku Wallet VS Gopay

VS

Leave a Reply