Aplikasi

Pilih Mana: Doku Wallet atau Link Aja?

Persaingan Dompet e-wallet sudah sangat berkembang saat ini dan sudah menjalin kerjasama sama dengan banyak merchant yang mempermudah kita bertransaksi online maupun offline tanpa ribet membawa uang cash. Dan tentunya banyak menawarkan promo menarik. Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua e-wallet yaitu Doku Wallet atau Link Aja. Apa saja sih manfaat keduanya? dan bagi kalian yang bingung dengan cara penggunaanya akan kita bahas di bawah ya.. Selamat membaca!

Doku Wallet

DOKU Wallet merupakan sebuah layanan dompet elektronik yang dirilis oleh PT. Nusa Satu Inti Artha yang dibekali dengan fitur penghubung ke kartu kredit dan uang elektronik/cash wallet. Melalui DOKU Wallet, Anda bisa dengan mudah berbelanja secara online maupun offline di berbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan layanan DOKU.Untuk Menggunakan layanan DOKU Wallet, Anda diwajibkan memiliki DOKU ID yaitu ID unik sebagai representasi rekening Anda yang terdiri dari 10 digit angka. Baca juga Pilih Mana: Doku atau Ovo?

Manfaat DOKU Wallet

Transaksi Mudah dan Cepat
Melalui DOKU Wallet, Anda bisa dapat melakukan transaksi online walaupun tidak memiliki rekening bank ataupun kartu kredit. Yang dapat memudahkan anda melakukan transaksi tanpa ribet.

Layanan Transaksi Lengkap
Melakukan pembayaran transaksi online atau offline cukup dengan DOKU Wallet ID Anda. Sehingga memberikan kenyamanan saat anda berbelanja.

Promo-Promo Menarik
Mendapatkan keleluasaan berbelanja dan banyak promo menarik lainnya khusus untuk Anda pengguna DOKU Wallet.

Layanan Pembayaran Fleksibel
Dapat melakukan transaksi pembayaran dengan DOKU Wallet kapan saja 365 hari/1 tahun yang bisa dilakukan dimana saja melalui aplikasi DOKU Wallet di ponsel Anda.

Aman
Fasilitas transaksi pembayaran yang aman lewat DOKU Wallet yang merujuk pada standar keamanan yang tinggi, tanpa perlu mengirimkan nomor kartu kredit Anda, sistem keamanan PIN sebelum transaksi, dan keamanan data pribadi.

Cara Penggunaan DOKU Wallet

Bertransaksi  dengan Doku Wallet terbagi menjadi dua pilihan, yaitu dengan Online maupun Offline. Caranya sangat gampang, asal kamu punya smartphone yang sudah terinstal Doku Wallet.

Cara Berbelanja secara Online
– Lihat daftar Merchant yang bekerja sama dengan Doku Wallet di Daftar Merchant
– Selanjutnya tinggal pilih produk yang ingin kamu beli. Pastikan check out secara online, bukan order via sms atau manual.
– Saat memilih metode pembayaran, pilih DOKU, ikuti perintah selanjutnya sampai proses pembayaran selesai.
– Jangan lupa simpan bukti transaksi pembayaran.

Cara Berbelanja secara Offline
– Kunjungi gerai atau merchant yang menerima pembayaran dengan Doku Wallet.
– Pilih produk yang ingin kamu beli
– Dapatkan Token DOKU dari website/sms/aplikasi DOKU.
– Ketika melakukan pembayaran di kasir, perlihatkan 6 digit Token tersebut, kemudian kasir akan memproses pembayaran kamu.

Cara Tarik Tunai Saldo Doku Wallet
Dengan Doku Wallet kamu juga bisa melakukan penarikan tunai di Alfamart atau merchant lainnya yang bekerja sama dengan Doku Wallet.
– Datang ke gerai Alfamart atau merchant lainnya.
– Dapatkan token dari website/sms/aplikasi Doku Wallet.
– Datang ke kasir dan berikan 6 digit token tersebut lalu sebutkan nominal yang ingin kamu tarik. Untuk nominalnya adalah Rp. 25.000, Rp 50.000, Rp. 75.000. Rp 100.000, Rp 150.000, Rp 200.000, Rp 250.000 dan Rp 500.000
– Tunggu hingga kasir selesai memproses permintaan kamu.

Link Aja

Link Aja ialah sebuah platform pembayaran yang berbasis Quick Response Code (QR Code) yang tentu saja akan ikut meramaikan bisnis pembayaran elektronik. Sebagaimana diketahui bahwa Telkomsel sebelumnya telah memiliki dompet digital bernama T-Cash.

Demikian juga Bank BNI memiliki Yap!, BRI dengan MyQR, Mandiri e-Cash, dan seterusnya akan menyatu dalam QR BUMN bernama Link Aja. Link Aja diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat bertransaksi, termasuk belanja online, pengiriman uang, bayar tol, membayar tagihan, beli pulsa, sampai berbelanja di apotik BUMN seperti Kimia Farma atau Kalbe Farma misalnya. Dan banyak lagi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Grab atau Gojek?

Manfaat Link Aja

Sangat komplit
Kalian bisa menggunakan Link Aja untuk membayar bermacam transaksi cukup dengan mengeklik ikon yang ada di aplikasi ini. Sebagai contoh, kalian dapat membayar tagihan listrik, membeli pulsa atau paket data, membeli voucher games hingga berbagi uang ke teman atau anggota keluarga lainnya. Semuanya gampang dilakukan berkat tampilan antarmuka yang user-friendly banget.

Tidak repot
Link Aja sangat gampang digunakan. Cukup lakukan tiga langkah untuk mendapatkan aplikasi LinkAja bagi kalian pengguna Android atau iOS melalui Apple Store atau Play Store. Install aplikasi Link Aja, daftarkan nomor ponsel kalian lalu buat PIN rahasianya dan isi saldo untuk bertransaksi. Setelah selesai semua, LinkAja siap kalian pakai.

Banyak promo menarik
Pastikan kalian rajin mengecek aplikasi Link Aja karena selalu ada promo menarik. Ada yang berlaku dalam beberapa bulan, ada juga yang sepanjang tahun. Promo yang akan di dapatkan seperti bebas paket data untuk jenis transaksi tertentu, potongan biaya administrasi, cashback hingga gratis biaya pengiriman makanan.
Bermitra dengan ribuan merchant

Ribuan merchant sudah tergabung ke dalam aplikasi Link Aja. Kalian bisa bertransaksi menggunakan aplikasi ini pada banyak toko online atau pun offline di seluruh Indonesia. Tinggal pilih kategori merchant yang hendak kalian cari, mulai dari makanan, hiburan, transportasi hingga lembaga keuangan. Sesuaikan dengan kota tempat kalian tinggal.

Cara Penggunaan Link Aja

Untuk menggunakan aplikasi LinkAja, tentunya kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi Link Aja terlebih dulu. Aplikasi LinkAja bisa diunduh secara gratis, baik di Play Store maupun App Store. Setelah meng-install, lakukan registrasi dengan memasukkan nomor ponsel dan membuat PIN yang digunakan untuk login dan melakukan transaksi.Jika sudah terdaftar.

Selanjutnya lakukan pengisian saldo untuk bisa bertransaksi. Pengisian saldo dapat dilakukan dengan gampang melalui beberapa tempat berikut ini seperti Rekening bank (ATM, mobile banking, atau Internet banking), Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, GraPARI, Indomaret, Kantor pos, Mitra LinkAja, Suzuya

Cara membayar di merchant
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran di merchant. Pertama, menggunakan fitur TAP (NFC stiker). Kedua, membayar dengan fitur snap alias scan QR code yang tersedia di merchant tersebut.

Cara membayar transaksi online
Dengan Link Aja, belanja online juga bisa jadi lebih mudah dan menyenangkan. Kamu hanya perlu memilih Link Aja sebagai metode pembayaran di situs merchant terkait. Lalu, masukkan nomor ponsel dan PIN Link Aja untuk menyelesaikan transaksi.

Pilih Mana: Doku Wallet atau Link Aja?

Doku Wallet Link Aja
Kelebihan - Aplikasi Mudah dipakai Bahkan guna awam sebab menggunakan Bahasa Indonesia - Bisa Tarik Tunai di Gerai AlfaMart dan ATM (Doku = Transfer Bank) - Dapat dipakai untuk keperluan melakukan pembelian barang online sebagai pilihan bila belum mempunyai kartu krdedit dan paypall- Mudah dalam bertransaksi belanja online - Prosesnya yang sangat cepat - Banyak promo menarik
Kekurangan - Top Up Saldo Harus Kelipatan dari 10.000 tidak dapat dimulai dengan 15.000, 25.000 dan semacamnya (Harus kelipatan 10.000) - Saldo Masuk Terhitung lumayan lama perlu waktu hingaa 5 - 10 Menit- Tidak semua layanan umum dan pusat perbelanjaan bekerja sama dengan Link Aja - Belum tersedia untuk tarik tunai

Kesimpulan

Dari artikel diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Doku Wallet dan Link Aja kedua aplikasi tersebut mempunyai manfaat yang hampir sama yaitu untuk mempermudah kita untuk bertransaksi dengan aman baik online maupun offline. Oleh sebab itu dapat kalian [-ilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Tetapi jika ingin aplikasi yang bisa tarik tunai Doku Wallet dapat menjadi pilihan kalian. Tetapi jika kalian ingin aplikasi yang lumayan cepat untuk top up dan melakukan transaksi Link Aja dapat menjadi pilihan kalian

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Doku Wallet VS Link Aja

VS