Aplikasi

Pilih Mana: Dropbox atau Google Drive?

Hampir setiap orang mengenal flashdisk, harddisk internal maupun external sebagai alat untuk menyimpan data-data kerja maupun pribadi. Saat ini pun sudah jarang sekali kita temui pemakainya dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan sangat mudah. Dan juga telah Anda ketahui membawa-bawa piranti penyimpanan tersebut terkadang terkesan merepotkan apalagi untuk Anda dengan frekuensi kesibukan yang tinggi membutuhkan aktivitas gerak yang tidak ingin terlalu dibebani dengan barang bawaan yang berlebih, maka kini sarana telah menjadi pilihan yang tepat. Dengan adanya cloud computing membuat setiap orang dapat melakukan penyimpanan data secara online.

Cloud Storage atau penyimpanan awan, tidak terlepas dari  kekurangan system, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika Anda tidak berhati-hati. Walaupun Anda sudah sangat hati-hati tetap saja tidak menutup kemungkinan akun Anda dapat dibuka oleh orang lain. Kekurangan lainnya gangguan pada saat mengakses data, baik itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Baca juga Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

Namun meskipun begitu saat ini penyimpanan berbasis cloud menjadi sebuah kebutuhan utama baik untuk pengguna biasa maupun para praktisi teknologi. Selain membuat data lebih aman dan praktis, menyimpan di cloud memudahkan pengaksesan data dimanapun dan kapanpun berada. Selama terhubung ke internet pastinya. Dropbox ataupun Google drive merupakan alat penyimpanan awan yang sangat populer. Keduanya merupakan fitur cadangan menyimpan dan berbagi file secara online menggunakan internet.

Dropbox

Dropbox merupakan layanan yang dirilis tahun 2007. Dan Dropbox adalah salah satu layanan cloud storage yang bisa dibilang paling tua. Dropbox memberikan layanan penyimpanan secara gratis, namun juga tersedia layanan Pro yang menawarkan penyimpanan 1TB yang dibebankan biaya. Yang dapat Anda gunakan untuk menyimpanan berbagai jenis file, berbagi file, dan sinkronisasi dengan berbagai perangkat yang sudah terinstal Dropbox. Dropbox juga tersedia dalam berbagai platform bahkan ada di Linux, Blackberry, dan Kindle Fire. Anda juga download dan menginstal Dropbox ke Windows, Mac OS, Linux, iOS, Android, dan BlackBerry. Dropbox mendukung beberapa macam file misalnya Microsoft Office, Apple iWork, audio, video dan gambar.

Meski tidak memiliki ekosistem, pengguna tetap dapat mengupload dan mensinkronisasi file-filenya melalui web atau aplikasinya, yang dapat digunakan dari berbagai perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Dropbox ini juga memiliki fitur file recovery serta version history, yang dapat membuat mudah untuk melacak file Anda. Dropbox tidak mempunyai integrasi office suite. Meski begitu Dropbox memiliki Dropbox Paper, tapi fitur ini hanya memiliki tujuan untuk editing yang simpel.

Saat Anda upload file ke Dropbox, Anda dapat mengakses file dengan mudah dimana saja tanpa harus mengambil USB. Dan sebagai nilai plus, Anda dapat memulihkan file yang telah dihapus dari Dropbox. Agar dapat mengembalikan dokumen yang diubah untuk versi sebelumnya. Kemudahan yang ditawarkan DropBox juga sebagai penggunaan sistem drag and drop. Jadi apabila di tempat-tempat lain mengharuskan Anda untuk mengunggah data yang akan disimpan, pengguna Dropbox hanya perlu menarik data (drag file) yang ada di dalam desktop atau perangkat lainnya ke dalam situs penyimpanan online ini.

1. Sangat Praktis
Silahkan simpan seluruh file di komputer Anda, kemudian akses melalui ponsel dalam perjalanan. Apapun yang Anda simpan di Dropbox akan disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat Anda. Berbagai jenis file di Dropbox, mulai foto, video, dan musik sampai file Microsoft Office dan Adobe. Sinkronkan file di semua perangkat Anda, Apakah itu menggunakan PC, Mac, Android, iPad, iPhone, atau Windows Phone. Anda dapat bekerja dari mana saja meskipun dalam mode offline.

2. Layanan kirim video yang cepat
Berbagi file ukuran besar dapat secepat berbagi file dengan ukuran sedang ataupun kecil. Kirimkan dengan cepat menggunakan tautan sederhana, buat tautan untuk berbagi file Anda di Dropbox. Kemudian kirimkan tautan tersebut melalui email, obrolan, atau bahkan SMS. Saat Anda mengirimkan seseorang tautan ke sebuah file, dia akan melihat dan mengunduh salinan file tersebut, meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox.

3. Mudah dalam pengelolaan foto
Unggah foto secara otomatis untuk dikelola, dibagikan, dan dikerjakan bersama yang lain. Gambar baru untuk blog atau hasil pindai tanda terima, semuanya aman dan tertata di Dropbox. Hidupkan unggahan kamera untuk mencadangkan foto secara otomatis dari Rol Kamera ke Dropbox. Proses pindai teks dan gambar langsung dari aplikasi mobile Dropbox Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana : Oppo atau Vivo?

4. Kerjakan slide bersama-sama
Edit presentasi dengan rekan kerja tanpa harus bolak-balik mengirimkannya lewat email. Ketika Anda mengedit file di folder bersama, setiap orang mendapatkan perubahannya secara otomatis. Mengerjakan file yang sama dengan membuat folder bersama. Ketika Anda menambahkan orang lain ke folder itu, semua file di dalamnya akan muncul di Dropbox mereka dan begitu pula sebaliknya.

5. Tidak perlu cemas akan kehilangan file
Jika smartphone Anda tertinggal atau bahkan hilang, Anda tidak perlu cemas karena baik itu foto, dokumen, dan video Anda akan tetap aman. Cukup dengan masuk ke Dropbox dari perangkat apa saja, dan semua file yang telah Anda pindai ke dalam Dropbox tetap dapat Anda akses dengan mudah dan aman. Dropbox menyertakan riwayat versi 30 hari, seandainya tanpa sengaja Anda menghapus sebuah file atau ingin memulihkan versi sebelumnya.

Google Drive

Google Drive dirilis tahun 2012. Tempat penyimpanan online dalam format web yang dapat digunakan oleh pengguna desktop Windows atau Mac dan dapat juga diakses dengan menggunakan smartphone Android maupun tablet. Layanan penyimpanan ini mendukung sistem operasi Android dan juga Chrome OS, sehingga dapat menjangkau lebih banyak perangkat. Anda pengguna dapat dengan mudah mensinkronisasi file-file ini di antara beberapa perangkat yang ada. Penggunanya juga dapat mengolah video atau mengirimkan faks secara langsung melalui server Driver.

Anda tidak perlu melalui semua prosedur konfirmasi untuk membuat akun karena akun google Anda dapat digunakan sebagai profil layanan Google Drive. Akun gmail Anda dapat dilampirkan ke dalam Google Drive untuk akses mudah dari dokumen yang diperlukan. Cloud storage dari Google ini dilengkapi sejumlah fitur unggulan. Pengguna Google Drive dapat menyimpan foto atau gambar, video, aplikasi dan segala macam jenis data di dalamnya. Google Drive pun mendukung kebanyakan jenis file yang umum digunakan, seperti audio, video, file gambar, Adobe Illustrator & Photoshop, Autodesk AutoCad, Scalable Vector Graphics dan banyak lagi. Namun jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar Google Drive menyediakan layanan berbayar dari 100GB hingga 1TB. Tentu saja Anda melakukan peningkatan penyimpanan, ada harga yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan fasilitas ini.

1. Ruang penyimpanan sebesar 15 GB
Anda dapat menyimpan file dan lampiran email, serta mencadangkan foto secara langsung ke Drive. Anda juga dapat membeli paket ruang penyimpanan cloud yang lebih besar jika kebetuhan Anda melebihi dari yang Google Drive siapkan.

2. Kebebasan untuk berbagi file
File di Google Drive bersifat pribadi, sampai dengan file tersebut Anda bagikan. Anda dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit file atau folder yang Anda pilih tersebut. Ini merupakan kolaborasi online yang membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis.

3. Keamanan dan keterjaminan data
Dikarenakan data file Anda begitu penting, itulah yang menjadi setiap file di Google Drive akan tetap dalam keadaan aman, apapun yang terjadi dengan smartphone, tablet, atau perangkat Anda lainnya.

Pilih Mana: Dropbox atau Google Drive?

DropboxGoogle Drive
Dirilis tahun 2007- Dirilis tahun 2012
- Kapasitas storage gratis sebesar 2GB- Kapasitas storage gratis sebesar 15GB
- Dropbox mengenkripsi data ke standar AES 128-bit saat file sedang bergerak, dan ke standar AES 256-bit saat beristirahat- Google Drive menawarkan fitur keamanan yang sebanding, meski menggunakan enkripsi AES 256-bit dengan file dalam transit dan enkripsi AES 128-bit saat beristirahat

Kesimpulan

Untuk Anda yang sangat membutuhkan penyimpanan gratis yang lebih besar, kami menyarankan agar Anda memilih menggunakan Google Drive. Namun, Dropbox tidak kalah unggul karena aplikasi ini dapat memulihkan kembali file maupun dokumen yang terhapus atau hilang yang tidak bisa dilakukan oleh Google Drive. Namun, semuanya tergantung dari pilihan serta kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Dropbox vs Google Drive

VS

Leave a Reply