Elektronik

Pilih Mana: DSLR atau Mirrorless?

Bagus mana DSLR atau Mirrorless? Sepertinya pertanyaan ini sering terdengar di telinga kita. Sebenarnya tidak heran jika banyak orang mempertanyakanya, karena kedua kamera ini memang tengah gencar-gencarnya bersaing sebagai kamera favorit masyarakat sehingga wajar saja jika Anda membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan memilih diantara keduanya. Untuk mendapatkan keputusan yang terbaik, berikut kelebihan dan kekurangan keduanya yang bisa Anda ketahui.

DSLR

Kamera DSLR atau singkatan dari Digital Single Lens Reflex adalah sebuah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder optic.

Kelebihan DSLR yang bisa Anda ketahui:

1. Hemat baterai
Kamera DSLR telah menggunakan viewfinder optic yang pastinya akan membuat kamera DSLR lebih hemat alias tidak boros baterai. Berbeda dengan kamera Mirrorless yang cenderung lebih boros mengonsumsi baterai.

2. Grip-nya nyaman
Grip pada kamera DSLR lebih nyaman untuk penggunanya membidik segala momen. Selain itu, kamera DSLR juga sudah memiliki mirror yang dapat membantu menghindarkan sensor dari debu. Dan sebagian orang beranggapan pemilik kamera DSLR akan terlihat lebih gagah saat membawanya. Baca juga Pilih Mana: Mirrorless atau GoPro?

Kekurangan DSLR yang bisa Anda ketahui:

1. Mengeluarkan suara yang cukup kencang
Kamera DSLR memiliki kekurangan yakni mengeluarkan suara gerakan cermin saat tombol shutter ditekan penggunanya. Bahkan suara yang dikeluarkannya juga cukup kencang, sementara kamera Mirrorless tidak ada suara sama sekali saat penggunanya menekan tombol shutter.

2. Ukuran kamera besar
Ukuran kamera DSLR yang menjadi lebih besar dikarenakan DSLR menggunakan cermin untuk melihat objek yang difotonya. Selain itu, viewfinder optic kamera DSLR tidak bisa memberikan preview foto sebelum tombol shutter ditekan dan dilepas.

Mirrorless

Dikutip dari Wikipedia.org, kamera mirrorless adalah kamera yang sebenarnya hampir sama dengan kamera DSLR, hanya saja kamera ini tidak memakai cermin atau pentaprisma.

Kelebihan Mirrorless yang bisa Anda ketahui:

1. Ukuran kecil
Kamera Mirrorless memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan ukuran kamera DSLR. Ukuran kecil yang diusung kamera Mirrorless sangat cocok jika dibawa kemana-mana, bahkan ukurannya yang kecil dapat Anda simpan dalam saku jaket atau pun kantong celana pria.

2. Kamera ringan
Dengan ukurannya yang kecil tidak heran jika kamera Mirrorless memiliki berat yang ringan. Bahkan bobot kamera Mirrorless berkali-kali lipat lebih ringan dari pada bobot yang dimiliki kamera DSLR. Bobot yang ringan ini sangat cocok untuk pengguna kamera yang ingin membidik setiap momen tanpa rasa pegal.

Kekurangan Mirrorless yang bisa Anda ketahui:

1. Boros baterai
Kamera Mirrorless mengonsumsi baterai yang lebih boros dari pada kamera DSLR. Hal ini dikarenakan kamera Mirrorless tidak dilengkapi viewfinder optic. Energi baterai akan berkurang setiap kali penggunanya ingin melihat objek di viewfinder elektronik.

2. Grip tidak nyaman
Grip yang dimiliki oleh kamera Mirrorless tidak senyaman grip yang dimiliki oleh kamera DSLR. Selain itu secara penampakan kamera ini terlihat kecil dan kurang gagah, apalagi untuk orang yang masih mengganggap kamera berkualitas bagus adalah kamera yang besar.

Pilih Mana: DSLR atau Mirrorless?

DSLRMirrorless
Ukuran– Cenderung besar– Lebih kecil
Konsumsi baterai– Hemat baterai– Cenderung boros
Grip– Nyaman digenggaman– Tidak begitu nyaman digenggaman

Kesimpulan:

Dengan jumlah uang yang sama, Anda bisa mendapatkan kelas DSLR yang lebih baik dari pada kelas Mirrorless dengan harga yang sama. Sementara itu, viewfinder optic Mirrorless biasanya ditemukan pada model yang lebih mahal. Kelas Mirrorless yang lebih murah biasanya tidak memiliki viewfinder optic. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

DSLR vs Mirrorless

VS

Leave a Reply