Home

Pilih Mana: Elastex atau No Drop?

Pemilihan cat tembok atau cat dinding tidak terlepas dari kualitas produk cat itu sendiri, salah satu kualitas yang sangat berpengaruh untuk pemilihan cat adalah ketahanannya terhadap cuaca atau cat waterproof ketahanan cat tersebut terhadap air disaat musim hujan.

Banyaknya brand atau merek dari cat tembok yang bisa membingungkan kamu untuk memilihnya. Disini saya akan merekomendasikan dua diantara banyaknya merek cat yang waterproof yaitu Elastex dan No Drop. Kedua merek cat tersebut memiliki kualitas dan ketahanan cat yang sangat baik.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini yang sudah saya paparkan mengenai kelebihan dan kekurangan agar bisa menjadi acuan untuk kamu saat memilih cat waterproof dari kedua merek tersebut.

Elastex

Elastex adalah cat waterproof, produk dari Nippon Paint. Meskipun di pasaran sudah beredar banyak sekali produk pelapis waterproofing, bahkan beberapa sudah mendominasi pasar. Namun Nippon Paint sebagai manufacturer coating raksasa tanah air tidak mau kalah. Baca juga Pilih Mana: No Drop atau Jotun?

Cat Elastex ini adalah cat pelapis anti bocor dengan bahan dasar latex elastomerik akrilik yang sangat baik untuk mencegah kebocoran air, dapat berfungsi sebagai cat dasar yang unggul dan juga sebagai catakhir. Cat ini memiliki sifat kedap air, elastis, tahan retak, anti alkali, anti jamur, daya lekat yang kuat.

Elastex digunakan pada tempat-tempat yang sering mengalami kebocoran seperti pada langit-langit, atap, talang atau sambungan, atap genteng atau seng, atap asbes atau kayu, atap beton, tangki air, tembok bagian luar. Cat ini dapat digunakan pada semen atau beton, kayu, besi dan seng.

Kelebihan Elastex

  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan yang utama dari cat waterproof Elastex ini adalah memiliki harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan cat waterproof lainnya. Meski dengan harga yang terjangkau untuk kualitasnya sudah cukup baik.
  • Kedap air dan anti jamur
    Kelebihan lainnya dari cat Elastex ini adalah kedap air atau tahan akan air kekuatan daya tahan air dari cat Elastex ini sangat sesuai dengan nama cat yang diberikan yaitu waterproof, sudah banyak sekali review yang bagus mengenai kelebihan yang satu ini.
Cat Elastex ini juga dikenal dengan cat yang anti jamur dan membuat dinding rumah kamu selalu tampak bersih.
  • Kualitas yang bagus
    Maksud kualitas yang bagus pada kelebihan cat Elastex ini, dengan kualitas yang bagus cat ini dapat bertahan hingga 5 tahun lamanya dengan perlindungan yang baik tahan retak dan daya lekat yang kuat.

Kekurangan Elastex

  • Kurang menjadi pilihan
    Kekurangan yang pertama dari cat Elastex ini adalah kurang menjadi pilihan jika dibandingkan dengan merek cat waterproof lainnya.
  • Kurang terkenal
    Kekurangan lainnya selain cat Elastex kurang menjadi pilihan sebagai cat waterproof cat Elastex juga kurang terkenal di pasaran untuk jenis cat rumah. Hal ini sangat berbeda dengan Nippon Paint sebagai manufacturer yang sudah sangat terkenal.
  • Dinding sulit dibersihkan jika terkena noda
    Kekurangan yang terakhir adalah cat waterproof Elastex ini jika terkena noda maka cukup sulit untuk dibersihkan, dan ini akan membuat kamu kesusahan jika kamu memiliki anak kecil dirumah yang masih suka menggambar di dinding atau mencoret dinding.
Jenis Cat ElastexKeteranganHarga Per September 2019
Elastex Waterproof 3 in 1 Berbahan dasar latex elastomerik akrilik yang sangat tangguh untuk mencegah kebocoran air, menutup retak rambut dan dapat pula berfungsi sebagai cat dasar yang unggul.Rp. 180.000 - Rp. 800.000 (sesuai ukuran)
Elastex Waterproof (tanpa 3 in 1)Digunakan pada tempat-tempat yang sering mengalami kebocoran seperti pada langit-langit, atap talang atau sambungan, atap genteng atau seng, atap asbes atau kayu, atap beton, tangki air, tembok bagian luar, dan lain-lainRp. 44.000 - Rp. 700.000 (sesuai ukuran)

No Drop

No Drop adalah cat anti bocor atau waterproof yang sejak dahulu sudah menjadi pilihan banyak orang, cat ini membuat banyak disukai orang dengan kualitasnya yaitu cat No Drop ini memiliki daya tahan yang lama. No Drop juga memiliki berbagai warna yang akan lebih mempercantik nuansa rumah kamu.

No Drop dapat digunakan pada tembok kamar mandi, tembok samping rumah, seng atau asbes, wuwungan, atap, talang atau sambungan, dan atap

Kelebihan No Drop

  • Kualitas yang sangat bagus
    Kelebihan yang dimiliki oleh cat No Drop ini memiliki kualitas yang tinggi atau sangat bagus dengan ketahanan terhadap air membuat cat No Drop ini menjadi cat yang sangat bagus untuk anti bocor.
Mengenai cat No Drop memeiliki kualitas yang baik hal ini karena cat anti bocor ini bekerja dengan maksimal melapisi dinding rumah.
  • Dapat digunakan berbagai permukaan
    No Drop adalah cat yang sangat banyak manfaatnya atau fungsinya tidak hanya berfokus untuk di bagian dinding saja, namun untuk asbes, seng atau atap juga bisa kamu gunakan dengan menggunakan cat No Drop ini, dengan kualitasnya yang tahan dengan cuaca yang ekstrim membuat cat ini menjadi tahan lama.

  • Terkenal dan mudah didapatkan
    Ketika kamu mencari merek cat yang kamu inginkan namun sulit untuk dapatkan bisa jadi merek cat tersebut belum terkenal di pasaran. Hal ini tidak demikian dengan cat No Drop yang sudah terkenal dan mudah untuk kamu dapatkan. 

Kekurangan No Drop

  • Tidak dapat mengoplos warna
    Kekurangan yang pertama ini adalah cat No Drop ini tidak dapat mengoplos warna, maksudnya mengoplos warna adalah warna yang ada tidak bisa dicampur sesuai dengan keinginan kamu atau biasa disebut dioplos, beberapa cat merek lain sudah memberikan fitur ini, Namun, No Drop belum menyediakan fitur seperti itu jadi kamu hanya dapat memilih warna yang sudah tersedia.
  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Kekurangan lainnya adalah cat No Drop ini tidak ada cat yang bisa dijadikan multifungsi misalnya cat hanya satu yang bisa dijadikan untuk interior dan eksterior. Hal ini mengharuskan kamu untuk membeli jenis cat No Drop yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Tekstur yang cair
    Untuk kekurangan lainnya adalah bahwa tekstur atau konsistensi dari No Drop ini lebih ke sedikit cair, hal ini akan memungkinkan kamu untuk melapisi tembok atau permukaan lainnya harus lebih dari satu kali dan membuat kamu sedikit boros untuk penggunaan cat.
Jenis Cat No DropKeteranganHarga Per September 2019
No Drop No Drop adalah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air serta sangat tahan cuaca sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes. Rp. 50.000 - Rp. 800.000 (sesuai ukuran)
No Drop TintingNo Drop Tinting cat pelapis anti bocor dekoratif yang dapat melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air sekaligus memperindah tembok rumah anda dengan cat warna cerah dan beraneka ragam. Rp. 175.000 - Rp. 960.000 (sesuai ukuran)
No Drop 100No Drop 100 adalah bahan pelapis anti bocor untuk kamar mandi yang terdiri dari 2 komponen yaitu powder berbasis semen dan liquid berbasis emulsi acrylic. Rp. 53.000 (hanya ukuran 2.5 kg)
No Drop Bitumen BlackNo Drop Bitumen Black pelapis bitumen non fiber berbasis air, bersifat elastis dan bermutu tinggiι Memberikan perlindungan pada permukaan beton, plasteran, logam maupun kayu sebagai pelapis anti bocor, mencegah rembesan air serta anti karat.Rp. 32.000 - Rp. 635.000 (sesuai ukuran
No Drop 107No Drop 107 sangat cocok untuk digunakan pada permukaan yang selalu atau sangat sering terendam air, seperti basement, lantai dasar kamar mandi, bak mandi, kolam renang, dak beton atau bagian-bagian bangunan yang rawan kebocoran, beton luar dan dalam tendon air, kolam ikan sebelum diplester atau dikeramikRp. 150.000 (hanya ukuran 4 kg)
Lihat juga:  Pilih Mana: SunCo atau Bimoli?

Manfaat Cat Waterproof

  • Mencegah kebocoran
    Manfaat utama dari cat waterproof jelas mencegah rembes dan kebocoran. Saat musim hujan tiba, bukan tidak bisa jadi tembok bagian luar hunian terkena air. Jika menggunakan cat rumah biasa, air hujan akan terserap ke tembok dan menembus ke tembok bagian dalam. Hasilnya cat akan mengelupas atau menggelembung kemudian membuat tembok terlihat jelek. Jika sudah parah, air yang merembes dapat membuat bagian dalam rumah tergenang.
  • Mencegah timbulnya jamur
    Rembesan air pada tembok akan meningkatkan kelembaban. Akhirnya jamur tumbuh dengan cepat dan tembok jadi lebih cepat rusak. Tidak hanya itu, jamur juga dapat mengancam kesehatan. Dengan cat waterproof, kelembaban tembok dapat terjaga dengan baik.
  • Waterproof mudah dibersihkan
    Karena sifat cat waterproof yang tidak meresap air, kamu tidak perlu khawatir bila ada noda yang menempel. Misalnya saja bekas minyak goreng, cat air, atau krayon. Untuk membersihkannya kamu dapat menggunakan air sabun, spons, dan sikat. Tidak perlu khawatir akan merusak tembok karena air yang kamu gunakan tidak akan terserap cat waterproof.

Cara Pengaplikasian Cat Waterproof

  • Ada 2 tahap untuk mengaplikasikan cat waterproof. Pertama kamu perlu mebersihkan permukaan tembok yang akan dicat. Pastikan permukaan tembok sudah bersih dari debu, minyak, jamur, cat yang mengelupas, dan sebagainya. Jika ada permukaan tembok yang berlubang atau mengalami retak rambut sebaiknya ditambal atau diperbaiki terlebih dahulu. Misalnya menggunakan super cement atau polyester mesh.
  • Setelah mendapatkan tembok yang bersih dan rapi, pastikan tembok dalam keadaan kering sebelum mulai melapisinya dengan cat waterproof. Hal ini wajib diperhatikan agar cat waterproof bisa melapisi tembok dengan sempurna tanpa gelembung.
  • Saat proses pelapisan cat waterproof. Kamu bisa menggunakan kuas, rol cat, dan airless spray. Pastikan untuk melapisi dalam satu arah hingga merata. Setelah itu tunggu hingga benar-benar kering sebelum memulai lapisan kedua.
Tembok yang bebas rembesan tentu akan membuat hunian terlihat lebih indah. Kalau tembok belum dilapisi cat waterproof, segera lakukan sebelum musim hujan benar-benar datang dan membuatmu kerepotan.

Pilih Mana: Elastex atau No Drop?

ElastexNo Drop
Kelebihan- Harga yang terjangkau - Kedap air dan anti jamur - Kualitas yang bagus - Kualitas yang sangat bagus - Dapat digunakan berbagai permukaan - Terkenal dan mudah didapatkan
Kekurangan- Kurang menjadi pilihan - Kurang terkenal - Dinding sulit dibersihkan jika terkena noda - Tidak dapat mengoplos warna - Cat interior dan eksterior masih dibedakan - Tekstur yang cair

Kesimpulan

Untuk pemilihan cat Elastex dan No Drop keduanya cat yang waterproof memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika kamu sudah membaca dengan jelas penjelasan diatas, maka kamu kan bisa memilih satu diantara keduanya. Disini saya lebih merekomendasikan kamu untuk memilih cat waterproof No Drop karena kualitas yang bagus dan sudah terkenal di pasaran dibandingkan dengan pesaingnya cat Elastex. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Elastex vs No Drop

VS

Leave a Reply